Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis, Manfaat dan Contohnya

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Saya selalu amazed dengan orang yang mempunyai kemampuan berpikir kritis dan mengaplikasikannya. Jika lihat di media sosial misalnya, ada Afutami, Alamanda Shantika, atau Cania Citta yang selalu bikin saya pengin untuk bisa seperti itu. Menurut saya, berpikir kritis itu berguna sekali apalagi saat ini karena mempengaruhi juga dalam pengambilan keputusan, mengolah ide kreativitas, memahami sudut pandang yang berbeda, dan dapat melatih empati.

critical thinking
pict: mohamed_hassan

Berpikir kritis
sendiri adalah suatu kemampuan untuk menganalisis informasi yang diterima, namun tak serta merta menerima begitu saja informasi atau pandangan orang lain yang kebenarannya masih diragukan.

Setiap orang memiliki potensi untuk berpikir secara kritis, tapi tak semuanya ingin mengasah kemampuan tersebut dengan alasan yang beragam, contohnya tidak ingin memperdebatkan sesuatu—padahal untuk sekarang fungsinya lebih luas dari pada itu. Lalu bagaimana cara mengasah kemampuan berpikir kritis?

Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis

Kemampuan ini bukan hanya bermanfaat di dunia kerja, tapi dalam lingkungan sekolah, kuliah, maupun pergaulan di masyarakat memerlukan individu yang mampu memandang segala sesuatu dengan kritis agar menghasilkan ide atau pembicaraan yang beragam.

Bagi seorang karyawan atau firs jobber, wajib memiliki kemampuan ini agar masalah yang terjadi bisa diselesaikan dengan efisien. Selain itu, orang yang berpikir kritis juga memiliki peluang untuk mengembangkan karir menjadi lebih baik lagi.

Inilah tips dan cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang bisa untuk diterapkan.

1. Jangan Takut Bertanya dan Menyampaikan Pendapat

Berpikir kritis dapat diasah dengan mengevaluasi setiap kesalahan kecil atau kegagalan yang kita lakukan. Untuk mencapainya, diperlukan keberanian menyampaikan gagasan atau pendapat. Meskipun orang lain mengatakan itu salah, tapi yang terpenting kita jadi tahu dan bisa melakukan evaluasi ke depannya.

Selain it, juga harus sering untuk berani bertanya akan sesuatu yang tidak diketahui. Tanyakan apa saja yang menurut diri kurang jelas, dengan begitu bisa mendapatkan informasi baru yang bisa mengasah kemampuan critical thinking untuk berkembang.

2. Selalu Haus dan Penasaran Akan Informasi

Ada pepatah yang mengatakan bahwa keingintahuan adalah awal dari terciptanya pemikiran-pemikiran hebat. Kalau ditelaah lebih jauh, kemampuan berpikir kritis akan mudah terasah jika kita sering membaca informasi baik berupa buku, koran cetak, situs yang kredibel, maupun buku-buku yang bertema untuk mengasah critical thinking seperti Thinking Fast & Slow - Daniel Kahneman, The Righteous Mind - Jonathan Haidt, dan Nudge Theory - Cass Sunstein and Richard Thaler.

Dari informasi yang diperoleh, akan membuat kita dengan mudah membantah argumen yang tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya, namun tetap santun dan tak menyinggung. Bayangkan kalau kita minim informasi atau data, argumen yang salah sekalipun pasti akan dianggap benar atau tak bisa membalas.

3. Sering Melakukan Diskusi Terbuka

Coba juga untuk berdikusi dengan orang-orang yang lebih berpengalaman. Biasanya yang memiliki pengalaman banyak dapat memberikan kita insight baru maupun arahan, jika bisa jadikan mereka sebagai mentor. Hal ini bisa membuat kita lebih cepat dalam mendapatkan informasi atau bagaimana berpikir kritis daripada hanya pengalaman pribadi.

Berdikusi memiliki manfaat untuk mendapatkan pemikiran dan ide-ide yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Dengan berdikusi, kita bisa mengasah kemampuan berpikir kritis baik dalam mengolah informasi atau menyampaikan pendapat.

Jangan segan juga untuk penasaran akan multidisiplin ilmu dan belajar di luar sekolah maupun kampus karena pengetahuan begitu luas apalagi di dunia nyata maupun pekerjaan.

Setelah mengetahui cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sebenarnya apa saja sih manfaat berpikir kritis dalam segala aspek kehidupan?

Manfaat Berpikir Kritis

critical thinking
pict: StartupStockPhotos

Critical thinking
bahkan menjadi salah satu soft-skill penting untuk dimiliki seorang pekerja muda baru di sebuah perusahaan maupun perusahan rintisan startup. 
Secara garis besar, manfaat berpikir kritis adalah mampu mencerna informasi dengan baik dan memiliki banyak alternatif jawaban yang out of the box atas pertanyaan yang diterima. Kita juga bisa berpikir secara rasional untuk menghadapi masalah.

Selain itu, dengan berpikir kritis juga bisa memahami dan menghargai sudut pandang dari orang lain dan tanpa merendahkan pendapat yang berbeda. Dengan begitu, kebiasaan ini dapat membantu keseharian dengan memecahkan masalah-masalah yang sulit. Selain itu juga dapat memberikan diri semacam pleasure dan terus semangat dalam menjalani kehidupan karena rasa penasaran.

Contoh Berpikir Kritis

Contoh berpikir kritis misalnya mengidentifikasikan masalah yang ada, membandingan setiap pendapat yang satu dengan pendapat lain, menentuan informasi mana yang saling berkaitan, dan membedakan mana informasi yang berupa opini, fakta, dan keputusan logis. Seperti ketika mendapatkan informasi di media sosial, jangan langsung percaya karena bisa jadi hoaks. Hal tersebut merupakan contoh sederhana dari melatih kemampuan berpikir kritis.

Kesimpulan

Pikiran merupakan suatu gagasan untuk membentuk mental seseorang. Dengan kemampuan berpikir kritis, otak akan memproses suatu hal baik berupa konsep, menganalisa informasi, dan mengambil keputusan yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. 

Jika terbiasa berpikir secara kritis atau critical thinking, keputusan yang kita hasilkan bisa menjadi keuntungan bagi orang lain atau bersama dengan mengambil jalan tengah untuk masalah yang sulit. Demikian cara mengasah kemampuan berpikir kritis yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

9 comments

  1. Berpikir kritis memang diperlukan masa kini. Memang harus gain informasi banyak2 ya dan ga malu banyak nanya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tips-tipsnya cara-cara untuk mengasah berpikir kritis, mba.. Mau kupraktekkan juga ah..

    ReplyDelete
  3. setuju mba sama yang nomor 1 tuh, karena menurut aku sebenernya kita semua bisa berfikir kritis cumaaa kadang terhalang sama diri sendiri yahh... dimulai dengan malu bertanya atau menyampaikan pendapat. kalau aku nih kerap kali mengalami pemikiran ah masa begitu aja ditanyain karena merasa takut pertanyaan tidak berbobot, padahal sih pertanyaan apapun selama sesuai dengan pembahasan harusnya kita tanyakan bilamana kurang jelas dikita

    makasih ilmunya yah mba

    ReplyDelete
  4. kemampuan ini memang penting agar kita tidak terbawa arus, apalagi dg informasi yang membanjiri setiap harinya.. salah satu targetku adalah menjadikan anakku mampu berfikir kritis hihi

    ReplyDelete
  5. setuju berfikir kritis itu penting mba, kerasa banget sama aku di dunia kerja yang butuh analisa buat masalah yang kadang tuh buat cari akar masalahnya sangat butuh analisa mendalam

    ReplyDelete
  6. Berpikir kritis kudu dilatih setiap waktu ya mbak, dengan tips yang udah dishare ini bisa membantu juga nantinya. Seperti diskusi dengan orang yang punya pengalaman dan wawasan luas misalnya. Apalagi berpikir kritis juga bisa menjadi modal saat bekerja di mana pun nanti

    ReplyDelete
  7. Sama mbak aku juga suka iri sama orang-orang yang punya pemikiran kritis soalnya membuat mereka kelihatan cerdas gitu. Kalau aku pengennya sih anak-anakku bisa berpikiran kritis. Mungkin tips di atas bisa dipraktikkan buat anak-anak juga ya

    ReplyDelete
  8. Nahh itu dia bener banget, skill seperti ini sangat dibutuhkan banget nih saat ingin melamar kerja. Bagaimana ia bisa menyikapi masalah, menyelesaikannya, dan apa hasil yang didapat dari sana.. Harus sering diasah nih

    ReplyDelete
  9. saya termasuk yg krg nih utk berpikir kritis, jadi skrg saya mulai menstimulasi hal ini ke anak saya, saya selalu bilang sama dia, klo mau tau sesuatu cb tanya ke bunda dan cari di Google, baru kita diskusiin bareng. saya juga menstimulasi dia utk berani mengekspresikan perasaannya krn menurutku ini menunjang utk melatih daya pikir kritisnya juga

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)