Tips Liburan Murah dan Aman Bagi Kantong

Apa yang terlintas pertama kali di pikiran jika mendengar kata liburan atau traveling? Pasti tak jauh-jauh dari kata perlu modal yang besar, perlu persiapan yang detail, dan berpikir dua kali untuk menggunakan uang khusus traveling. Apalagi misalnya bagi mahasiswa yang belum mendapatkan penghasilan tetap atau freelancer seperti saya, perasaan bersalah pasti selalu ada sehabis liburan walaupun sudah direncanakan.

tips liburan murah
pict: veerasantinithi, pixabay

Tips Liburan Murah dan Aman Bagi Kantong

Namun, sebetulnya liburan tak perlu menghabiskan modal yang besar apalagi fungsinya sebagai sarana untuk menghilangkan penat. Liburan dengan murah juga bisa sekaligus dilakukan dengan mudah jika dilakukan dalam jangka waktu yang relatif pendek atau cepat. Ada banyak cara untuk mendapatkan liburan dengan harga yang murah sehingga aman di kantong dan berikut tips liburan murah yang dapat dilakukan:

Buat Itinerary dengan Detail

Agar dapat liburan dengan murah dan tak khawatir akan kesehatan keuangan, buatlah itinerary atau rencana perjalanan secara rinci. Mempunyai pedoman ini akan membuat waktu lebih efisien dan menghindarkan dari godaan akan pengeluaran di luar rencana. Membuat rencana dengan detail juga dapat memperkirakan jumlah uang yang akan dikeluarkan.

Cari Hidden Gems di Media Sosial 

Mengunjungi tempat tujuan seperti wisata tak selalu harus mengunjungi tempat yang mainstream. Menggunakan media sosial juga dapat memberikan kita informasi mengenai tempat-tempat yang belum ramai dikunjungi, misalnya saja dengan mengetik kata kunci wisata alam desa X di kolom pencarian Twitter. Atau bisa juga ketik kata tambahan 'thread/utas' dan biasanya banyak muncul rekomendasi tempat wisata tersembunyi oleh pengguna Twitter lainnya.

Pilih Hari yang Tepat 

Pemilihan hari juga menjadi pertimbangan agar liburan dapat lebih murah dan lebih dapat menikmati waktu yang tak terlalu ramai. Memilih hari biasa (bukan tanggal merah/weekend) juga dapat menghemat harga tiket perjalanan jika menggunakan moda transportasi. Selain itu juga jika ingin mengunjungi tempat wisata tertentu, bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah dari hari libur. Begitu juga dengan pada saat travel fair di hari tertentu,  tentu saja kamu bisa memilih harga-harga promo yang bertebaran untuk liburan yang lebih hemat.

Kunjungi Wisata Alam Terdekat

Cara mudah dan murah untuk liburan adalah dengan mengunjungi wisata alam terdekat seperti misalnya danau, laut, air terjun/curug, perbukitan, atau area hutan wisata. Biasanya harga tiket hanya berkisar 10-30rb untuk menikmati keindahan alam dan cukup menghilangkan penat keseharian. Lebih hemat lagi apabila membawa bekal dari rumah karena biasanya harga makanan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Pilih Lokasi Liburan yang Dekat 

Liburan tak melulu harus menempuh jarak yang panjang dan bisa juga mendapatkan liburan murah dengan jarak yang dekat. Hampir sama seperti dengan poin wisata alam di atas, liburan juga bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi misalnya mengunjungi museum terdekat, mengunjungi tempat makan rekomendasi, atau desa wisata. Pilihlah juga lokasi liburan dekat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, bisa jadi membawa pengalaman baru.

Tanyakan Rekomendasi Tempat Pada Teman 

Jika ingin liburan barang dua-tiga hari dan selang berbeda daerah dari tempat tinggal saat ini, jangan lewatkan kekuaatan bertanya informasi mengenai rekomendasi tempat pada seorang teman maupun kenalan. Tanyakan juga secara detail di mana saja dapat mendapatkan tempat makan dengan harga murah maupun tempat wisata. Menemukan spot-spot yang murah tentunya dapat menghemat pengeluaran pada saat liburan.

Traveling Murah dengan Sewa Kendaraan 

Meskipun sekarang akses untuk berkeliling tempat tujuan terutama di daerah kota dapat dengan mudah dijangkau menggunakan ojek online, tak ada salahnya jika sekali-kali mencoba sewa kendaraan misalnya motor. Selain bisa lebih murah, kamu juga dapat dengan mudah berhenti di satu dua tempat dalam perjalanan. Sewa kendaraan juga cocok bagi yang menyukai kebebasan dan aktif berkeliling ke sana ke mari, namun tentunya harus siap repot dengan menghafal dan memperhatikan jalan terutama jika bukan di daerah lokal.

Manfaatkan Promo di Aplikasi/Website

Berdasarkan pengalaman, harga tiket apapun mengenai traveling akan jauh lebih murah jika melakukan pemesanan di aplikasi/website baik itu tiket wisata, pertunjukan, tiket kereta, harga penginapan, maupun makanan. Belum lagi jika ditambah dengan promo tertentu misalnya dengan metode pembayaran tertentu. Kamu dapat memanfaatkan promo menarik EPIC sale untuk liburan yang lebih murah dan tentunya aman bagi kantong.

Ajak Teman untuk Liburan Bersama

Jika kamu terbiasa melakukan traveling sendirian, tak ada salahnya juga untuk mengajak teman berlibur bersama. Selain dapat menghemat pengeluaran karena bisa patungan, berlibur bersama juga memudahkan jika ingin mengambil foto, lebih aman, dan ada teman untuk mengobrol. 

Itulah beberapa tips liburan murah yang bisa kamu manfaatkan juga, selain aman bagi kantong juga dapat membuat hati dan pikiran senang.  Kalau kamu, adakah tips liburan murah yang belum disebutkan di atas ala kamu sendiri? Yuk bisa dituliskan di kolom komentar di bawah, ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)