8 Pekerjaan Freelancer Paling Diminati dan Menjanjikan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Menjadi freelancer saat ini banyak dipilih kaum muda karena dinilai sesuai dengan minat dan selera mereka. Salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah tidak adanya ikatan jam kerja dan dapat dilakukan secara remote working. Berbeda dengan pekerjaan sebagai karyawan atau pekerja di perusahaan yang harus mematuhi aturan khusus, terutama soal jam masuk kerja.

jenis pekerjaan freelancer
pict: lukasbieri, Pixabay

Menjadi freelancer dinilai lebih fleksibel, tidak hanya bisa sebagai pekerjaan utama, bekerja sebagai freelancer juga sering menjadi kesibukan sampingan. Waktu bekerja yang lebih bebas membuat banyak orang bisa menekuninya sembari tetap melakukan profesi utama. Meskipun memulai pekerjaan ini tergolong mudah karena banyaknya peluang, tetap akan lebih baik memilih yang sesuai kemampuan karena nantinya mempengaruhi fokus.

Soal penghasilan, pekerjaan freelancer bisa sangat menjanjikan. Karena itulah, banyak kaum muda yang bekerja sebagai freelancer entah secara penuh waktu (full time) maupun sebagai penghasilan tambahan. Nyatanya jika ditekuni, beberapa jenis freelancer diketahui bisa mendatangkan penghasilan yang bernilai sangat besar. Simak penjelasan lengkap tentang pilihan freelancer berikut ini yang dinilai paling diminati dan menjanikan.

Content Writer

Penulis konten atau conten writer merupakan salah satu jenis pekerjaan freelancer yang cukup diminati saat ini. Pasalnya, untuk melakukan pekerjaan ini tidak dibutuhkan modal yang besar dan keahlian yang harus dikuasai untuk dipelajari juga tidak terlalu sulit. Hanya dengan memiliki kemampuan menulis dengan baik, maka siapa saja bisa menjadi penulis konten seiring dengan kemampuan menulisnya.

Meskipun tidak membutuhkan keahlian yang rumit, persaingan di dunia content writer ini cukup ketat. Maka agar bisa mendapatkan job dari klien, harus punya kemampuan menghasilkan tulisan yang bagus, unik, dan berkualitas. Jika kualitas sudah terbukti, maka penghasilan besar dari pekerjaan freelancer ini bukan lagi mimpi. Pendapatan dari pekerjaan ini bisa tergantung berapa panjang tulisan atau sesuai skema yang telah disepakati.

Desain Grafis

Apabila tertarik dengan dunia desain grafis, sebaiknya tekuni bidang ini dan pelajari lebih dalam berbagai kemampuannya. Pasalnya pekerjaan sebagai desain grafis merupakan peluang freelance yang saat ini banyak dibutuhkan. Tidak main-main, banyak perusahaan besar dan bergengsi yang mencari desainer grafis terbaik untuk direkrut.

Peluang besar di bidang desain grafis ini berbanding lurus dengan peluang penghasilannya yang juga bisa bernilai besar. Karena biasanya seorang desainer grafis akan diminta membuat desain khusus sesuai permintaan perusahaan. Artinya bahwa karya dari pekerjaan freelancer ini sangat eksklusif sehingga perusahaan berani membayar mahal.

Web Designer

Kembali melihat dari kebutuhan di era digital ini, web designer menjadi salah satu peluang freelancer yang cukup menjanjikan. Hampir semua bidang saat ini memanfaatkan web atau situs dengan berbagai tujuan. Sementara pekerjaan membuat situs dan mengembangkannya bukan hal yang mudah dilakukan. Jadilah seorang web designer merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan saat ini.

Seorang web designer memang harus memiliki kemampuan tinggi yang berkaitan dengan JavaScript, HTML dan CSS. Mempelajari bidang keilmuan ini pun tidak mudah dan perlu waktu yang lama untuk melakukan trial and error. Biaya kuliah pada jurusan ini juga terkenal membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun karya yang dihasilkan oleh pekerjaan freelancer ini lumayan tinggi dan bahkan bisa diandalkan sebagai sumber penghasilan utama.

Voice Over

pekerjaan voice over
pict: mymoralesr, Pixabay

Bagi yang hobi mengolah suara, hal ini bisa menjadi sumber penghasilan di era modern ini lho, yaitu dengan menekuni profesi freelancer sebagai voice over. Menjadi voice over bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampangnya karena pekerjaan ini tidak membutuhkan suara yang bagus dan merdu seperti halnya penyanyi melainkan fokus pada pengelolaan teknik. Sedangkan hal menantangnya adalah ketika seorang voice over harus bekerja sesuai kriteria yang ditetapkan klien pengguna jasanya.

Meskipun tidak harus bersuara merdu, seorang voice over harus memiliki beberapa kemampuan menghasilkan suara. Pasalnya pekerjaan ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari suara untuk video game, iklan hingga instruksi e-learning. Artinya semakin mampu menguasai banyak jenis suara, semakin mudah dilirik oleh klien.

Digital Marketer

Pemasaran atau marketing menjadi ujung tombak bagi sebuah perusahaan untuk semakin memperkenalkan produk atau jasanya secara meluas. Tugas sebagai marketing dianggap sebagai salah satu penentu keberhasilan penjualan. Saat ini, pekerjaan tersebut tidak hanya dilakukan secara langsung tetapi sudah banyak memanfaatkan dan dimaksimalkan dengan internet. Hingga kemudian muncullah istilah pekerjaan freelancer dengan posisi digital marketer.

Sesuai dengan sebutannya, seorang digital marketer harus menguasai kemampuan yang jelas jauh berbeda dengan tenaga marketing zaman dulu. Kemampuan yang wajib dikuasai meliputi strategi pemasaran secara online dan hal-hal detailnya. Peluang penghasilan dari freelancer ini juga  menjanjikan seiring dengan pengalamannya.

Ahli SEO

Pekerjaan freelancer yang satu ini tak kalah populer dengan digital marketer. Keduanya sering dianggap sama karena tujuan utamanya adalah mempromosikan produk atau layanan tertentu ke jangkauan yang lebih luas. Namun, sebenarnya kedua jenis pekerjaan tersebut berbeda. Jangkauan digital marketer lebih luas karena biasanya mencakup banyak media promosi. Sementara ahli SEO fokus pada pengembangan situs.

Seorang ahli SEO bekerja untuk membuat sebuah situs bisa dijangkau oleh banyak pengunjung internet. Untuk mewujudkannya, seorang ahli SEO harus menguasai berbagai teknik optimasi web secara detail. Kemampuan ini masih jarang dikuasai karena cukup rumit dan butuh waktu belajar yang lama. Pun antara satu ahli di bidang SEO dan dengan yang lainnya biasa memiliki rumus yang berbeda-beda. Namun penghasilannya sangat sesuai dengan tingkat kesulitan yang dikerjakan ahli SEO.

Perencana Keuangan

pekerjaan di bidang finansial
pict: Shutterbug75, Pixabay

Selain dalam hal pengembangan web, grafis, konten dan sejenisnya, freelancer yang paling diminati saat ini juga memberikan peluang bagi orang-orang di bidang finansial. Salah satunya dengan menjadi perencana keuangan. Tugas freelancer sebagai perencana keuangan berkutat pada pembukuan, perkiraan arus kas hingga perhitungan pajak.

Menariknya, peluang sebagai perencana keuangan ini tergolong sangat luas. Pasalnya belum banyak orang yang menjalani profesi ini karena dianggap tidak mudah. Itu artinya, bidang ini memberi kesempatan luas bagi siapa saja yang memiliki kemampuan di bidang finansial. Apalagi peluang pendapatannya terbilang menjanjikan karena membutuhkan strategi yang teratur dan ketelitian.

Content Creator

Freelancer ini berbeda dengan penulis konten atau content writer. Pencipta konten atau content creator memiliki cakupan pekerjaan yang lebih luas dengan beragam jenis konten. Tidak hanya berupa tulisan, konten yang dihasilkan bisa berupa video, gambar atau bentuk lain sesuai permintaan klien. Konten harus sesuai dengan visi perusahaan karena berfungsi sebagai branding. Dengan pekerjaan yang lebih kompleks itu, wajar jika penghasilannya juga besar.

Beberapa jenis pekerjaan freelancer bisa menjadi inspirasi untuk menyalurkan minat serta kemampuan yang Anda miliki. Setiap jenis freelancer memiliki tingkat kesulitan tersendiri juga peluang pendapatan yang berbeda. Namun yang pasti, peluang di atas merupakan yang paling menjanjikan saat ini.

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)