ASUS VivoBook 14 A416, Laptop Ringkas dengan Fitur Premium Untuk Mahasiswa

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Panik, panik, panik. 

Waktu pengumpulan tugas hanya tinggal 5 menit lagi, sementara sang adik baru selesai mengerjakan tugas. Ditambah dengan harus mengirimkan bukti berupa foto sedang kuliah lengkap dengan di depan laptop. Meskipun terburu-buru, akhirnya tugas terkirim juga tepat 1 menit sebelum deadline. Fiuh, lega juga dan tinggal menikmati makan siang sebelum mulai lagi jam kuliah sore.

Namun, cerita di atas tak hanya sampai di situ. Kala kami sedang menikmati makan siang, adik berkata bahwa deadline pengumpulan diundur 1 jam. Gubrak! Antara kesal dan lega melihat pengumuman dari dosen tersebut. Kesalnya karena pengumuman tersebut dadakan padahal tadi sudah panik-panik dahulu, dan lega karena sudah mengumpulkan di awal tadi. 

"Tinggal buat main game aja" kata adikku setelah kejadian tersebut.

Serba-Serbi Mahasiswa dengan Perkuliahan Online 

kuliah online mahasiswa

Sudah hampir mendekati satu tahun lamanya aku dan adik beradaptasi pada perkuliahan online ini. Kalau aku sih, tinggal tugas akhir saja sedangkan adik masih di semester awal. Namun tetap saja, statusku tetap masih sebagai mahasiswa, doakan semoga cepat lulus ya gaes. Walaupun begitu, aku dan adik sama-sama beradaptasi dan belajar menikmati masa serba daring, yang tentunya ternyata tidak mudah.

Aku sendiri tak menyangka jika kegiatan atau aktivitas sehari-hari dalam hidup mengalami peralihan dari offline ke online. Aku sepakat juga dengan podcaster bernama Iqbal Hariadi kalau di masa depan akan lebih banyak aktivitas serba digital dan daring, namun karena ada pandemi ini mendadak jadi lebih cepat dan kita semua tak siap. Awalnya juga susah sih bagiku, namun ternyata kuliah daring seperti ini ada untungnya juga yaitu: mandi sesukanya! Hahaha.

Jadwal yang Lebih Disiplin Saat Kuliah dari Rumah

Meskipun kuliah dari rumah dan sebebas apapun mau melakukan apa saja, namun ternyata kita jadi lebih sibuk dalam membagi waktu, loh. Tentu saja karena membagi kegiatan rumah dan pekerjaan rumah, beda dengan waktu kos dulu yang masih bisa nunda. Mau nggak mau kami belajar disiplin biar waktu untuk kuliah dan mengerjakan tugas tak terganggu. Kadang ada hal lain juga yang di luar kontrol seperti ada tamu kala sedang hectic-hecticnya.

Pentingnya Menjaga Mood Saat Kuliah Online

Karena kami sama-sama perempuan, kami tahu betul pentingnya menjaga mood selama semesteran daring ini. Pokoknya menjaga agar nggak demotivasi karena bosan dan menganggu produktivitas. Hiburannya kalau nggak game, kucing, jajanan, atau ngomongin orang tua (eh). Menjaga mood ini ada kaitannya juga dengan manajemen energi dan menjaga kesehatan. Jujur saja sih sampai sekarang masih suka kecolongan kebanyakan begadang, jadi pola tidur agak terganggu.

Pentingnya Support Alat Tempur Untuk Kuliah Daring

Mood buat menjalani perkuliahan daring ini juga dipengaruhi lingkungan yang nyaman dan alat tempur yang mendukung. Bagi yang masih anak kuliahan kaya aku, pasti tahu betapa repotnya kalau sinyal sedang buruk, gadget yang lemot karena panas terlalu lama dipakai, atau laptop yang ngadat. Apalagi nih, bagi mahasiswa yang kuliahnya offline sebelumnya saja butuh banget laptop, ditambah pandemi otomatis nggak ada hari tanpa buka laptop.

Rata-rata mahasiswa pasti memiliki laptop untuk menunjang kegiatan perkuliahannya. Selama kuliah dari rumah ini aku juga nggak satu dua kali melihat mahasiswa membutuhkan rekomendasi laptop. Biasanya yang bertanya nih yang emang kuliahnya jarang bawa laptop, kemudian baru deh mencari laptop yang cocok untuk kuliah online. Selain itu juga ada alasan lain seperti upgrade laptop atau memang ingin membeli baru setelah sebelumnya merupakan 'warisan' dari kakak-kakaknya.

Permasalahan “Perlaptopan” Pada Mahasiswa 

laptop untuk mahasiswa kuliah online

Dari tahun pertama menjalani kuliah, aku cukup melihat banyak fenomena unik mengenai perlaptopan ini. Fenomena unik di sini ya tentu saja kelakuan mahasiswa-mahasiswa yang menurutku, ada-ada aja, hihihi. Misalnya nih:

Tim Minjem Laptop buat Presentasi

Hampir setiap mata kuliah dulu, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok untuk presentasi. Pada awalnya, presentasi selalu dilakukan dengan satu laptop dari anggota kelompok itu. Namun seiring berjalannya waktu dan keakraban, biasanya semua kelompok hanya meminjam laptop dari satu dua orang lain kelompok. Alasannya banyak, ada yang memang laptop berat sehingga malas membawa, laptop lemot, laptop susah dipasang flashdisk, dan lainnya. Ah, menulis ini aku jadi rindu ruang kelas dan segala kekocakannya.

Laptop Harus Dicolok Terus

Permasalahan laptop yang sering terjadi pada mahasiswa ini adalah ketahanan baterai yang pasti jadi sering pasang-cabut charger. Kalau sewaktu-waktu daerah kampus sedang mengalami pemadaman listrik bergilir, usailah sudah.

Laptop Sudah Lelet

Laptop yang sudah lelet di kalangan mahasiswa ini biasanya karena penyimpanan sudah penuh, terlalu banyak install aplikasi, atau kena virus dari instalasi software bajakan. Duh, ini mengganggu banget sih kalau sedang banyak-banyaknya tugas.

Kelalaian dalam Merawat Laptop

Adapun alasan lain seperti misalnya kena hujan di jalan, ketumpahan air saat di kamar kost, terlalu banyak tumpukan buku di atas laptop, atau kelupaan mencabut charging atau bahkan lupa tidak diisi. Kejadian semacam ini pasti selalu ada saja oleh mahasiswa, termasuk salah satunya aku yang dulu masa baterai gampang habis karena bocor.

Bingung Mencari Spesifikasi Laptop

Biasanya nih, laptop yang dibawa buat kuliah tuh umurnya sudah sejak saat sekolah. Jadi kemungkinan mulai mengalami penurunan fungsi bahkan rusak di tengah-tengah perkuliahan tuh selalu ada. Seperti misal efeknya yang sudah disebutkan di atas tadi. Jadinya nggak enak banget kan buat kuliah, pun sebagai mahasiswa pasti nggak cuma sibuk akademik aja tapi ada juga organisasi, bekerja paruh waktu, magang, menjalani hobi, dan atau kegiatan non akademik lainnya.

Apalagi ditambah kuliah daring seperti ini yang menjadikan laptop sebagai kebutuhan. Baru deh terasa untuk sebaiknya mencari laptop yang lebih nyaman dan cocok digunakan. Permasalahan selanjutnya adalah kebingungan mencari spesifikasi, kalau untuk mahasiswa sih carinya yang pas di tengah-tengah. Tapi, laptop bagus kan mahaaal.

Masaaaak sih?

Spesifikasi Laptop untuk Kebutuhan Mahasiswa

laptop untuk kuliah
laptop ASUS yang kugunakan saat ini

Biasanya, laptop untuk mahasiswa ini spesifikasinya nggak neko-neko. Terutama kalau misal hanya digunakan sebagai pengoperasian tulis menulis untuk tugas kuliah atau organisasi, presentasi, dan sisanya digunakan sebagai hiburan atau entertain seperti streaming film, nonton YouTube, atau ngegame. 

Aku sendiri juga menemui bahwa beberapa temanku tak menggunakan lagi laptop mereka dalam kurun waktu bulanan setelah lulus atau bekerja, jadi memang untuk seperlunya saja. Namun untuk hal ini sendiri aku kurang relate, karena dari dulu tiap hari aku membuka laptop karena memang merawat blog ini. Bahkan ketika kuliah walaupun tak ada presentasi, aku sering membawa laptop ke kampus untuk numpang WiFi di perpustakaan. Mungkin karena sudah terbiasa juga, kadang aneh kalau sehari nggak buka laptop padahal cuma buat sekadar baca artikel doang.

Memang sih, mahasiswa juga beragam dan beberapa membutuhkan laptop yang lebih advanced. Misalnya mereka yang menyukai gaming, programming, mengurus atau merintis bisnis sejak kuliah, atau yang sekaligus sebagai freelancer sebagai desainer grafis. Bagi mahasiswa jurusan sastra sepertiku misalnya, selain kuliah juga seringkali digunakan untuk freelancean sebagai content writer, jasa translate, atau proofreading.

Nah ditambah kondisi saat ini, menurutku nggak ada salahnya untuk saatnya upgrade laptop dari yang terlalu biasa saja. Kan, nggak selamanya jadi mahasiswa juga, bermanfaat juga kalau awal memasuki kerja apalagi jika meminati bidang digital. Selain itu, sekarang lagi banyak juga orang membuat aset digital berupa portofolio berisi karya-karya di internet. Kehadiran laptop yang mumpuni, kerja-kerja kita selanjutnya akan lebih mudah.

ASUS Vivobook 14 A416, Laptop Ringkas dan Modern Untuk Kegiatan Perkuliahan yang Lebih Menyenangkan 

ASUS 14 A416


Melihat spesifikasi kebutuhan laptop untuk mahasiswa ditambah keadaan saat ini, aku jadi teringat di akhir tahun lalu kalau ASUS mengeluarkan laptop ASUS Vivobook 14 A416 yang klaimnya adalah laptop modern serba bisa untuk semua kalangan. Wow, itu langsung menarik bagiku karena selama ini laptop kan lebih segmented ya misal untuk gaming, pebisnis, atau content creator. Jadi kalau misal ditanya apa rekomendasi laptop untuk perkuliahan, aku nggak akan lagi menjawab ASUS, namun lengkap menjawab dengan ASUS VivoBook 14 A416!  Nah maka dari itu, yuk simak seberapa canggih laptop ini!

Laptop series entry-level ini sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan kegiatan daring dari rumah, misalnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Bekerja dari Rumah atau WFH. Itulah mengapa laptop ini disebut sebagai laptop untuk semua kalangan, karena cocok untuk pelajar, mahasiswa, pengajar seperti guru atau dosen, para orang tua, sampai pekerja. Maka dari itu, varian dari ASUS VivoBook 14 A416 ini nggak hanya satu dua saja, namun tersedia 7 pilihan sesuai kebutuhan dengan harga mulai dari 4 jutaan saja.

ASUS VivoBook 14 A416, Si Ringkas untuk Mobilitas Tinggi

vivobook asus

Di awal aku sudah menyebutkan bahwa bagi beberapa mahasiswa, laptop tuh serasa beban karena biasanya berat. Apalagi misalnya di tahun-tahun pertama perkuliahan, modul-modulnya sendiri sudah banyak dan dengan membawa laptop pasti akan lebih memberatkan. Tapi kalau ceritanya ASUS VivoBook 14 A416 ini sih nggak gitu, karena beratnya cuma 1,6 kg dengan ketebalan 19.9 mm saja.

VivoBook 14 A416 ini menggunakan teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan layar pada laptop tipis dan memiliki screen to body ratio sampai 82%. Maka dari itu, nggak heran ya kalau laptop seukuran 14 inch bisa seringkas itu. Layarnya sendiri dilengkapi dengan anti silau, memiliki sudut pandang 178 derajat serta mendukung resolusi sampai Full HD. Nah dengan berat dan ketebalan tersebut, cocok sekali untuk mahasiswa yang memang biasanya aktif berpindah-pindah. Misalnya dari keperluan akademik, organisasi, pengajuan proposal, berkomunitas, atau menekuni hobi. 

Sekalipun saat ini ruang gerak terbatas dan bukan lagi di lingkungan kampus, tetap saja dimudahkan dalam berpindah-pindah tempat untuk mengerjakan sesuatu. Nggak kalah juga dengan laptopnya yang mudah diajak kemana-mana, charger dari laptop ini juga ringkas dan mudah dimasukkan ke tas yang kita punyai sehingga tidak makan tempat. Laptop ini punya dua pilihan warna yang bisa dipilih, yaitu transparent silver dan slate grey.

Dukung Kelancaran Kuliah dan Produktivitas dengan Hardware Modern

Well, meskipun laptop ini dapat digunakan untuk semua kalangan bukan berarti kualitas di dalamnya medioker atau biasa-biasa saja. Sesuai yang dikatakan oleh ASUS Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin, laptop ini memang memiliki konfigurasi spesifikasi dengan kualitas yang tinggi.

Laptop ini dilengkapi dengan prosesor hingga 10th Gen Intel Core dan variasi tertingginya yaitu prosesor Intel Core i5-1035G1 dengan konfigurasi 4 core, 8 thread, dan boost clock hingga 3,6GHz. Dengan kemampuan prosesor seperti itu, keresahan mahasiswa akan laptop yang lamban terjawab sudah. Nggak ada lagi acara ditambah panik kalau sedang mendekati deadline, pun dari menyalakan laptop hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk dapat digunakan. 

tampilan layar asus vivobook 14


Apa laptop ini hanya menunjang kebutuhan mainstream sehari-hari seperti kuliah dan bekerja? Tentu saja tidak, laptop ini juga dilengkapi chip grafis NVIDIA GeForce MX330 yang mendukung penggunanya akan keperluan performa grafis esktra misalnya editing foto atau video hingga bermain game.  Ditambah memori DDR4 yang dapat diupgrade hingga 12GB dan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe, laptop ini cocok banget kan buat mahasiswa? Namanya anak kuliahan tuh lagi seneng-senengnya eksplor dan mencoba banyak hal, dan juga lagi mudah bosan-bosannya. Jadi, mau buat kuliah, hiburan, bahkan freelanceran sudah lengkap sepaket deh didukung sama laptop ini.

Baterai Tahan Lama dan Konektivitas Lengkap

Laptop dengan kualitas performa yang tinggi sering dipertanyakan ketahanan baterainya. Sebagai mahasiswa, aku menyukai laptop yang tahan lama jadi tak perlu bolak-balik mengisi ulang baterai. Pengalaman dulu sih kalau digunakan untuk bediskusi jadi agak merepotkan karena biasanya jadi rebutan stop kontak. Belum lagi, risiko mati lampu bisa saja membuat produktivitas jadi tertunda.

Baterai yang dipunyai VivoBook 14 A416 ini dilengkapi dengan kapasitas 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion dan sudah diuji dapat bertahan hingga 8 jam, sedangkan untuk pengisian daya penuh cukup dengan 1,5 jam. Dengan daya tahan baterai dalam kurun waktu tersebut, ini sih dapat membantuku kalau lagi ingin ngopi bentar di coffee shop untuk mengerjakan satu dua tugas ringan. Atau disesuaikan saat sekarang, minimal pindah ke ruang tamu nggak perlu dikit-dikit ambil charger dan repot bawa terminal stop kontak deh, hihi.

konektivitas ASUS laptop



Untuk konektivitas sendiri, laptop ini dilengkapi dengan port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan juga combo audio. Sedangkan untuk konektivitas nirkabel sudah dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk konektivitas internet dan juga Bluetooth 4.1. Nggak ketinggalan, lengkap juga dengan kamera, Sonic Master untuk kebutuhan audio, dan mikrofon untuk keperluan yang sedang banyak digunakan saat ini dari perkuliahan, mengkuti webinar, atau meeting. 

Body Laptop Kokoh dan Keyboard Ergonomis 

Memiliki ukuran yang ringkas bukan berarti jadi ringkih lho, ASUS VivoBook 14 A416 ini terbuat dari bahan logam dan konstruksinya tangguh. Selain itu, ditambah juga dengan perlindungan ekstra bernama E-A-R HDD Protection untuk HDD yang berfungsi sebagai penyerap getaran untuk menyelamatkan fungsi HDD jika terjadi guncangan pada perangkat.

Untuk mahasiswa dan juga sekaligus bloger seperti aku, pasti paham banget kalau keyboard laptop yang nyaman untuk mengetik bisa berpengaruh menaikkan mood kalau lagi ngetik-mengetik. Utamanya sih, selain keyboardnya memiliki key travel 1,4mm agar nyaman mengetik, laptop ini juga sudah dilengkapi dengan backlit dengan kecerahan tiga tingkat, jadi membantu di saat kondisi gelap terutama malam hari. Kadang dengan mata minus dan siliner, kalau malam hari suka salah pencet apalagi saat sudah mulai lelah kalau tanpa tambahan penerangan ini.

asus laptop

asus laptop keyboard


Untuk beberapa varian laptop ASUS VivoBook 14 A416 terutama prosesor Core i5, laptop ini juga sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor dan tak perlu lagi mengetik password ketika membuka sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello.

Say No More to Software Bajakan! ASUS VivoBook 14 A416 Dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed 

Salah satu rahasia umum di kalangan mahasiswa adalah kebingungan dalam menginstall software terutama Microsoft Office dan biasanya mencari jasa yang lebih murah dari pada membeli yang orisinal. Soalnya kebutuhan kuliah kan sudah banyak, maka larinya ke tempat yang terjangkau.

Namun biaya yang murah tentu saja bukan tanpa risiko, kalau nggak cocok bisa jadi laptop malah lemot dan harus diservis ulang lagi dengan biaya yang lebih mahal. Atau sewaktu-waktu bisa muncul tulisan Activate Windows- Go to settings to activate windows dan itu menganggu sekali terutama kalau lagi presentasi. Nah kalau di VivoBook 14 A416 sih sudah sekalian sepaket, jadi nggak perlu khawatir lagi. Bayangin aja kan nanti dapat kesempatan wawancara beasiswa ke luar negeri, tiba-tiba muncul 'kalimat itu' itu kan jadi malu ya kaan?

Lengkap dan Mudah dengan MyASUS

MyASUS

Kelebihan lain yang tak boleh terlewatkan adalah adanya MyASUS. Fungsinya apa sih? Jadi, MyASUS ini memungkinkan pengguna untuk memantau status laptop kesayangan ini maupun melakukan troubleshooting sekaligus memperbaiki secara otomatis. Status garansi perangkat juga tersedia di MyASUS ini dan fasilitas yang menghubungkan ke layanan konsumen ASUS.

Pengguna nantinya juga dapat menghubungkan smartphonenya dengan laptop dengan menggunakan fitur Link to MyASUS. Dengan fungsi ini, kita dapat melihat pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan, bahkan fasilitas untuk berbagi file. Nah kalau udah tersedia fitur untuk terintegerasi gini kan enak nih buat kirim mengirim tugas kuliah maupun pekerjaan. Untuk mengkoneksikan laptop dan smartphone melalui MyASUS ini, kamu cukup install Link to MyASUS dan klik turn on untuk terkoneksi melalui perangkat Bluetooth.

Link to MyASUS memiliki tujuh fitur yang bisa digunakan, yaitu:
  • Hands-free Phone Call yang berfungsi untuk menerima panggilan dari smartphone melalui laptop.
  • Mirror yang berfungsi untuk menampilkan screen dalam smartphone kita maupun menggunakan aplikasi tertentu dalam laptop.
  • Screen Extender yang berfungsi membuat layar smartphone menjadi layar kedua untuk keperluan dual-display.
  • File-Transfer yang berfungsi sebagai media sharing antara perangkat smartphone dan laptop.
  • URL Transfer yang berfungsi untuk berbagi tautan dengan mudah.
  • Remote File Access untuk melihat dan mengakses file yang tersimpan dalam ASUS PC kapanpun dimanapun.
  • Remote Desktop untuk mengontrol apa saja yang sedang berlangsung di laptop secara remote yang ditampilkan melalui smartphone. 

Kesimpulan

laptop untuk PJJ


Aku rasa, melihat kelebihan dari inovasi laptop ASUS VivoBook 14 A1416 ini cocok sekali untuk mahasiswa dari tahun pertama sampai menjadi first jobber. Apalagi di kala kuliah online saat ini yang sering-sering menggunakan laptop dan pastinya nggak bisa jauh-jauh dari laptop. Pantas saja, laptop ini peruntukannya memang sesuai dengan taglinenya yaitu Easy Portability, Effortless Productivity!

Spesifikasi dan Harga ASUS VivoBook 14 A416

A416 ASUS


Main Spec.

VivoBook 14 (A416)

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System

Windows 10

Memory

4GB DDR4 RAM

Storage

1TB 5400 rpm SATA HDD

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB SSD

Display

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare

Graphics

NVIDIA GeForce MX350 (optional)

Intel UHD Graphics

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension

32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight

1,6 Kg

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

Price

Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)

Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)

Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

Warranty

2 tahun garansi global



Sumber referensi tulisan:
  • ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop dengan Fitur Modern untuk Semua Kalangan. (Press Release)
  • ASUS VivoBook 14 A416. https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/ (Website ASUS)
  • 7 Juta Dapet Banyak - Review Asus Vivobook 14 A416 (Pizza Gadget YouTube)
  • Easy portability. Effortless productivity. | ASUS Laptop (X415/X515) - ASUS YouTube
          (https://www.youtube.com/watch?v=iPdoZRyUwwg&feature=emb_title&ab_channel=ASUS)
Gambar pendukung:
  • ASUS Channel Site 
            (https://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=aba3122a603e4cd6a06f2086de0cfd6a)
  • Dokumentasi Pribadi
  • Laptop ASUS 4 Jutaan? | Review VivoBook 14 A416 (Kelvin Kurniawan YouTube)
             (https://www.youtube.com/watch?v=sMJGyYSk96M&ab_channel=KelvinKurniawan)
  • Review Asus Vivobook 14 A416 (Pizza Gadget YouTube)
           (https://www.youtube.com/watch?v=NXYDf5h_IlQ&ab_channel=PizzaGadget)
  • Pixabay: HaticeEROL, npvthrilok
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

14 comments

  1. ASUS VivoBook 14 A416 memang cocok buat mahasiswa/ pelajar juga ya
    karena harganya affordable, dgn spesifikasi yg kece banget!
    Mauuukkk satu aja dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, cocok untuk semua kalangan gitu. Cangtip banget, aku aja naksir betuul :'))

      Delete
  2. Cocok banget buat mahasiswa ya ternyata ASUS VivoBook 14 A416 ini. Bodinya yang ringan cocok buat mobile, buat daring dari rumah juga mumpuni, dan tentu saja harganya terjangkau.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoho iya idaman banget, nggak memberatkan karena ringkas begitu juga mudah dibawa pindah-pindah. Tentu saja sebanding bahkan lebih dengan harganya untuk spek segitu :)

      Delete
  3. Dengan seabrek masalah yang sudah dijelaskan di atas, dan hampir semua poin poin itu sedang terjadi pada laptop saya. Mungkin sudah waktunya untuk mengganti laptop.

    Penjelasan laptop Asus vivobook dengan berbagai spesifik dan keunggulan di atas, bisa jadi rekomendasi untuk saya. Apalagi dengan melihat harganya yang cukup terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, artinya apaaa? Boleh nih kalau sudah untuk pekerja, spek ASUS VivoBook 14 A416nya bisa pilih yang lebih tinggi misal dari kebutuhan laptop utk pelajar/mahasiswa

      Delete
  4. Sebagai user asus juga Aku rekom bangeut dah produk produk asus, jujur aja ya ka, aku agak awam sih mngenai detail produk, cuma pas nanya semuaaa teman teman mostly rekomendasi asus, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoho betuuul, aku juga pakai ASUS dan emang enak sih nyaman gitu sejauh ini. Nah begitu ada varian ini aku juga jadi pengin upgrade deeh :)

      Delete
  5. Pas banget aku lagi mau kuliah lagi, dan lagi nyari laptop dengan harga terjangkau, bs jd referensi buat maba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh serunya Mbak Ruli, iya nih Mbak sekalian buat kuliah dan nyari pundi2 rezeki dari blogging :)

      Delete
  6. Harganya oke juga yaa..
    Bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia.
    Mahasiswa memang kudu banget punya laptop, agar lancar dalam pengerjaan tugas apalagi semuanya secara online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu iya kaak, kalau ngga ada laptop udah pusing apalagi di saat ini

      Delete
  7. Laptop idaman banget ini asus, aku juga pengen punya ya Allah.Sholawatin dulu nih heheh biar jadi beneran punya. Semoga sukses ya mbak lombanya

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)