7 Jenis Pekerjaan di Bidang Marketing yang Menjanjikan

Semakin berkembangnya dunia digital, hal tersebut ikut mempengaruhi jenis pekerjaan di bidang marketing. Jika sebelumnya profesi marketing hanya dilakukan dalam ruang lingkup yang terbatas, kini pekerjaan tersebut telah memiliki jangkauan yang lebih luas dan semakin beragam. 

jenis pekerjaan di bidang marketing
cr: unsplash, Marvin Meyer

Perubahan perilaku masyarakat yang lebih suka mengakses segala sesuatu lewat smartphone turut berpengaruh pada meluasnya jenis pekerjaan ini. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produknya. 

Karena bagaimana pun, selain tampilan produk dan strategi marketing, bagus atau tidaknya penjualan sangat bergantung pada marketing atau pemasaran. 

Jenis Pekerjaan di Bidang Marketing 

Setiap pekerjaan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Marketing sendiri adalah rangkaian kegiatan untuk menciptakan serta menyampaikan tawaran yang menarik kepada konsumen dan masyarakat umum sehingga mengubah kebutuhan mereka menjadi keinginan. 

Berikut beberapa jenis pekerjaan di bidang marketing yang wajib diketahui terutama bagi yang tertarik dengan profesi ini: 

1. Influencer 

Menjadi seorang Influencer memang tak mudah, Anda harus memiliki setidaknya 100 ribu pengikut asli di media sosial agar materi marketing bisa tersampaikan dengan baik dan ada interaksi di dalamnya. Materi marketing bisa dalam bentuk konten video, postingan, maupun tulisan di blog. 

Keberadaan seorang influencer di era digital sangat membantu pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Dan kalau melihat perkembangan teknologi saat ini, influencer termasuk pekerjaan di bidang marketing yang cukup populer. 

Bagi yang memiliki minat menjadi influencer ini, bisa mendapatkan barang yang ingin dipromosikan secara cuma-cuma atau penghasilan yang sangat besar. Bahkan seorang Rachel Vennya, mampu meraup Rp 15 juta untuk sekali posting di akun instagram-nya. Namun tentu saja menjadi influencer juga harus memiliki strategi yang tepat karena algoritma media sosial cepat berubah dan mengikuti selera user.

2. Content Writer 

Content rriter atau penulis konten termasuk salah satu jenis pekerjaan marketing yang menjanjikan. Tugas seorang content writer adalah memasarkan produk dalam bentuk tulisan di media elektronik seperti blog ataupun website. 

Tulisan yang dibuat seorang content writer memiliki karakteristik yang berbeda, tergantung keinginan dan kebutuhan klien. Namun intinya tetap pada tujuan utama marketing yaitu memasarkan sebuah produk dan meningkatkan brand awareness

Kemampuan dasar yang wajib dimiliki seorang content writer adalah memahami teknik SEO, cara kerja search engine dan bisa membuat tulisan yang berkualitas. 

3. Copywriter 

Walaupun tugasnya sama-sama menulis, namun sebenarnya copywriter dan content writer berbeda. Copywriter dituntut untuk membuat tulisan singkat dan sederhana yang bisa membangkitkan rasa penasaran audiens

Karena menjadi penentu sukses atau tidaknya promosi, pekerjaan marketing yang satu ini tak bisa diisi oleh sembarang orang. Setidaknya Anda harus memiliki kreatifitas yang tinggi dan kemampuan mengolah kata yang baik. 

Parameter kesuksesan seorang copywriter dapat dilihat dari interaksi audiens terhadap materi promosi yang ia buat. Contoh hasil kerja copywriter dapat Anda lihat pada promo yang sering diberikan oleh e-commerce seperti Tokopedia hingga Shopee. 

4. Graphic Designer

Graphic Designer juga termasuk dalam jenis pekerjaan di bidang marketing. Profesi ini memiliki jobdesc membuat materi promosi dalam bentuk gambar yang menarik. Sehingga konsumen bisa melihat tampilan visual produk yang dipromosikan. 

Keahlian mendasar yang wajib dimiliki seorang graphic designer antara lain menguasai software editor seperti Adobe Illustrator maupun CorelDraw. Di samping itu, kreatifitas dan kemampuan memahami keinginan pasar menjadi nilai lebih bagi Anda yang ingin terjun ke dunia desain grafis. 

5. Social Media Specialist 

Media sosial menjadi wadah paling efektif di era digital untuk melancarkan strategi pemasaran sebuah produk. Meskipun terlihat mudah, namun dibutuhkan seseorang yang memiliki ide-ide cemerlang serta keahlian memahami perilaku pengguna agar strategi marketing berjalan lancar. 

Profesi ini sering disebut sebagai Social Media Specialist, salah satu jenis pekerjaan marketing yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola semua media sosial perusahaan, termasuk memposting produk hingga berinteraksi dengan audiens. 

6. Product Owner 

Posisi seorang Product Owner dalam sebuah perusahaan berperan sebagai penanggung jawab produk yang sedang dikembangkan atau dipasarkan. Posisi ini memiliki wewenang khusus dalam sebuah perusahaan. 

Dalam perjalanannya, seorang product owner bekerja sama dengan tim bisnis dan tim marketing. Mereka akan berkolaborasi untuk menghadirkan inovasi agar konsumen mendapatkan informasi mengenai produk yang mereka inginkan. 

Orang awam mungkin menganggap product owner tak masuk ke dalam divisi marketing. Tapi sebenarnya kalau ditarik garis lurus, keduanya memiliki fungsi kerja yang hampir sama. 

7. Account Executive 

Selanjutnya ada account executive yang juga masuk ke dalam jenis pekerjaan di bidang marketing. Profesi ini berada satu tingkat di atas marketing atau salesman. Sederhananya, posisi account executive memiliki wewenang untuk mengkoordinasi divisi marketing. 

Selain itu posisi ini juga memiliki tugas lain yakni menjelaskan detail kesepakatan kepada klien, sehingga kerja sama antara kedua belah pihak dapat terjalin. 

Seorang account executive wajib memiliki kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi yang baik. Karena nantinya akan menyampaikan materi yang sebelumnya telah dibuat oleh tim terkait, untuk kemudian mendiskusikannya dengan klien sehingga tercipta kesepakatan bisnis. 

Kesimpulan 

Saat ini, semua bisnis memerlukan seorang yang mampu memasarkan sebuah produk dengan baik. Individu yang dapat mengubah kata-kata, ucapan, serta tampilan visual menjadi profit. Tak jarang pekerjaan marketing diibaratkan sebagai tiang penyangga perusahaan. 

Awalnya mungkin terasa menantang bagi Anda yang baru terjun ke dunia marketing. Namun seiring berjalannya waktu, pekerjaan ini akan terasa menyenangkan. Apalagi dengan gaji yang cukup menggiurkan dan dalam berada di lingkungan yang terus berinovasi.

Beberapa jenis pekerjaan di bidang marketing pada ulasan di atas memiliki jobdesc yang berbeda, namun tujuannya tetap sama, memasarkan sebuah produk. Tertarik bergelut di dunia marketing?
***
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)