Review Serum Scarlett, ‘Holy Grail’ yang Ampuh Untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat dan Sensitif

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Sejak setahunan terakhir ini, belanja online aku paling banyak jatuh pada buku dan skincare. Like, hampir setiap ada skincare baru dan viral rasanya pengin coba juga khasiatnya. Hal ini bukan semata tanpa tujuan, namun karena aku baru mengalami wajah dengan jerawat yang lumayan lama hilangnya. Maklum sih, efek stres dan begadang ini berpengaruh besar pada seberapa lama jerawat “betah” di wajah ini.

Maka dari itu, aku paling seneng kalau nemu skincare yang cocok di wajah. Alasannya karena ternyata selain masalah jerawat, wajahku ternyata sensitif pada kandungan tertentu. Dulunya aku cukup menggunakan skincare untuk wajah berminyak saja, namun sekarang tentunya beda lagi dong. Produk skincare yang untuk wajah berjerawat belum tentu cocok untuk wajah yang tipenya berminyak, atau mau cari yang khusus untuk perawatan wajah berminyak aja juga belum tentu langsung mengatasi masalah jerawat. Ribet? Banget!

Review Scarlett Serum Acne dan Brightly

Namun dari sini aku jadi tahu kalau kuncinya satu: merawat kulit wajah. Setelah beberapa kali berharap jerawat di kulit wajah langsung hilang, aku justru lebih fokus membuat kulit wajah terawat secara keseluruhan. Jadi sekalian biar rajin pakai skincare nggak cuma saat bermasalah, hihi. Soalnya sih, kalau nggak rutin wajah jadi tambah kusam dan jerawat justru meradang. Kalau lagi mulai males misalnya, jadi teringat “oh ada kulit wajah yang harus aku jaga rawat.”

Saat ini, aku sedang rutin memakai serum wajah dari Scarlett. Yap benar, brand yang namanya kita jumpai di mana-mana ini dan beberapa pasti langsung teringat pada produk body lotion dan body wash. Anyway, produk Scarlett ini sekarang sudah bertambah bukan hanya kedua produk tersebut namun juga sudah ada serum dan cream wajah. Mungkin saking seringnya brand ini terdengar, akan timbul pertanyaan apakah benar ampuh, apakah overrated, dan lainnya. Nah khusus untuk postingan selanjutnya ini akan membahas secara detail dan testimoni apa adanya mengenai Scarlett Serum ini.

Scarlet Acne Serum

serum scarlett acne review jujur

Scarlett Acne Serum


Well, aku sudah repurchase Scarlett Acne Serum ini sebanyak 6 kali sejak pertama pemakaian. Cukup banyak ya? Memang sih aku gunakan sekaligus untuk seluruh wajah, jadi bukan hanya di bagian yang berjerawat aja. Tiap botolnya sendiri berisi sebanyak 15ml yang dikemas dengan ukuran botol mungil berwarna UNGU, bagiku ini jadi tak memakan tempat dan mudah dibawa ke mana saja.

Kandungan Scarlett Acne Serum dan Manfaatnya

Nah sebelum lanjut ke efek dan hasil pemakaian, perlu tahu dulu nih kandungan yang ada dalam Acne Serum ini:

  • Tea Tree Water

Membantu mengatasi masalah jerawat dengan melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi bruntusan, melembabkan kulit wajah, dan juga mengurangi minyak.

  • Jeju Centella Asiatica

Bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan pada jerawat, mempercepat penyembuhan luka pada kulit, dan juga mengurangi kerusakan kulit.

  • Vitamin C

Membantu menghilangkan fleks dan bekas jerawat, melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

  • Salicylic Acid

Bermanfaat dalam meredakan peradangan pada jerawat yang muncul, mengangkat kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan penyebab komedo.
  • Liquorice Extract
Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kulit, melindungi kulit dari sinar matahari, mengatasi jerawat dan kemerahan pada kulit, serta mencegah hiperpigmentasi dan menyerap kelebihan minyak di wajah.

kandungan aman dalam acne serum scarlett

See? Kandungan yang ada dalam Acne Serum ini yang membuatku penasaran dan tertarik mencoba saat pertama kali. Kebetulan saat itu sedang mencari pelengkap perawatan wajah berjerawat selain facial wash khusus, kemudian direkomendasikanlah untuk memakai serum. Terus juga ketambahan kena “racun” dari banyaknya review positif yang ada di Twitter.

Syukurlah ternyata Scarlett Acne Serum ini cocok di kulit wajahku dan belum ada keluhan sama sekali sampai sekarang. Bagiku ini menyenangkan karena mencari skincare untuk wajah sensitif sekaligus sedang berjerawat ini sangat susah. Pun, produk serum dari Scarlett ini mudah ditemukan di mana-mana dan harganya cukup terjangkau yaitu Rp 75.000 saja.

Aku memakai Acne Serum ini tiap malam sebelum tidur agar hasilnya maksimal—dan tetep aku pakai juga kalau lagi begadang. Anyway, kalau mau maksimal memang kurangi begadangnya ya gengs. Di manapun rumusnya seperti itu agar jerawat lekas hempas dari wajah hihi. Saat dalam keadaan kurang tidur, wajah memang jadi kelihatan lelah dan kurang sehat, nah bagiku peran serum ini membantu untuk mengurangi kusam di wajah itu.

Hasil Penggunaan Rutin Scarlett Acne Serum

isi dan tekstur acne serum

Tekstur dari serum ini cair tentunya, tak memiliki warna, tidak lengket, dan cepat meresap di kulit wajah. Memudahkan untuk pengaplikasian step skincare selanjutnya atau kalau aku lagi tiba-tiba males, cukup menggunakan serum ini saja karena memang ringan rasanya. Cukup dua sampai empat tetes dari pipet bisa dioleskan ke seluruh wajah, untuk hasilnya bisa langsung terlihat di pagi hari ketika bangun. Hasil yang aku rasakan selama penggunaan Acne Serum ini yaitu:

  • Yang paling terasa dan sekaligus aku suka adalah kulit wajah terlihat lebih terawat, padahal hanya satu skincare mungil ini saja. Ajaib banget, sih. Makanya tadi aku bilang di atas kalau lagi semales-malesnya aku pun, pasti paling minimal pakai serum ini.
  • Yang kedua adalah jerawat jadi lebih kalem, kemerahan berkurang jadi enak kalau mau aplikasiin make up. Jadi jerawat jadi cepet sembuh dan kempis, nggak perlu drama memerah dan sakit dulu. Aku sendiri memang dari awal tak berharap langsung hilang dan hempas dari wajah kan, jadi jerawat reda dan jadi kalem aja aku udah senang.
  • Bruntusan dan calon jerawat hilang. Nah kalau ini versi hasil yang lebih cepat, jadi kalau sudah mulai muncul bruntusan dan calon jerawat, satu atau dua hari menggunakan serum saja bisa memudar kemudian hilang.

Oh iya, pemakaian Acne Serum ini nggak harus full sewajah juga kaya aku, kok. Kalau wajahmu sednag normal dan jerawat hanya muncul sekali dua kali, bisa diaplikasikan hanya di tempat yang ada jerawatnya atau yang mau timbul jerawat. Kalau aku pribadi memang tak ada keluhan selama pemakaian full dalam satu wajah karena fungsinya udah didapatkan yaitu merawat kulit. Termasuk ketika sedang dalam pengaruh hormonal ketika mendekati atau saat menstruasi, jerawat jadi lebih aktif namun dalam pemakaian serum ini tetap bekerja dengan baik.

Anyway, pengaruh dari pola tidur, asupan makan, kondisi cuaca dan sekitar tetap berpengaruh ya pada kecepatan proses penyembuhan jerawat dengan serum ini. Saat ini aku sedang banyak pola hidup nggak sehatnya terutama jam tidur, namun meskipun begitu tetap perawatan wajah, dong. Nah sepengalaman aku dengan kulit sensitif, ada juga yang produk skincare cocok di tempat/daerah tertentu bisa jadi berbeda di tempat yang ditinggali saat ini karena perubahan skintype.

Scarlett Serum yang cocok untuk wajah berjerawat

Nilai plus dari serum ini adalah tak mengandung alkohol, bebas dari paraben, dan tidak mengandung fragrance. Itulah kenapa serum ini tak memiliki wangi, namun aku malah suka yang seperti itu karena rasanya jadi lebih aman. Serum ini sendiri sudah terdaftar BPOM dengan nomor NA18200104454. Jadi untuk pemakaian dengan serum ini aman dan bebas dari rasa khawatir, ya.

Dengan hasil yang seperti ini, aku juga sebetulnya nggak sabar untuk hidup lebih sehat agar penggunaan skincare ini hasilnya lebih maksimal. Kalau kulit sudah jauh lebih normal dan jerawat sudah benar tak aktif, bisa memulai perawatan dengan Serum Scarlett Brightly Ever After.

Scarlett Brightly Ever After Serum

Review Scarlett Brightly Ever After Serum

Yes, produk kedua serum dari Scarlett ini juga ada khusus untuk wajah yang sedang dalam kondisi cenderung normal yaitu Brighly Ever After. Biasanya untuk lebih memudahkan, aku menggunakan warna botolnya yaitu PINK untuk Brightly Serum dan UNGU khusus untuk yang Acne. Serum brightly ini juga sama non-fragrance dan non-alcohol dan terdaftar dalam BPOM dengan nomor NA18201900972.

Kandungan Scarlett Brightly Ever After Serum dan Manfaatnya

Kandungannya ada apa aja nih untuk Brightly Ever After Serum ini? Nah kandungan dari versi brightly ini cukup berbeda dengan saudaranya yang ungu nih, yaitu:

Kandungan Scarlett Brightly Ever After Serum

  • Lavender Water

Berfungsi untuk melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat, detoksifikasi pada kulit dan meningkatkan sirkulasi darah, dan menghaluskan kulit

  • Phyto Whitening

Bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah tanpa menimbulkan iritasi

  • Niacinamide

Memiliki fungsi untuk mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, mencegah bahaya kanker kulit melanoma, dan melembabkan kulit wajah

  • Vitamin C

Berfungsi menghilangkan bekas jerawat dan melindungi kulit dari kerusakan sel dan jaringan akibat paparan radikal bebas penyebab penuaan.

Dari fungsi di atas sebetulnya masih ada pengaruhnya ke jerawat, namun menurutku ini lebih untuk ke penyembuhan bekas jerawat dan membuat kulit wajah lebih cerah secara merata. Bisa juga digunakan ketika sedang tak ada masalah jerawat dan untuk merawat kulit wajah agar tetap kalem.

Untuk warna dari serum ini berwarna pink pucat, jadi cukup jelas dan bisa membedakan kalau sewaktu-waktu sliwer melihatnya dengan versi acne ya. Hihihi. Teksturnya juga sama cepat meresap di kulit dan tidak menimbulkan kesan lengket, sama-sama ringan untuk digunakan.

Hasil Pemakaian Scarlett Serum Brightly Ever After

Hasil Pemakaian Scarlett Brightly Ever After

Kemudian bagaimana efek dan hasil pemakaian? Kalau aku pribadi, pernah coba saat jerawat sudah mulai membekas dan digunakan ke seluruh area wajah juga. Pada penggunaan kedua masih aman dan wajah sama terawatnya, terutama di bagian yang tanpa jerawat kulit jadi lebih cerah dan tidak kusam di pagi harinya. Namun ketika pemakaian ketiga, timbul beberapa bruntusan dan beberapa jerawat yang mulai mengempis malah justru memerah. Dari sini aku jadi tahu kalau kulitku belum siap menerima serum yang versi Brighly dan kembali melanjutkan dengan perawatan Acne Serum.

Meskipun begitu, tentu saja hasilnya akan berbeda oleh masing-masing kulit ya. Beberapa teman dengan skintype normal lebih banyak yang cocok dengan Brightly Ever After Serum ini dan hanya cukup menggunakan sedikit Acne Serum ketika berjerawat. Menurutku yang versi Brightly ini lebih cocok kalau misal muka sedang tanpa jerawat namun sedang kusam atau lelah gitu. Nah kalau aku dengan skintype oily dan sensitif ini lebih cocok menggunakan Acne Serum. Mungkin karena saat ini cenderung oily dan berpotensi lebih mudah terkena jerawat, Acne Serum lebih cocok untukku daripada versi Brightly meskipun suatu saat aku ingin mencoba si PINK ini ketika sudah benar-benar bebas jerawat.

Bolehkah Serum Scarlett Digunakan Secara Bersamaan?

Kemudian, apakah serum Scarlett ini bisa digunakan secara bersamaan? Misal pagi menggunakan Birghtly kemudian malamnya menggunakan Acne? Nah kalau saranku sih tidak ya, apalagi ketika breakout. Untuk penggunaan dengan hasil yang maksimal memang sebaiknya fokus satu varian saja bersamaan dengan jangka waktu yang lebih panjang (seasonal) sesuai kondisi wajah.

Di Mana Bisa Membeli Produk Scarlett Serum?

produk scarlett serum

Untuk teman-teman yang sedang memiliki masalah pada kulit wajah sepertiku dan ingin mencoba produk Scarlett ini, bisa meluncur ke akun Shopee officialnya ya di scarlettofficialshop. Sekaligus di sana bisa juga sekalian mencoba produk body care dan face care lainnya kalau tertarik karena ada harga bundle yang lebih murah. Ada juga cream dua versi seperti serumnya ini, bisa sepaket tuh untuk perawatan.

Kesimpulan

Overall dengan nilai plus di atas dan manfaat yang dapat dirasakan, aku akan terus menggunakan Scarlett Acne Serum dengan rutin selama tak menimbulkan keluhan pada wajah dan cocok. Bagiku, Acne Serum dari Scarlett ini bener-bener holy grail untuk merawat kulit wajah dengan masalah jerawat dan masuk dalam rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat versiku.

Anyway, adakah yang menggunakan serum dari Scarlett dan juga cocok sepertiku? Bisa dishare pengalamannya di kolom komentar, ya!
***

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)