Menilik Lebih Jauh Manfaat Membuat Blog

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik ya!

Tahun 2021 udah mau habis aja, nggak kerasa juga ini blog udah jalan sejak 2014 alias 7 tahun yang lalu. Kalau versi manusianya sih, lagi masuk kelas 2 SD kira-kira. Karena ini blog satu-satunya dan tentu saja perhatian jadi lebih fokus, banyak yang dilalui baik naik dan turunnya.

manfaat membuat blog
raw pict: pexels, Pixabay

Sebelumnya, saya sudah membuat artikel mengenai manfaat dan keuntungan membuat blog di postingan ini. Saya kira, manfaatnya sudah rampung saya tulis semuanya di sana. Namun amazingnya, membuat blog dan mengisinya ini ternyata masih mendatangkan manfaat apalagi setahun ini lebih intens dalam merawatnya.

Sebagai sneak peak, di postingan sebelumnya saya sudah menulis poin manfaat ngeblog seperti melatih dan meningkatkan skill menulis, mendapatkan penghasilan tambahan, dan menemukan relasi baru. Well, selanjutnya postingan ini akan membahasa mengenai manfaat lebih jauh berdasarkan pengalaman sendiri dalam membuat dan mengelola blog. 

1. Mengasah Ketajaman Otak

Aktivitas utama ngeblog tak jauh-jauh dari menulis dengan membuat tulisan. Adapula tulisan yang dibuat berbentuk artikel, opini atau diary, bahkan tulisan yang sifatnya lebih dalam seperti analisis atau review. Meskipun demikian, semua jenis tulisan blog sama-sama membutuhkan waktu untuk mengolahnya. Cara yang dilakukan sebelumnya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin yang relevan, bisa dengan menyimak, mendengarkan, dan juga membaca.

Dari proses ini tentu saja mengajak otak untuk memproses secara aktif apa saja yang poin penting yang diambil dan juga merangkainya menjadi tulisan. Otak diajak siaga untuk berpikir, jika hal tersebut menjadi kebiasaan maka sangat memungkinkan bahwa otak akan terlatih menjadi lebih tajam dalam melihat pola. 

2. Melatih Berpikir Secara Urut

Masih ada kaitannya dengan poin pertama, menulis blog lama kelamaan akan melatih otak dalam berpikir secara urut dan rapi. Menulis sendiri adalah tentang berproses, termasuk juga dalam membuat artikel dalam blog. Pun tanpa mengurangi kesukaan dalam menulis yang sifatnya secara bebas dalam ngeblog, tak jarang bahwa dalam proses ini blogger akan menemukan ciri khas tulisannya sendiri. Hal itu dikarenakan adanya proses eksplorasi gaya tulisan. Selain itu, lama-lama melalui kepekaan dalam menulis ini akan secara natural mengetahui tulisan lain mana yang bagus dalam artian enak untuk dibaca.

3. Menikmati Proses Membaca

manfaat menulis blog
pict: atjafiona, Pixabay

Ketika sedang membuat postingan yang lebih dalam untuk analisis atau menulis topik baru misalnya, mau tak mau saya menghabiskan banyak waktu untuk membaca. Ternyata hal tersebut memberikan dampak positif tersendiri bagi saya karena jadi menikmati proses membaca. Menemukan artikel-artikel yang menyenangkan juga keuntungan lain dari proses ini. Tak hanya sampai di sana, tak jarang saya menemukan dan mengenal pengarang, kolumnis, atau blogger baru dari sini.

4. Memberikan Makna dalam Hidup

Saya mengenal banyak dari blogger memberikan identitas blogger sebagai sesuatu yang bermakna dalam hidup. Proses ngeblog membawa diri melalangbuana atau ke kejadian-kejadian hidup yang menyenangkan, dan semuanya berawal dari tulisan dan blog yang dirawat dengan sepenuh hati. Hal itu juga memberikan timbal balik karena lebih termotivasi lagi dalam berbagi melalui tulisan.

Dalam dunia profesional, hobi yang dikembangkan dalam membuat blog dapat mendatangkan jalan tersendiri sebagai portofolio. Skill yang diasah dari ngeblog bukan hanya menulis, namun yang sifatnya  teknikal seperti desain website dan SEO. Beberapa contoh pekerjaan yang berhubungan dari aktivitas blogging ini seperti ahensi, spesialis SEO, copywiter, dan seterusnya.

5. Pengingat Untuk Terus Mencoba

Kegiatan ngeblog itu kalau dilakukan dengan penuh kesadaran atau versi bahasa yang lagi in sekarang yaitu mindfulness, adalah proses yang panjang dan tak ayal melelahkan. Saya sempat berkali-kali menyerah atau hiatus dalam waktu yang lama namun ternyata kembali lagi. Apalagi kalau lomba dan kalah, rasa kecewanya seperti berlipat-lipat karena sudah lelah menghabiskan waktu dan fokus dan karena bagi saya itu berarti, rasanya jadi seperti di titik terendah sekali.

Hidup pun seperti itu, kita bisa kenal dan menyukai seakan kita akan nyaman berada di sana walaupun berlelah-lelah. Namun terkadang perlu disadarkan pada momen kalau ada masanya menemui titik terendah. Pilihannya cuma dua, yaitu berdiam diri di sana saja atau berjalan perlahan-lahan sekalipun tak tahu atau tak ada kepastiaan berhasil, toh, bagaimana jika itu berhasil dan membawa ke hal-hal yang menakjubkan?

6. Menguji Kemampuan Diri

Ada kalanya dari aktivitas blogging ini, menggerakkan hati untuk menguji kemampuan baik dari cara menyampaikan melalui tulisan atau skill blogging lain. Salah satunya dengan mengikuti lomba blog, yang biasanya menawarkan hadiah menggiurkan seperti uang tunai, barang elektronik, dan sebagainya.

Mengikuti lomba blog memberi kesempatan untuk mengeksplorasi gaya tulisan termasuk menantang diri dari segi ulasan baru. Jika tulisan blog menjadi juara, hal tersebut juga memberikan kebangaan tersendiri bagi diri sendiri dan menghargai proses di dalamnya. Perasaan tersebut juga menjadi "candu"  dan pelecut semangat untuk mengikuti lomba berikutnya, serta motivasi dalam memberikan hasil terbaik dalam blogging. 

kontes lomba blog Shopee

Berita bagusnya, saat ini sedang berlangsung kontes blog Shopee #NgeBlogDariRumah. Cocok sekali bagi yang suka ngeblog, temanya juga tak jauh-jauh dari aktivitas blogging itu sendiri. Agar semangat lagi, saya spill dahulu hadiah untuk lomba blog ini yaitu:

  • Pemenang

Akan ada tiga artikel terbaik yang dipilih Shopee dan mendapatkan hadiah senilai:
  • Juara 1: Rp 8.000.000
  • Juara 2: Rp 6.000.000
  • Juara 3: Rp 3.500.000
Eits, tak hanya 3 pemenang di atas aja loh. Ada juga untuk kategori lain yaitu:

  • Best Engagement (komentar dan share terbanyak) yang akan mendapatkan Rp 2.500.000
  • 200 submissions pertama akan mendapatkan ShopeePay masing-masing Rp 50.000

  • Alur Pendaftaran

Sudah mulai tertarik? Tenang aja, masih ada waktu nih namun pastikan ikut alurnya sebagai berikut ya:
  • Babak pendaftaran: 2 Agustus - 3 September 2021
  • Babak penulisan: 10-24 September 2021

Jangan lupa untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengecek informasi selengkapnya DI SINI. Pastikan memenuhi semua poin persyaratannya ya agar tidak gugur. Yuk, mumpung masih ada waktu segera manfaatkan hobi dan kesempatan untuk memenangkannya. Cuus, segera ngedraft dan siapkan artikel terbaikmu!
***

13 comments

  1. wah punya blog memang bisa jadi investasi lho ya di masa sekarang, apalagi kalau rajin ikutan lomba, bisa lumayan banget dapat wawasan dan kalau menang dapat banyak link dan duit tentunya hihi

    ReplyDelete
  2. Pengen ikut juga ah kontes nulis blog Shopee.. hadiahnya keren ih.. berjuta-juta. Belum lagi ada best engagement. Wah mauuuu

    ReplyDelete
  3. Yang juga saya dapatkan atau manfaat menulis di blog lebih lanjut itu adalah, ketika saya ikut ngelist di grup bw.
    nambah pengetahuan karena saya harus baca blog teman-teman juga, dan banyak info baru atau info pengetahuan lanjutan yang di dapat.

    ReplyDelete
  4. Membiasakan diri jadi berpikir urut dan runut dengan menulis di blog sih sepakat banget. Makin lama jadi makin terasa kalau menulis bukan hanya hanya sekadar ajang curhat mengalir belaka, tapi dibuat berurutan agar ada pemahaman yang sama dari penulis (yang curhat) dan pembacanya.

    ReplyDelete
  5. Says tertarik ikut lomba blog Shopee #NgeBlogDariRumah. Tapi ragu, karena saya bukan member shopee.

    ReplyDelete
  6. Kalau aku merasa bahwa nulis blog itu penting banget. Soalnya terkadang ada masa-masa di mana aku merasa hampa, nggak tau mau berbuat apa, futur melakukan apapun. Maka, kehadiran blog bisa memberikan kesadaran pada diri ini untuk kembali menatap hari esok.

    ReplyDelete
  7. Aku udah ikutan ini lomba blog Shopee, Bissmillah ajaaa,

    ReplyDelete
  8. Waduh kenapa aja nih saya baru tau kalo ada lomba blog shopie,, beu mau daftar yah udah lewat teenyata

    ReplyDelete
  9. udah ada pengumuamnnya belum ya mba ini? Mudahmudahan keangkuutt ya Allah, aamiin

    ReplyDelete
  10. Selama di rumah aja bisa menambah kegiatan bermanfaat dengan ngeblog ya. Saya pun sejak pandemi bisa lebih konsisten ngeblognya nih dan tetep scrolling belanjaan juga sih di Shopee.

    ReplyDelete
  11. Seneng ya mba kalau ada kontes blog gini termotivasi utk menulis juga. Saya harus bakar semangat lg nih. lama banget ga ngelomba

    ReplyDelete
  12. Setuju banget sama Mbak Marfa, menulis blog setiap hari itu bisa mempertajam pikiran dan berpikir pun jadi lebih sistematis ya, saya juga merasakan seperti itu. Btw, pingin deh nulis artikel blog juga ttg Shopee, ini udah bolak -balik ngintipin inbox email mana tau lolos hehe

    ReplyDelete
  13. Salah satu motivasi juga ngeblog bisa jadi proses dapetin uang jajan. Bener mbak, ngeblogging harus konsisten, terus belajar, apalagi belajar SEO itu saya yang nggak bisa bisa

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)