7 Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet, Jadi Sahabat Ruangguru Salah Satunya

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Bentar, napas dulu napas. Betul, akhir-akhir ini memang beritanya lagi banyak nggak ngenakin. Yang harga bahan pokok naik lah, yang inflasi lah, dan masalah-masalah ekonomi lainnya. Mau nggak mau memang tak bisa bergantung pada penghasilan tetap, nambah satu dua hal yang bisa dijadikan untuk "recehan" yang lumayan buat keseharian. Hmm, selamat datang di kehidupan dewasa.

penghasilan tambahan dari sahabat ruangguru

Tapi nggak melulu kehidupan dewasa aja sih, harga-harga naik ini juga bikin generasi muda jadi lebih aware. Nggak ada salahnya juga mulai merintis sedikit-sedikit tambahan penghasilan salah satunya melalui internet. Yes betul, yang sehari-hari kita gunakan bisa dimanfaatkan untuk mencari tambahan uang jajan.

Mencari penghasilan tambahan di internet ini mudah nggak mudah. Yang paling sulit memang justru memulainya karena perlu belajar dulu, perlu membuat strategi, dan selalu mengikuti kebijakan-kebijakan baru. Namun jika dilakukan dengan telaten dan terus menerus, maka jumlah penghasilan juga akan bertambah mengikuti. Ada juga opsi dengan melakoni hobi atau apa yang disukai yang bisa dimonetisasi, namun itu juga perlu waktu karena penting juga membangun branding.

Namanya juga usaha, pasti akan ada modal terlebih dahulu yang dikeluarkan atau dalam prosesnya. Cara dapat uang melalui internet juga bisa melalui banyak jalan, namun untuk bahasan di sini selanjutnya yang tanpa modal dahulu atau setidaknya modalnya minim. Anggaplah modal itu seperti dalam bentuk kuota internet, waktu untuk mempelajari dan promosi, dan seterusnya.

1. Affiliate

cara mudah dapatkan penghasilan

Suka atau memiliki hobi belanja online dari barang-barang yang dibutuhkan atau sekadar lucu? Maka cocok untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi ini. Kita bisa merekomendasikan barang-barang yang kita suka dan kemudian membaginya melalui link atau tautan khusu affiliate, jika nantinya ada transaksi maka kita akan mendapatkan komisi. 

Affiliate juga cukup tren di media sosial Twitter, karena memang platform ini mudah untuk menyertakan tautan afiliasi dengan sebelumnya membalas sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan. Namun pastikan tetap sopan dan tahu menempatkan diri, ya. Bisa juga menggunakan instagram story sebagai media untuk membagikan barang favorit dan link afiliasinya.

2. Jual Foto

Bagi yang memiliki kesukaan memotret, bisa dong dimanfaatkan untuk menambah tambahan pundi-pundi melalui internet. Yaitu dengan menjualnya di platform jual foto, namun memang perlu waktu untuk kurasi atau bahkan revisi. Gunakan keywords yang berhubungan dan juga ikuti saran-saran teknik pengambilan foto agar semakin banyak yang mengunduh.

3. Dropship

Dropship menjadi solusi jika ingin berjualan online namun tanpa harus mengeluarkan modal untuk membeli barang-barangnya stok terlebih dahulu. Dropship memungkinkan kita untuk mendapatkan oenghasilan dari selisih keuntungan yang didapatkan, apalagi sekarang marketplace juga menyediakan fitur ini sehingga prosesnya juga sudah dipermudah.

4. Ikut Lomba/Giveaway

Jangan salah, mengikuti lomba atau giveaway juga lumayan untuk menambah penghasilan. Memang sih prosesnya lama dan kepastiannya abu-abu; kita tak tahu kapan menang atau kalah. Namun bisa nih dipilih dengan topik lomba yang kita suka, kita kuasai, atau kita punya bahan untuk mengolahnya.

Untuk mencari hadiah dengan uang tunai yang lumayan atau perangkat elektronik, cari di akun-akun besar seperti pemerintahan, akun brand besar, akun marketplace, atau akun-akun pendidikan. Meskipun membutuhkan waktu lama dan cukup mengeluarkan tenaga, hasil karya lomba juga bisa dijadikan portfolio sekaligus mengasah kemampuan. Jadi sekalipun misalnya kita belum menang, tetep dapat pengalaman entah dalam prosesnya atau semakin tahu bagaimana mengikuti sebuah perlombaan.

5. Isi Survey Berbayar

Jangan salah, mengisi survey yang ada di internet bisa dijadikan ladang untuk mendapatkan cuan. Jumlahnya mungkin tak langsung sebesar itu, namun bisa dikumpulkan sedikit demi sedikit dan bisa ditarik jika saldo minimun sudah mencukupi. Anggap saja seperti menabung gitu, ya.

Pilih situs-situs penyedia survey berbayar terpercaya, rata-rata sih perlu akun PayPal karena jangkauannya global. Beberapa contohnya seperti iPanel, YouGov, Viewfruit, SurveyOn, dan LifePoints.

6. Jadi Reviewer

Mengulas tapi dibayar, terdengar menyenangkan ya? Sebenarnya untuk reviewer ini bisa luas sekali, mulai dari pengulas di media sosial, di platform blog, atau YouTube. Jenis konten ulasan juga bermacam-macam, mulai dari foto atau video. Selain bisa mendapatkan tambahan uang, bisa juga mendapatkan produk-produk gratis.

Tetapi, untuk jadi reviewer ini kita juga perlu membangun dahulu dukungan audience agar terdapat interaksi di dalamnya. Biasanya memang kita terlebih dahulu yang melakukan review sukarela sembari membangun branding, jangan lupa untuk tetap gencar promosi atau ikut komunitas agar akun lekas memiliki engagement atau trafik. Proses bisa jadi panjang, namun jika sudah terbiasa sifatnya akan panjang juga untuk berbagai kerja sama.

7. Jadi Sahabat Ruangguru

program sahabat ruangguru

Bagi yang concern di bidang pendidikan, bisa juga memanfaatkan program Sahabat Ruangguru untuk mendapatkan penghasilan tambahan di internet ini. Caranya menggunakan kode referral yang nantinya bisa dibagikan ke media sosial maupun orang-orang terdekat. Nggak tanggung-tanggung, komisinya bisa sampai jutaan rupiah, lho. Terlebih lagi memang layanan dari Ruangguru ini bervariasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai jenjang. Nantinya bukan hanya kita yang akan mendapatkan komisi, namun pengguna kode referral yang kita bagi juga akan mendapatkan diskon. Berikut sebagai gambarannya:

komisi ruangguru

komisi referral ruangguru

Tapi sebelumnya, harus terlebih dahulu dong mengenal layanan dari Ruangguru agar nanti saat merekomendasikan sesuai. Tenang, di blog ini juga sudah ada beberapa ulasannya seperti:


Langkah selanjutnya, teman-teman tinggal mendaftar untuk mendapatkan kode referral di Link Pendaftaran Sahabat Ruangguru. Kemudian cari kode referral untuk selanjutnya dapat dibagikan melalui konten di berbagai media sosial yang dipunyai atau ke kerabat. Cara untuk mendapatkan referralnya bisa dicek di gambar ini ya:

kode referral ruangguru

Yuk manfaatkan kesempatan ini, apalagi sekarang sudah mulai pembelajaran tatap muka yang membutuhkan bimbingan belajar, kursus, atau les privat karena adaptasi baru. Semakin banyak juga target maupun tuntutan di bidang pendidikan, jadi variasi paket layanan dari Ruangguru ini bisa dimanfaatkan dalam momen ini. Gas, segera jemput komisi-komisimu!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.