Dukung Potensi Anak di Usia Keemasan dengan Rekomendasi Kursus Berikut

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Golden Age adalah masa di mana anak sedang mengalami pertumbuhan yang pesat di usia awal kehidupan. Perkembangan itu meliputi fisik, emosi, dan kognitif. Di masa ini juga parents mulai bisa mengenali apa yang akan menjadi potensi anak dan menunjukan minat serta bakatnya. Untuk mengasahnya, memilih kursus untuk anak dapat dijadikan pilihan dalam mempertajam minat dan bakatnya ini. 

kursus untuk anak

Namanya juga usia anak-anak, kursus di sini bukan artinya seserius anak sekolah untuk mendapatkan tambahan ilmu selain di sekolah. Meskipun begitu, artinya dibawakan dengan menyenangkan agar anak betah namun juga terlatih keterampilannya. Berikut beberapa rekomendasi jenis kursus untuk anak di tahap golden age:

1. Kursus Olahraga

Kegiatan olahraga ini bermanfaat untuk anak usia golden age karena dapat melatih motorik kasar dan melatih refleks dan ketangkasan. Jenisnya ada banyak bisa berbentuk outbound dengan perpaduan challenge memanjat dan berlari, ada juga kursus berenang, serta bermain bola. Adanya kegiatan fisik juga membuat anak akan lebih aktif dan bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Kursus Minat dan Bakat

Kursus untuk minat bakat ini bisa bermacam-macam bentuknya, bisa disesuaikan dengan minat anak atau mencoba sebagai hal baru untuk pengalaman. Misalnya menyanyi, menari, berbahasa, memainkan alat musik, body kinestetik, sampai natural atau mencintai alam.

3. Kursus Matematika dan Bahasa Inggris

Matematika dan Bahasa Inggris adalah dua kombinasi subjek yang sering dijadikan standar bagaimana dan sampai mana tingkat kecerdasan dalam dua bidang ini terutama di akademik. Seiring dengan tingkatnya juga akan memiliki kesulitannya masing-masing. Mengenalkannya pada anak lebih dini bisa dijadikan bekal mengerti dasar-dasarnya karena penyerapan informasi dan proses mengolahnya termasuk cepat.

4. Kursus Calistung

Calistung merupakan kemampuan dasar bagi anak untuk mempelajari pelajaran lainnya nantinya. Selain aktivitas fisik untuk kemampuan motorik dan meningkatkan kemampuan kognitif dengan eksplorasi alam sekitar, seimbangkan juga dengan latihan membaca, menulis, dan berhitung sejak dini ini.

5. Kursus Seni/Kriya

Anak usia golden age biasanya senang dan sedang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Menggunakan banyak media untuk berkreasi ini bisa melatih motorik halus pada anak. Misalnya saja mewarnai, melukis, membuat kreasi dari kertas lipat, menempel, menalikan tali sepatu, dan sebagainya. Akan timbul rasa yang bangga tersendiri pada anak jika berhasil melewati tugas-tugas yang diberikan.

Ruangguru For Kids

kursus ruangguru for kids

Yes, Ruangguru juga memiliki kursus untuk anak di usia preschool atau usia-usia PAUD, sehingga tak perlu khawatir karena umur belum masuk di pendidikan formal. Tentunya kurikulumnya disesuaikan dengan kebutuhan sesuai umur anak-anak dan dibawakan dengan interaktif. Kursus Ruangguru untuk anak usia golden age ada dalam beberapa paket berikut:

  • Ruangguru Calistung

Seperti namanya, sang buah hati akan belajar mengenai perhitungan dasar di matematika, mengeja huruf sampai mahir membaca. Metode pembelajaran ini nantinya akan didukung dengan animasi visual sehingga menarik anak untuk belajar.

  • Ruangguru Matematika & Bahasa Inggris

Jika menginginkan untuk mengenal bahasa Inggris dahulu dan matematika, boleh saja dong. Apalagi belajar bahasa Inggris sedari dini biasanya akan lebih fasih dan bisa menerapkannya dalam sehari-hari. Bahasa pengantarnya nanti tetap bahasa Indonesia dan dengan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan seperti menyanyi, atau dengan animasi interaktif.

  • Ruangguru Science, Math, & English

Untuk kelas ini lebih lengkap karena ada mengenal sains melalui aktivitas eksperimen-eksperimen, belajar bahasa Inggris, dan matematika. Bedanya untuk bahasa pengantar menggunakan bahasa Inggris dan kurikulumnya disesuaikan dengan program internasional.

Manfaat yang didapatkan dari Ruangguru for Kids ini yaitu adanya modul belajar cetak gratis, adanya laporan bulanan, sertifikat mengikuti kelas, guru yang berpengalaman, dan adanya live teaching yang interaktif.

Memilih kursus untuk anak usia golden age ini bisa disesuaikan dengan minat dan potensi anak, namun bisa juga memberikan bekal terbaik untuk masa depan anak yang gemilang. Namun jangan lupa juga untuk didukung dengan suasana belajar yang menyenangkan agar si kecil tak merasa terbebani dan terasah keterampilannya ya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.