Ide Jualan Makanan Kekinian yang Digemari Kawula Muda

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Annyeong!

Musim hujan begini memang bawaanya jadi gampang laper deh, siapa yang samaan juga? Bawaanya pengin ngunyah mulu tapi bukan makanan yang berat gitu, apalagi kalau di tengah-tengah atau selepas lama menatap laptop. Emang deh, kalau udah ketemu makanan nggak pernah salah, auto bikin good mood gitu.

Ide Jualan Makanan Kekinian

Akan tambah lebih nikmat lagi jika ketemu makanan atau jajanan kekinian kesukaan setelah melewati hari yang panjang, kaku-kaku di badan rasanya luntur dan jadi melted feeling gitu. Nggak jarang jarang juga jadi bikin sendiri di rumah dan stok bahan-bahannya, jadi rasanya bisa disesuaikan dengan selera. Seru juga eksperimen mencampurkan bahan-bahan untuk mencari rasa yang pas dan voila! Kalau sudah nemu yang lebih cocok di lidah jadinya lebih suka membuat sendiri dari pada membeli.

Keunggulan Jualan Makanan Kekinian

Eh eh tapi, berawal hobi buat makanan kekinian ini bisa juga lho sekalian jadi ide jualan online. Apalagi ide jualan makanan kekinian ini lekat dengan kegemaran anak muda. Ada juga beberapa alasan mendukung seperti:

1. Dapat Dimulai dari Modal Kecil

Untuk memulai bisnis kuliner kekinian ini tak perlu langsung mengeluarkan modal yang besar, tentunya disesuaikan dari kuantitas terlebih dahulu. Hal ini erat hubungannya untuk menjaga dan memperbaiki dari segi kualitas; rasa, takaran, masa simpan, tekstur, packaging, dan seterusnya. Modal dalam jumlah kecil ini juga mendukung apabila tenaga dan waktu yang dimiliki terbatas karena ingin dilakukan sebagai usaha sampingan.

2. Tak Perlu Mempunyai Tempat atau Lokasi Usaha

Untuk menjual makanan kekinian ini tak perlu harus memiliki tempat usaha seperti kios maupun stand. Dapat juga dilakukan sebagai ide usaha rumahan dan memanfaatkan marketplace serta promosi online dalam pemasarannya. Tentu saja ini juga akan lebih menghemat jika ingin merintis namun ingin fokus terlebih dahulu pada kualitas produk atau memiliki modal yang kecil.

3. Target Pasar yang Luas

Siapa sih yang tak akan tertarik pada makanan? Dari semua generasi pasti hampir semua menyukainya. Jika dispesifikan menjadi makanan kekinian maka mayoritas terletak pada para kawula muda yang selain selalu mengikuti tren termasuk makanan kekinian, maka lekat dengan teknologi. Jadi, kombinasi dengan pemasaran online ini akan jadi kombinasi yang ciamik.

4. Kekuatan Efek Visual

Masih ada kaitannya dengan poin nomor 3, penggunaan teknik fotografi bisa dimanfaatkan sebagai bahan pemasaran online. Dengan promosi yang rutin melalui stories misalnya, lama-lama orang atau audiens akan tertarik untuk mencoba akan karena penasaran. Terlebih lagi jika memanfaatkan momentum seperti jam-jam lapar atau di kala hawa dingin karena hujan.

5. Dapat Terus Melakukan Inovasi Produk

Akan sangat memungkinkan jika ingin memperluas atau membuat usaha jualan makanan kekinian ini jadi lebih besar. Untuk mewujudkan hal tersebut maka membutuhkan beberapa dukungan seperti inovasi pada produk, pergantian desain dan bahan packaging yang lebih awet, opsi untuk menjual versi mentah atau frozen food, mengatur marketing, dan seterusnya.

Yuk Jualan Online, Berikut Ide Jualan Makanan Kekinian

Namanya juga kekinian, pasti pasaran akan mengikuti tren yang sedang banyak dibicarakan. Pengaruhnya biasanya dari produk budaya populer, misalnya tayangan film atau series. Biasanya, makanan yang ditampilkan dalam layar dengan latar negara tertentu akan memberikan kesan nikmat dan rasa penasaran akan rasanya. Terlebih lagi jika yang ditampilkan sedang dalam kondisi tertentu misalnya adegan sepulang kerja, makan bersama teman belajar, sampai makanan rumahan khas.

Yuk Jualan Online mulai dari sekarang, berikut beberapa contoh makanan kekinian yang dapat dijadikan ide:

1. Tteokbokki

Yuk Jualan Online


Siapa yang nggak kenal dengan makanan kekinian satu ini? Asalnya dari Korea Selatan dan biasa dijual sebagai street food. Jadi kalau di drama-drama korea itu sering sekali menemui kedai yang menjual tteokbokki ini. Biasanya umum untuk anak sekolahan membeli jajanan ini di kala perjalanan pulang. Kalau beli makanan ini, vibesnya jadi berasa khas Korea ala drama-drama gitu hihi.

Membuat tteokbokki sendiri ini mudah karena bahannya juga mudah didapatkan karena memang tteokbokki ini sendiri adalah kue beras yang dipotong memanjang. Biasanya dinikmati dengan saus dan isian tambahan lainnya seperti potongan odeng atau fish cake, sosis, sampai dumpling. Warnanya dari saus dan bentuk tteok ini yang menggoda dan membuat rasa penasaran untuk menikmatinya.

2. Churros

Jualan Makanan Kekinian

Churros ini asalnya dari Spanyol dan bisa menjadi opsi makanan kekinian untuk rasa yang manis. Biasanya yang menonjol adalah rasanya yang lembut dan dengan aroma khas Churros yaitu kayu manis. Churros sendiri biasanya dinikmati dengan cocolan beragam rasa, misalnya cokelat, green tea, sampai tiramisu. Tak heran jika menu Churros ini biasanya tersedia di coffee shop sebagai dampingan atau teman ngopi.

3. Roti Isi

Roti Isi Sandwich


Roti isi sendiri sudah ada sejak lama, namun eksistensinya tak mudah tergantikan. Jika mengunjungi restoran khusus western food maupun cafe, maka roti isi atau sandwich ini selalu ada di dalamnya. Roti isi sendiri biasanya disantap jika ingin makanan berat namun bukan dengan menu nasi maupun sebagai pengganjal yang pas jika tak ingin makanan ringan. Isiannya pun beragam mulai dari beef slice, chicken katsu, telur dan dipadukan dengan sayuran seperti tomat, timun, dan selada.

4. Fries Platter

Menu Makanan Ringan Ala Kafe


Kalau stuck memilih camilan apa, biasanya pilihan jatuh pada fries ini. Primadonya utamanya biasanya kentang, namun bisa juga dilengkapi dengan 'teman-teman' lainnya seperti sosis, nugget, sampai chicken bittes. Rasanya yang gurih dan ditambah cocolan sambal dan mayonaise ini cocok sekali untuk dijadikan teman mengunyah.

5. Aci-Acian

Untuk ide jualan makanan kekinian versi yang terakhir ini khas dari Indonesia, tepatnya dari Tanah Sunda. Aneka makanan aci-acian ini tak pernah ada matinya pokoknya, bahkan terus ada versi jajanan baru yang terus viral di media sosial. Biasanya juara utamanya adalah bumbu yang medhok atau terasa tebal dan juga rasa pedas yang nagih. Contoh dari makanan aci-acian ini mulai dari cibay, cireng, cipak, cilok, cilung, sampai cimol.

Itu dia beberapa makanan kekinian yang sedang digemari kawula mudah saat ini. Masih ada banyak juga ide makanan kekinian lainnya selain opsi di atas, misalnya saja corn dog, brulee bomb,atau bomboloni. Dari mulai yang manis, gurih, maupun pedas bisa dibaca di artikel ide jualan makanan kekinian untuk dapetin inspirasinya. Cocok sih ini untuk anak muda yang ingin mencoba bisnis kuliner, ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha kuliner, ataupun yang ingin memiliki fleksibilitas waktu dan dapat dilakukan dari rumah.

Eksiskan Jualan Makanan Kekinianmu di Lazada

Ngebayanginnya udah seru ya buat eksekusi jualan makanan kekinian ini? Udah nggak sabar untuk mengantarkan kemasan-kemasan yang dibuat penuh cinta untuk dinikmati customer kesayangan. Jualan makanan kekinian ini juga bisa dimodikasi ke bentuk versi frozen, jadi selain bisa dinikmati hangat-hangat untuk customer, bisa juga jadi opsi untuk yang memiliki kendala jarak.

Jualan di Lazada


Ngomong-ngomong, di laman Lazada khususnya Blog Jualan Online ini kita juga bisa mendapatkan berbagai tips mengenai jualan online tanpa harus daftar akun terlebih dahulu. Misalnya nyari ide jualan makanan kekinian tadi, atau ide-ide jualan online yang bisa dilakukan dari rumah sampai ide bisnis pemula untuk anak muda. Tak ketinggalan perihal strategi marketing mulai dari diskon, endorse influencer, sampai bahasan mengatur keuangan yang lekat kaitannya dengan bisnis. Asyik kaan? Jadi makin nggak sabar untuk memulai usaha kecil jualan online ini.

Jualan di Lazada bisa membantu produk makanan kekinianmu dikenal lebih luas. Selain itu tak jadi anti repot juga harus merekap pesanan satu per satu secara manual. Di Lazada sendiri terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan ini dan bikin tak sabar untuk Yuk Jualan Online ini, yaitu:

  • Program Seller Rewards

Memang ya, menyenangkan tuh kalau kita mendapat apresiasi atas effort yang kita lakukan. Rasanya jadi menambah motivasi dan juga makin suka dengan apa yang dikerjakan. Jualan di Lazada ini selain tanpa biaya, terdapat program Seller Rewards di mana seller yang memiliki performa baik saat jualan online di Lazada akan mendapatkan rewards. Bentuk rewards ini yaitu produk akan lebih banyak mendapatkan eksposure karena akan adanya pemeringkatan, sehingga kesempatan bertemu dengan calon pembeli akan lebih besar.

  • Pengguna yang Luas

Pengguna dari Lazada ini memiliki jumlah yang besar di pasar Asia Tenggara yaitu sebanyak 8 juta kunjungan harian setiap harinya. Jadi dengan menampilkan produk di Lazada memungkinkan untuk bertemu calon pembeli lebih luas setiap harinya. Didukung pula dengan fasilitas seller center agar proses berjualan online ini lebih mudah dengan mengatur jumlah produk sampai laporan penjualan harian.

  • Terdapat Wawasan Seller

Masih bingung bagaimana meningkatkan performa jualan online di Lazada? Tenang saja karena terdapat wawasan seller yang dapat dimanfaatkan melalui Lazada University. Di sana tersedia beragam tutorial dalam bentuk webinar maupun video yang dapat diakses untuk meningkatkan penjualan.

Selain adanya suport di Seller Center, terdapat pula pendampingan seller dalam bentuk Program Inkubasi Lazada untuk memandu proses penjualan. Jadi jika membutuhkan panduan lebih, bisa memanfaatkan support ini ya.

Cara Mulai Jualan Online di Lazada

Untuk mulai jualan di Lazada ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, yaitu dengan melalui langkah berikut ini:
  • Masuk ke halaman Lazada Seller Center dan klik Daftar Sekarang
  • Baca dengan seksama perihal Ketentuan Layanan Penjual, Perjanjian Jasa Logistik, dan Kebijakan Privasi
  • Isi dengan detail Toko serta dokumen calon penjual yang dibutuhkan yaitu KTP dan nomor rekening
  • Isi toko dengan menggunggah produk yang akan dijual, pastikan diisi dengan lengkap dan jelas.
  • Sudah dapat dimulai, bagaimana? Mudah dan cepat kan? Makanya Yuk Jualan Online di Lazada segera!

Tips Meningkatkan Omzet Jualan di Lazada Untuk Seller Baru

Tips Jualan di Lazada
pict: WilliamsCreativity, Pixabay


1. Percantik Foto Produk

Seperti yang disebutkan di atas bawasannya manusia akan tertarik berawal dari obyek visual yang ditampilkan. Dalam hal ini jika produk yang dijual adalah bentuk makanan kemasan maupun frozen, bukan hanya tampilkan produknya saja namun foto ketika penyajian dalam produk. Foto yang menarik ini akan membuat kesan ingin mencoba atau "lapar mata", tentunya perhatikan juga dari segi rasa agar terjadi repeat order.

2. Kustom Dekorasi Toko yang Menarik

Mulai jualan di Lazada bukan hanya berhenti pada mengunggah foto-foto produk yang telah diatur tadi, namun perhatikan juga pemilihan desain dari dekorasi toko. Manfaat yang akan didapatkan bukan hanya agar lebih rapi, namun juga memudahkan navigasi bagi calon pembeli untuk mencari produk tertentu. 

Untuk mengatur dekorasi toko ini dapat dilakukan di Ladaza Seller Center, kemudian pilih menu Dekorasi Toko. Di sana, kamu dapat mengatur banner dan logo toko, menambahkan produk-produk unggulan atau rekomendasi, dan menggunakan template toko yang tersedia. Pastikan foto maupun banner yang diunggah memiliki kualitas resolusi yang tinggi ya. 

3. Manfaatkan Fitur Promo

Ingin memberikan promo tertentu pada produk namun bingung bagaimana caranya? Tenang saja karena nggak perlu lagi mengatur secara manual, tinggal memilih menu Pusat Pemasaran kemudian pilih menu Promosi. Terdapat beberapa pilihan di dalamnya yang dapat disesuaikan mulai dari voucher pengikut, voucher penjual, flexi combo, sampai bundles. 

Memanfaatkan fitur ini dapat membantu menarik lebih banyak calon pembeli, sesuaikan juga dengan tanggal-tanggal tertentu dengan perkiraan ramai transaksi seperti tanggal kembar, Harbolnas, sampai tanggal 25 tiap bulannya.

4. Variasikan Ekspedisi Pengiriman dan Aktifkan Bebas Ongkir

Tak ada yang tak suka jika mendapatkan gratis ongkir, begitu juga kemudahan dalam memilih jasa ekspedisi karena biasanya tergantung pada area dan juga preferensi. Maka dari itu, usahakan memilih jasa ekspedisi atau pengiriman yang variatif dan juga mengaktifkan gratis ongkir.

5. Fast Response Dalam Membalas Chat

Selain menggunakan bantuan fitur-fitur di atas, perhatikan juga pelayanan lebih ke customer yaitu dengan fast response ketika ada calon pembeli potensial menanyakan produk tertentu. Kecepatan dalam membalas ini dapat berpengaruh terhadap final tidaknya terjadinya transaksi atau tak jadi beralih ke toko online serupa lainnya.

Kesimpulan

Makanan kekinian selain sedang banyak digemari dan bisa dijadikan ide jualan makanan kekinian karena rasanya yang enak dan tampilannya yang menggiurkan. Tak perlu bingung untuk berjualan secara online karena bisa menggunakan fitur di Lazada untuk mendukung penjualan. Yuk Jualan Online di Lazada dan segera manfaatkan momentum ini karena ribuan calon pembeli sudah menanti mencicipi makanan kekinian yang lezat ini!
***

46 komentar

  1. Makanan kekinian sepertinya sedang trend ya. Bisa jd ide jualan yang menguntungkan, klo nggak punya tempat utk jualan bs berjualan online lewat e-commerce, di Lazada contohnya ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ada terus nih makanan kekinian mana suka viral, kadang beloom nyoba satu trs udah muncul lagi. Potensial bgt kalau dijadiin usaha. :D

      Hapus
  2. hahha bener banget kak toebokki memang makanan yang mulai disukai banyak kalangan, apalagi perempuan pasti suka termasuk saya hheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang laaah kalau yg berwarna dan menggoda mata suka tertariik wkwkw setuju bgt

      Hapus
  3. Bener banget.. musim hujan begini bawaannya tuh pengen ngemil teroos.. apalagi kalau cemilannya yang anget dan berkuah pedes kayak baso aci atau seblak wah kebahagiaan waktu hujan yang hakiki banget 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt Mba, pesona baso aci sih yaampun sungguh nikmat disantap hujan2 huhuhu

      Hapus
  4. Jadi dapat ide untuk jualan online nih... aku baru tahu kalau di Lazada kita bisa jualan online juga, trus bisa dapet seller reward juga lagi. terima kasih infonya kak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay betul, seru memang jualan di Lazada nih

      Hapus
  5. Makanan dari deng aci-aci memang juaraaaa. Hehehe... Aku pernah jualan makanan kemasan aci-aci ini dan alhamdulillah laris. Tapi karena sesuatu hal nggak kujalani lagi. Baca tulisan ini jadi kepikiran buat mulai jualan jajanan aci-aci lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada matinya! Rasanya aku suka semua kalau aci-acian, apalagi kalau gurih asin pedes. Kesukaan semua kalangan

      Hapus
  6. Bisnis makanan memang menarik untuk dikulik. Meskipun segmennya besar, tapi tingkat persaingannya juga ketat. Jadi pemilihan jenis makanan yang dijual sangat menentukan. Saya tertarik pengen mencoba bisnis di bidang kuliner ini. Ingin jual sambal rumahan. Nanti jika produknya dah siap, untuk mendukung penjualan ingin daftar ke Lazada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju, jadi selain pasarnya besar namun dari persaingan juga lumayan. Wah ide bagus Mba sambal rumahan, banyak yg suka sambel2 dan kalau versi praktis akan memudahkan tentunya ya

      Hapus
  7. jualan makanan pasti ngga ada matinya karena semua orang butuh makan apalagi kalau kekinian, pasti makin digemari dan diminati. kesempatan dapet cuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuul, kenikmatan yg hakiki kalau versi Kak Dodon ya :D

      Hapus
  8. Mesem mesem nih saya pas baca aci-acian yg jadi ide bisnis kuliner dari Sunda. Haha... Emang dari satu jenis tepung saja itu bisa diolah banyak aneka kreasi jajanan enak ya. Bangga juga nih jadi bagian dari penjual kuliner aci-acian

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaak hihi soalnya dimana2 ada mbak hihi, dan memang enak buat teman mengunyah :D

      Hapus
  9. Duh, ide jualan makanan emang menggiurkan banget ya Kak, bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Terlebih sekarang sudah ada sarana yang membantu jualannya.

    BalasHapus
  10. Suka kalau ngelihat makanan-makanan yang dijual di Lazada beragam jenisnya. Sekarang kalau kita punya produk, udah ada marketplace jadi bisa lebih mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak juga ya tinggal belajar mengenai fiturnya, bisa dipelajari dan diaplikasikan hihi

      Hapus
  11. Membuat bisnis itu memang susah susah gampang, klo misal teknologi sudah mendukung ya kita harus manfaatkan, jualan online di Lazada memang solusi buat UMKM makanan mengembangkan bisnisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Kak Aldhi, mumpung ada platformnya bisa dimanfaatkan buat dukung potensi penjualan

      Hapus
  12. Aku juga termasuk yang suka jajan makanan kekinian kwkwkw karena penasaran awalnya, tapi kalo dah cocok, pasti jadi langganan sih ahahhaah, apalagi kalo jadi seller di Lazada nih, selain dpt cuan juga dapat ilmu dari lazada university ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt kaan kaaak wkwkwk seneng bgt kalau nemu yg enak dah pasti langganan

      Hapus
  13. Banyak ide jualan makanan yang bisa menjadi peluang saat membuka usaha ya mbak.
    Apalagi bisa dikatakan kuliner menjadi salah satu hal yang selalu diburu sih. Tinggal disajikan aja secara kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi betul Mbak Fenni, tinggal bagaimana kita mempersiapkan dan menggunakan wadah yang ada

      Hapus
  14. Menjual makanan kekinian bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan ya mbak.
    Apalagi jika bergabung dengan Lazada
    Pasti lebih cuan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi betuul, ini apalagi bentar lagi harbolnas yes

      Hapus
  15. semua makanannya aku sukaaaaa! emang yaa makanan yang digemari anak muda bakal potensial untuk jadi bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kaak, tampilannya yg menarik dan rasanya jg enak-enak, suka bikin penasaran

      Hapus
  16. Churos bener-bener makanan kekinian yang lagi happening nih mba, apalagi jika dicocol dengan saus coklat, uhuyy makin sedap kalau dimakan sambil ngopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu, churos tu tanpa cocolan aja suka udh enak bgt deh takjub, dtambah dipping makin seruu

      Hapus
  17. Bener ya, sekarang jualan makanan jadi makin mudah pasarnya juga luas kalau via online. Apalagi kalau makanan kekinian pasti dicari hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak yang berminat, bisa dijadikan potensi usaha ini hihi

      Hapus
  18. Jualan makanan kekinikan ide yg bagus nih buat jualan online, ga perlu punya toko karena dijual online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak semuanya sat set cukup onlinean aja

      Hapus
  19. setuju banget sih Kak kalo soal makanan itu modal kecil juga bisa.. yang penting soal rasa itu kudu kita utamain. kemudian kalo soal harga ya bergantung marketnya juga yaa.. semangat terus buat pebisnis muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju krn yg utama dicari memang rasanya, biar jadi langganan hihi, terus jg disesuaiin jgn sampai overprice tp ngga sebanding dg kualitas

      Hapus
  20. Keren nih Lazada, memberikan bimbingan kepada sellernya agar penjualan meningkat. Jadi enggak sekadar menyediakan lapak online saja yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jd bagi seller bs makin meningkatkan penjualan, bagi seller pemula jg nggak bingung

      Hapus
  21. wah, udah lama banget gk buka lazada,, trnyata banyak update terbaru bahkan saya ketinggalan jauh. jadi pngen jualan lagi di marketplace tersebut dan mumpung ada ide disini buat jualan makanan kekinian. Semoga aja terlaksana :)

    BalasHapus
  22. Wah bisnis makanan pun juga nggak bisa sembarangan apalagi kalau online ya kak. Harus pintar pintar marketing, pilih platform sampai foro produknya. Lazada juga alhamdulillah memberikan wadah bagi para pelaku UMKM untuk bisa berkembang. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups perpaduan dr banyak hal bs makin meningkatkan jumlah penjualan tentunya

      Hapus
  23. Saya suka banget sama Tteokbokki, rasanya yang pedas dan teksturnya yang kenyal memang bikin nagih. Apalagi kalau dimakan bareng mie pas lagi hujan-hujanan, beuuhh mantap banget! Gak heran kalau anak-anak muda suka sama makanan korea satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan kak, tteokbokki dan pedes, ditambah oddeng jg tambah nikmat, enak bgt uhuy di lidah

      Hapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.