A thoughts journal by Marfa

February 28, 2018

Kalender Agenda Budaya dan Pariwisata Kabupaten Banyumas 2018

Halo, apa kabar semuanya? Semoga selalu bahagia ya.

Sebenernya telat banget sih baru mosting ini, baru kepikiran juga. Kalender event Kab. Banyumas sendiri dapat diunduh di tautan dinporabudpar (ada di akhir postingan ini) namun karena ternyata ukuran filenya cukup besar, saya akan memostingnya di sini. Jangan lupa bagi teman-teman yang ingin ke area Kab. Banyumas atau penduduk lokal silakan ditinjau event-event yang ada pada kalender berikut, atau ada yang mau mengajak saya? Hihi.
 


FEBRUARI
Minggu, 11 Februari 2018

Acara : Boyongan Saka Guru Si Panji. Merupakan prosesi pemindahan Pendopo Si Panji dari Banyumas ke Purwokerto sebagai ibu kota Kabupaten Banyumas.
Ket : Mulai dari Pendopo Duplikat Si Panji Kec. Banyumas menuju ke Pendopo Si Panji Purwokerto melalui Kalibagor – Sokaraja.

Minggu, 18 Februari 2018
Acara : Kirab Pusaka. Adalah prosesi kirab Pusaka Kabupaten Banyumas yaitu Tombak Kyai Genjring, Keris Kyai Gajah Endra, Keris Kyai Nala Praja, dan Kitab Stambul.
Ket : Mulai dari pendopo wakil bupati banyumas menuju ke Pendopo Si Panji.

Jumat, 23 Februari 2018
Acara: Pertunjukan Wayang Kulit dengan dalang Ki Dalang Purbo Asmoro dari Solo di Alun-Alun Purwokerto.

Sabtu-Minggu, 24-25 Februari 2018
Acara: Panggung Gembira Indosiar dan Jelajah Wisata Baturraden di Baturraden.


MARET 

Sabtu, 10 Maret 2018

Acara: Spektakuler CA-ROCK. Festival yang menampilkan kolaborasi antara musik tradisional Calung Banyumasan dengan musik rock bertempat di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto.

APRIL

Minggu, 1 April 2018
Acara: Kejurnas Motoprix bertempat di GOR Satria Purwokerto.

Sabtu, 7 April 2018
Acara: Beger, adalah pagelaran kolaborasi seni tradisional Ebeg (kuda lumping dengan seni lengger) bertempat di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto.

Jumat, 13 April 2018
Acara: Tawur Agung Kasanga, yaitu rangkaian kegiatan hari raya nyepi umat hindu yang diawali dengan pentas budaya dimulai dari Lapangan Desa Klinting Kec. Somagede menuju batas Desa Klinting dengan Desa Tanggeran dan diakhiri dengan pembakaran ogoh-ogoh di halaman depan Pura Pedaleman Giri Kendeng dan dilanjutkan dengan persembahyangan di dalam pura. (Lokasi: Desa Klinthing Somagede)

Sabtu, 14 April 2018
Acara: Jaro Rojab, yaitu upacara tradisional bersih makam di sekitar Masjid Saka Tunggal Desa Cikakak yang diselenggarakan setiap tanggal 10 Rajab kalender jawa didahului dengan bersih makam Kyai Toelih dan penggantian Jaro/pagar bambu. (Lokasi: Komplek Masjid Saka Tunggal Desa Cikakak Kec. Wangon)

Minggu, 15 April 2018
Acara: Banyumas Extravaganza. Merupakan parade kreatifitas batik yang dipadukan seni dan budaya di Kab. Banyumas. (Lokasi: Mulai dari Jl. S. Parman ke Jl. Jendral Soedirman Alun-Alun Purwokerto)

Senin, 30 April 2018
Acara: Festival Tari Banyumasan Tingkat SMP/SMA bertempat di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto.

Senin, 30 April 2018
Acara: Kungkum Kali Cawang. Adalah ritual mandi di Kali Cawang pada malam bulan purnama diawali dengan tasyakuran, kidungan, dan kungkum bersama di Kali Cawang. Lokasi di Kali Cawang Desa Banjarpanepen Kec. Sumpiuh.

Baca juga: Dolan Pasar Mbanyumas.

MEI

Jumat, 11 Mei 2018
Acara: Unggah-Ungahan Adat Bonokeling. Adalah ritual mendoakan leluhur dan anak cucu Bonokeling pada saat Jumat terakhir bulan Sadran menjelang bulan Ramadhan di Desa Pekuncen Kec. Jatilawang.

Senin, 14 Mei 2018
Acara: Tutupan Sadran Kalitanjung, yaitu upacara selamatan tahunan menyambut bulan pusa dan penanda musim tanam di Desa Tambak Negara Kec. Rawalo.



 
JULI

Sabtu, 14 Juli 2018
Acara: Baturrajazz, adalah festival musik jazz tahunan berskala nasional yang diselenggarakan di komplek lokawisata Baturraden dan dihadiri musisi jazz ternama dari berbagai kota. Bertempat di Bukit Bintang Baturraden.

Sabtu, 21 Juli 2018
Acara: Festival Serayu Balapan Perahu Pasir, merupakan rangkaian kegiatan Festival Serayu berupa lomba balapan perahu menggunakan perahu penambang pasir. Bertempat di Bendung Gerak Serayu, Desa Tambaknegara, Kec. Rawalo.

Minggu, 22 Juli 2018
Acara: Festival Serayu – Festival Perahu Hias, adalah lomba perahu hias yang diikuti dari berbagai institusi. Lokasi mulai dari Desa Sokawera Kec. Patikraja menuju Sungai Serayu ke Bendung Gerak Serayu.

Minggu, 29 Juli 2018
Acara: Festival Serayu – Festival Layang-Layang di Bendung Gerak Serayu.



AGUSTUS

Rabu, 22 Agustus 2018
Acara: Festival Takbir & Bedug di Kec. Sokaraja sebagai ajang siar dan promosi potensi masyarakat Sokaraja dalam melestarikan seni dan budaya Islam.

Sabtu, 25 Agustus 2018
Acara: Festival Kenthongan di Alun-Alun Purwokerto yaitu lomba musik dari 27 kecamatan di Kab. Banyumas

Baca juga: Kulineran Segar di Tanah Ngapak.


SEPTEMBER

Sabtu-Selasa, 8-11 September 2018
Acara: Festival Kendalisada di Desa Kaliori Kec. Kalibagor dengan sendratari massal memerankan 1000 tokoh Anoman dengan melakukan kirab di bukit Tunggangan di Komplek Bumi Perkemahan Kendalisada.

Selasa-Minggu, 11-16 September 2018
Acara: Pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata Kab. Banyumas di Purwokerto.

Sabtu, 22 September 2018
Acara: Festival Takir, bertempat di Alun-Alun Banyumas merupakan acara rutin untuk mengabadikan tradisi dan budaya lokal.

Sabtu-Minggu, 29-30 September 2018.

Acara: Festival Baturraden bertempat di Lokawisata Baturraden dengan rangkaian acara budaya dan seni di bulan Sura dengan Pentas Seribu Lengger (Baturradance), Festival Tenong, Ruwatan, dan Pagelaran Wayang Kulit. 
 


OKTOBER

Minggu, 7 Oktober 2018
Acara: Festival Rewanda Bojana, bertempat di Komplek Masjid Saka Tunggal Desa Cikakak Kec. Wangon dengan makna saling mengasihi makhluk ciptaan Tuhan dengan memberi makan kera di area Masjid Saka Tunggal.

NOVEMBER

Kamis, 22 November 2018
Acara: Penjamasan Jimat Kalisalak, yaitu pencucian jimat benda pusaka peninggalan Amangkurat 11 seperti surat-surat di daun lontar, uang logam, keris dan lain-lain di Desa Kalisalak, Kec. Kebasen.

Kamis, 22 November 2018
Acara: Penjamasan Jimat Kalibening dan Jimat Nalabranta, adalah prosesi pencucian jimat Kalibening Desa Dawuhan seperti mata uang,keris, kain kuno da lain-lain pada bulan Eajab dan Sura di Karangduwur di Desa Dawuhan, Kec. Banyumas dan Desa Tanggeran Kec. Somagede.

Sabtu-Minggu, 24-25 November 2018
Acara: Festival Durian, even untuk memerkenalkan dan promosi produk durian lokal unggulan Kab. Banyumas ke pasar lokal maupun regional di Alun-Alun Banyumas.

Baca juga: Berburu Buku di Pasar Rakyat Jumenengan R. Djoko Kaiman.


DESEMBER

Senin, 31 Desember 2018
Acara: Pentas Akhir Tahun, pagelaran acara hiburan dalam rangka penutupan tahun 2018 dan menyambut tahun baru 2019 dengan pagelaran musik dan kesenian tradisional di Alun-Alun Purwokerto, Alun-Alun Banyumas, GOR Satria Purwokerto, Lokawisata Baturraden, dan Taman Rekreasi Andhang Pangrenan.

Woah, lumayan banyak dan menarik semuanya ya. Ayo, segera agendakan kalendermu untuk menghadiri event-event tersebut! 
 ***
 
Gambar diambil dari Kalender Event 2018.

34 comments:

  1. Berarti Banyumas ini punya event hampir di semua bulan ya mbak, tapi kayaknya kalau mau lihat budayanya cocok banget datang di bulan Februari ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mbak setiap bulan ada

      Delete
  2. Banyumas ini sama dengan purwokerto gak sih mba, aku masih blm ngerti.
    Acaranya bagus2 ini, duh tertarik sm acara festival batu raden nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Purwokerto itu ibukotanya Banyumas gitu kak :D

      Delete
  3. Wah ternyata banyumas udh punya kalender sendiri ya buat agenda agenda acara dibulan bulan selanjutnya keren juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi masyarakat tidak kesulitan kalau nyari info

      Delete
  4. luar biasa banyumas ya
    event pariwisatanya udah lengkap sampai akhir tahun
    sangat memudahkan calon wisatawan yang mau berkunjung ke sana
    bisa merancang waktu untuk menyesuaikan dengan event yang ingin dilihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak jadi kalo ke sini gak bingung

      Delete
  5. Agenda di Banyumas menarik ya. Banyak festivalnya, saya pengen lihat festival tari yang di Baturraden nya itu, pasti seru banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi saya juga ingin kak :D

      Delete
  6. Tuh, kalo ada kalender kegiatan kan asik, jadi ga buta kita tentang kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, terutama tingkat kabupaten. Semoga makin tahun makin bertambah dan rame pula eventnya ya mbak, demi program wisata indonesia yang lebih mendunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, banyak even edukasi juga

      Delete
  7. Banyumas Dinas pariwisatanyo keren nian. Tiap bulan Ada event Dan festival. Wah menarik perhatian turis nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi asyik asyik mengenal budaya

      Delete
  8. Waw.... banyak sekali acara di BAnyuwangi dalam 1 tahun. pasti semakin meningkat PAD dari industri pariwisata. paling ngga turis dari Bali bisa mampir ke Banyuwangi sekalian. tinggal promosi yang kencang aja. mudah2an ada blogger yang diundang ke sana, saya salah satunya ... ngarep

    ReplyDelete
  9. Banyak sekali agenda nya. Mantap. Itu semua agenda yang diadakan dinas pariwisatanya atau pemerintah kabupatennya ya? Apa pun itu pasti sibuk banget jadinya nya. Saya tertarik festival durian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak dari dinasnya, pasti pusing dan udah direncanain dari tahun sebelumnya hihi

      Delete
  10. Wah banyak sekali event tahunannya dan semuanya menarik untuk disaksikan ya mbak. Bisa jadi daya tarik wisatawan untuk datang ke banyumas nih.

    ReplyDelete
  11. banyak sekali rangkaian acaranya mbak, jika banyumas - aceh itu dekat ya mbak, pingin banget menyaksikan salah satu event budayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mbak, kalau di aceh ada apa saja kak pasti beragam juga ya

      Delete
  12. Kebanyakan event lintas budaya ya...
    Ada Nyepi, ada rajaban, dll

    Memperlihatkan keragaman..tapi semua masyarakat menikmati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak krn masyarakatnya juga beragam :D

      Delete
  13. Wah bagus infonya.. khusus banyumass

    ReplyDelete
  14. Bulan Juli kok keren-keren banget acaranya?! Paling tertarik sama Baturrajazz dan festival layang-layangnya sih. Mungkin ini pertanda kuharus jalan-jalan hwahaha

    ReplyDelete
  15. wah bulan april kayaknya paling banyak jadwal acaranya ya di banyumas sampe ada 7 acara

    ReplyDelete
  16. Ini diaa.. kalau ada kalender event wisata gini kan jadi lebih mudah ya mba buat promotenya. Masyarajat juga jadi lebih mudah merencanakan liburan.

    Festivak takir. Hmm saya pensaran dgn yg ini apalagi ada perpaduan unsur budaya dan wisatanya.

    ReplyDelete
  17. Seneng ngelihat sekarang banyak kota yang bikin agenda wisata seperti ini.
    Jadi, kesenian daerah semakin banyak dikenali orang .... syukur-syukur mampu menarik minat kunjungan traveller manacanegara.

    ReplyDelete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.