The words. The thoughts. The journal.

November 23, 2018

Surga Kecil di Jogja Yang Wajib Dikunjungi


“Hampir malam di Jogja, ketika keretaku tiba, remang-remang cuaca, terkejut aku tiba-tiba”

Halo, apa kabar?

Udah mau akhir tahun aja nih, hayo siapa yang lagi mulai dikejer-kejer kerjaan dan sering lembur? Atau lagi gencar-gencarnya menuhin target-target pribadi di tahun 2018 ini? Yang penting jangan sampai lupa jaga kesehatan ya, minum air putih dan buah yang banyak biar tetap bugar dan nggak gampang sakit sampai tua nanti. Wah sabi banget nasehatinnya tapi diri sendiri masih suka nggak teratur pola makan dan olahraganya nyahaha. Nah sesibuk apapun kita jangan lupa buat menyediakan me time biar jiwa raga kembali rileks dan pikiran fokus kembali. Salah satunya adalah jalan-jalan kilat, eh apaan tuh jalan-jalan kilat baru pernah denger? Ya, semacam mengambil atau curi-curi waktu di tengah padatnya aktivitas kita. Eh bisa juga buat yang lagi ngejer target jalan-jalan ke tempat baru, atau rencana buat liburan nanti.

Jalan-jalan kilat ini biasanya ngambil destinasi yang nggak jauh-jauh dan akses transportasi masih mudah diraih karena tujuannya emang meregangkan badan aja. Beberapa contohnya bisa Semarang, Bandung, Cirebon, Solo, dan Jogja. Yang terakhir ini nih yang menurut saya di mana semua hati orang berada, banyak yang rindu, dan jatuh cinta hihi. Tapi, pengin nggak sih ke tempat-tempat yang beda dari destinasi yang sudah sering dikunjungi orang kebanyakan? Saya juga pengin nih menemukan sesuatu di Jogja, dan kebetulan banget kemarin nemu banyak utasan di Twitter tentang surga kecil di Jogja baik dalam kuliner, tempat, atau bahkan bisa penginapan yang murah, nyaman, dan instagrammable. Buat yang penasaran sama utasan dan bisa jadi referensi, boleh banget cek di akun saya di @_marfadoc. Nanti di sana akan ada pinned tweet tentang macam-macam utasan termasuk referensi di Jogja ini. Pun, kalau saya sendiri pengin banget ke tempat-tempat ini yang saya belum pernah datangi atau belum tahu sebelumnya.

DESTINASI

Bukit Cendana (Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo)




sc: hotelthecube

Nggak ada yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk memanjakan mata dengan pemandangan alam. Bukit Cendana menurut saya ini cocok banget karena bisa melihat hamparan hijauan yang luas dari atas tanpa harus susah-susah naik gunung. Jadi hanya modal trekking sebentar bisa langsung menikmati syahdunya alam, cocok buat saya yang suka jalan kaki namun nggak terlalu menguras tenaga untuk jalan-jalan kilat.

Bukit Klangon (Desa Glagaharjo, lereng Gunung Merapi-Cangkringan, Sleman)

sc: ksmtour.com
Heiii kenapa saya baru tahu ada tempat semegah indah ciptaan Tuhan ini! Lihat foto-fotonya di internet hawanya udah adem juga dengan pemandangan Gunung Merapi. Bisa dilihat sih pasti udara di sana seger banget dan betah berlama-lama. Pokoknya, ini wishlist banget suatu saat semoga bisa ke sini. Aamiin.

Air Terjun Kedung Kandang (Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul)

sc: pidjar.com

Kan kan, saya emang lemah kalau lihat hijauan dan denger suara alam. Terakhir lihat sawahan ini di Jogja ya pas ikut YAD di Mangunan kemarin dan lewat doang. Coba tuh pasti perpaduan suara alam, hewan-hewan kecil, dan angin sepoi-sepoi pasti enak banget kalau ketiduran di sini nyahaha. 


KULINER
Mie Ayam Bu Tumini (Area Terminal Gliwangan)

(via: @albert_na)
Nah tadi kan udah destinasi alam nih, sekarang kuliner. Sebagai pecinta mie ayam garis keras, saya merasa perlu banget buat nyoba mie ayam yang katanya legend ini. Tiga kali ke Jogja namun belum sempat ke Mie Ayam Bu Tumini ini, ngebayangin siang-siang pas lagi laper makan mie ayam sama es jeruk udah—lupakan sejenak tugas-tugas kuliah hihi.

Sego Sambel Serayu (Nologaten- Jl. Wahid Hasyim No.69 Gaten, Dabag, Condongcatur, Sleman)

(via: @flonoviadinda)
Ini juga kuliner yang saya baru tahu, karena saya juga suka pedes dan suka ayam apalagi kalau dipadu nasi panas, maka sego sambel ini patut banget saya coba. Terus unik gitu sih kan sego sambel nasinya dipadu dengan bumbu khas jadi bikin penasaran abis! Kalo ke sini, mungkin perlu persiapan obat sakit perut kali ya hihi.

Ayam Saos Pedas Jogja (Jl. Kaliurang Km 13 Besi A 08 Yogyakarta, Jl. Moses Gatotkaca)

(via: @flonoviadinda)

Netijen twitter emang ya, unggah foto ayam dengan saus mbleber-mbleber otomatis jadi pengin gitu. Nikmat banget nggak sih kalau dipaduin sama nasi udah kapanan ke Jogja saya mampir ke sini!

Baik, marilah saatnya berdoa agar saya bisa ke tujuan-tujuan di atas hihi. Kalau kamu kira-kira mau ke mana di Jogja, bisa dicek juga referensinya wisata jogja. Kalo ke Jogja dari Purwokerto sih enaknya pakai kereta karena kenyamanan saat berangkat itu perlu banget, alias bisa tidur karena kalau kereta kan lebih stabil jalannya. Paling mudah pesen tiket sih via Traveloka karena selain pilihannya lengkap, interfacenya ini enak banget! Menurut saya kalau aplikasi itu nomor satunya sih ya nggak berat dan sesuai sama fiturnya, baru lah yang nomor dua itu kelengkapan pendukungnya. Hihi kalau nggak nyaman udah malas duluan pastinya.




Later on, kalau pesan di Traveloka lebih efisien karena selain tiket kereta juga ada penginapan dan hotel, bahkan tiket pesawat. Jadi buat yang suka jalan-jalan nih cuma perlu satu aplikasi aja, udah gitu lebih murah dan dilengkapi dengan proses pembayaran yang mudah. Hiyak, kalau kayagini pokoknya urusan tiket dan booking udah nggak perlu pusing, fokus aja ke jalan-jalannya mah hihi. Jadi, surga kecil mana yang ingin kamu sambangi? Jogja juga?
***

20 comments:

  1. JOgja!!!!!! entah kenapa, kota ini bisa bikin aku jatuh cinta sejatuh-jatuhnya.

    surga! banyak hal yang bisa dieksplor, bahkan Jogja punya surganya sendiri.

    dan ya,. aku akan menjelajahi semua yang ada di sini ah, hihiihi

    makasih kakaaak

    ReplyDelete
  2. Paling pingiiin untuk saat ini ke kulinerannya aja dulu deh...
    Hahha...
    Karena kalau naik-naik ke puncak gunung sembari ngajak anak-anak, aga rawan.
    Akunya gak pro...

    Indahnya alam Jogja~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kak, kulinernya juga beuuhhh ngileeer

      Delete
  3. Aku belum sempat-sempat main ke Yogya lho, pengen banget ke sana. Kayaknya kece untuk jadi tempat foto-foto dan wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum lagi kak, bareng yuk hihi

      Delete
  4. Jogja berhati nyaman dan nyam nyam. Makanan enak dipadukan dengan wisata yang beragam termasuk wisata alamnya. Sungguh selalu membuat kangen untuk untung

    ReplyDelete
  5. Akhir tahun gini aku ga bisa jalan2, hiks. Kantorku udah mengeluarkan larangan cuti bagi para pegawainya. Kerjaan banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuuh, semoga awal tahun nanti bisa liburan yaaa

      Delete
  6. wah aku belum pernah ke air terjun kedung kandang deh. sepertinya bagus. waktu tahun lalu aku ngerayain tahun baru di jogja. hmm apakah tahun ini aku musti tahun baruan di sana lagi yaa? hihi

    ReplyDelete
  7. ya ampuuun jogja tunggu akuuuu.. beneran deh jadi pengen banget main ke sana.. apalagi itu mie ayam bu tumini kayanya udah melambai-lambai gitu

    ReplyDelete
  8. Huhuhu.. pemandangan alam Jogja bikin mupeng! View gunung-gunung gitu selalu bikin aku pengen ke sana. Plus kulineran yg sama menariknya. Hemm.. Kapan yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kan kaan dahal baca doaaang, hayuklah ka

      Delete
  9. Air terjun kedung kandang sepertinya seru, apalagi aku lagi penasaran sm desa nglanggeran gara2 bca novelnya tere liye.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di novel penggambarannya gimana ka? Bagus kah? :3

      Delete
  10. mie ayam bu tumini itu, buat yang enggak suka manis enggak akan suka deh. yakin!
    karena manisssss bangetttt. udah ditambah sambal tetep aja manis.
    di jogya itu orang bkin sambal juga manis. wakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadaw ku nggak suka manis sih, dari bumbunya brt ya ka Ben?

      Delete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.