Rekomendasi Coffee Shop & Coworking Space di Purwokerto

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Sudah lama tak menulis tentang Purwokerto, kali ini mau bagi info lagi deh tentang tempat ngopi di Purwokerto. Sekarang tempat ngopi di Purwokerto udah menjamur terutama di bagian kota dan area kampus, dari dulunya yang beberapa sekarang hampir kaya Alfamaret, baru jalan sedikit udah ada nyahaha! Coba aja jalan dari Pabuaran ke Jalan Ovis, cuma dengan jarak segitu dan menengok kanan kiri, maka jangan heran juga ada coffee shop yang malah bersebelahan.

rumah kopi pemuda purwokerto

Enak sih, jadinya pengunjung merata. Saya sudah mencoba kopi di beberapa coffee shop, namun hanya beberapa yang menurut saya cocok—belum lagi dukungan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas atau yang sifatnya coworking space. Kebanyakan sih coffee shop di Purwokerto sifatnya masih buat ngumpul atau nongkrong-nongkrong aja, jadi kalau misal nyari buat berduaan sama laptop itu agak tricky, kalau nggak tempatnya, suasananya, ya rasa kopinya. Saya suka gemes sih sama tatanan coffee shop di Purwokerto yang nggak alone-friendly (ini gimana ya nulisnya). Jadi misalkan ada yang tempat duduk enak buat ngelaptop tapi jauh dari colokan, tempat akses buat keluar masuk sempit, nggak ada sandaran di tempat duduknya (wahaha ini personal banget!), atau rasa kopinya pricey tapi biasa aja. Belum lagi kalau misal pelayanannya kurang ramah, udah deh langsung blacklist.
Ada juga sih yang menyediakan meeting room sendiri, tapi kudu bayar. Jadi menurut saya, baru coffee shop di bawah ini yang bisa jadi rekomendasi untuk menyelesaikan deadline.
praketa kopi purwokerto

Praketa masih menjadi nomor pertama, dan memang pelopor coffee shop pertama di Purwokerto ya Praketa ini. Dari dulu yang awalnya cuma nyediain kopi, sekarang udah ada camilan dan bahkan makanan beratnya. Praketa bagi saya masih sederhana, namun tak tenggelam dari banyaknya coffee shop yang menjamur di Purwokerto. Praketa ini tempatnya kecil, dulu cuma ada dua ruang buat berAC sama smoking area. Tentu saja bagian AC paling enak buat ngerjain banyak tugas, cuma kudu rebutan juga karena tempat yang enak buat duduk itu barisan deket kaca aja. Sisanya kursi meja yang hanya cocok untuk ngobrol, kalau saya harus ada sandaran dan yang ada cuma di deket kaca—jadi ya Praketa ini masuk kategori coffee shop yang enak. Nah, sekarang udah ada tempat ketiga di luar ruangan, lebih luas dan cocok untuk ngobrol.

Kenapa saya suka Praketa? Budayanya! Saya suka banget kalau dateng disambut dengan “silakan ka”, dan ketika pulang disapa juga “terima kasih, ka”. Hangat, nggak cuma sekadar prosedur namun membuat hati pengunjung nyaman. Kalau repeat order juga diskon 20%, terus suka ngasih voucher misalkan pada waktu itu izin membersihkan tempat, dan kala saya pernah mengulas di blog—besoknya dikasih voucher. Humblenya minta ampun, belum kalau lagi berulang tahun—udah pokoknya jadi saling mengakrabkan. This is not an endorse ya, murni kesan pribadi. Untuk kopi rekomendasi yaitu cappuccino, dripfilter dampit atau mandailing. Jangan lupa juga coba bruschetta dan wafel tiramisunya! Jam-jam enak buat ke sini adalah jam 09.00-10.30, dan 17.30-18.00, masih sepi cuyyy

2. Glory Coffee Purwokerto

glory coffee purwokerto

glory coffee purwokerto


Kalau mau nyoba kopi khas Jawa Barat bisa di sini, rekomendasi kopi malabar, cappuccino tanpa gula, atau es kopi glory. Tempatnya emang sih deket jalan raya dan itu sifatnya luar ruangan. Tapi untuk meja bundar dan ada colokan di bawahnya itu membantu banget buat saya. Cocok banget kalau lagi penat kudu di ruangan, rasanya kepala ikut seger juga. Kalau buat ngobrol atau sambil ngelaptop juga tetep enak. Kalau misal pengin di dalam ruangan juga bisa, lebih sepi malah biasanya dan berAC cuma tempatnya terbatas. Kalau di sini enaknya juga cuma buat ngopi sih, saya belum nemu camilan yang cocok juga di sini. Harganya juga masih murah sama kaya Praketa, tapi tetep enak—nggak pricey. Untuk selebihnya, pernah saya ulas juga di Glory Coffee Purwokerto: Ngopi Nyaman Produktif

3. Rumah Kopi Pemuda

Tempat ini juga ramah dan menyenangkan, hampir sama desainnya dengan Praketa karena kalau tak salah dulu satu grup namun sekarang udah nggak. RK Pemuda baru buka jam 5 sore sampai malem dan tempatnya deket stasiun! Rekomen banget asli kalau abis dari stasiun ngopi dulu lah di sini, enak tempatnya dan ramainya pas malem. Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah jam 5 sampai 7 malem pas masih belum ramai. 

kopi pemuda purwokerto

rumah kopi pemuda purwokerto

Paling suka bagian deket kaca lagi-lagi karena lucu dan gemes. Suka aja tempat di sini rasanya seperti di rumah lama atau di rumah nenek gitu, kok bisa ya hahaha. Untuk harga agak naik dikit dari Praketa atau Glory deh, 3-4rban, rasanya hampir-hampir sama. Di sini nggak ada makanan beratnya juga ya, paling cemilan, kemarin nyoba roti keju itu enak sih kenyang dan kejunya nggak pelit.

4. BREW Coffee

Tempat ini enak karena yang saya tahu tak terlalu ramai, juga agak jauh dari area kampus. Seru! Suka, enak dan nyaman di sini nggak berisik. Selain itu, oke juga kalau buat foto-foto alone-friendly hahaha istilah ini lagi. Untuk harga makanan pricey sih lagi-lagi belum cocok untuk serba budget seperti saya. Tapi, suatu saat saya pengin nyoba fish and chipsnya! Cappuccinonya juga enak, tempat duduk favorit adalah menghadap jalan. Di sini ragam kopinya banyak juga ya nggak cuma itu-itu aja. Semoga suatu saat bisa nyusul nyobain menu yang lain. 

brew coffee purwokerto

brew coffee purwokerto

Yang membuat saya suka keempat di atas juga karena penyajiannya menggunakan gelas, bukan plastik gitu. Kemudian ke keadaanya yang nggak noisy, duh ah emang banyak syaratnya ini saya hahaha.

5. Kalih Coffee Tea and Spaces Purwokerto

kalih coffee space purwokerto

Kalih ini selalu ramai, lokasinya tak jauh dari alun-alun Purwokerto dan untuk harga masih standar. Karena memang tempatnya bagus dan cocok untuk usia anak muda atau dewasa dan terdiri dari coworking space, dalam dan luar ruangan. Sebenarnya di working spacenya ini enak, WiFi juga kencang, namun kadang isinya juga banyak orang yang ngobrol jadi agak terganggu kalau jumlahnya banyak. Namun kalau buat ketemu temen, ngobrol, foto-foto, cocok banget.

Eh foto-foto di Kalih lengkapnya bisa lihat di Maps saja ya, saya hanya foto pas dari dalam working spacenya.

6. Dino Space Coffee & Eatery

dino coffee

dino purwokerto


Ini masih baru di tahun 2020 ini, dan menurut saya cocok untuk ngumpul bareng temen atau keluarga juga. Ada bagian live musicnya juga dan yang paling menyenangkan harganya lebih murah dari yang lain. Nah di sini juga ada ruangan berACnya yang ada colokannya jadi lumayan cocok lah buat nugas tipis-tipis.

7. Coffee Brake

coffee brake

Ini masuk banget kalau mau sekadar ngopi atau ngelaptop. Ada tempat ngelaptop beserta depannya colokan, terus kursi mejanya pas jadi nggak capek buat lama-lama. Cappuccino robustanya approved, enak! Terus WiFinya kenceng banget, ada alunan musik namun nggak keras jadi nggak bakal menganggu. Bakalan sering ke sini nih.

8. Atenshi Coffee

Updated per 26/3/21.

atenshi coffee

atenshi coffee purwokerto

atenshi purwokerto

Jadi Atenshi ini dulunya La Caixa, nah sekarang konsepnya menyediakan kopi dan dish ala-ala Jepang gitu. Unik juga sih, beda dari yang lainnya. Nah yang saya suka di sini adalah ada tempat duduk yang sangat nyaman bahkan untuk sendirian, nilai plus karena meja dan sofa tempat duduknya nyaman sekali. Freelancer-friendly hahaha, kalau mau nyender juga enak karena ya empuk, nggak keras. Dan untuk harganya juga terjangkau nih, mulai dari under 20k semua. Worth banget, lokasinya juga strategis kalau sekalian mau ke mana-mana.

Kalau untuk rame-rame, meeting, atau diskusi saya punya beberapa coffee shop yang sekaligus coworking space juga nih.

- EHI Coworking Space.

Well, kalau kalian yang suka ikut lomba event hunter Indonesia itu sudah ada basecampnya juga yang sekaligus coffee & coworking space. Ruangannya luas, terluas di Purwokerto sepertinya untuk urusan coworking space. Ada lantai 1, lantai 2, outdoor, dan macem-macem jenis ruangan seperti untuk meeting atau inkubator. Di lantai 2 nyaman bener, sewa sehari cuma 35rb bisa seharian free teh dan kopi sepuasnya. Enaknya bisa jadi lebih fokus juga sih, nggak seberisik kalau di coffee shop.

ehi coworking space purwokerto

ehi coworking space purwokerto

ehi coworking space purwokerto

ehi coworking space purwokerto

UPDATE: Saat ini EHI sedang tidak beroperasi ya, jadi boleh opsi lainnya.

- Stue Coffee.

Mau foto buat bahan feed, diskusi, anak startup, bisa di sini. Tempatnya luas dan toiletnya bersih. Saya suka warna-warna yang ada di Stue, cuma kadang kalau buat sendirian kurang cocok karena tentunya di sini ramai apalagi menjelang malam. Plus, untuk harga di sini ada pajaknya, dan lumayan mahal juga kalau untuk mahasiswa budget seperti saya.

- Society Coffee House.

Ini sih udah berdiri lama dan lokasinya strategis di area GOR Satria. Di sini aneka kopi, non kopi, makanan, hingga kudapan lebih bervariasi. Tempatnya juga udah kece banget, parkiran luas. Sering digunakan untuk diskusi, ngobrol, atau bahkan acara.

- Radio dalam Kopi Purwokerto.

Ini baru tempatnya dan yang bikin menarik adalah lantai dua, ala rooftop gitu. Pas saya dateng kemarin sih lebih enak buat ngobrol aja tempatnya, tapi nyediain ruang khusus buat meeting dan bisa dipesan. Untuk lantai pertama karena dekat dengan dapur jadi atmosfirnya kebawa juga, lantai dua ruangannya menggema jadi ngga cocok buat ngelaptop kecuali ruang meeting, dan untuk di luar ruangan rooftop lebih enak juga buat ngobrol. Kemarin sempet nyoba menu andalan di sini yaitu es kopi jazz, cuma menurut saya masih biasa saja hehe. Untuk rice bowlnya lumayan enak, rapi juga—saya suka.

radio dalam kopi
radio dalam kopi purwokerto

radio dalam kopi purwokerto

Nah demikian beberapa rekomendasi mengenai Coffee Shop & CoworkingSpace di Purwokerto, akan diupdate juga seiring bertambahnya jam waktu jalan-jalan dan kondisi dompet nyahaha. Kalau menurut kamu, coffee shop yang enak itu gimana siiiiih? Coba ayo syer jugaaak!
***

13 komentar

  1. Wah ada banyak banget nih ya Mbak coffe shop dan coworking space yang ada di Purwokerto ini

    BalasHapus
  2. Wah, terakhir ke Purwokerto tahun lalu. Nanti kalau ke sana mampir ah

    BalasHapus
  3. Kalo aku justru nggak nyaman sama penjamuan yang sopannya kelewatan. Wkwk. Bikin sebel sama pengelola kedai kopinya. Aku jadi risih aja, sesama kelas pekerja kok diperlakukan seperti sultan. Lah, malah curcol. Wkwkwk. Bagus2 rekomendasi kamu. Hidup kafein!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini buat info tambahan di postingan nih

      Engga sih, engga yang ndakik2 kelewatan gitu. Saya suka interaksinya, bukan emang sengaja ditunggu terus disambut gitu engga tapi tiap ada yg dateng di pintu itu mereka yg lg lg aktivitas (giling, seduh) dkk bakal berhenti sebentar buat ngucapin "selamat datang ka", gitu terus lanjut kerja, sama pas pulangnya kaya temen aja gitu kesaanya "tengkyu brad" macam gitu akrab jadinya, jd kaya ngga ada sekat antara pengunjung sm barista2nya :3

      Hapus
  4. Persis masku pas mau ngerjain thesis, nyari tempat kopi muluuu..
    Tapi salut yaa...bisa konsen di co-working space.
    Wkkwkw...aku paling hobi nyari perpus. Soalnya gak terdistraksi makanan atau minuman.

    BalasHapus
  5. Wah cowork space sudah ada di purwokerto ya. Semakin enak dan nyantai nih ya bekerja menulis di cowork nya. Punya kantor yang tidak terikat dengan perusahaan nih jadinya.

    BalasHapus
  6. Coworking space memang penting banget apalagi buat freelance ngerjain project atau salah satu nya lagi tempat nyari partner untuk project tertentu

    BalasHapus
  7. Aku jadi penasaran sm purwokerto kayak gmn, kalau aku main ke pwt mau gak jadi tour guide ??
    Dr tempatku cm 2 jam naik kereta, bisa pulang hari atau nginep lah semalam di pwt.
    Buat aku coffeshop yang enak tuh, selain menunya harus enak dan harga terjangkau, harus ada colokan,, wkk .. soal berisik enggaknya, aku bisa bawa esrphone buat ngatasin itu.

    BalasHapus
  8. Kata suamiku yang dulu kuliah di Purwokerti, skrng emang Purwokerto berubah banyak yaaa. Main banyak juga nih coffee shop dan juga coworking spacenya kalau buat kerja atau hangout ngobrolin bisnis dll sama teman2 :D
    Duh jd pengen minum kopi malam2 gini

    BalasHapus
  9. Desain interior kedai kopinya bagus-bagus ya.. Pantas aja nyaman kerja di sana.

    BalasHapus
  10. Purwokerto pun semakin kekinian ya sekarang, hadirnya cowork space semakin menyemarakan kota getuk goreng. Apalagi tempatnya cukup instagramable

    BalasHapus
  11. Wew.. di Purwokerto udah banyak coffee shop. Semoga coffee shop yang ada bisa menjual produk kopi khas nusantara yang begitu beragam ya.

    Kalo coffee shop yang enak versi aku itu simple aja sih. Ada wifi, colokan, sama promo. Aku bisa seharian deh kerja disitu 😂

    BalasHapus
  12. makasih banget yak, bermanfaat banget...

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.