Praketa Kopi Purwokerto

Halo, apa kabar?

Saya nggak paham tentang kopi-kopian kecuali kopi sasetan yang telah menemani malam-malam saya dari SMP sampai kuliah. Dari mulai yang bergula sampai pahit, dari sekedar teman nonton film sampai lembur nugas. Dan saya senang sekali ketika mengunjungi tempat ini, tak hanya berkunjung namun jatuh cinta. Tempat itu adalah, Praketa Kopi.



Iya, yang saya tahu kebanyakan tempat buat ngopi ya tempat buat nongkrong-nongkrong aja, bahan unggahan, dan harganya lumayan mahal untuk mahasiswa pas-pasan seperti saya nyahaha. Karena alasan-alasan tersebut juga saya sejauh ini baru dateng dua kali ke tempat ngopi di Purwokerto. Namun Praketa menawarkan suasana yang berbeda, dimulai dari tempatnya yang nyaman, baristanya yang sangat ramah (nilai plus karena bagi saya tempat yang nyaman ya keramahannya), dan harga-harganya yang sangat terjangkau. Jauh banget lah dari anggapan ngopi itu mahal. 

Kalau kamu datang ke sini, kamu akan disambut ramah oleh barista-barista kece. Tapi kalau nggak dapet, jangan cemberut dulu karena mungkin pengunjungnya sedang banyak. Nggak hanya ramah, mas-mas baristanya juga interaktif, nawarin lampu buat pencahayaan pas foto-foto, dan menyilakan untuk mengambil gambar sepuasnya. Kala itu saya datang sekitar jam dua siang, nggak terlalu ramai.

Lanjut ke sajiannya, sejauh ini saya masih suka pesan iced cappuccino karena manis dan agak pahitnya pas dengan harga 17k, kalau yang panas cuma 13k. Kemudian kudapan salad (3k) dan waffle tiramisu (6.5k) sangat-sangat saya sukai! Well, kayanya nggak pernah sesuka ini sama suatu tempat, rasanya paket lengkap.




Jangan khawatir juga karena tempat ini juga ala-ala bangunan lama, banyak spot foto bagus tentunya. Masalah WiFi? Kenceng. Namun saya sarankan kalau di sini, nikmati waktu bener-bener untuk ngobrol dengan kawan-kawan atau bisa juga dengan para barista. Kalau tidak salah kemarin saya hampir pulang saat maghrib, hanya untuk ngobrol bertiga setelah merayakan selesainya UAS semester 6. Rasanya melepas rindu, canda tawa, sampai ngomongin orang di tempat yang menyenangkan itu LUAR BIASA! Padahal Praketa ini sudah ada sejak 2015, dan saya baru ke sini bulan Juli 2018! Dan baru-baru ini buka juga di Cilacap. Ah, saya senang dapat menemukan tempat ini di Bumi Purwokerto, sedikit telat nggak papa lah ya. 





Kemudian kalau kamu mau pulang dari Praketa, kamu lagi-lagi akan disambut dengan ucapan terima kasih. Jarang-jarang ada tempat dengan sangat memerhatikan pengunjung, ada interaksi di dalamnya, ada cerita-cerita di dalamnya. Memang benar sesuai taglinenya, jadi makin akrab. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Purwokerto, tempat ini saya rekomendasikan untuk didatangi. Letaknya di Jl. Hr. Bunyamin No 129 atau dekat samping BNI Unsoed, Purwokerto Utara. Tenang saja, ini bener-bener ulasan dari saya, nggak berbayar. Kasih tahu saya jika ingin mengobrol, diskusi, atau apapun! See ya in the next post!

PRAKETA COFFEESHOP PURWERTO
Open hours: 08.00-22.00
Address: Jl. H.R Boenyamin No.129 Desa Bancarkembar Kec. Purwokerto Utara, Dukuhbandong, Grendeng, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 52212 
***

UPDATE Jumat, 31 Juli 2020

praketa purwokerto

Saya rasa postingan ini perlu untuk diupdate, karena terhitung sejak pertama kali ke tempat ini hingga sekarang rasanya banyak sekali saya ke Praketa. Rasanya Praketa bukan lagi sekadar tempat yang dikunjungi hanya untuk ngopi, namun sebagai arena bermain dan juga berpikir. 

Yaelah

Iya, pasalnya setelah menjadi mahasiswa semester tua, mencari penghiburan diri sendiri itu perlu. Ibaratnya sebagai pengganti sekre UKM karena rasanya sudah bukan tempat dan waktunya lagi. Saya banyak menulis draft dan memposting artikel di blog ini di Praketa, termasuk beberapa artikel yang berhasil memenangkan lomba sebagai bonus. Atau misalnya pun, kalau mau bertemu dengan seorang teman juga seringnya andalannya di sini. 

Mungkin terhitung sampai saat ini, kalau ditanya tempat terbaik untuk ngopi di Purwokerto akan saya jawab Praketa. Pun barangkali akan menjadi salah satu tempat mengesankan selama di Purwokerto, dan tempat yang sudah pasti akan saya kunjungi jika sedang pulang dari luar kota. Selebihnya, berikut mengapa saya menyukainya:

Alasan mengapa Praketa, tempat terbaik untuk ngopi di Purwokerto

1. Buka Mulai Pagi

Kala pagi, selain waktu yang tepat untuk percaya kembali pada harapan dan kesempatan, juga waktu yang tepat untuk menyesap kopi sembari menatap tugas-tugas mengantri di laptop. Praketa ini buka jam 8 pagi, namun saat new normal ini buka dari jam 8 pagi.

Di Purwokerto masih jarang yang buka mulai jam pagi, rata-rata buka jam 11 atau baru jam 1 siang. Ada juga sih yang sudah buka dari pagi meskipun nggak banyak, namun belum tentu cocok dengan nomor dua dan tiga berikut. Hahaha.

2. Tempatnya Kecil Namun Super Nyaman 

Praketa sendiri dahulunya baru ada dua tempat, yaitu AC dan smooking room. Ruang yang berAC ini kecil dan hanya diisi 8 pasang meja kursi untuk 2-3 orang (di masa new normal saat ini ada 6 pasang). Namun menurut saya ini enaknya, karena tempatnya kecil dan muat hanya beberapa orang jadi saya bisa berkosentrasi buat ngerjain apa yang ada di laptop. Untuk musik sendiri juga nggak terlalu keras, paling-paling kalau lagi rame juga masih biasa aja.

Dan untuk sekarang, udah ada tambahan satu tempat lagi outdoor yang lebih luas dan bisa buat banyak orang sekaligus.

3. Harganya Murah

Seperti yang saya sebutkan di atas, harganya murah-murah dan masih banyak yang dibawah 20rb sekaligus tanpa pajak. Dengan harga 13rb sudah bisa pesen dripfilter atau capuccino hangat, camilannya juga sekarang makin banyak. Laper? Ada menu nasi juga. Selain menu non kopi seperti susu, sekarang di Praketa juga sudah ada jus buah. Iyeee mantep lengkap beneeer.

4. Pamong Ramah

Yang bikin nyaman dan kerasan(what is kerasan in Indonesia anyway?) di Praketa adalah pamongnya super ruamaaaaah. Pamong di sini adalah sebutan untuk waiternya. Jadi rasanya gap antara pengunjung dan pamong nggak terlalu jauh, baik-baik banget dan sigap juga jika dimintai tolong. Ayaflu pokonaaa~

Oh iya pun pengunjung di sini biasa disebut sebagai warga, seru banget ya haha.

5. Diskon Untuk Pembelian Kedua

Saya kira dulu diskon untuk pembelian kedua, ketiga dan selanjutnya ini hanya dalam masa promo, namun ternyata bukan dan masih ada sampai sekarang. Diskonnya itu sebesar 20%, lumayan banget apalagi kalau yang biasa lama di sini terus udah laper lagi aja.

6. Penggantian Jika Minum Tumpah

Kadang ada kejadian nggak sengaja nyenggol gelas terus isinya tumpah. Di Praketa tuh walaupun tumpah salahnya pengunjung itu diganti lho, dan gratis pula. Biasanya saya hanya melihat kejadian di depan mata, tapi akhirnya ngalami juga karena kesenggol temen dan diganti baru. Lumayan jadi minum 1.5 gelas cappuccino nyahaha astaga. Rezeki baik-baik dan banyak untuk pamong dan owner Praketa yaa :)

7. Pengambilan Gelas/Tempat Makanan Kosong 

Detail ini juga nggak bisa untuk dilewatkan. Biasanya kalau gelas atau tempat makanan udah kosong ini bakal dihampiri dengan sopan untuk diambil. Ini jadi enak karena jadi ada space, terus bukan buat diusir halus kok hahaha lagipula bisa hemat tenaga dengan diambilin. Lagi-lagi, haturnuhun nih manajemen dan hospitility di Praketa :)

8. Free Air Putih & Refill 

Hehehe imbangin yuk badan sama air putih, di Praketa ini biasanya free satu gelas air putih dan bisa refill. Keliatan sepele dan biasa, tapi ini asyik banget sih aselik.

9. Hadiah dan Games Lucu Ketika Mengulang Usia

praketa kopi

Kalau Praketa sedang mengulang usia nih, nggak cuma bagi-bagi voucher atau promo lainnya aja tapi ada games-games buat warga yang ngopi mampir di sana. Serunya kalau yang menang dikasih kado yang dibungkus tentunya, terus yang kalah tetep dikasih voucher. Seru kan :')

10. Promo-Promo Yang Seru dan Unik

praketa kopi purwokerto


Buat contoh ada di poster di atas ya, misalnya buat mahasiswa baru di Purwokerto. Eh pernah juga ditanya mahasiswa baru apa bukan di sini, mau ngaku tapi kok malu sama angkatan hahaha sering ke sini juga. Jadi, sesekali jika kamu hidup di Purwokerto, jangan lupa untuk mampir ke sini ya.
Udah, kira-kira gitu aja. Sampai jumpa!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

6 comments

  1. Baru tau ada tempat seperti ini,sepertinya cocok buat nongkrong bareng teman-teman.

    ReplyDelete
  2. tempat buat ngopi ya tempat buat nongkrong-nongkrong hedon, bahan unggahan, dan harganya mahal-mahal

    Like this tuh kirain di Bandung aja wkkwkw btw murce ya mba snack nya, semoga di tempat ngopi tuh harganya masuk akal cz kopi. Tuh banyak di Indonesia hhaha

    ReplyDelete
  3. Mungkin kapan2 klo ke Purwokerto bisa mampir

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)