Passionkan Kuliahmu Bersama DataPrint, Bisa Dapet Beasiswa Pendidikan!



Kuliah, Kegagalan, dan Pengembangan Diri

Ada satu kalimat menarik yang pernah saya baca di linimasa Instagram, kira-kira begini “serunya kuliah tak terulang dua kali”. Saya setuju sekali dengan kalimat tersebut yang merujuk ke jenjang pendidikan S1—karena kalau S2 pikiran sudah lebih dewasa dan fokus ke riset jadi S1 begitu menyenangkan. Ibaratnya, kuliah ini berbeda sekali dengan jenjang pendidikan sebelumnya, dari pakaian yang dipakai, durasi pembelajaran, hingga belajar dengan mandiri termasuk menemukan metode sendiri dalam belajar. Selain itu ada kegiatan berdinamika lainnya seperti berorganisasi, berkomunitas, memulai usaha, hingga mencari pengalaman baru yang sebelumnya sangat asing di telinga. Saya menyadari sesuatu, semangat kolaborasilah yang akan mempercepat kesuksesan kita sejak dini. Asli dah, kalau punya hobi atau skill dan pengin lebih cepat optimal—gabung dengan komunitas yang mendukung karena di situ bakal bagi-bagi ilmu yang sangat berguna!

youth adventure day 2018
Kegiatan Youth Adventure Day 2018

Yap! Jadi bukan hanya akademik namun juga non akademik. Kuliah itu menurut saya waktu yang sangat tepat untuk menghabiskan jatah gagal. Terdengar klise sih tapi memang betul, gagal itu bukan hanya membuat kita lebih berkotemplasi mengenai arti syukur, arti penerimaan, arti berani mencoba, dan arti bangkit lagi namun juga memengaruhi mental—berpikir dan bertindak lebih hati-hati, menjadi lebih dewasa. Bahkan nggak papa banget kalaupun misal gagal sebelum memulai, atau memulai tapi dari minus bukan dari nol lagi. Ini berlaku ke semua hal sih nantinya, jadi tuh kita sebagai anak muda nanti nggak “kagetan”. Kalau kita mendengar kisah-kisah sukses para figur, pasti mereka selalu bercerita kalau mereka cuma punya modal satu: keberanian. Ketika kamu mencoba, kamu bukan hanya tahu letak kelebihanmu di mana saja namun begitu juga kekuranganmu. Wah, nggak kebalik tuh Marf? Enggak! Kalau selama ini kita selalu mendengar unlocking your potential, jangan lupa juga untuk mengurangi kekurangan dalam bentuk sifat buruk terutama ketika kita berinteraksi dengan orang lain. 

Kuliah itu banyak suka dan nggak sukanya, ada satu kunci biar kita suka terus sama kuliah—yaitu dijalani dengan passion. Jadi passion itu saya rasa bukan hanya melakukan apa yang kita senangi aja kok, bisa juga menyukai apa yang kita lakukan hingga terbiasa. Beberapa tulisan mengenai kehidupan perkuliahan sudah saya posting juga di blog ini dengan label college life, pernah juga membuat podcast dengan judul Passionate Your College Life­-di sana bercerita mengenai kegagalan, dan intinya gimana sih biar kuliah nggak biasa-biasa aja. Nggak pernah ada kata terlambat, capek atau bosen boleh namun jangan terlalu lama, ya! Saya memegang prinsip satu hal, yaitu setiap pagi ketika saya bangun dan membuka mata, di sanalah terletak harapan dan kesempatan baru. 

Menunjang Kualitas Administrasi Perkuliahan Dengan DataPrint

Kuliah pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya ngeprint, mau tugas kuliah biasa, tugas kreasi misal percetakan, bahkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN! DataPrint ini pasti familiar di area kampus karena kualitasnya, terutama produk tinta DataPrint, tinta refill, tinta printer, kertas foto, sama kertas stiker. Saya sendiri menggunakan tinta dan kertas foto DataPrint dan pas KKN juga membawa kertas foto DataPrint untuk cetak foto ala-ala polaroid pas perpisahan buat dekorasi. Selesai acara, masing-masing anak rebutan fotonya dong, lumayan buat kenangan. 

kkn desa bulaksari cilacap

Nah, siapa juga yang familiar sama kupon-kupon yang selalu ada di produk tinta dan kertas foto DataPrint, itu buat diundi atau gimana? Ternyata bisa buat beasiswa pendidikan loh! Gokil, udah menunjang kehidupan kampus bisa sekalian menambah semangat dengan beasiswa. Mau tau gimana caranya biar dapet Beasiswa DataPrint? Berapa sih beasiswanya? Susah nggak seleksinya? Yuk ah.

Produk tinta refil dataprint
DataPrint tinta dekat kampus

Tips dan Strategi Mendapatkan Beasiswa Pendidikan DataPrint

Buat yang udah ngikutin Beasiswa DataPrint dari lama, pasti kenal juga sama website Beasiswa DataPrint saat templatenya masih ala papan tulis. Nyahaha. Jadi, Beasiswa DataPrint ini udah lama lho ternyata, dari tahun 2011 yang merupakan program CSR dari DataPrint di bidang pendidikan. Beberapa mungkin juga familiar sama info beasiswa ini yang sering muncul di media sosial. Saya sendiri pernah menulis mengenai pengalaman mendapat Beasiswa DataPrint, di sana sudah lumayan diberikan tips-tipsnya namun akan saya tulis lebih detail lagi di sini terutama bagian ESSAI. 

beasiswa dataprint


Beasiswa DataPrint ini bukan hanya untuk yang kuliah aja ya, namun digabung juga dengan siswa SMP dan SMA. Jadi nih buat yang udah lulus bisa ajarin adiknya atau bahkan yang masih sama-sama di pendidikan bisa ngerjain bareng. Besaran beasiswa yang didapat yaitu 1 juta rupiah untuk 10 orang, 600rb rupiah untuk 10 orang, dan 400rb rupiah untuk 205 orang dan hanya diberikan sekali bukan per bulan. Dalam satu tahun juga hanya boleh ikut sekali aja kalau udah menang karena biar adil dengan teman-teman lainnya. Jadi, satu tahun nanti ada dua periode Beasiswa DataPrint.

Sebelum menuju ke langkah dan strategi, perlu diketahui salah satu syarat Beasiswa DataPrint adalah sedang tidak menerima beasiswa dari perusahaan lain. Jadi misal yang dapat dari beasiswa sekolah, universitas, atau pemerintah masih diperbolehkan mendaftar ya. Kemudian dari pendaftaran dan pengumuman itu lama sekitar 4 bulan, jadi ada waktu yang lumayan untuk menyiapkan berkas dan membuat essay.

Sekarang, berikut langkah-langkahnya: 


1. Pahami dulu syarat pendaftaran yang ada. Di sana terlampir berkas apa saja yang harus kamu penuhi, dan yang paling pasti kamu harus punya KUPON DATAPRINT yang berlaku untuk mendaftar beasiswa periode itu.

2. Sebelum mengisi pendaftaran, sebaiknya menyiapkan berkas dalam stopmap seperti transkip nilai, fotokopi sertifikat penghargaan/piagam, sertifikat organisasi, fotokopi kartu siswa/mahasiswa, fotokopi buku rekening depan, dan fotokopi kupon DataPrint karena jaga-jaga misal nanti hilang sebagai bukti. Perlu banget nyiapin dulu karena misal nanti kepilih nggak lupa kemarin udah nulis apa aja atau terutama piagam apa aja yang dilampirin karena nggak ada copyan isian yang masuk ke email.

3. ESSAY. Nah jadi di tiap periode tema essaynya beda-beda tentunya, maksimal cuma 500 kata dan menurut opini masing-masing. Kalau saran saya, nggak perlu yang terlalu ilmiah karena jumlah kata terbatas. Essay ini juga menjadi penentu selain sertifikat atau piagam jadi dibuat sebaik-baiknya siapa tahu bisa mendapat beasiswa utama. Jadi misal kamu masih sedikit piagam atau sertifikatnya bisa dioptimalisasi nih melalui essay. Kira-kira begini jika mempersiapkan essay untuk Beasiswa DataPrint: 

- Baca dulu tema dari essay, kira-kira poin apa aja yang bisa menjadi celah. Kalau dari tema itu kamu pernah menguasai atau berpengalaman pasti akan lebih mudah dalam menyusun. namun kalau yang belum menguasai atau bahkan baru pernah menemui tema itu, tetep ada triknya nih!

- Essay ini kan bentuknya pendapat kita, jadi bisa masukin solusi atas permasalahan dalam bentuk ide atau solusi yang ditawarkan setelah solusi tersebut berhasil. Sifatnya yang problem solver ya atau bisa mecahin ide jadi jangan hanya tulisan pendapat aja tapi kita nawarin ide. Misalnya pada tahun 2018 lalu tema untuk mahasiswa mengenai “Sikap Berbhineka Cerminan Mahasiswa Indonesia”, udah ketinggalan kalau kita hanya nulis yang ada di buku-buku LKS atau modul dari zaman SD gimana menjadi warga negara yang baik berlandaskan Pancasila. Kuncinya SPESIFIK, jadi gimana kita mengimplementasikan sifat tersebut dan bener-bener berguna. Misal dalam komunitas dengan misi di bidang pendidikan atau dalam kehidupan di era milenial sekarang, atau sikap-sikap ini untuk menuju mental anak muda Indonesia menuju ke arah yang progresif. 

- Cara mencari ide ini bisa dengan studi kasus, perbanyak pertanyaan dengan keresahan-keresahan akan tema itu kemudian coba diurutkan satu persatu. Asyik kan jadi nambah pengetahuan baru?

- Setelah menemukan yang spesifik tadi, coba untuk berpikir alternatif atau jangan ikut arus utama namun kamu sendiri belum paham. Kasihlah banyak pertanyaan-pertanyaan kira-kira kalau diubah sedikit aja bisa menghasilkan hal yang berbeda nggak? Bervisi dulu untuk memberikan gambaran-gambaran yang akan disusun.

- Padet, nggak bertele-tele. Yap, meskipun di kepalamu banyak sekali ide dan pengin ditulis semuanya—jangan! Namun dibuat aja mind mapping, dari banyaknya ide yang mau ditulis itu mana sih yang paling berkaitan. Percuma aja kan kalau banyak namun nggak nyambung atau mencar ke mana-mana?

- Susun dengan sistematis, bisa diawali dari pertanyaan akan ide, kemudian ide-ide solutif yang bisa disampaikan dengan cara-cara atau langkah-langkah, kemudian ditutup dengan kesimpulan. Kalau sudah selesai disusun, coba dibaca lagi dari awal dan ubah perspektifmu sebagai penilai. Kalau misalnya kamu jadi juri atau yang menilai, karyamu itu unik ngga sih, beda ngga sih, atau biasa aja? Kemudian jangan lupa juga minta pendapat ke kakak tingkat yang ahli dalam bidang tersebut.

- Kalau kira-kira ide dan gagasan udah disusun rapi, dicek lagi masalah teknis seperti apakah penggunaan imbuhan di udah tepat, untuk tempat atau kata depan. Ini masalah kecil, namun kalau yang melihat jeli atau kurang suka dengan kesalahan sederhana, dengan teliti akan menjadi nilai tambah. Nih saya lampirin juga gambar untuk mempermudah mengenai di dan juga imbuhan pun yang digabung (lainnya dipisah), diambil dari Ivan Lanin.

imbuhan di

imbuhan pun


4. Kalau udah siap semuanya, tinggal diunggah deh. Tinggal berdoa dan lupakan, karena waktu tunggu pengumuman itu lumayan lama dan pengiriman beasiswa sekitar sebulan setelah pengumuman. Namun jangan lupa juga set pengingat di gadget tanggal berapa pengumuman yang bisa dilihat di Instagram nanti. Nah sembari menunggu, ada baiknya menyiapkan berkas biar lega. Berkasnya seperti yang disebutkan di atas, termasuk fotokopi buku tabungan. Syarat sendiri nanti terlampir seperti ini: 
beasiswa dataprint
sumber: instagram dataprintindonesia

5. “Ada beberapa hal yang masih saya tanyakan nih Kak!” 
Oke, berikut beberapa jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering muncul ya:

Maksimal mahasiswa semester berapa kak? 
Di ketentuan selama masih kuliah, yang skripsian pun bisa masih tetep dapet kalau di semester selanjutnya diperkirakan belum lulus atau yang masih berprogres. Nah kesempatan banget nih!

Daftarnya harus pakai kupon DataPrint? 

kertas foto dataprint


Wah iya dong, hahaha. Tapi tenang, tiap bulan di Instagram DataPrint ada kupon sementara yang bisa kamu gunakan. Tapi kalau terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa, kamu tetap harus mengirimkan kupon asli ya! Nggak ada ruginya kok, biasanya kuponnya dobel hadiah gitu satu buat di web DataPrint untuk undian bulanan, satu lagi bisa buat beasiswa. Kamu bisa juga minta sama ayah atau ibu yang kantornya menggunakan tinta DataPrint, biasanya nggak digunakan tuh—dari pada terbuang kan, hihi. Tapi kalau memang kamu pengguna DataPrint, udah nggak masalah ya.

Untuk isian nama pemberi rekomendasi, di isi apa?
Kalau saya dulu sih di isi dosen pembimbing akademik, tapi boleh diskip juga sih nggak memengaruhi penilaian. Tapi kalau kamu mau isi MARFA UMI boleh sekali, semoga yang mengisi dapet beasiswa semuanya ya! Nyahaha. 

Nah kira-kira begitu ya mengenai Beasiswa DataPrint ini, nyenengin banget sih karena bikin kuliah semangat dengan Beasiswa DataPrint. Terakhir, hati-hati dengan penipuan karena DataPrint nggak mengumumkan lewat email maupun WA, semuanya di Instagram. Maka dari itu, catat juga tanggal-tanggal pentingnya.

beasiswa dataprint


Berdasarkan buku Outliers karya Malcolm Gladwell, orang-orang sukses selain kerja keras dan tekun itu ada faktor lain yang mendukung, yaitu kesempatan. Mumpung selalu ada kesempatan kamu bisa menjadi salah satu penerima Beasiswa DataPrint, kenapa nggak nyoba? Bisa sekaligus meringankan biaya dari orangtua atau biaya tambahan kalau kamu sudah mulai mandiri saat kuliah. Artikel ini bisa disebarkan buat saudara, teman, sahabat, dan yang lainnya juga ya. Jika masih ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa DataPrint, sok atuh coret-coret aja di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mengejar kesempatan!

Tautan-tautan penting:
Instagram: www.instagram.com/dataprintindonesia
***

46 comments

  1. Wah ini serius Mbak ada beasiswa bagi yang masih kuliah juga. Saya jadi penasaran nih Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bisa kak untuk jenjang S1, D3, dan D4

      Delete
  2. berarti untuk yg semester 5 juga bisa dapet beasiswa? kesempatan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong kak kan selama masih kuliah :)

      Delete
  3. Dulu tertarik sama beasiswa dataprint, tapi udah terlanjur urus beasiswa yang lain.
    Good luck ya yang mau apply :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi pernah mau apply juga kak? Jangan lupa share ke adik2 tingkat ya kak! :)

      Delete
  4. Dulu aku pernah tertarik ikut Beasiswa ini. Keren sih, tapi Alhamdulillah dapat beasiswa yang lain juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dapet yang lain juga hihi. Silakan dibagikan bagi yang membutuhkan ya kak mengenai beasiswa dataprint ini :)

      Delete
  5. Aku pelanggan setia data print dong kaak, seru yaa penddikann breng dataprint. Jadi pen ikutannnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kesempatan banget tuh kak kuponnya sekalian digunakan :D

      Delete
  6. kak untuk anak semester 8 bias nggak ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak, sekarang semester ganjil kan? Apply aja dulu :)

      Delete
  7. bias nggak semester 7 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, aku dulu apply pas semester 7 kak :D

      Delete
  8. S2 tetep enak kok. bisa fokus ngerjain riset. waktu lebih luang. ini kalo aku sih, hahaha...
    ooh beasiswa dari dataprint ini nggak longtime ya, tapi cenderung lebih ke sangu. Biar merata kali ya. Tapi ya lumayan banget lah. bisa membayar kebutuhan kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kak? Aku belum s2 sih hihihi kuliah sambil main2 berfaedah :3 iya lebih ke sangu tp tetep lumayan kak hehe. Insha allah aku juga mau s2 dan nyari beasiswa, smg bisa dapet. Diawali dapet beasiswa dr dataprint dulu wkwkwk. Jika bermanfaat bisa minta tolong dishare ke pelajar atau mahasiswa ya kak :)

      Delete
  9. Setuju, masa kuliah itu masa menyenangkan, beda dengan jenjang pendidikan lainnya.
    Dulu saya juga dapet beasiswa, lumayan buat jajan mah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan kak hihi? Alhamdulillah bisa buat jajan dan menunjang ke kehidupan akademik pastinya ya

      Delete
  10. Tulisan yang cemerlang, Kak. Tips menulis essaynya sangat bermanfaat. Saya setuju dengan pemilihan fokus bahasan dalam menyampaikan ide, tidak perlu semua aspek dibahas karena bisa melebar ke mana - mana.

    Oh ya, setuju dengan masa kuliah S-1 sebagai masa paling mengesankan. Bahkan bagi saya itu fase paling berarti dalam perjalanan hidup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Kak Sugi. Jika ada yang membutuhkan boleh sekali dibantu share ya :)

      Iya memang Kak, mungkin karena peralihan usia dari belasan akhir ke duapuluhan ya :)

      Delete
  11. Aku tertarik untuk ikutan beasiswa setelah bekerja. Karena tiap cetak foto mesti gunain kertas poto dari DataPrint. Di situ pengen manfaatkan kuponnya. Tapi ga jadi
    Sukses ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bekerja sambil kuliah kah kak? Kenapa ngga jadi? :3

      Delete
  12. Mahasiswa tentunya familiar dengan DataPrint, senangnya ya ada program beasiswa dengan besaran nilai yang beragam. Saya beritahukan ke saudara, siapa tahu terpilih kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Koh Gio :) semoga membantu

      Delete
  13. Data print memberikan kemudahan buat yang ingin melanjutkan kuliah. Mumpung ada kesempatan dan kemauan boleh nih buat di coba. Mari kita berjuang nih, come on beasiswa hunter, jangan menyerah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup yup terima kasih kaaak!! Bener, harapan semakin besar setelah dapat beasiswa bahkan dapat dg besaran yg terkecilpun :)

      Delete
  14. Wah bisa jadi salah satu alternatif solusi nih. bagi temen-temen yang ingin melanjutkan kuliah tapi bermasalah di bidang ekonomi. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa dijadikan solusi utama sih kak, tapi bisa membantu sedikit saat kuliah atau sekolah :)

      Delete
  15. Aku baru tau kalau DataPrint punya beasiswa buat mahasiswa.
    Thanks kak infonya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya kak adaa, silakan apply kak :)

      Delete
  16. Waah keren ya kak dataprint bisa ngasih beasiswa gitu, diska baru tau kalah data pritn menyediakan beasiswa, sayangnya sekarang udah lulus, temen-temen yang masih kuliah wajib coba nih siapa tau berubrube

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya benar kaak ada beasiswa dari dataprint, boleh dibagi ke temen-temen UKM, organisasi atau adik tingkat lainnya kak :)

      Delete
  17. Kok baru tahu ya ada beasiswa dari dataprint. Uu telat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ada, tp belum telat kok tiap tahunnya selalu ada :3

      Delete
  18. Wuaaah semangat ya Marfa buat dapetin beasiswanya dari dataprint...
    Inshaa Allah dapet kok...
    Nanti pas S2 nya juga harus dapet beasiswa yaa...
    gampang kok, hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi thank you kak, semoga dapet beasiswa S2nya. Harus harus :3

      Delete
  19. Dataprint ini keren ya, sejak dulu udah ada produknya yang cukup bantu dalam hal cetak (tinta printer), lalu berkembang jadi makin banyak produknya. Mereka juga konsen banget melakukan pengembangan generasi muda dengan memberi beasiswa. Moga sukses juga untuk dataprint ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi user anak muda kebantu dobel juga, untuk toko atau penjual yg direkom jg bs dapat hadiah

      Delete
  20. Oh ya dan semoga Kak Marfa bisa dapatkan beasiswa juga ya dari Dataprint. Tetap semangat ya. Insya Allah bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kak Moon ❣️❣️❣️

      Delete
  21. wah ini data print oke banget buat mahasiwa apalagi tentang beasiswa dari dataprint huhu tau gitu aku pengen dapat jugaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dapat kok kak, cek aja di IG dataprintindonesia segala info ada di sana

      Delete
  22. Wah, keren ya ternyata DataPrint ada beasiswa juga. Kayaknya pernah denger juga sih dulu soal ini, gak sempet apply waktu itu. Tapi aku coba ah share ke adik-adik tingkatku. Kali aja ada yang pengen.

    Btw, emang sih kuliah itu tempatnya buat berkembang. Ngerasain banget pas kuliah ini kita bisa bebas buat ngelakuin yang kita mau, tinggal diprioritasin deh mau yang mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youu, silakan dishare jika bermanfaat yaa :)

      Nahkan bener, sama2 belajar :)

      Delete
  23. Wuih Dataprint bagi-bagi beasiswa pendidikan ya, jadi kepingin kuliah lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya kaak, boleh dishare ke temen atau kerabat yang masih kuliah lhooo :)

      Delete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)