Rempah Rindu: Book Blogger Wanted!



Halo haaaai!

Alhamdulillah, tahun ini salah satu mimpi lama saya terwujud bahkan ketika saya sudah lupa akan mimpi itu. Yaitu membuat buku bersama namun secara offline, maksudnya ketemu orang-orangnya sekalia, berdiskusi, dan menghasilkan suatu karya. Melalui Bekraf Writerpreneur kemarin itulah saya mendapatkan kesempatan tersebut selama 4 hari 3 malam. Untuk tulisan mengenai workshop sudah ada dalam tautan-tautan berikut:

writerpreneur bogor
4/7 penulis Rempah Rindu: Salamun Ali Mafaz, Nenny Makmun, Gina Maftuhah, MS Wijaya

Kala itu mendapat kelompok dengan nama Gatotkaca yang beranggotakan Salamun Ali Mafaz, Nenny Makmun, MS Wijaya, Veronica Gabriella, Gina Maftuhah, dan Pratami Diah yang masing-masing memiliki profesi selain menulis juga. Kece, saya belajar banyak dari mereka. Dari sinilah kemudian lahir novelet dengan judul Rempah Rindu—yang memang akhir dari workshop tersebut harus berbentuk karya. Tema yang diberikan memang kearifan lokal di Indonesia dalam beragam bentuk dan kelompok kami memilih kuliner dengan rempah.

rempah rindu

rempah rindu


Karya dalam bentuk buku ini dari 6 kelompok juga telah diikutkan dalam berbagai acara. Peluncurannya sendiri di Perpusnas Expo pada 22 September, ikut dan softlaucnhing di Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) sebelumnya pada 5 September, ikut Bekraf Festival di Solo pada 4-6 Oktober 2019, diikutkan dalam pitching Viu. Buku Rempah Rindu sendiri sudah ada di Perpusnas Indonesia dan juga segera di Library of Congress Jakarta.

Rujukan info mengenai Elang Tempur dan Writerpreneur


Sedikit rujukan mengenai Rempah Rindu: Mengungkap Rindu yang Tak Ingin Menyerah dan sedikit catatan dari Gina Maftuhah, ketua dari grup Gatotkaca: Writerpreneur Rempah Rindu dan Sejuta Terima Kasih Untuk Prosesnya 

bekraf rempah rindu

rempah rindu


Angkatan workshop di Bogor pada Juni lalu ini akhirnya menjadi komunitas yang diketuai oleh Kak Evin Tobing, dengan mentor Kirana Kejora. Luar biasa, saya sendiri tak mengira jika akan berjalan sejauh ini. Teman-teman alumni yang berada di Jakarta dan sekitarnya sangat antusias membangun komunitas ini, saya yang jauh dan masih mengurus tugas akhir nggak mau kalah dong semangatnya.

Jadi sebagai rasa terima kasih dan rasa syukur, saya ingin membaca pendapat dan ulasan teman-teman mengenai novelet Rempah Rindu. Bukunya udah ke mana-mana, pengin tahu juga dong pendapat pembaca hihi. Kami sadar juga masih ada beberapa kekurangan dalam proses ini, namun ya kita berproses. Untuk itu tersedia 4 buku Rempah Rindu yang akan dikirimkan dengan gratis (free ongkir) namun dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Bersedia mengulas di blog dengan detail, misal ada kekurangan bisa disebutkan saja dengan baik agar penulis-penulisnya bisa termotivasi untuk memperbaiki. Menulis apa saja hal yang menjadi kesukaan dalam novelet ini, dan kalau bisa menjadi rekomendasi bacaan sebutkan juga alasannya, ya!
  • Memosting 1x di feed instagram dan permanen, memberi sedikit ulasan yang mengarah pada blog mentag @rempahrindu @nennymakmun @salamunalimafaz @immswijaya @verooogabriel @pratamidiah @marfa.doc
  •  Memosting ulasan juga di Goodreads masing-masing, ulasannya boleh sama dengan yang di blog.

rempah rindu 2019

rempah rindu


Nah, jika ada yang setuju dengan ketentuan di atas boleh langsung mendaftar di tautan Google Form di bawah ini ya.


Jika masih ada yang ditanyakan boleh coret di komentar atau DM. Harus bloger buku banget? Nggak harus, asal memang benar-benar tertarik untuk mengulas sila saja mendaftar yaa! :)

Kami tak sabar untuk membaca ulasan-ulasan mengenai Rempah Rindu, batas pengiriman data sampai 12 Desember 2019 dan akan dipilih 5 terbaik yang akan dikirimkan paket Rempah Rindu. Ditunggu, ya!

3 comments

  1. Cuma ingin bilang selamat atas terbitnya buku Rempah Rindu. Judulnya syahdu. Salut pada kerja keras dan kekompakan tim Gatotkaca. Semoga bukunya laris manis dan disukai banyak pembaca
    Saya cuma ingin kasih selamat dan semangat saja. Tidak ikutan karena terikat untuk baca dan ulas 2 buku yang sempat tertunda lama sebab sibuk jadi admin dan pendiri Indonesia Saling Follow.
    Alangkah nikmatnya membaca buku itu, semoga literasi Indonesia bergerak ke arah yang lebih baik.❤

    ReplyDelete
  2. Selamat atas terbitnya buku berjudul Rempah Rindu. Apabila berkenan, saya siap mereview buku tersebut, seperti yang sering saya lakukan setiap punya buku baru. Terima kasih. Saya segera mendaftar...!

    ReplyDelete
  3. Sudah follow semua akun diatas (@rempahrindu @nennymakmun @salamunalimafaz @immswijaya @verooogabriel @pratamidiah @marfa.doc) via akun saya @kinosukina

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)