Mesin EDC & Aplikasi Kasir SPOTS Hadir Sebagai Kemudahan dan Keuntungan Bagi Pelaku UMKM



Di era digital yang serba riuh sekarang, kadang saya masih aja ketinggalan beberapa info atau trend terkini terutama di bidang ekonomi digital. Karena setiap harinya internet itu ramai sekali linimasanya, jadi otomatis perlu memfilter agar kira-kira nih kapasitas otak dalam menerima informasi itu pas. Tapi ekonomi digital menarik buat saya sih, karena nggak terlepas dari kehidupan sehari-hari bahkan habit. Seperti misalnya saat saya membuka salah satu online marketplace yang terkenal di kalangan perempuan dan sebelumnya saya belum pernah mencobanya selama setahun. Kala itu saya mencoba pengirimannya, kaget udah bisa ngeprint sendiri datanya—kalau dulu kan masih tulis manual atau print sendiri. Duh, padahal hal kecil tapi perubahannya cepat sekali.

Termasuk ketika akhir tahun kemarin jalan-jalan dan jajan seblak di pinggiran jalan. Biasanya mah untuk ukuran gerobak kecil biasa nggak ada struk bukti pembayarannya alias ditotal aja pakai cash berikut kembaliannya. Atau biasanya pakai nota gitu dan ditulis manual, tapi kemarin dapet struk yang printed dari mesin kecil. Loh, bukannya biasanya mesin kecil kaya gitu ada di kafe-kafe atau rumah makan aja ya? Ini sekarang bisa? Ayo siapa yang mau kaget bareng saya?

mesin edc spots gopay

Ternyata namanya Mesin EDC Gopay SPOTS dan salah satu anak dari perusahaan startup Go-Jek. Jadi nggak cuma punya aplikasi dengan berbagai layanan nih GoJek, mereka punya produk fisik juga berupa Mesin EDC ini sekalian sama aplikasi kasir SPOTSnya. Nggak heran sih ya, sekarang kan banyak orang menggunakan layanan delivery order untuk makanan. Selain itu juga SPOTS ini mendukung pembayaran via Gopay, Kartu Debit, dan Kartu Kredit. Jadi jajanan di pinggir jalan pun sekarang udah bisa cashless dan terpantau melalui satu perangkat lengkap saja. Namun sebenarnya, keunggulan lengkap dari Mesin Kasir EDC SPOTS ini apa sih? Boleh dong simak ini video singkatnya:



Keunggulan:

1. Mengatur menu sesuai kebutuhan. Bisa juga impor menu dari GoFood bagi yang bermerchant dengan GoFood.

2. Menerima pesanan GoFood. Jadi melalui Mesin EDC Gopay ini bisa juga melihat pesanan yang diterima dari GoFood jadi bisa lebih mempersiapkan dahulu. Saya juga melihat sendiri ibu penjual seblak waktu itu sibuk dengan Mesin EDC SPOTSnya untuk menerima pesanan. Kang ojol pada duduk-duduk juga sambil ngobrol dan sudah tahu akan Mesin EDC tersebut.

3. Menerima pembayaran tunai dan non tunai. Nah kalau yang nontunai sudah disebutkan tadi ya jadi mendukung mesin EDC dengan kartu debit, kartu kredit, serta GoPay. Waktu saya sih masih menggunakan tunai karena kata penjualnya untuk pembayaran via GoPay waktu itu masih untuk driver aja dan belum upgrade lagi. Tapi udah pada familiar para driver dengan Mesin EDC Gopay tersebut, mereka bahkan suka klik sendiri karena bonding dengan penjualnya udah lekat sekali.

spots edc gopay aplikasi kasir

mesin edc spots gopay

4. Mencatat ragam tipe pembayaran serta menu yang sering dipesan pelanggan. Ini keuntungan banget sih biar nggak manual lagi, jadi bisa memperbanyak bahan baku untuk menu tersebut, lebih menjaga kualitas, bahkan berinovasi kebutuhan pelanggan sekarang. 

5. Mencetak resi secara instan. Yup dengan si kecil Mesin EDC Gopay yang sudah terintegerasi dengan aplikasi kasir SPOTS ini dilengkapi langsung dengan printer jadi nggak perlu mesin tambahan buat nyetak resi transaksi alias all in one device. Nggak hanya untung buat di kalangan penjual atau pelaku bisnis aja sih, buat pembeli juga. Kalau di Purwokerto sih ngebantu banget mahasiswa yang biasanya di organisasi atau kepanitiaan suruh ngumpulin struk buat bukti. Nah biasanya kalau di bagian konsumsi tuh ribet karena beberapa nota dari makanan itu nggak ada secara fisik. Dengan mesin EDC ini bisa vice versa untung penggunaanya.




struk edc gopay


EDC Spots GoPay


6. Mendapatkan laporan harian. Kalau usahanya masih dalam skala kecil dan biasanya masih menggunakan laporan manual atau terpisah, SPOTS ini bisa jadi solusi karena bisa melihat dan memonitor perkembangan omzet setiap harinya.

7. Dan pastinya harganya terjangkau perharinya hanya 4.9rb dan 490rb untuk biaya pendaftaran untuk satu perangkat lengkap tersebut. Cara menggunakan mesin EDC pun mudah sekali nggak jauh beda dengan gadget yang kita pakai sehari-hari.

EDC SPOTS GoPay

Mesin EDC Gopay SPOTS sendiri memang hadir buat mengatasi-mengatasi masalah bagi para pelaku UMKM untuk mengelola pesanan baik secara online maupun offline, mencatat rekapan transaksi, akses untuk bisa membayar secara nontunai. Misi itu juga bertumbuh untuk mendukung pengembangan ekonomi digital bagi UMKM. Dengan kemudahan dan keunggulan yang telah disebutkan, sudah pasti harusnya omzet bisa meningkat untuk para pelaku UMKM yang menggunakanMesin EDC Gopay. Betul?
***

30 comments

  1. Selain untuk makanan, apakah mesin EDC Spots bisa dipakai untuk produk jualan lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara untuk segala jenis makanan dan minuman kak :)

      Delete
  2. Untuk UMKM menurutku spots memudahkan sekali. Jadi gak perlu repot nulis manual dan notalin. Apalagi kalau lagi rame-ramenya yang beli. Jadi lebih efektif dan efisien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, tinggal klik klik aja udah ada rekapan semuanya :D

      Delete
  3. Memudahkan banget buat pencatatan penjualan sehari-hari. Jadi pengen rekomendasikan sama bos hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi hayuk kak silakan rekomendasi :)

      Delete
  4. Wah dengan adanya mesin EDC dan spots ini memudahkan banget ya buat produsen dan konsumen
    Pencatatan jadi lebih rapi, konsumen juga enak tak harus bawa uang tunai banyak-banyak buat pembayaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa memudahkan untuk kedua sisi kak :)

      Delete
  5. Wahhh jadii sangat mudah bet yackalo begini. Jadi ga khawatir kalo lupa bawa uang cash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal saldo gopaynya ada yaaa wkwkwk :D

      Delete
  6. Mesin SPOTS ini sudah sering saya jumpai, Mbak. Soalnya memang memudahkan bagi penjual dan pembeli. Transaksinya juga cepat dan mudah. Jadi menyenangkan.
    Zaman now memang bersyukur karena lebih dimudahkan ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru dong jadi kalau mau cashless di manapun bisa ya kak

      Delete
  7. Aku adalah salah satu orang yang suka banget belanja cashless. Selain ga ribet, juga ga perlu was-was sama copet atau dompet ketinggalan. Cuma bawa hp aja, bisa beli apa aja dimana-mana. Bahkan sekarang beli seblak di kaki lima aja udah bisa cashless, makin keren aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ininih memudahkan ya kak, krn nggak hanya di mall2 besar saja :D

      Delete
  8. cetak resi secara instan tuh kelebihannya. jadi pengusaha kecil menengah gak perlu beli mesin kasir yang gede nan mahal. apalagi kalo spots ini jg hemat tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kecil dan fastrespon gituh dan nggak makannbanyak tempat ya, perawatannya jadi lebih mudah :D

      Delete
  9. Praktis banget ya Mbak kalau UMKM manfaatkan mesin ECD Gopay ini. Sayangnya di daerah saya ini belum menemukan ada penjual yang menggunakan mesin ini atau karena sayanya aja yang kurang jajan ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah coba ditilik2 di kedai makanan kecil, atau di mall2 pasti satu dua udah ada yang pakai XD

      Delete
  10. Selain mudah, gopay spots ini juga rajin banget ngasih cashback lho.. lumayan untuk ongkos parkir. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini salah satu pengalamannya, jadi malah nambah untung yak XD

      Delete
  11. mesin edc gopay ini memudahkan banget bagi pelaku usaha untuk mengelola pesanan juga mempermudah transaksi
    di bengkulu juga sudah mulai banyak ni yang menggunakan mesin edc gopay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam mesin sekecil itu ya kak, sudah pernah pakai kartu debit atau gopay juga kah?

      Delete
  12. Keren banget, memudahkan para pelaku UMKM dalam berdagang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! Kecil, mudah dibawa ke mana2 dan hemat tempat :)

      Delete
  13. waktu main ke rumah om ku yang jualan kebab pernah lihat mesin SPOTS ini, tapi kupikir itu mesin EDC dari sebuah bank berwarna biru, hehe. Zaman sekarang mau bayar apa-apa jadi mudah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ayoo keliruuu, beli kebabnya nggak mbaaak?

      Delete
  14. Makan seblak gak ngajak-ngajak nih... Insya Allah aku hari Sabtu ke Purwokerto, bisa gak ya kita ketemuan. hehehe...

    Pakai mesin EDC dari SPOTS itu memang memudahkan pembukuan ya. Bayarnya juga penak, mau cash atau pakai debit atm oke oke aja. Makin canggih aja nih ya jaman sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Sabtu ini aku masih di Jakarta mbak sayaaaang. Iya ey, penak pisan wis ora ribet pokokeee :D

      Delete
  15. membantu banget nih buat usaha UMKM, belanja belanja juga makin praktis bayarnya

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)