A lifelong learner's digital journal you will read passionately

October 25, 2019

Tempat Ngopi di Purwokerto

Halo, apa kabar?

Kemarin saya iseng listing tempat ngopi (cafe atau coffee shop) di Purwokerto dan mengunggahnya di Instagram dalam kurun waktu setahun. Ternyata lumayan banyak, dan ada juga beberapa yang nggak terdokumentasi. Bentar, bentar. Ngopi trooooz.

As I ever said before in my previous post: Coffee Shop & Coworking Space di Purwokerto, tempat ngopi di Purwokerto sekarang udah banyak. Mau nyari yang cocok untuk kopdar ada, mau ngobrol sama teman aja ada, mau yang bisnis dan coworking space ada, dan varian yang emang jual kopi doang tanpa makanan atau cemilan juga ada. Mau bikin kompilasi dan short review buat kamu yang pengin nyoba tempat ngopi di Purwokerto.

Yang diberi tanda bintang termasuk dalam kategori rekomendasi menurut saya. Perlu digarisbawahi rekomendasi ini sangat personal karena tergantung dari banyak aspek seperti tempat dan kenyamanan, rasa kopi, dan tentunya harga sesuai kantong mahasiswa, ditambah lagi apakah tempat tersebut cocok didatangi sendirian atau tidaknya. Nggak jomblo kok, eh iya ding--maksud saya cocok untuk bercengkrama dengan diri sendiri. Halah.

1. Praketa (*) 

praketa

Pernah saya ulas di Praketa Kopi, ini tempat saya menghabiskan banyak waktu-waktu produktif baik . Lebih suka lagi kalau pas lagi muter lagu Pamungkas hehe. Tempat favorit saja pojokan depan jendela yang ruang berAC. Udahlah, saya bisa tenang, ngadep laptop, dan postingan blog tercipta. Ada juga smoking room, dan bagian outdoor. Di sini kesannya ramah, kopinya enak dan bikin melek. Rekomendasi: cappuccino, kopi tubruk, dripfilter dampit. Kalau ruangan berACnya seperti ruang tamu gitu sih antar pengunjung seperti tanpa sekat jadi kalau cerita bisa terdengar. Enak buat kamu datang sendiri di ruang yang berAC.


2. Glory Coffee Purwokerto (*) 

glory coffee purwokerto

Pernah juga saya ulas di Glory Coffee Purwokerto: Ngopi Nyaman dan Produktif, jadi kalau nggak di Praketa alternatif lainnya ke sini. Cappuccinonya rekomendasi, tempatnya luas yang bagian luar jadi berasa kepala seger kalau lagi ngerjain. Nggak enaknya deket jalan, jadi ya berisik kadang.

3. Rumah Kopi Pemuda (*) 

rumah kopi pemuda purwokerto

rumah kopi pemuda purwokerto
 Harganya lebih mahal dari Praketa dan Glory, namun untuk tempat bagus sih dan enak juga buat ngerjain tugas. Rekomendasi kalau kamu dari Stasiun Purwokerto, bisa mampir ngopi di sini.
 
4. Stue Coffee & Coworking Space

stue cafe purwokerto

Bisa dikatakan kalau nyari coworking space ya ke sini karena sedemikian rupa di set seperti itu. Untuk harga tentu saja menyesuaikan ya dan berpajak, cuma rasanya menurut saya biasa saja hehe. Cuma untuk tempat memang enak, suka banyak pebisnis atau pelaku startup di sini jadi kalau sering bisa nambah relasi--itu kelebihannya seperti ruang kerja. Pengunjung juga disarankan untuk mandiri membuang sampah dan meletakan gelas di kotak khusus di tiap tempat agar lebih mudah mengambilnya.

5. Brew Coffee 

brew coffee purwokerto

Tempatnya nyaman untuk sendirian dateng dan ngelaptop, cuman untuk harga lumayan menguras kantong untuk sekali ngopi. Lebih baik sudah kenyang dahulu kalau memang mau ngopi saja.

6. Inno Cafe 

inno cafe purwokerto

Sekaligus markas inkubator startup coop yang ada di Purwokerto, di lantai dua Kopkun Swalayan pusat. Es kopi susunya lumayan enak, dan untuk makan siang bisa pesan nasi sarden. Camilan juga ada, kalau misal mau bawa jajanan tinggal turun ke bawah. Spirit perkoperasian ada di sini.

7. Yellow Truck Coffee Purwokerto 

yellow truck purwokerto

Tempatnya luasan bagian smoking room, untuk area yang ada colokan kabelnya cuma beberapa jadi kamu kalau mau ngelaptop datangnya pas kalau lagi sepi ya, hehe. Untuk tempat nggak terlalu luas dan parkirnya juga nggak luas, jadi tricky ya kalau datang ke sini perlu persiapan. Cappuccinonya cukup enak.

8. Semesta Coffee 

semesta coffee purwokerto

semesta coffee purwokerto

Cocok untuk anak kampus bagian UMP untuk ngerjain tugas, ngobrol, sampai diskusi. Karena ini dari kontrakan jadi kaya main ke rumah temen. Di bagian teras ada, di dalam ruangan ada, serta bagian belakang lebih luas lagi. Kalau malem lampu-lampunya bagus, untuk menu kopi belum nemu yang cocok di saya. Namun kalau nyari makanan berat murah di sinilah tempatnya. Anak kampus banget.

9. Jawara Coffee 

jawara coffee purwokerto


Sekaligus untuk tempat makan dan ruangannya luas sih, parkirnya juga luas. Untuk rasa kopi belum terlalu kuat, namun rasa susunya enak.

10. Goki Kopi & Vape Purwokerto 

goki coffee and vape purwokerto

goki coffee


Lebih cocok untuk ngobrol di malam hari sambil melihat kendaraan dan kereta api yang melintas, harga standar 15 ke atas dan ada juga camilan.

11. Radio Dalam Kopi 

radio dalam kopi purwokerto

radio dalam kopi purwokerto

radio dalam kopi purwokerto

Tempatnya bagus apalagi lantai dua, buat yang suka foto pasti suka. Ada meeting room yang bisa digunakan sayangnya suara dari ruangan sebelahnya masih suka kedengeran karena menggema. Rice bowl ayam pedasnya enak, kalau untuk menu kopi belum cocok di lidah saya.

12. Wake Cup Coffee 

wake cup coffee


Belum menemukan menu yang cocok di sini, dan harga standar cafe yang ada di supermarket-supermarket. Untuk tempat, konsep kursi kotak cukup bagus.

13. Kedai Kopi & Kue Balok Kang Sute

Kedai Kopi & Kue Balok Kang Sute


Lebih cocok untuk refreshing karena lokasi berada di pinggir jalan pesawahan dan ada pemandangan Gunung Slamet. Paling bagus datang pas sore sekitar jam setengah 4 atau pagi hari sekaligus sarapan. Menu rekomendasi yaitu Nasi Tutug Oncom, parah enak sekali kamu harus nyoba.

14. Warkop 57 

warkop 57 purwokerto

Lebih menang untuk ngumpul dan rapat ala mahasiswa atau ada juga meeting room sih. Makanannya beragam dan enak-enak, saya suka! Untuk kopi masih biasa saja rasanya, nggak yang bikin melek sih jadi lebih baik pesen makanan yang lain hihi.

TAMBAHAN (tanpa gambar)

15. Singgah Coffee and Books
Jenis kopi yang rasanya enak dan harganya lumayan mahal, maka worth it. Makanannya juga enak ya nggak cuma yang asal bikin atau asal ada di menu, pedesnya juara. Hmm jadi pengin ke sini lagi.

16. Pucon Coffee and Coworking Space
Wah sebelahan sama Singgah nih, masih tetangga lah ya hihi. Tempatnya enak ini karena nggak crowed, untuk kopi baru nyoba es kopi susu dan masih berasa biasa saja.

17. Kopi Kebon
Lebih identik dengan ruang kerja kolektif permusikan dan suka ada diskusi di bagian belakang yang dinamakan Lihat Kebonku. Ada susu rempah, kamu harus nyoba.

18. Warak
Merakyat dan murah serta kehidupan ada sampai jam 4 pagi. Rasa minumannya kemanisan, jadi bagi yang nggak suka manis seperti saya karena kehidupan yang pahit lebih menyenangkan lebih baik pesen jangan manis atau dikurangi gulanya. Dekat pom bensin juga kalau kamu misal kehabisan bahan bakar, hehehe.

19. Kedai Kopi Kulo (*)
Saya belum pernah ke tempat yang untuk duduknya sih, cuma ini es kopi susu yang paling saya suka kalau take away. Rekomendasi: es kopi kulo extra shot, bikin melek seharian. Ada yang enak lainnya yaitu avocado coffee vanila, kenyang.

20. Ngene Coffee (*)
Pernah nyoba pas festival KAI, rasanya enak nggak kalah sama es kopi kulo. Lokasi kalau mau beli ada di depan kampus UMP.

21. Kopi Teko 
Gabung sama barbershop, nyoba es kopi susu rasanya belum "ketemu" di lidah saya. Kalau ke sini bisa sekalian mampir ke martabakan, ya kalau kamu laper.

Banyak ya? Tapi masih lebih banyak lagi sih dan sepertinya nggak sangup kalau sengaja nyoba karena kalau ketemu beberapa yang sudah cocok rasanya cukup. Hihihi, kamu ada rekomendasi lain tempat ngopi di Purwokerto? Bagi juga dong.
***

13 comments:

  1. Waaah, Purwokerto ternyata banyak tempat ngopi keren, sayang banget waktu ke sana beberapa waktu lalu belum tahu. Ntar kalau ke sana lagi musti nyobain ah.

    ReplyDelete
  2. Saya ke Purwokrto setahun sekali, tapi ke Wangon, agak jauh, ya. Lebih dekat dengan Cilacap. Saat ke sana itu, biasanya suami mau diajak ke pusat kota Purwokerto tuk sekadar duduk manis. Tahu ada tempat ngopi bagus-bagus seperti ini, saya ajak mampir, deh.
    Desember ini insyaAllah ke sana lagi, dan jadi rekor setahun 2x, semoga bisa ke salah satu tempat ngopi ini. Aamiiin.

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ya tempat buat ngopinya. Aku pas ke Purwokerto gak ke sana2 buat ngopi karena waktu itu terbatas. Kurang suka kopi juga sih, hahaha. Tapi kalau sekadar buat santai, bisa nih

    ReplyDelete
  4. Belum pernah explore purwakarta!
    tapi kayanya bakal seru banget kalau ngajak si Oky! dia kan suka banget sama kafe-kafe model begini

    apalagi liat listnya ada banyak banget pilihan,
    aku suka konsep dari Wak cup Coffe!
    semoga juga instagramble juga tempatnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi terima kasih ketertarikannya kaa, tapi ini Purwokerto beda sama Purwakarta hehehe :3

      Delete
  5. Boleh catat tempatnya iya kak.
    Aku juga asal Sokaraja - Purwokerto.
    Baru tau ada tempat yang unik untuk nongkrong. :)

    ReplyDelete
  6. Rumah mertua di Purwokerto, tapi kalau ke sana belum pernah di ajak kesini... Wajib kunjungi kalau besok jalan-jalan ke Purwokerto nih sama suamiku

    ReplyDelete
  7. Banyak benerrrrrr..tapi kalo suruh pilih aku tertarik ke yellow truck dan goki kopi. Aku kalo cenderung tenang malah gak bs nulis blog tp khayalan kemana2 hahaha

    ReplyDelete
  8. Pengin banget mampir ke Praketa deh. Tapi kayaknya enak sendiri ya kalo ngobrol dikit bisa kedengeran. Lumayan buat referensi tempat nulis kalo ke daerah sana.

    ReplyDelete
  9. Aduh.... tempatnya kece-kece banget. Tapi, sayangnya aku gak suka ngopi kak. Ya, kalau ketempat kopi paling mesannya juga bukan kopi.

    Bagus nih infonya, jadinya kalau suatu saat nanti jalan-jalan ke purwokerto kali aja bisa datengin salah satu tempat ngopi ini.

    ReplyDelete
  10. Banyak tempat ngopi dan bisa buat selow dan nyantai atau juga buat ngerjain tugas. Selain IG able pilihan menunya juga beragam. Tinggal eksplore yang deket rumah

    ReplyDelete
  11. Banyak banget pilihan tempat ngopinya kak. Udah kaya di Jakarta aja..

    Kalo aku ke Purwokerto, mungkin aku milih ke Praketa sama Inno Cafe. Bagus aja gitu lihat konsep interiornya ala vintage gitu*

    ReplyDelete
  12. ternyata banyak sekali ya tempat singgah kopi di purwokerto lumayan nih kalo ngajak teman kopdar di salah satu tempat kopi diatas ya kak

    ReplyDelete