Panduan Konsultasi ke Psikiater di RS Ananda Purwokerto (BPJS & Non BPJS)



Halo, apa kabar?

Saya senang tahun 2019 kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental diserukan secara positif di media sosial. Banyak akun yang mengajarkan untuk berdamai dengan diri sendiri, menyembuhkan luka, dan bangkit dari patah yang ada dalam kehidupan. Yang menyangkut dengan perasaan jangan sampai dihiraukan karena bisa berpengaruh ke kesehatan fisik dan fungsi sosial sebagai manusia.

Nah dengan konsultasi ke profesional, itu justru kita yang paling tahu diri kita sendiri ketika mengalami ada hal yang salah dengan diri sendiri sebelum menjadi lebih parah. Kira-kira ada setahun sebelum saya meyakinkan diri periksa ke psikiater untuk konsultasi, setelahnya lumayan mendingan. Nah sejak belum ada panduan artikel konsultasi ke psikiater di Purwokerto, maka saya coba tulis di sini secara detail. Mudah sekali lho ternyata, yuk langsung aja:


Non BPJS

1. Download di playstore aplikasi RS Ananda Purwokerto.

pendaftaran online rs ananda purwokerto

2. Klik pendaftaran online – pendaftaran – poli pskiatri – isi data dan pilih jadwal untuk besok – pilih no antrian. Isi saja data-data yang diminta sampai nanti ada panduan untuk membayar biaya pendaftaran.

aplikasi rs ananda purwokerto


3. Biaya untuk pendaftaran adalah Rp 154.000 dan dapat dibayar melalui transfer, ingat ya batas waktu bayar ini hanya 50 menit. Kemudian kalau daftar hanya bisa sekali untuk hari yang sama jadi nggak bisa diulang kalau bayarnya kelewat. Perlu diketahui juga untuk Poli Psikiatri di RS Ananda Purwokerto buka dari jam 17.30 sampai 19.30 di hari Senin-Jumat.

4. Kalau sudah, ke RS Ananda sesuai waktu yang dipilih dan ambil antrian untuk cek ulang data. Kalau bingung nanti akan diarahkan oleh petugas yang berjaga. Kemudian setelah mendapat nomor antrian langsung saja ke bagian poli psikiatri.

5. Ketuk pintu dan serahkan nomor antrian untuk nanti dipanggil. Begitu dipanggil silakan cerita semua keluhan ke psikiater, kalau saran saya sih sebelum datang coba dilist dulu keluhannya apa aja biar nggak lupa dan sudah mendetail. Kalau saya kemarin diberi resep obat, tinggal beralih ke bagian farmasi. Atau kalau misal disarankan untuk kontrol kembali, nanti akan diberikan surat kontrol juga.

6. Ke bagian kasir dan farmasi, nanti dipanggil untuk pembayaran obat. Jadi bayar dulu, dapat struk pembayaran dan resep yang diletakan di bagian farmasi, kemudian nanti dipanggil. Untuk menunggu obat diracik agak lama ya, namun tenang saja ruang tunggunya nyaman kok. Waktu itu saya dapat tambahan biaya menjadi total 384.400. Jadi waktu itu tambah biaya sekitar 230.000 untuk 3 jenis obat dan layanan kalau tak salah (lupa menaruh struk, namun untuk total 384rb). Selesai. Proses dan masing-masing pemberian dosis obat akan berbeda untuk masing-masing orang tentunya.

Untuk yang BPJS hampir sama prosesnya, cuma untuk sebelum nomor 1 perlu mendapat rujukan dari faskes tingkat 1 dan dipilihan “penjamin” saat pendaftaran online pilihlah BPJS. Bakal GRATIS, jadi jangan takut untuk periksa. Hanya saja waktu itu saya ditolak waktu di faskes 1 jadi langsung periksa, barulah ke f1 (puskesmas) lagi untuk mendapat surat rujukan dan baru dibuatkan surat rujukan. Oh iya satu surat rujukan hanya berlaku untuk tiga bulan saja ya, nanti akan diinfokan kok kalau misal sudah habis rujukannya. Jadi nggak perlu takut untuk memeriksakan diri ke psikiater.

Kemudian ketika sudah mendapat rujukan, pindah ke RSU Wiradadi Husada karena hanya ada 2 RS terdekat yang ada layanan jiwa ini. Memilih RSU Wiradadi Husada karena dengan dokter yang sama di RS Ananda dengan waktu praktik 14.30-16.30. Untuk yang ingin tahu RS mana yang bisa menjadi rujukan bpjsmu, coba ke Puskesmas yang terdaftar dan lihat RS mana saja yang bisa. Kalau di Faskes Tingkat I Banyumas berdasarkan Puskesmas Banyumas, RS yang bisa untuk rujukan adalah: RSUD Banyumas, RSU Margono Soekarjo, RS Siaga Medika, Wiradadi Husada, RS Dadi Keluarga, RS Tk III Wijayakusuma, Medika Lestari, Orthopaedi Purwokerto. Utama Wishnu Husada, Balkes Mata Masyarakat, Balkes Paru Masyarakat, Klinik Utama Katarak Center.

Namun perlu diperhatikan juga mana saja BPJS yang kover ke RS Ananda, bisa jadi beda kecamatan dan nggak sampai di area Banyumas seperti saya. Untuk yang domisilinya luar Purwokerto saya kurang paham untuk BPJS ini.

Baru tahu di RS Ananda Purwokerto sih layanan psikiatri karena pertama kali periksa di sana, kalau yang psikolog juga saya belum tahu. Mungkin kalau para pembaca tahu mengenai tempat mana saja untuk konseling/terapi/periksa di area Banyumas dan Purwokerto yang terpercaya dan recommended bisa langsung dituliskan di komentar untuk ditambahkan. Terima kasih dan semoga bermanfaat!
***
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

4 comments

  1. Wah, hebat bisa berani untuk konsul ke psikiater begitu... Aku masih maju mundur....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga diberanikan setelah satu tahun sih kak, jadi feel better setelah itu hehe :)

      Delete
  2. Berapa lama untuk sembuh dan berapa kali pertemuan? Total biaya brp? Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Kalo boleh tau berapa lama untuk sembuh total dan sampai brp kali pertemuan? Kalo ditotal kira2 brp biayanya?

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)