Berkembangnya Platform Transfer Bank Gratis


Beberapa platform transfer bank gratis sudah mendapatkan lisensi Bank Indonesia (BI). Proses perusahaan transfer uang seperti ini tidaklah mudah untuk mendapatkan izin dari BI. Apalagi, harus membuat semacam skripsi sebagai syarat izin ketika pertama mengajukan pendaftaran di BI.

Layanan aplikasi ini mengalami kesulitan karena dikategorikan sebagai perusahaan transfer emiten atau dana. Contohnya, seperti Kantor Pos dan Western Union yang masuk ke kategori tersebut. Dalam peraturan BI terdahulu, perusahaan wajib memverifikasi pengirim secara tatap muka langsung sebelum melakukan transfer. 

transfer bank
ilustrasi: mohamed-hassan, pixabay

Platform harus mengikuti aturan dari BI untuk mendapat izin, memverifikasi penggunanya pun banyak berasal dari luar kota dan pulau. Pada 2017, BI mengeluarkan peraturan verifikasi online bagi startup sejenis. Pengaturan itulah yang sekaligus menjadi pedoman BI ketika mengawasi startup-startup seperti itu. Setelah diminta, proses verifikasi kepada yang lain pun harus tetap dilakukan dengan standar yang sama.

Diberikan pandangan cara bertransaksi yang aman karena pengguna cukup bisa mempercayai jasa tersebut selagi terdaftar di BI atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sesederhana itu karena laporan keuangan pasti diawasi. Bisa wanprestasi dan uangnya tidak diteruskan ke penerima jika tidak terdaftar.

Kemunculan berbagai startup dengan segala pelayanannya menunjukan bahwa segala layanan bank yang dianggap sudah mapan, nyatanya masih memberi peluang bagi pengembang aplikasi untuk mendapatkan peluang dari jasa pengiriman uang.

Bebas Biaya Kirim Uang

Urusan kirim uang? Bukan hal asing lagi segalanya bisa dilakukan dengan mudah di era digital ini. Kini kirim uang bisa gratis yang biasanya transfer itu selalu dikenakan biaya. Apalagi bank harus bersaing dengan para perusahaan fintech atau teknologi keuangan yang sudah mulai menjamur di Indonesia.

Hal ini seolah menjawab kebutuhan orang sehari-hari karena lebih efektif dan efisien untuk urusan transaksi. Lihat saja, hampir setiap orang tak bisa lepas dari gadget pada saat sekarang ini. Termasuk bertransaksi keuangan secara elektronik bisa menjadi lebih mudah hanya dengan menggerakan jarinya di layar smartphone. Banyak dompet digital yang bisa digunakan untuk transfer secara gratis ini.

Sesuai dengan peraturan yang diterbitkan BI pada 31 Juni 2019 dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No.21/12/PADG 2019. Yaitu tentang penyelenggaraan transfer dana dan kliring berjadwal oleh BI. Di sana, disebutkan bahwa biaya transfer yang dibayarkan nasabah ke bank ditentukan maksimal Rp 3.500. Tapi peraturan itu dimaksudkan untuk biaya transfer bank yang berbeda. Tentu tidak ada biaya transfer yang dikenakan ke sesama bank.

Fitur dan Keuntungan Transfer dan Tarik Tunai di Rekening digibank by DBS

  • Gratis biaya transfer ke rekening bank apapun

Lewat Aplikasi digibank by DBS kamu bisa bebas transfer ke bank mana aja tanpa perlu mikirin biaya admin, hanya dengan memiliki rata-rata saldo per bulan minimum Rp 1 juta.

  • Tarik tunai dan cek saldo gratis di ATM mana pun

Nggak usah ribet cari-cari ATM khusus biar transaksi kartu debit kamu hemat. Di digibank, kamu bisa bebas tarik tunai dan cek saldo dari ATM jaringan ALTO/ATMBersama/PRIMA hanya dengan memiliki rata-rata saldo per bulan minimum Rp 1 juta

  • Gratis biaya admin

Pakai digibank serba mudah, serba untung banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan pakai Aplikasi digibank by DBS. Salah satunya kamu bisa leluasa transaksi di digibank dengan bebas biaya admin.

Tunggu apa lagi? segera install Aplikasi digibank by DBS dan nikmati berbagai kemudahan di dalamnya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

1 comment

  1. Kelebihan DBS. Kalau bank lain masih menerapkan biaya trf, karena itu sumber pendapatan bank mapan.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)