Cara Membuat Blog Personal Menjadi Profesional

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Bagaimana sih caranya untuk bikin blog profesional? Buat kamu para pemula atau baru ingin membuat blog pasti punya pertanyaan tersebut. Bisa nggak sih untuk membuat blog yang punya ribuan visitor sama seperti blog media besar lainnya? 

cara membuat blog profesional

Ada begitu banyak cerita blogger sukses yang akhirnya mendorong lebih banyak orang untuk ikutan membuatnya. Jika kamu adalah salah satunya maka kamu perlu tahu bagaimana cara membuat blog yang profesional hingga meraih trafik yang tinggi. 

Menciptakan Blog Profesional dari Blog Personal 

Rahasia untuk mendapatkan trafik tinggi dari blog adalah ketekunan dan hal ini juga yang telah dialami banyak blogger profesional. Alasan mengapa hanya sedikit yang sukses adalah beratnya fase awal. Akhirnya niatan untuk menjadi blogger berhenti di tengah jalan. 

Setidaknya ada enam cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan blog profesional dari blog personal. Apa saja itu? Ikuti pembahasannya berikut ini. 

Menyesuaikan Desain dengan Tema 

Desain bukan hanya untuk memperindah tetapi juga faktor penting dalam menggambarkan tema blog kamu. Pengaruhnya sangat besar untuk menarik perhatian para pembaca. Misalnya jika kamu memiliki tema blog tentang arsitektur atau keuangan, maka desain yang digunakan tentu berbeda dengan blog tema traveling. 

Karakter blog akan terlihat dengan jelas dan mampu membangun kepercayaan. Saat ini ada begitu banyak pilihan template blog yang bisa kamu pilih, baik itu berbayar dan gratis. Kamu tinggal memilih mana yang sesuai dengan niche blog. Pastikan juga kapasitas hosting kamu mencukupi agar tak terjadi loading error dan pilihlah juga penyedia web hosting murah terpercaya.

Menambahkan Fitur Sesuai Kebutuhan 

Daya tarik lainnya yang harus diperhatikan adalah fitur. Karena kamu membuat blog pribadi maka fitur yang diberikan tentu harus diperbanyak. Karena kamu akan bersaing dengan ribuan blog lainnya maka daya tarik harus diperbanyak melalui fitur. 

Apa saja fitur yang bisa ditambahkan dengan blog? Beberapa fitur sederhana yang penting adalah fitur komentar di bawah artikel, email atau subscribe, dan kolom pencarian. Semakin banyak fitur yang unik bahkan belum digunakan sama sekali akan membuat pengunjung mudah dalam berinteraksi dengan pemilik blog. 

Apalagi jika kamu telah memiliki topik menarik yang spesifik dan sangat lengkap, otomatis ketika trafik sudah meningkat nantinya ada banyak pengunjung yang ingin memanfaatkan fitur dalam blog. Untuk mendapatkan fitur ini kamu harus menyesuaikan dengan memposisikan diri sebagai pengunjung. 

Apa saja yang kamu inginkan dari blog tersebut hingga apa yang belum tersedia di blog lain dan seharusnya digunakan pada blog milikmu tersebut. 

Menambahkan Infografis 

Infografis bukan hanya milik media sosial seperti Instagram saja, kamu juga bisa memberikannya pada konten dalam blog. Banyak sekali blog profesional yang kini memanfaatkan infografis menarik sehingga membuat tampilan menjadi lebih berwarna. Tidak cukup jika kamu hanya membuat artikel yang memiliki tata bahasa baik, namun sudah banyak diulas dalam blog lainnya. 

Supaya berbeda dengan konten dari blog lain kamu bisa menambahkan kutipan serta buatlah infografis. Apapun informasi yang hendak disampaikan bisa dibuat infografis menarik. Dengan adanya infografis ini kamu juga mempermudah untuk membagikan konten ke media sosial. 

Memperbaharui Blog Secara Rutin 

Rutin atau tekun posting di blog adalah kunci utama supaya blog banyak dikenal, tapi tentu saja kamu harus memperbaharui dengan konten-konten menarik. Semua blog profesional tahu betul bagaimana konten yang menarik perhatian. Konten yang menarik adalah up to date dan sesuai dengan niche blog. 

Cara untuk mengetahui informasi terbaru adalah rutin mencari tahu. Kamu bisa melihatnya di Google Trend, mesin pencarian atau sosial media. Di sanalah segala informasi mengenai apa yang lagi trend di masyarakat. 

Ketika kamu membuat konten yang baru dengan kata kunci tinggi tentu saja artikel akan langsung naik. Dari sinilah sumber trafik bisa meningkat pesat dengan waktu cepat. Konten terbaru juga akan membangun kepercayaan dengan pengunjung. 

Mereka tentu tidak ingin membaca informasi yang mungkin sudah kamu tulis dua tahun lalu, kecuali info yang disampaikan terkait tips atau trik yang masih relevan. Tapi jika info adalah sebuah kejadian maka semakin baru akan lebih baik. 

Konsisten Menjalankan SEO 

Search Engine Optimization adalah rahasia lainnya untuk membuat blog profesional. Tanpa adanya optimasi, bagaimana pengunjung bisa tahu kamu memiliki info yang mereka butuhkan. Karena artikel yang kamu buat tidak muncul di halaman muka mesin pencarian seperti Google. 

SEO adalah teknik yang digunakan supaya blog yang kamu buat mendapat penilaian sehingga masuk ke mesin pencarian di peringkat pertama. Teknik yang harus diterapkan juga selalu berubah-ubah mengikuti algoritma yang diterapkan pada mesin pencari. 

Konsisten dalam mengikuti perubahan yang terjadi adalah hal yang wajib dilakukan. Apabila kamu terlambat dalam menerapkan teknik yang paling baru maka konten dari blog akan kalah dari yang lainnya. 

Memperhatikan Kesehatan Blog

Menjadikan blog lebih profesional artinya memperhatikan keseluruhan performa blog termasuk di antaranya kesehatan blog. Blog yang memiliki konten yang menarik serta memiliki kesehatan yang baik akan mendatangkan banyak pengunjung dan tak segan-segan membagikan artikel dalam blog.

Keuntungan dari blog yang sehat ini juga akan mendapatkan penilaian yang bagus dari mesin pencari. Indikator kesehatan blog meliputi spam score, bounce rate, jumlah broken link, hingga kecepatan loading blog. Selain itu ada faktor eksternal juga seperti penyedia hosting maupun domain yang digunakan untuk blog kamu.

Inilah cara membuat blog menjadi lebih profesional yang harus kamu lakukan dengan konsisten. Selanjutnya adalah bagaimana kamu bisa menjadi blogger yang sukses. 

Tips untuk Jadi Blogger Sukses 

tips menjadi blogger sukses

Kamu mungkin sudah bersiap atau masih rutin untuk mengikuti keenam cara untuk mengubah blog personal menjadi profesional. Tapi mengapa masih saja traffic belum meningkat dengan pesat? Pasti ada sebuah kesalahan atau miss yang tidak disadari kamu lakukan. 

Beberapa tips cara menjadi blogger yang sukses berikut ini bisa kamu ikuti. 

Meningkatkan Kemampuan Menulis 

Karena kamu akan membuat blog, maka konten tulisan bukan hanya up to date tetapi juga enak dibaca. Oleh karena itu informasi yang disampaikan memiliki gaya bahasa berbeda-beda sesuai niche. Kemampuan menulis harus terus diasah dan semakin tahun ada begitu banyak bahasa baru yang bertambah yang bisa saja mempengaruhi gaya bahasa. 

Untuk meningkatkan skill kamu perlu menulis dengan batasan topik agar fokus. Satu paragraf juga tidak lebih dari empat baris. Tujuannya agar ketika dibaca melalui smartphone tidak terlalu panjang. Kemudian struktur artikel harus tepat dan jangan membuat kalimat kosong tanpa isi. 

Menentukan Waktu Produksi Konten 

Menulis serta pengelolaan web tidak bisa dilakukan sembarang waktu. Ada yang merasa menulis produktif di pagi hari, ada juga yang malam hari. Jadi pilihlah waktu produktif manakah yang kamu pilih. Selain itu, kamu juga harus menciptakan target posting berapa hari sekali, ingat rutin posting akan meningkatkan traffic. 

Pastikan juga konten yang kamu buat berbobot sehingga lebih mudah untuk meningkatkan traffic dan bertahan. 

Terbuka Untuk Mempelajari Hal Baru 

Seperti yang dijelaskan bahwa teknik SEO selalu berkembang dan hal inilah yang harus dipelajari terus menerus. Jadi jangan pernah takut atau malu untuk belajar hal baru. Belum lagi informasi menarik yang bisa kamu jadikan konten. 

Kamu bisa belajar melalui buku, melakukan eksperimen hingga ikuti webinar. Ada begitu banyak pengetahuan yang bisa kamu ketahui dan dapatkan. Selalu berinteraksi dengan banyak orang demi mendapatkan informasi terbaru tak hanya menambah pengetahuan tetapi juga membangun jaringan. 

Semakin banyak jaringan yang kamu miliki khususnya soal pembuatan blog tentu lebih menguntungkan. Tidak sulit bukan untuk menciptakan blog profesional dari blog personal? Kamu bisa menggunakan semua cara ini secara rutin dan pastikan tips ini juga dilakukan dengan tepat.

16 komentar

  1. Yap, bermula dari blog personal SANGAT BISA dikelola dgn sedemikian rupa hingga jadi profesional. Raditya Dika awalnya kan personal blog banget, dan doi udah berkembaanggg sedemikian rupa ye kan.
    semogaaa kita bisa kecipratan rezeki dari blog juga. semangaattt

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak tipsnya Kak, untuk SEO saya belum terlalu mendalami neh, cuma tahu dikit-dikit aja hehehe

    BalasHapus
  3. Sekarang persaingan di dunia blogger makin ketat, terutama untuk bisa muncul di page one google. Itulah sebabnya kita harus selalu meningkatkan skill dan ilmu dunia blog agar tetap eksis di mata google dan brand atau klien pastinya hehehe

    BalasHapus
  4. konsistensi, pemahaman dan terus belajar membuat blogger kudu ikuti zaman dan terus belajar supaya bisa tetep eksis, apalagi yang memang mengandalkan blog untuk menambah penghasilan. perlu update ilmu terus

    BalasHapus
  5. Waktu pertama kali ngeblog, aku ya asal-asalan aja dari tema sampai hal-hal kecil dan gak penting. Sekarang milih yang simpel, enak dibaca dan jangan lupa terus belajar

    BalasHapus
  6. Kalau melihat postingan dengan menambahkan Infografis, terlihat lebih bagus ya. Asli pengen bisa membuat infografis yang relevan dengan tulisan, selama ini masih sebatas bikin image ala-ala editan sebisanya dengan paint saja

    BalasHapus
  7. Infografis menjadi PR tersendiri bagi saya pribadi, soalnya saya lemah di bidang yang satu ini. Makasih banget tipsnya Kak, sangat membantu

    BalasHapus
  8. Membuat blog profesional berarti sudah siap untuk meladeni semua aktivitas ngeblog dg sepenuh tenaga seperti kita melakoni pekerjaan formal pada umumnya.

    BalasHapus
  9. untuk bisa konsisten itu berat ya......... apalagi untuk membangun personal branding. lamaaaaaaaaaaaaaaaaaa dan suliiiiiit....................

    btw, aku baru ke sini lagi apa ya? tampilannya baru. kayanya judulnya juga ya. kece euy. Marfa mah udah jadi blogger keren

    BalasHapus
  10. Kalau diturutin, ngeblog itu kelihatan banyak printilannya ya, tapi kalau kita enjoy ya asik asik aja...

    BalasHapus
  11. Soal template ini aku mau ganti template tapi belum sempat2. Hiks. Pingin banget lebih profesional. Bagaimana dengan Ratecard? Apakah Ratecard tinggi menunjukkan profesionalisme?

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah dapet tips kece darimu Mba. seru banget ya memelajari blog. tapi aku SEO masih kurang nih mba

    BalasHapus
  13. Tipsnya mantul nih, duh saya belum konsisten nih merawat kesehatan blog, kadang ngisi blog pun masih angin-anginan belum terjadwal

    BalasHapus
  14. Duh jadi ksesentil aku banget nih yang gak perhatian sama seo dan kesehatan blog ku, aku kayanya harus lebih byk belajar soal blogging

    BalasHapus
  15. Mempelajari hal baru ini yang kadang berat untukku hahaha, waktunya sih yg gak ada #alesyan
    Tapi aku berusaha tetap bertahan kek ikut komunitas2 gtu demi supaya mood dan semangatku ngeblog terjaga hihii, setidaknya itu yg bisa ku lakukan sementara ini #curcol :P

    BalasHapus
  16. Pas bagian memperhatikan kesehatan blog ini loo...
    Beberapa hal ada yang gak bisa-bisa aku benerin, walau tau penyakitnya dari web semacam SEOptimer gitu.
    Aku tanya ke siapakaaah?
    Huhuuu~

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.