Indikator Yang Berpengaruh Pada Kesehatan Blog

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Terdapat banyak aspek ketika suatu blog mendapatkan ranking yang baik di mesin pencari. Berbagai aspek tersebut mendukung kesehatan dari blog Anda, sehingga makin baik kondisi blog yang Anda kelola, dampak dan rankingnya juga akan terus membaik seiring bertambahnya waktu.
 
faktor kesehatan blog


Akan tetapi tidak semua orang mengetahui bagaimana detailnya membuat blog tetap sehat dan melakukan performa dengan baik. Kadang beberapa pengelola blog tanpa sadar justru melakukan perubahan yang membuat blog menjadi tidak sehat dan beresiko dinilai sebagai spam. Jika ini dibiarkan terus menerus, rating blog Anda akan semakin buruk. 

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Blog

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut merupakan hal yang harus Anda lakukan agar kesehatan blog tetap terjaga. Anda bisa melakukannya secara bertahap, sehingga blog akan terus membaik seiring Anda mengisinya dengan konten yang bermanfaat. 

Gunakan Backlink yang Berkualitas 

Langkah pertama adalah memberikan backlink yang memiliki fungsi untuk meningkatkan ranking pada blog. Namun jika backlink yang digunakan tidak berkualitas, tak hanya akan membuat kesehatan blog buruk, ia bisa membunuh blog secara perlahan. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat backlink yang sehat, diantaranya: 

  • Lakukan riset untuk membuat kumpulan blog pada satu postingan, jangan lupa menyesuaikannya dengan niche situs web yang dimiliki. 
  • Hubungi pemilik website, kemudian mintalah dengan sopan untuk menambahkan website Anda di postingannya. 
  • Lakukan hal tersebut secara rutin, jangan terlalu sering dan terlalu jarang. Karena jika dilakukan terlalu sering akan membuat blog Anda terindikasi sebagai blog spam.

Memperbaiki Broken Link 

Untuk meningkatkan kesehatan blog lainnya, Anda bisa memperbaiki broken link yang Anda sisipkan di postingan milik Anda. Pertama, gunakan tools seperti brokenlinkchecker untuk mencari sumber broken link pada blog Anda, kemudian hapuslah satu persatu. Biasanya broken link internal dalam blog ditemui dalam internal dan eksternal link pada postingan karena sudah aktif maupun pada komentar dengan link aktif


Broken link ini juga salah satu penyebab yang bisa membuat spam score blog meningkat, sehingga Anda sebaiknya rutin untuk mengecek link yang sudah mati atau non aktif. Jika broken link tersebut ada di postingan lama, dapat juga sekalian mengedit artikel tersebut agar muncul di mesin pencarian. Kemudian perhatikan juga pada custom link postingan yang diganti, pastikan sudah dilakukan redirects url agar link lama tak terdeteksi sebagai broken link.

Memperbaiki Artikel Lama 

edit artikel blog
gambar: fancycrave1, pixabay

Artikel lama ternyata juga bisa memperbarui kesehatan blog Anda menjadi lebih baik, apalagi jika niche blog yang Anda miliki perlu diupdate secara berkala karena mengikuti perkembangan. Konten yang di update akan makin berkualitas, sebab blog Anda akan mendapatkan nilai positif dari mesin pencari. 

Saran yang sering diabaikan oleh blogger adalah jumlah kata yang disarankan untuk dipakai pada sebuah konten artikel. Jika Anda menggunakan standar YOAST, maka artikel disarankan berjumlah 300 kata, namun Anda bisa meningkatkannya dengan menulis minimal 600 sampai 700 kata. Ini mungkin tidak mudah, akan tetap semakin sering Anda melakukannya, maka semakin baik pula kemampuan Anda menulis nanti. 

Walaupun tidak bisa dijadikan patokan, namun beberapa website dan blog yang menggunakan SEO dengan jumlah kalimat yang panjang, mencapai 1000 kata per postingan memiliki kemungkinan untuk berada di halaman pertama dan peringkat yang tinggi di mesin pencari. Artikel tentunya bukan sembarang artikel, melainkan artikel yang berbobot dan berkualitas baik. 

Kurangi Kemungkinan Bounce Rate 

Anda tentu tidak asing dengan istilah ‘konten adalah raja, sedangkan pengguna adalah ratunya’. Hal tersebut tidak salah dan sebaiknya Anda terapkan di blog yang Anda kelola. Salah satu pengahalang dari istilah tersebut adalah bounce rateBounce rate yang tinggi bisa menjadi tanda bahwa website yang Anda miliki tak memberikan kepuasan kepada pemabaca. 

Bisa jadi konten yang Anda berikan tidak sesuai dengan judul dan niche blog yang Anda miliki. Ini tentu akan mempengaruhi kesehatan blog dan membuat peringkat Anda turun. Bounce back kurang lebih dapat dijelaskan seperti ini: 

  • Anda mencari informasi di internet, kemudian menemukan website yang memberikan judul terkait dengan topik yang Anda cari. 
  • Ketika dibuka, ternyata konten dan informasi yang Anda berikan tidak memuaskan. Anda biasanya akan memilih menekan tombol back untuk mencari website dengan konten yang lebih memuaskan. 

Selain konten yang dimiliki, biasanya waktu loading website juga menjadi hal yang membuat bounce rate cukup tinggi. Jika proses muat blog Anda lama, maka kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkan bounce rate yang sama tingginya. Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, yakni: 

  • Meningkatkan kualitas artikel yang Anda miliki, sehingga memberikan kepuasan kepada pembaca. 
  • Periksa kembali kecepatan blog Anda, jika terlalu lambat, lakukan perbaikan sehingga beban loading menjadi lebih ringan. 
  • Agar kesehatan blog juga meningkat, gunakan trik internal link dan outbound link. Dengan begitu user mendapatkan referensi untuk berkunjung ke website lain. Cara ini lebih disarankan karena pembaca tidak langsung kembali ke mesin pencari dan melakukan pencarian ulang. 
  • Periksa apakah terdapat gangguan pada blog yang Anda miliki, misalnya pop up atau iklan banner yang berlebihan, sehingga menghalangi proses pembaca untuk mengetahui konten Anda lebih lanjut. 

Perhatikan Struktur Blog

Struktur blog dapat mempengaruhi kesehatan blog, maka perlu diperhatikan lagi template maupun plugin yang digunakan agar blog mudah dicrawl mesin pencari maupun ringan diakses. Biasanya blog memiliki beragam jumlah sidebar dan pastikan juga posisikan diri Anda sebagai pengunjung, apakah tampilan blog nyaman dilihat.

Beberapa struktur yang perlu diperhatikan dalam blog yaitu:
  • Navigasi yang jelas, apakah mudah diakses dan tak terlihat acak atau berantakan. Misalnya dengan mudah mencari kolom pencarian dan halaman kontak.
  • Struktur pada artikel blog. Bagi yang belum terbiasa menggunakan heading, subheading, dst, mulailah menggunakan fitur tersebut agar postingan menjadi lebih terstruktur.
  • Template blog, sebaiknya menggunakan template yang responsif dan SEO friendly jadi tak perlu repot lagi dalam mengutak-atik blog. Gunakan penyedia template yang terpercaya dan jika bisa memiliki fitur premium atau menggunakan bantuan teknisi untuk memperbaiki struktur pada blog jika waktu terbatas.

Setelah melakukan berbagai cara diatas, jangan lupa untuk menjadi influencer bagi blog Anda sendiri. Misalnya dengan bergabung pada komunitas blogger dan menambah kenalan untuk membangun reputasi Anda. Aktif di komunitas dengan berkomentar akan membantu Anda untuk memperkenalkan blog yang Anda kelola. 

Cara ini memang butuh waktu dan tidak dapat dilakukan secara instan, namun dengan mengikuti langkah ini kesehatan blog Anda akan terjaga dengan baik. Ketika reputasi yang Anda miliki semakin baik, maka akan semakin banyak orang bahkan brand dengan penawaran tinggi yang ingin terhubung dengan Anda. Tentunya ini akan mempengaruhi traffic pada blog yang Anda kelola. Jika dilanjutkan secara rutin, bukan tidak mungkin website Anda berada di bagian pertama mesin pencari. 

Ingat untuk selalu aktif di media sosial untuk mempromosikan website atau blog Anda. Buat akun sosial untuk blog Anda dan buatlah status yang bermanfaat atau insightful, sehingga memberikan feedback yang baik untuk pengunjung blog Anda. Membagikan konten dan alamat blog Anda secara daring juga dapat membuat blog Anda ramai pengunjung, serta meningkatkan peringkatnya. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan blog Anda. Jangan lupa untuk membuat konten yang berkualitas, topik yang jelas, dan sumber referensi yang baik. Dengan begitu konten yang Anda buat memiliki isi yang lebih berkualitas dibandingkan dengan blog lain yang ada di mesin pencari.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

24 comments

  1. Keren banget Mba infonya!
    Yang paling aku rasakan sulit untuk diperbaiki adalah bounce rate, karena kalo aku cek kadang suka tinggi banget dalam sehari. Padahal artikel yang aku buat udah 1000an kata. Apakah masih kurang ya? Atau memang niche yang aku pilih kurang menarik hahaha
    Btw, Makasih banyak untuk sharingnya ya Mba 😊

    ReplyDelete
  2. Hi mbak Marfa, salam kenal!!
    Wah mbak artikelnya membantu sekali wii.. aku lagi memperbaiki blog aku jadi ini sangat berguna dan informatif sekali untuk blogger pemula kek aku gini hihi

    Aniwaii, terima kasih mbak!

    ReplyDelete
  3. Kayaknya memang harus cek broken link deh aku. Soalnya SS blogku udah sampai 17%. Aku kan suka ngutak-ngatik blog. Nggak jarang, halaman-halaman web yang menurutku nggak penting, langsung aku hapus aja tanpa berpikir apakah sudah terindex atau belum. Mungkin ini ya yang membuat SS tinggi.

    ReplyDelete
  4. mau dong pasang backlink berkualitas di blog umimarfa, xixixi
    memang penting banget sih selalu menjaga dan mengoptimalkan kesehatan blog. cuma ya kadang suka malas, tp ada waktu di mana serius ngulik blog, ehehe

    ReplyDelete
  5. Ada rekomendasi template untuk platform blogspot nggak ya mbak?

    ReplyDelete
  6. Aku belum bersih-bersih brken link lagi nih, Mba. Kebanyakan link di komentar. Seperti ada kesalahan menulis alamat linknya. Selain itu buce rate masih tinggi. Memang ya kesehatan blog tidak boleh diabaikan.

    ReplyDelete
  7. Waktu blm tahu kalau diblogspot ga ada plug in buat hapus broken link, saya kira orang yg ngeluh hapusin broken link satu satu itu ga ada kerjaan. Iya, soalnya saya pakai wordpress, kan pakai plugin jadi hapus broken link tinggal ceklis kolom, apa yg mau dihapus bisa dihapus sekaligus.

    ReplyDelete
  8. indikator kesehatan blog banyak ya...banyak pula PR ku nih setelah baca artikel ini. Mesti ngulik itu ini. DA kalau aku masalahnya...stuck susah naiknya hiks

    ReplyDelete
  9. Berterimakasih sekali nih sama infonya.
    Saya yang miskin ilmu perblog kan, tapi pengen blognya mantaf.
    Dan kepikiran untuk cek broken link juga nih...
    Saya harus lebih serius ngecek back link dan broken link ini

    ReplyDelete
  10. Setelah baca ini semakin insecure aja dengan blog saya sendiri. Ternyata Aya begitu bodoh dunia blog

    ReplyDelete
  11. Bounce rate saya madih gendut. Tidak tahu kspan bisa rampingin mana sibuk tetus dengan hal lain.
    Terima kasih sudah menulis artikel informatif ini, bisa betoleh wawasan baru tentang blog.

    Lagi pengen ganti template, nih.

    ReplyDelete
  12. Wah ada ya tools utk ngecek broken link. Makasih infonya kak, nambah wawasan bgt 👍

    ReplyDelete
  13. Noted, ternyata nggak semua backlink bagus ya kak, terima kasih infonya saya baru tahu nih

    ReplyDelete
  14. Update artikel lama itu bener banget mba. Saya langsung melakukannya begitu saya kenal SEO 2019 lalu. Iya, saya ngeblog aktif sejak 2014, tapi baru paham SEO 2019. Hehehe. Benar-benar membantu banget menaikkan peringkat di mesin pencarian begitu kita mengupdate artikel-artikel lama, terlebih yang evergreen.

    ReplyDelete
  15. Memperbaiki artikel2 lama yang kurang dari 500 kata PR saya banget Mbak Marfa. Soalnya dulu dari 2009 ngeblog suka2 nya aja haha.... kadang bikin puisi, publish, curhat, publish. Nah sekarang lbh aware kl kesehatan blog juga harus dipikirin

    ReplyDelete
  16. Kak marfa.. ajarin donk gimana caranya menghapus broken link tapi gak manual. Soalnya banyak banget yang mau dibersihin. Kalo satu-satu akutu capek kak.. belum sempat. Hihihi.

    ReplyDelete
  17. Banyak banget nih pr-ku yang harus diperbaiki termasuk bounce rate dan update artikel lama, sepertinya harus dikerjakan khusus untuk ini ya

    ReplyDelete
  18. Wah iyaa bener nihh aku jg sehari targetnya benerin postingan yg bikinn blog ngga sehat.

    ReplyDelete
  19. waah ini tipsnya berguna sekali untuk saya kak. Kayaknya saya harus memperbaiki artikel lama deh karena dulu belum paham SEO

    ReplyDelete
  20. Blog saya pun masih kurang sehat mba,banyak banget yang harus diperbaiki nih. Pekerjaan rumah yang besar untuk saya untuk perbaiki broken link dan memperbaiki artikel lama. Hmm,foto yang ukurannya terlalu besar juga masih harus saya perbaiki nih karena blog menjadi lambat sekali.

    ReplyDelete
  21. Jadi langsung ingat sudah lama belum cek broken link. Ternyata ngaruh banget ke performa blog ya. Jadi sebaiknya memang di cek secara rutin. Semoga tidak lupa lagi.

    ReplyDelete
  22. Memperbaharui artikel lama ini nih yang masih jadi PR banget buat aku. Ada deretan tugas dan rasanya kok banyak banget. Namun demi kesehatan blog sendiri ya harus.

    ReplyDelete
  23. ilmu yang sangat bermanfaat kak buat aku yang masih belajar dalam dunia blog, bahkan newbe sekali. meminta link yang bagus dari blog-blog keren itu belum berani aku lakukan, takut ditolak hehehe

    ReplyDelete
  24. Ternyata memiliki blog itu tidak hanya bisa menulis ya mbak melainkan harus tau kesehatan blog salah satunya struktur blog ini. Nah kalau saya mending serahkan ke ahlinya deh untuk memperbaiki sttruktur blog saya yg berantakan hehehe

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)