Strategi Konten Marketing

Semua cara sudah dilakukan, tapi bisnis masih saja jalan di tempat. Pernah berpikiran seperti ini? Kalau pernah, mungkin ada yang salah dengan strategi konten marketing yang Anda lakukan. Pasalnya di era digital, konten merupakan faktor penting untuk memikat audiens atau konsumen. 

Sederhananya, audiens akan tertarik dengan konten yang kita buat jika sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu, bisnis yang Anda jalani akan mudah dikenal atau bahkan dapat berpengaruh pada penjualan. 

Bicara soal strategi konten marketing, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulainya. Anda bisa merekrut orang yang kompatibel atau melakukannya sendiri dengan mengikuti tips di bawah ini. 

Strategi Konten Marketing 

strategi konten marketing
pict: Tumisu, pixabay

Pada dasarnya, konten marketing adalah materi yang dibuat secara kreatif, inovatif, dan terarah. Sehingga konten tersebut dapat mempengaruhi penjualan dan ketertarikan audiens pada suatu produk atau brand yang dipromosikan. 

Mengingat pengaruhnya yang cukup penting di era digital, strategi konten marketing harus segera dirancang demi kelancaran bisnis. Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mempromosikan bisnis atau brand

1. Tentukan dan Pahami Kebutuhan Audiens 

Untuk menghasilkan konten yang bisa dijangkau oleh banyak orang, pertama Anda harus menentukan audiens dan memahami apa yang mereka butuhkan. Tujuannya agar konten tersebut sampai ke orang yang tepat dan dapat memberikan solusi atas pertanyaan mereka. 

Sama halnya dengan toko yang memiliki ragam produk, audiens juga memiliki pilihan akan konten yang ingin mereka lihat. Untuk hal ini, membuat konten dengan ragam topik pembahasan bisa menjadi solusi untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset agar strategi content marketing berjalan lancar. Riset bisa dilakukan dengan melihat tren yang saat ini sedang berkembang di media sosial maupun mesin pencarian Google. 

2. Memilih Platform dan Jenis Konten 

Ketika target konten telah ditentukan, selanjutnya Anda harus memilih platform mana yang ingin Anda gunakan. Ada banyak pilihan platform dengan kelebihan tersendiri yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan mana yang menurut Anda paling efektif. 

Contohnya, jika jenis konten yang dibuat berupa video, Anda bisa memilih platform seperti Youtube dan Instagram. Untuk konten dalam bentuk artikel, Anda bisa mengandalkan website yang dibuat mengikuti syarat membuat konten berkualitas. 

Selain itu, mengingat pertumbuhan podcast yang begitu pesat, Anda juga dapat menggunakan podcast sebagai platform untuk konten jenis audio. Sebenarnya semua platform bisa digunakan untuk strategi konten marketing, yang terpenting sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 

3. Membuat Konten yang Berkualitas 

Setelah menentukan platform dan jenis konten, strategi content marketing berikutnya adalah membuat konten yang berkualitas. Saat ini ada banyak contoh konten berkualitas, namun jarang sekali terlihat konten yang memberikan jawaban dan solusi atas pertanyaan audiens. 

Dalam membuat konten, Anda harus memperhatikan beberapa teknik yang lazim digunakan oleh content creator. Di antaranya adalah SEO atau Search Engine Optimization. Dengan menerapkan teknik SEO pada konten, besar kemungkinan konten Anda menjangkau lebih banyak pengunjung. 

Kunci untuk memaksimalkan SEO pada konten adalah dengan melakukan optimasi pada konten dan media yang Anda gunakan, serta menempatkan kata kunci dengan tepat. Selain SEO, beberapa hal yang juga harus diperhatikan dalam membuat konten adalah: 

  • Buat Kerangka Konten

Khususnya untuk konten jenis artikel, kerangka konten diperlukan untuk menghemat waktu. Dalam paragraf awal, Anda bisa menulis kalimat perkenalan tentang brand ataupun produk yang ditawarkan. 

Paragraf selanjutnya berisi tentang manfaat, kegunaan, maupun fungsi dari produk tersebut. Di paragraf ini Anda harus benar-benar menulis secara detail dan memperhatikan setiap kata agar mudah dimengerti oleh pengunjung. 

Dalam paragraf terakhir, berisi kalimat penutup serta kata-kata yang berisi “rayuan” atau ajakan untuk melakukan pembelian atau mengunjungi konten terkait. Kerangka konten ini bisa juga dijadikan template untuk konten berikutnya, namun dengan kata-kata yang berbeda. 

  • Strategi Membuat Konten

Jika kerangka konten sudah dibuat, berikutnya Anda harus mengetahui strategi yang benar untuk membuat konten. Konten terbagi menjadi tiga jenis, ada konten untuk penjualan, konten pengenalan, dan konten branding. 

Agar strategi berjalan lancar, konten untuk pengenalan harus lebih banyak dibandingkan konten yang lain. Karena dari konten pengenalan biasanya akan mempengaruhi konten penjualan dan konten branding. 

4. Bagikan dan Promosikan Konten 

Setelah beberapa langkah awal dilakukan, berikutnya Anda tinggal mempromosikan konten tersebut ke media sosial. Ini bisa menjadi strategi marketing yang ampuh mengingat hampir semua orang menggunakan media sosial, baik Instagram, Facebook, maupun Twitter. 

Selain itu, kalau ingin menjangkau lebih banyak audiens, Anda bisa menggunakan jasa pemasangan iklan di media nasional ataupun beriklan di Google. Dengan begitu, konten yang dibuat akan lebih mudah mendapatkan perhatian dan tentunya meningkatkan kepercayaan audiens terhadap brand bisnis Anda. 

5. Kelola dan Evaluasi Konten 

Di samping itu, mengelola dan melakukan evaluasi terhadap konten juga merupakan bagian dari strategi konten marketing. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah konten tersebut sudah mendatangkan traffic yang diinginkan atau belum. 

Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui jumlah traffic serta performa website secara keseluruhan. Jika dirasa ada yang salah, saat itu juga Anda bisa melakukan evaluasi konten. Kesalahan yang sering terjadi biasanya judul kurang menjual dan isi konten yang kurang menarik. 

Kesimpulan 

Orang awam mungkin menganggap kalau membuat konten marketing terasa sangat sulit, karena diperlukan kreativitas serta waktu yang tidak sedikit untuk mengoptimalkan kualitas konten. Namun, semuanya akan menjadi mudah seiring berjalannya waktu. 

Karena sebagus apapun tujuan dari bisnis Anda, akan percuma jika dilakukan tanpa rencana yang baik. Begitulah cara kerja bisnis di era digital, apapun konsep bisnis yang ingin Anda kerjakan, harus dimulai dengan strategi yang baik dan terarah termasuk di dalamnya strategi pemasaran digital.

Konten menjadi salah satu cara untuk mengembangkan sebuah bisnis. Jika mengikuti beberapa langkah strategi konten marketing di atas, Anda sudah berada di langkah yang tepat. Selanjutnya tinggal fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Semoga artikel ini bermanfaat!
***
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

14 comments

  1. nah ini penting banget agar karya yang kita buat lebih lengkap dan sangat di rasakan manfaatnya oleh yang melihat atau membaca.

    ReplyDelete
  2. Konten itu segalanya di bisnis digital ya. Tanpa konten yang menarik dan bermanfaat, rasanya susah untuk membuat sebuah bisnis berkembang

    ReplyDelete
  3. Diperlukan rencana yang baik sebelum memulai bisnis termasuk melakukan strategi knten marketing. Konten sebagai faktor penentu sebuah bisnis menarik atau gak dilihat banyak orang nantinya

    ReplyDelete
  4. Penting sekali untuk paham strategi konten marketing di era digital ini. Kalau kontennya bagus dan menarik apalagi kalau sempat viral, tentu akan menarik banyak audiens.

    ReplyDelete
  5. punya konten bagus harus diiringi dengan teknik marketing yang oke juga. Pasti hasilnya memuaskan.

    Memang sih semua butuh proses ya mba.. tapi hasil tidak akan mengkhianati usaha.

    ReplyDelete
  6. Kemarin saya sempat WA-an sama teman, Mbak Marfa. Dia sudah sukses jualan speaker. nah saya bilang jual yang lainnya. Dia bilang perlu mempelajari lagi pemasaran, termsauk konten dan sebagainya. Dan dari pembahasan ini, memang harus tahu strateginya juga ya, Mbak Marfa. Tidak asal jualan saja.

    ReplyDelete
  7. Konten untuk marketing ini penting banget ya jaman sekarang...harus pinter-pinter bikin dan milih platform jadi pas apa yang mau disampaikan

    ReplyDelete
  8. Konten dalam bisnis digital juga perlu memperhatikan segmen pasar yang disasar nggak ya?

    Memang sih, untuk jadi keren, selalu ada proses panjang yang harus dilalui.

    ReplyDelete
  9. Konten berkualitas ini penting banget loh, soalnya kalau kontennya ngasal langsung saya skip loh...hehehe

    ReplyDelete
  10. Secara teori udah nyadar sih perlu konten berkualitas, perlu promosi konten, dsb. Tapiii....praktiknya masihhhh...duh. Masih pusing! >.<

    ReplyDelete
  11. Memahami siapa penikmat konten kita, adalah esensial banget. Caranya, bisa dengan survey kecil2an atau eksperimen sendiri. Butuh waktu, tapi it's work!

    ReplyDelete
  12. Aku terutama kadang malas garap poin ketiga, Mbak. Padahal SEO itu penting banget, minimal SEO onpage biar tulisan bagus trafiknya. Malas riset kata kunci dan PR lainnya hehe. Aku kemarin juga habis nulis soal content marketing tapi buat blog bahasa Jawa hehe. Makasih ya pencerahannya :)

    ReplyDelete
  13. Paling challenging ya membuat konten berkualitas yang bisa 'ngena' dan bisa attract lebih banyak audiences. Ya, bisa lah ajak kerja sama dengan tim kreatif untuk konten yang attraktif dan inovatif. Ini pengalaman aku sendiri sih. Bikin konten apa lagi utk promosi, malah bingung gak ada ide. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Agar bisnis bisa maju dan mampu bersaing tentunya memang diperlukan sebuah perencanaan yang baik, salah satunya adalah persiapan strategi konten marketing. Ada pepatah yang mengatakan bahwa konten adalah raja, jadi tentunya ini sangat penting untuk menarik minat audiens.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)