7 Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Akhir-akhir ini, saya sering menjumpai keluhan mengenai sakit di bagian tulang belakang karena terlalu lama duduk. Apalagi memang di saat pandemi seperti ini, aktivitas bergerak bagi yang WFH jadi berkurang. Tentunya kita semua ingin terus aktif bergerak, termasuk saya. Tak perlu menunggu sakit terlebih dahulu, sebaiknya memulai kebiasaan baik untuk kesehatan tulang. Termasuk salah satunya didukung dengan produk susu sesuai kebutuhan seperti Anlene Gold untuk lansia.

anlene gold untuk lansia
pict: Pixabay

Kesehatan tulang dipengaruhi oleh banyak faktor, bahkan bukan hanya masalah pada tulang itu sendiri jika tak sehat namun bisa mempengaruhi lainnya seperti syaraf terjepit. Untuk itu, kita perlu menjaga anugerah dalam tubuh ini agar tetap sehat dengan cara berikut:

1. Menjaga Berat Badan di Angka Ideal

Permasalahan berat badan ini bukan hanya dapat berisiko pada kesehatan organ dalam seperti kesehatan jantung atau bahkan kesehatan kulit, lho. Namun bisa juga berpengaruh pada kesehatan tulang terutama pada sendi. Menjaga berat badan di sini bukan membuat badan kurus, namun berada di angka ideal sehingga badan tetap bernutrisi dan juga mudah bergerak. Manfaat lainnya pada kesehatan tulang sudah pasti tak memberikan beban berlebih dalam bergerak.

2. Memberi Jeda Saat Bekerja dalam Duduk

Selain duduk dalam posisi yang benar dengan tidak menunduk, atur juga jeda dalam lama durasi duduk terutama yang bekerja di depan layar. Atur jeda waktu untuk meregangkan badan dengan jalan-jalan ringan. Tentunya, tak mau kan memiliki pegal di leher dan punggung karena menunda jeda saat lama duduk?

3. Olahraga Rutin di Pagi Hari

Kebiasaan lainnya dalam menjaga kesehatan tulang adalah berolahraga di pagi hari dengan sinar matahari yang cukup. Selain menjaga kesehatan fisik termasuk tulang, berolahraga rutin dan terkena sinar matahari pagi juga bagus untuk kesehatan mental. Jadi, usahakan imbang ya antara kegiatan sehari-hari dengan olahraga minimal 30 menit per hari.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Baik Untuk Tulang

Menjaga kesehatan tulang juga dapat dilakukan dengan memberi tubuh nutrisi yang baik melalui asupan makanan. Seperti misalnya susu, almond, sayuran hijau, ikan sarden, ikan salmon, biji-bijian, telur, dan yogurt. Pastikan juga cara penyajian makanan tersebut tepat agar nutrisi yang masuk dalam tubuh terserap dengan baik.

Begitu pula menjaga asupan makanan, hindari atau setidaknya kurangi juga asupan yang dapat berakibat buruk pada kesehatan tulang seperti misalnya garam, makanan manis, makanan berminyak (gorengan), alkohol, soda, kopi dan teh dalam jumlah yang berlebihan.

5. Jangan Terlalu Sering Memberi Beban Pada Tulang

Bentuk tulang dapat mengalami perubahan akibat dari kebiasaan kurang baik yang sering dilakukan, misalnya mengangkat beban berat, menggunakan sepatu atau sendal yang sempit, membawa tas dengan beban yang terlalu berat, salah posisi dalam mengangkat benda berat, dan seterusnya.

6. Jadwalkan Waktu Berkonsultasi Pada Dokter

Menjaga kesehatan pada tulang ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter agar penanganannya lebih tepat. Terutama misalnya pada orang yang rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat berpengaruh pada kesehatan tulang, bagaimana menjaga kepadatan tulang saat memasuki usia di atas 40 tahun, maupun hal-hal lain yang dapat dikonsultasikan dengan ahlinya.

7. Menjaga Kualitas Tidur

Jangan sepelekan kualitas tidur untuk kesehatan tulang, usahakan untuk minimal tidur 7-8 jam sehari dengan waktu yang terjadwal. Terutama saat malam, hindarilah distraksi yang dapat menghambat kantuk datang seperti bermain media sosial atau begadang untuk hal yang tidak urgent. Seperti halnya fungsi tidur agar tubuh istirahat, daya ingat dan fokus lebih baik, mencegah naiknya berat badan, sampai kesehatan jantung, tidur yang cukup juga membantu sel tulang bekerja lebih baik. Hal ini dapat mempengaruhi kepadatan tulang dan menghindari osteoporosis.

Menua dan mengalami penurunan fungsi anggota tubuh termasuk tulang itu sudah pasti, namun kita bisa menjaga kesehatan tulang dimulai dengan membiasakan kebiasaan yang baik. Tentunya menjaga kesehatan tulang ini juga sekaligus menjaga kesehatan keseluruhan tubuh jika dilakukan dengan rutin dan tekun.

Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)