Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Dua tahun terakhir (artinya terhitung 2018) saya agak lalai mengabaikan kondisi wajah. Hal tersebut karena kondisi wajah termasuk yang nggak rewel, jadi tinggal membeli produk skincare khusus untuk kulit berminyak saja. Namun sejak KKN, hal pertama yang saya sadari adalah kondisi wajah dapat berubah bukan hanya dari dalam kondisi tubuh namun faktor eksternal seperti cuaca dan air. Kala itu, produk perawatan wajah yang saya bawa dan biasa saya gunakan tak dapat mengatasi masalah pada jerawat yang tiba-tiba muncul tidak pada di tempat biasanya.

Setelah KKN, pola kuliah juga berubah karena sudah sedikit matkul yang diambil dan jadi lebih sering menekuni hobi. Karena sering begadang dan ngopi (dengan gula), saya jadi punya jerawat yang menetap dan tak hilang bahkan sampai sekarang. Karena itu, tahun ini mulai menggeser skincare dari yang biasanya hanya untuk kulit berminyak menjadi perawatan untuk jerawat. 

Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak 

rekomendasi skincare untuk wajah berjerawat


Karena ini merupakan pengalaman pertama memiliki jerawat yang susah hilang (alias hilang timbul apalagi mendekati masa menstruasi), saya mencoba beberapa rekomendasi produk untuk kesehatan kulit wajah. Agak telat menyadari sih kalau jerawat seperti ini ternyata susah hilang bekasnya, dan berbeda dari jerawat musiman (menstruasi) yang bisa dengan mudah samar kemudian menghilang. 

Ditambah lagi dengan kondisi di rumah saja dan pada masa awal justru melewatkan banyak waktu tanpa skincarean. Saya kira kalau di rumah saja, tak perlu rutin namun salah karena wajah jadi terlihat kusam dan kering di beberapa bagian. Apalagi kalau pas kurang tidur, udah deh wajah nggak ada enak-enaknya dipandang sendiri di depan cermin. Hahaha. 

Sebenernya sih skincarean ini menyenangkan juga ya, selain karena penasaran akan hasil yang ditunggu-tunggu—juga sebuah rasa syukur dan tanggung jawab karena merawat diri sendiri dan untuk diri sendiri. Jerawat boleh masih ada, namun bangun pagi dan wajah cerahan atau nggak kusam itu bikin moodbooster tersendiri terutama kehidupan yang lebih monoton sekarang. Berikut rekomendasi skincare untuk wajah berjerawat yang cocok saya pakai di tahun 2020 ini: 

SERUM

1. Scarlett Whitening Acne Serum 

Scarlett Whitening Acne Serum

Serum dari Scarlett ini happening banget nggak kalah sama body lotionnya, karena sering liat di mana-mana akhirnya tertarik buat ikutan nyoba juga dan lagipula sesuai untuk kebutuhan wajah. Selama pemakaian kurang lebih tiga minggu, tak ada efek samping atau tanda-tanda nggak cocok di kulit wajah. Namun juga nggak langsung ngilangin jerawat dan bekasnya gitu aja, kalau ngandelin serum ini doang bakal lama sih dan juga tetap dipengaruhi pola makan, istirahat, dan gaya hidup. Cuma yang paling kerasa adalah wajah jadi lebih cerah dalam artian nggak kusam dan nggak bikin kering. Serum Acne Scarlett ini juga mudah meresap di wajah. 

SLEEPING MASK

1. Lacoco Watermelon Glow Mask


Kalau ini saya kena racun dari beauty vlogger Suhay Salim dan ternyata memang hasilnya bagus. Sesuai sih sama harganya anyway, kebetulan mau repurchase lagi tapi masih mau irit-irit budget. Hasil menggunakan Lacoco Glow Mask ini kulit wajah jadi lebih lembut apalagi kalau bangun di pagi hari, kesannya lebih kenyal dan cerah. Terus kalau rutin pemakaian, wajah jadi nggak kusam. Sesayang itu sih sama sleeping mask Lacoco ini. 

MASKER

1. Himalaya Purifying Neem Mask 

Himalaya Purifying Neem Mask

Sementara ini sesungguhnya belum ngeh hasil dari memakai Himalaya Mask ini karena biasa pakai hanya seminggu sekali full wajah dan sekali di bagian bekas jerawat. Kadang abis maskeran malah jadi timbul jerawat kecil-kecil namun antara efek dari makanan yang masuk jadi calon jerawat keluar dulu, soalnya meskipun muncul langsung mudah hilang juga. Saya pakai Himalaya Neem Mask ini untuk detoks wajah dari minyak dan kotoran. 

FACIAL WASH

1. Senka Acne Perfect Whip Acne Care

Senka Acne Perfect Whip Acne Care

Seperti yang disebutkan kalau untuk mengatasi wajah berjerawat perlu kombinasi skincare, maka saya juga mencoba memakai Senka khusus untuk acne ini. Untuk produk facial foam dari Senka sendiri saya sudah mencoba tiga jenis yaitu Acne Care, Anti Shine (khusus kulit berminyak), dan Perfect Whip (normal). Saya nggak cocok dengan yang Perfect Whip karena rasanya kurang nampol di wajah, sementara Acne Care sejauh ini tak menimbulkan efek samping. Kulit jadi lembut dan bagian yang berjerawat kesannya lebih terawat aja gitu, nggak kering yang mengelupas dan perlahan-lahan kempis. 

2. Senka Anti Shine 

Senka Anti Shine


Saya kadang masih selang-seling dengan Senka Acne Care, apalagi kalau minyak di kulit terutama bagian hidung sudah mulai bikin nggak nyaman. Sebetulnya daripada kulit berminyak, saya cenderung kombinasi namun seringnya lebih cocok ke produk untuk kulit berminyak. Untuk Senka Anti Shine ini bener-bener bikin kulit nyaman, lembut, dan mengurangi minyak. Kesannya unik karena minyak berkurang namun kulit tetap lembut, bukan kesan keset atau bikin kulit ketarik. Worth the price sih, dan berharap cocok selamanya karena males nyari yang cocok lainnya. 

DAY CREAM

1. Sunberry Brightening Face Cream Korean Yogurt Kiwi 

Sunberry Brightening Face Cream Korean Yogurt Kiwi

Sejak pindah ke rumah dan cuaca lebih panas, kulit jadi lebih sensitif ke penggunaan BB Cream dan kadang bikin enggan nimpain kulit dengan yang berat-berat—kalau nggak langsung jerawatan ya ada saja bagian kering terutama di area lipatan. Beli Sunberry ini dulunya juga sebetulnya karena—iseng hahaha namun ternyata di kulit ringan dan memberikan efek lebih cerah. 

Pas awal pemakaian rasanya kurang nyaman karena seakan jadi ngeblok minyak dan malah bikin nambah kesan berminyak. Sebetulnya sih menurut adminnya tak perlu memakai lagi sunscreen, namun karena kalau kena kulit langsung bikin nggak tega, saya biasanya mengoles tipis sunscreen sebelum cream Sunberry ini kemudian baru bedak. Oh iya Sunberry Kiwi Face Cream terdiri dari tiga jenis sesuai kebutuhan jenis kulit yaitu Kiwi untuk kulit berminyak, Mango untuk kulit kering, dan Blackcurrant untuk kulit normal. Sunberry ini sudah berBPOM ya jadi aman 

EYE CREAM

1. White Secret Brightening Eye Cream

White Secret Brightening Eye Cream

Hehe eye cream masuk skinare juga kan untuk wajah? Sebetulnya lingkaran hitam di bawah mata ini bawaan, dan kalau kebanyakan ya tentu saja kalau kata Squidward “kantung mataku punya kantung mata”. Menggunakan White Secret Brightening Eye Cream dari Wardah sejauh ini membantu untuk moisturize area lingkaran hitam di bawah mata dan kesannya jadi lebih sehat dan lembut aja kulitnya. Lumayan lah karena awalnya nggak expect apa-apa.

Lain-Lain

1. Ebright Skin

Paket perawatan wajah untuk kulit berjerawat dengan Ebright Skin ini saya cocok, namun untuk harga belum affordable hahaha. Untuk review lengkapnya dapat dibaca di Ebright Skin

2. Menyusul 

Sebetulnya masih ada produk lain yang belum dicoba yaitu Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum, Aubree Even Brighter Day Cream, Aubree Centella Herb Serum, dan Aubree Niacinamide Skin Booster. Nanti akan update di sini kalau sudah dicoba dan terlihat bagaimana hasilnya. 

Yang pasti agar skincare bisa bekerja secara optimal sih perbaiki dahulu gaya hidup, yang mana ini yang susah hehe. Tapi kalau udah motivasiin diri biar biaya yang dikeluarkan nggak sia-sia dan hasilnya ada (minimal sebanding lah ya hihi) jadi semangat lagi biar punya kulit wajah yang sehat. Kalau ada saran produk yang mantul untuk bekas jerawat, boleh tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa di postingan berikutnya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

19 comments

  1. Banyak juga ya Mbak produk skincare ternyata, aku cowok mah ga tahu apa-apa, haha. Coba kupelajari lagi deh buat rekomendasi istri. Kadang memang gaya hidup dan stres turut memengaruhi ya karena kondisi kulit bisa merespons kondisi mental/pikiran. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Lengkap sekali reviewnya, Mbak. Jenis kulitku juga berminyak dan berjerawat. Masa puber dlu agak ribet ngerawat kulit jenis begini, apalagi aku alergian juga. Salah makan dikit langsung gatal & merah kulitnya.
    Satu hal tapi yg gak boleh dilupain. Bukan sekadar masalah skincare aja, wajah sehat memang harus dimulai dari rajin membersihkan dlu sejak remaja, minimal 2x sehari. Klo itu udah rutin, insya Allah makin bertambah umur tetap keliatan kok sehatnya. Semangatt pilah-pilih skincare yg cucok, yakk.. :)

    ReplyDelete
  3. Produk skincare untuk jerawat banyak macamnya ya, jadi kita bisa pilih yg cocok dg jenis kulit kita. Trima kasih utk sharingnya

    ReplyDelete
  4. uwaaaaaaah aku pengen nyobain lacoco
    kalau untuk moisturizer aku masih pake herborist sih sebelum tidur
    tapi pengen nyoba dan bandingin sama lacoco

    btw fotonya keren banget
    mau kucontek deh
    makasih ya inspirasinya

    ReplyDelete
  5. Dulu aku sering denger pake produk itu satu merek saja. Tapi ternyata sekarang kenyataannya gak masalah ya mbak, masker merek ini, facial wash merek itu. Asal memang cocok dan sesuai kebutuhan kulit kita.

    ReplyDelete
  6. Scarlett ini lagi happening banget ya. Banyak loh yang pakai dan mereka bilang its good.

    Maunya nyobain yang ever after serum, tapi tunggu skincare yang biasa aku pakai habis dulu. Baru deh eksekusi 😎

    ReplyDelete
  7. Daku juga ada jerawat kecil di deket pipi bawah, jadinya daku nggak pakai krim malam. Kalau yang krim siangnya malah pakai sunscreen aja haha. Maskerannya pengen coba yang itu

    ReplyDelete
  8. Jadi penasaran sama sleeping mask Lacoco.
    APalagi udah direkomendasiin sama Suhay-lah salim! hehe

    ReplyDelete
  9. Untuk Scarlett Acne Serumnya aku cocok banget. Pokok andalan kalau jerawat lagi nongol. Himalaya aku pakek scrub wash-nya. Sedangkan yang lainnya aku belum coba. Sebenarnya penasaran sih, sama Lacoco.

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak sekali rekomendasi skincare nya. Aku bantu rekomendasi kan ke temen-temen ya.

    ReplyDelete
  11. banyak juga yaa rekomendasi agar kulit tetap glowing, untuk cwok sperti sya palingan facial wash aja sih. Soalnya nungguin doi makaikan muka sya jadi glowing dengan segala skincarenya hmm

    ReplyDelete
  12. wow juga ya kalau pengen cantik dengan perawatan skinker. Saya pribadi mengenal skinker sejak punya anak. Dulu enggak paham sama sekali. Seiring bertambahnya usia merasa butuh akhirnya mengenal satu persatu. Tapi ya enggak sedetail ini juga, hehehe. Keren mbak reviewnya jadi tahu deh saya macam-macam skinker ^_^

    ReplyDelete
  13. Mau sleeping masknya lacoco, udah lama penasaran tapi belum kesampaian aja... Dipakainya setiap malam kaya moisturizer?

    ReplyDelete
  14. Wah, rekomendasinya banyak banget ya. Aku tu termasuk yang referensinya dikit untuk masalah perskincare-an. Jadi merasa terbantu baca ulasan seperti ini. Saya kebetulan penyuka serum. Karena dipakai langsung meresap.

    ReplyDelete
  15. Sekarang-sekarang ini saya lagi rajin merawat wajah pakai berbagai skincare dan memang hasilnya lumayan wali belum maksimal. Beberapa yang disebutkan di atas saya juga pakai.

    ReplyDelete
  16. penasaran sama sunberry yoghurt kiwi, duuu jadi pengen beli hihi
    sementara ini saya gak suka skincare an, ish males bener ya ^_^

    ReplyDelete
  17. Rekomendasinya kaya sekali kak... Merek yang memang di luar iklan televisi ya. Namun, sudah terbukti oleh pelanggan.
    Skincare komplit nih, cocok bisa aku rekomendasikan ke adikku yg lebih cenderung jerawatan.

    ReplyDelete
  18. Aku paling cocok sama Senka tuh mba, setepah pakai wajah berminyak ku hilang, yg lainnya blm pernah cobain sih

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)