Tempat Makan Legendaris di Pontianak, Destinasi yang Pas untuk Si Kuliner Hunter

Pontianak merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Menjadi ibu kota, sarana dan prasarana dari kota yang dilalui garis khatulistiwa ini cukup lengkap, termasuk juga dengan alat transportasinya. Untuk jalur udara, Pontianak sudah menyediakan Bandar Udara Internasional Supadio yang dahulu dikenal sebagai Bandar Udara Sei Durian. Sebagai bandara internasional, tentunya telah melayani penerbangan domestik dan internasional. 

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke Pontianak jalur udara, pilihan maskapai cukup beragam. Untuk kelas Low-Cost Carrier (LCC), Air Asia menjadi maskapai terbaik yang disarankan. Harganya terjangkau, sering membagikan promo, dan pemesanannya gampang. Bisa melalui aplikasi booking tiket secara online melalui Traveloka. Pesan tiket Air Asia di Traveloka, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

Membahas Pontianak, memang banyak destinasi wisata di dalamnya. Tapi yang paling banyak direkomendasikan adalah wisata kuliner. Karena memang tidak sedikit tempat makan legendaris di Pontianak. 

Warung Kopi Asiang, 1958 

kopi asiang pontianak
credit: travelerien.com

Saat kamu bertanya tempat kuliner apa yang kondang di Pontianak, Warung Kopi Asiang pasti masuk ke dalam salah satu daftarnya. Tempatnya sudah ada sejak 1958 dan sampai sekarang tidak pernah sepi dari pembeli. Salah satu yang khas di tempat ini adalah kamu bisa melihat secara langsung Yohanes Fendi atau Koh Asiang meracik kopi dengan bertelanjang dada. 

Kopi ini akan disuguhkan di cangkir keramik khas China. Untuk teman makan, biasanya orang-orang akan memesan kue bingke. Nah, alamat Warung Kopi Asiang ini berada di Jl Merapi, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan. Jam operasionalnya mulai dari pukul 04.00 WIB sampai 16.00 WIB 

Mie Tiaw Apollo, 1968 

Lokasi lainnya yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Mie Tiaw Apollo. Tempat makan legendaris ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1968 lalu. Seperti namanya, menu utama di tempat ini adalah mie tiaw yang rasanya makin nendang saja saat dimakan dengan potongan daging sapi. Saat disajikan, bentuknya nyemek dengan kuah telur dan ada sawi plus toge untuk yang kuah. Jadi kombinasi rasanya memang mantap. 

mie tiaw apollo
credit: @kulinerkalbar

Terdapat banyak pilihan mie tiaw di tempat ini, misalnya saja mie tiaw goreng babat, mie tiaw daging sapi, mie tiaw kuah, dan lain-lain. Alamatnya sendiri berada di Jl. Patimura No. 63, Darat Sekip, Pontianak. 

Rumah Makan Ayong 999, 1994 

Salah satu menu yang paling kondang di tempat ini adalah nasi telurnya. Orang yang memopulerkan nasi telur yang lezat ini adalah food vlogger kenamaan Nex Carlos. Sebenarnya, bahkan sebelum diviralkan oleh Nex Carlos, tempat makan ini memang sudah kondang menjadikan menu yang nikmat. 

Selain nasi goreng telur, ada kwetiau, sampai dengan nasi goreng. Harganya cukup terjangkau sehingga kamu tidak akan mengeluarkan banyak uang. Alamatnya berada di Gang Gajah Mada No. 15, Benua Melayu Barat, Pontianak. Jam bukanya mulai dari pukul 04.00 hingga 23.00 WIB. 

Warung Nasi Mak Etek, 1990 

Sementara bagi yang ingin makan nasi legendaris dan enak adalah Warung Nasi Mak Etek. Menu andalan di tempat ini adalah ikan bakar yang terbuat dari kakap merah, tenggiri, dan juga baronang. Selain ikan bakar menu lain seperti gulai ikan juga bisa dicoba. 

Untuk alamatnya sendiri memang cukup tidak biasa dikarenakan terletak di tengah pasar. Meski begitu tak menyurutkan minat para pembeli. Lokasi tepatnya berada di Jl. Putri Dara Nante, Sungai Bangkong, Pontianak Kota. Sementara jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00-22.00 

Jika kamu merupakan traveler yang suka hunting kuliner, Pontianak menjadi salah satu yang kota yang bisa masuk dalam daftar. Selain banyak menyuguhkan tempat makan legendaris, tempat makan kekinian juga tidak ketinggalan.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

1 comment

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)