11 Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Mengelola Blog

Ini adalah tulisan lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul manfaat mengelola blog. Masih sama dengan postingan sebelumnya, isi dari tulisan ini selanjutnya merupakan hasil dari pengalaman pribadi selama ngeblog dan saya masih dalam tahap proses belajar. Semoga nantinya hal sedikit yang bisa saya tuliskan di sini dapat menjawab apa saja yang kiranya perlu dipelajari dan diperhatikan dalam tak sekadar memiliki blog, yaitu merawat dan mengelolanya. Jika nantinya ada yang ingin berbagi juga perihal topik ini, feel free banget untuk berbagi di kolom komentar.

kegiatan blog ilustrasi
pict: StartupStockPhotos, pixabay

Blog ini saya bangun tanpa target untuk lekas-lekas mencapai pencapaian, jadi memang sengaja untuk dijadikan comfort zone untuk belajar tanpa paksaan dan sesukanya.  Untuk itu untuk beberapa hal, saya mengetahuinya lebih lambat dari pada yang memang mempunyai target. Namun bukan berarti di situ-situ aja dong, untuk progres ngeblog biasanya saya tulis di label BLOG dengan judul Perombakan atau Optimasi Blog. Lagi pula, blog itu dinamis sehingga perlu sering-sering trial and error dan perlu waktu untuk hasil yang maksimal dan permanen.

Nah setelah menyebutkan keuntungan memiliki blog pada postingan sebelum ini, maka biar imbang berikut hal yang wajib diperhatikan dalam mengelola blog.

1. Hasil Membutuhkan Kesabaran & Kekonsistenan 

Buat yang menyukai proses secara cepat dan instan, maka blog kurang cocok untuk diajak berproses tanpa menikmatinya. Apalagi pesaingnya banyak, misalnya media online, konten yang disajikan dalam bentuk visual misalnya video, maupun blog-blognya para mastah SEO. Ets jangan merasa kecil dan minder dahulu, konten blog itu menurut saya lebih unik karena isinya lebih detail, jujur, dan segmented khusus ke pengguna. Jadi nih kalau sudah terbiasa menulis, biar blognya dinilai lebih terpercaya dan tak dipandang sekilas saja maka lakukanlah optimasi.

Artikel terkait:

2. Memperhatikan Keamanan dan Kesehatan Blog 

Saking asyiknya menulis buat konten blog, jangan lupa untuk perkokoh lagi blog dengan memperhatikan keamanan dan kesehatan blog. Misalnya DMCA untuk menghindari pencurian tulisan kita, SSL untuk mengamankan saat pertukaran data, dan rutin mengecek apakah ada link di blog yang mati sehingga dapat memperburuk kesehatan blog

3. Hati-Hati dalam Menggunakan Jasa Optimasi 

jasa optimasi blog
pict: jmexclusives, pixabay

Seringkali waktu dan ilmu kita terbatas jika ingin upgrade blog ke arah yang lebih baik. Misalnya ingin menggunakan template unik, ingin mempercepat loading blog, ingin memiliki ranking blog yang lebih baik, dan sebagainya. Jasa-jasa ini tersebar banyak di internet maupun grup-grup bloger, namun lagi-lagi perlu hati-hati sebelum melakukan pembayaran.

Sebaiknya pilih pada kenalan bloger yang membuka jasa tersebut dan memang terpercaya dengan melihat dahulu portofolio yang ia kerjakan atau membaca testimoni dari pembeli sebelumnya. Risiko jika tak hati-hati ini tentu saja bisa berakibat fatal, misalnya blog rusak, hilang, dianggap spam, atau kerugian materil.

4. Punyai Ciri Khas/Branding Tersendiri 

Dalam menulis rasanya akan kurang jika tidak memiliki alur gaya menulis kita sendiri yang unik dan yang membedakan dari tulisan lain. Bagaimana kita berbicara melalui tulisan juga salah satu faktor orang bisa berlama-lama bermain di blog bahkan menjadi subcriber. Branding dalam ngeblog bukan hanya juga selalu dalam bentuk tulisan, namun siapa juga kita dalam menuliskan sesuatu di luar topik biasanya.

5. Ikuti Komunitas Bloger yang Suportif 

Untuk bisa belajar lebih cepat dan motivasinya jadi terjaga, enaknya memang mengikuti komunitas bloger yang suportif. Maksudnya adalah komunitas tersebut aktif dan juga dapat membuat kita berproses lebih dari hanya belajar secara sendiri. Manfaat mengikuti komunitas bloger juga banyak, seperti mendapatkan kesempatan untuk kerja sama dengan klien/brand, mengikuti event bloger, terbentuknya kolaborasi baru, dan sebagainya.

6. Belajar Berani Keluar dari Bubble 

Ada dua kemungkinan saat kita sedang merasa stuck atau bosan ngeblog. Kalau tidak sedang merasa kelelahan dan membutuhkan jeda, kemungkinan lainnya adalah tahu sedang terjadi pergolakan dalam niat melakukan sesuatu dalam blog. Kemungkinan kedua dapat memunculkan keraguan apakah akan memilih tidaknya, hal ini berhubungan dengan bagaimana kita bisa berani mengambil keputusan tersebut misalnya rebranding, membuat blog kedua karena memisahkan dari yang personal dengan yang umum, beralih niche, dan sebagainya.

Menurut saya, bagaimana mengambil keputusan selain didasari dengan keberanian namun juga keyakinan. Tak perlu mengukur dahulu sampai jauh ke depan karena terlalu banyak pikiran malah jadi beban langkah, jadi jika menurutmu itu baik dan melangkah lebih jauh, lakukan saja.

7. Menjaga Hubungan Baik dengan Klien 

kerja sama blog
pict: geralt, pixabay

Kerja sama dengan klien jangan sampai hanya sebatas transaksional, jaga hubungan baik dengan klien dengan menjadi komunikatif sehingga meninimalisir terjadinya salah paham. Bisa jadi juga dengan menjadi bloger dengan kualitas blog yang baik dan beretika, maka kemungkinan untuk direkomendasikan atau kerja sama lanjutan itu ada.

8. Belajar Berani untuk Bernegosiasi 

Seiring dengan naiknya kualitas blog dan tulisan dalam blog, tentunya ingin dong menaikkan rate card agar setidaknya memiliki patokan harga yang sesuai. Memang sih keberanian di sini adalah bagaimana kombinasi kita telah benar-benar meningkatkan kualitas blog dan juga bagaimana bernegosiasi dengan klien. Kalau ditolak? Ya tidak apa-apa kalau untuk belajar, semakin kualitas blog terbentuk maka harga yang kita inginkan lama-lama bisa terwujud.

9. Membagi Waktu untuk Prioritas

Seringkali terlalu asyik 'bermain' blog, jadi sampai lupa akan hal-hal lain dalam kehidupan di luar itu. Terlihat sederhana sih ini, namun berdasarkan pengalaman terlalu asyik sampai sering begadang ini juga berakibat efek samping. Ya tentu saja sih, selalu ada peningkatan dalam blog namun juga ada efek lain misalnya kurang tidur jadi mood terganggu, menomorduakan hal yang lebih penting, dan anehnya justru kadang jadi minder karena merasa tak pernah baik padahal sudah menghabiskan banyak waktu. Nah, bahaya kan?

Jadi menurut saya, enjoy aja ngerjainnya dan diberi batas waktu. Selain jadi nggak gampang bosen, hal lain juga turut berkembang dan nggak terjebak di zona nyaman itu-itu aja.

10. Izinkan Diri untuk Berproses 

Saya selalu menulis bagian ini apapun bentuk belajar maupun latihannya. Selalu izinkan diri untuk belajar dengan melakukan kegagalan, kesalahan, atau bahkan tak apa-apa jika tak secepat yang lainnya. Jangan langsung ingin melejit pada awal percobaan dan terus simpan rasa keingintahuan itu. Meskipun kita bisa saja memiliki banyak target yang ingin dicapai, pastikan juga kita juga sudah belajar siap jika hasilnya tak sesuai dengan yang diharapkan.

Atau jika mulai merasa kecewa pada diri sendiri karena mulai membandingkan dengan yang menurut diri lebih hebat dari apa yang selama ini dikerjakan. Kemampuan dan kapasitas antar satu bloger dan yang lainnya berbeda, ada yang memang full time, atau freelancer. Belum lagi faktor lain seperti bagaimana awal kita memulai apakah sudah langsung berada di komunitas atau lama solo-fighter dahulu, bagaimana awal pembentukan gaya tulisan yang dipengaruhi latar belakang. Hal ini dapat membantu untuk menyadari bahwa terlalu membandingkan diri tak baik karena dapat menghambat proses. Penting juga untuk terus mengingat tujuan awal ngeblog dan alasannya mengapa masih bertahan sampai sekarang. 

11. Penyesuaian Isi Blog Perlu Ditinjau Kembali

penyesuaian isi blog
pict: jmexclusives, pixabay

Kalau sudah lama ngeblog, jadi suka lupa memperbarui apa saja yang sudah sebaiknya diperbarui. Minimal setahun sekali lah ditinjau ulang kira-kira blognya kurang apa dan apa saja yang perlu diperbaiki. Gunakan kacamata pengunjung jika merasa kesulitan dalam meninjau atau bertanya pada teman bloger lainnya.

Nah kira-kira itulah 11 hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola blog. Sekali lagi jika ada hal yang perlu ditambahkan lainnya selain poin-poin di atas, bisa tulis opini di kolom komentar ya. Terima kasih telah berkunjung dan semoga 2021 segala harapan dan tujuan ngeblog tercapai!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

2 comments

  1. Ilmu blog lago yang sangat bermanfaat kak

    ReplyDelete
  2. Whaaaaa Fa. Mantap banget nih masukannya. Apalagi buat aku yang semi hiatus setahun lalu. Beberapa poin udah aku lakuin. Beberapa poin lainnya masih PR banget.

    Kece bangetlah ini.

    Semoga yang nulis artikel ini semakin banyak rejekinyaaaa 😁

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)