8 Manfaat dan Keuntungan Mengelola Blog

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Saat menulis artikel tips memilih domain blog kemarin, sebetulnya topik ini adalah pengantar sebelum memasuki topik utama. Namun ketika menyelesaikan bagian tulisan tips tersendiri ternyata sudah melebihi 1000 kata, untuk itulah kemudian dipisah agar bahasan juga fokus. 

Topik mengenai keuntungan dalam memiliki blog ini sebetulnya sudah saya tulis tipis-tipis di dalam label BLOG. Namun untuk lebih lengkapnya akan saya tulis di sini, tentunya karena juga pertimbangan pengalaman yang sudah lebih lama dari sebelumnya. Sekaligus juga, menjawab pertanyaan yang seringkali muncul yaitu "apa alasanmu ngeblog sampai sekarang?"

Keuntungan Memiliki dan Mengelola Blog

keuntungan memiliki blog
raw image taken from: Sara_Torda, pixabay

Tulisan berikut selanjutnya adalah menurut saya pribadi selama perjalanan ngeblog ini. Pun begitu juga karena blog ini merupakan blog personal dengan niche gaya hidup atau lifestyle, maka manfaat yang akan ditulis juga akan masih berhubungan dengan hal tersebut. Perlu ditulis seperti ini dahulu karena tujuan orang ngeblog itu beda-beda dan pengalaman antara satu dengan yang lainnya bisa jadi berbeda.

Sebetulnya dalam mengelola blog ini, tujuan yang mendasar dan tidak pernah berubah sampai sekarang adalah menyalurkan kesukaan dalam menulis, termasuk salah satunya menulis jelek atau tulisan yang jujur dari dalam hati. Seiring dengan perjalanan dan begitu juga perubahan, lama kelamaan juga menyesuaikan dan menjadi lebih rapi dari sebelumnya, setidaknya menurut saya. Perihal perjalanan tulis menulis dalam blog beserta kegundahan ini pernah saya tulis dalam postingan Menulis: Sebuah Usaha Membunuh Sepi dan Menjaga Akal Waras dan Catatan di Persimpangan Jalan.

Akhir 2019 lalu sebenenarnya saya mulai pesimis kalau blog akan kalah dari konten media sosial lainnya yang lebih simpel dan menarik secara visual. Namun ternyata pada 2020, tren blogging kembali meningkat bahkan muncul bloger-bloger baru. Keadaan yang serba online juga menambah variasi isi konten, komunitas bloger yang kembali berkembang, bahkan ramainya lomba blog tiap bulannya. Hal tersebut juga membuat tulisan para bloger meningkat kualitasnya, sehingga artikel di mesin pencari sering menjadi rujukan pula.

Baik melihat progres teman bloger lainnya maupun pengalaman yang dirasakan sendiri, berikut adalah manfaat dan keuntungan mengelola blog:

1. Sebagai Sarana Meningkatkan Keahlian Menulis 

Isi dari sebuah blog identik dengan tulisan dalam penyampaiannya dalam berbagi pesan, informasi, gagasan, opini, dan lainnya. Tulisan tahun 2015 dibanding tahun 2020 sudah pasti berbeda jauh entah struktur maupun substansi di dalamnya. Jika terus menekuni ide-ide dan membentuk menjadi tulisan, keinginan untuk menulis lebih bagus itu akan muncul sendiri. Selain itu, blog juga bisa menjadi sarana untuk belajar menulis sebelum misalnya mengirimkan tulisan-tulisan ke media online.

Menulis itu kan proses kreatif, dan melalui blog bisa menjadi medium untuk eksperimen mencoba banyak gaya tulisan. Misalnya bagaimana mereview barang, bagaimana membagikan opini dan keresahan, bagaimana membuat tulisan SEO, dan lain-lain. Meskipun namanya sama-sama menulis, bisa dibedakan sendiri tulisan sekarang dengan bulan atau tahun-tahun sebelumnya. Manfaat lain selain meninggalkan jejak ini, juga terkadang jadi mengingat kembali bahwa dulu ada masa-masa tertentu yang terlupakan dengan masing-masing pengalamannya.

Perlu ditekankan juga, sekalipun sudah lama ngeblog, kemampuan menghidupi tulisan itu juga bisa memudar jika tak terbiasa atau lama vakum. Keuntungannya lagi jika sudah terbiasa dan belajar perlahan, juga berhubungan bagaimana dalam menyusun struktur tulisan panjang dan nyambung dari satu topik ke topik lainnya.

2. Menambah Relasi dan Memperluas Jaringan 

Kita akan belajar lebih cepat jika berada di lingkungan yang tepat dan supportif, begitu juga bertumbuh dan belajar bersama melalui komunitas-komunitas bloger. Namun yang terpenting adalah bertambahnya relasi dari berbagai daerah dan beragam latar belakang pula. Bagi bloger yang berada di kota-kota besar juga biasanya diuntungkan dengan seringnya penawaran untuk hadir dalam sebuah event. Tak jarang juga banyak brand besar berkolaborasi atau partnership dengan bloger. Kalau sudah seperti ini, pasti selaras untuk terus meningkatkan kualitas blog.

3. Memanfaatkan Waktu untuk Menikmati Hobi Kreatif 

hobi kreatif blogging
ilustrasi: DarkmoonArt_de, pixabay

Kebanyakan bloger, awal memulai adalah memang menyalurkan kesukaanya dalam menulis. Biasanya nggak jauh-jauh dari profesi penulis buku atau copy writer. Namun yang pasti ada waktunya ngeblog ya hanya memang karena ingin ngeblog dan mencurahkan yang ada dalam pikiran aja. Rasanya ada yang kurang dan dirindukan jika sudah lama nggak ngeblog karena kesibukan di dunia nyata. 

Seperti yang kita tahu, memiliki hobi ini bermanfaat untuk mengisi waktu luang (bahkan jad produktif), membuat overthinking berkurang, dan menaikan mood. Ngeblog dapat menjadi peralihan akan penatnya realitas sehari-hari, dan bisa jadi berujung pada hasil tulisan-tulisan apik dan menyenangkan untuk dibaca. Yang penting hati merasa suka dahulu, perkara mendapat rezeki dalam bentuk apapun adalah hal lain.

4. Mendapatkan Tambahan Pendapatan

Sudah pasti, ketika kita melakukan apa yang disukai kemudian mendapatkan penghasilan dari sana maka hal tersebut jadi semakin menambah motivasi. Ada banyak sumber pendapatan bagi bloger, misalnya AdSense, job review, content placement, afiliasi, atau bahkan gabungan dari ternak blog. Kalau dari pengalaman saya pribadi, dapat menambah uang saku dan bahkan setahun terakhir dapat menopang pendapatan sementara. Karena belum lulus dan belum kerja tetap, sedangkan sudah tak mendapatkan beasiswa dan juga tak meminta orang tua, hal ini bagi saya sangat membantu meskipun nominalnya tak sebanyak bloger lain.

Blogging juga menurut saya cocok untuk mengisi waktu luang jika sedang mencari pekerjaan, peralihan dari pekerjaan satu ke pekerjaan lainnya, atau mulai menekuni bidang freelancer. Banyak juga beberapa bloger yang akhirnya menjadi full time blogger karena keleluasaanya dan waktu yang lebih fleksibel.

5. Sebagai Aset Digital atau Portofolio 

Mau menulis postingan organik maupun advertorial, saya selalu mengusahakan yang terbaik dan nggak asal-asalan. Soalnya sayang sekali jika blog hanya digunakan sebagai pajangan, padahal sudah membantu banyak hal dari hidup. Secara personal juga, tentunya kerja sama dengan brand tak akan terwujud tanpa bagaimana mereka mempercayakan blog ini. 

Melatih bagaimana menulis dengan baik dan menarik, bisa dijadikan sebagai portfolio yang berguna kelak. Wujudnya bisa bermacam-macam, seperti misalnya ditawari kerja sama dengan produk yang pernah kita ulas (bukan iklan), bisa dijadikan bukti untuk melamar posisi pekerjaan yang relevan, atau bahkan partnership. Terutama bagi yang menjadikan blog sebagai aset digital yang menghasilan pundi-pundi tambahan, nilai plus dalam tulisan ini harus ada.

6. Mendapatkan Informasi Baru yang Bermanfaat 

konten marketing blog
ilustrasi: DiggityMarketing, pixabay

Kegiataan ngeblog terutama saat ini bukan hanya sekadar menuliskan artikel, posting, dan selesai begitu saja. Nyatanya, untuk membuat satu postingan saja bisa membutuhkan waktu berhari-hari. Mulai dari menentukan tema tulisan, kerangka tulisan, riset kata kunci, membuat ilustrasi atau infografis, menerapkan SEO on page seperti alt text, permalink, internal link, struktur blog, mengelola analitik, dan belum lagi jika diikutkan dalam blogwalking.

Secara keseluruhan di atas saja, mau tak mau bloger akan belajar lebih dari sekadar menulis yang sebenarnya bermanfaat juga misalnya SEO, memaksimalkan gaya tulisan, memanfaatkan plugin-plugin yang ada, sampai bagaimana meraih tambahan trafik melalui akun media sosial yang dipunyai. Tak jarang juga karena saling berhubungan, banyak bloger yang juga ahli dalam konten marketing seperti di Instagram.

7. Membuka Pintu Rezeki Lainnya

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari ngeblog ini adalah sebagai jalan pembuka pintu rezeki lain. Saya melihat banyak bloger yang mendapatkan full time job karena awalnya memiliki blog sebagai portofolio. Kalau saya sendiri pernah lolos jadi volunteer kantor urusan internasional kampus bagian marketing dan media sosial karena menunjukan blog. Dari situ, banyak mimpi yang satu persatu diraih sekalipun latar belakang berbeda dan bahkan melalui blog.

Pun kala adanya anjuran untuk di rumah saja ini akhirnya banyak yang memanfaatkan blog untuk menambah penghasilan atau bahkan menjadikan blog sebagai sumber pendapatan utama. Blog bisa dimanfaatkan pula untuk promosi sebuah usaha, atau membuka jasa dari skill tertentu dan mendapatkan imbalan dari itu.

8. Keleluasaan Mengatur dan Mengelola Milik Sendiri

analitik blog
ilustrasi: StockSnap, pixabay

Hal lain yang terasa manfaatnya adalah bagaimana kita membuat sesuatu, namun pada akhirnya yang kita buat tersebut menjadi milik sendiri dan melihatnya bertumbuh seiring waktu. Pun misalnya juga kalau mengerjakan artikel di blog sendiri dengan link menuju ke website klien, maka tulisan tersebut tetap menjadi milik di blog sendiri. Lagi-lagi masih berhubungan dengan nomor empat, nantinya akan menjadi bentuk portfolio sekaligus menjadi aset digital.

Jika diibaratkan, poin ini seperti ungkapan "pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar." Cocok sekali juga bagi yang memang ingin mendapatkan penghasilan dari hasil yang dikelola sendiri dan memiliki kebebasan waktu maupun kebebasan tanpa perlu diatur orang lain karena semua berada di kendali tangan sendiri. Soalnya, kalau kita mengerjakan dari apa yang kita suka, sudah pasti prosesnya turut hidup dan juga rasa puasnya lebih besar.

9. Tempat Idealis Untuk Merawat Mimpi/Menemukan Makna

Sadar atau tak sadar, bagaimana orang bisa bertahan ngeblog adalah ketika entah sudah menemukan kenyamanan, menemukan alur tertentu, atau juga menemukan makna. Tanpa sadar, keinginan-keinginan akan blog untuk terus bertumbuh juga didasari oleh harapan, suka tiba-tiba saja membawa ke mana-mana. Melalui tulisan yang lagi-lagi tanpa sadar menjadi berulang-ulang di pikiran, blog bisa jadi wadah tersendiri untuk merawat mimpi-mimpi.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengelola Blog

Wow, manfaat dan keuntungan yang ditulis looks promising ya. Nah biar tulisan ini imbang tanpa hanya menunjukan keuntungan yang didapat jika memiliki dan mengelola blog, maka ada beberapa nih yang perlu diperhatikan—saya tulis sekalian agar tak merasa tertipu dalam berproses nanti. Namun karena postingan ini sudah cukup panjang, maka tulisan selanjutnya dapat diakses di link Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Mengelola Blog.

Terima kasih sudah mampir, dan semoga bermanfaat ya. Sejauh ini, apa manfaat blog paling besar bagimu?

12 komentar

  1. Informasinya sangat komplit kak tentang penjelasan manfaat mengelola blog,
    Kalo aku manfaatnya gak jauh dari yang udah di jelaskan di atas hehe

    BalasHapus
  2. Bener banget nih Mba, aku juga awalnya ngeblog itu untuk dijadikan semacam "diary" online dan ya tentu saja isinya jadi lebih banyak curhat tapi juga tidak menggunakan kata-kata bagus yang bisa dijadikan ilmu buat orang lain. Tapi, semakin lama semakin fokus dan jadi makin tau inginnya apa. Apalagi buat aku yang suka nulis, ngeblog emang mengasah kemampuan nulis banget.

    Part paling setuju itu adalah nambah relasi. Ngerasain banget dapat keluarga baru dan temen-temen baru di komunitas blog. Padahal gak pernah ketemu tapi bisa nyambung karena punya kesukaan yang sama 😊

    BalasHapus
  3. Menarik dan relatable banget informasinya :)
    Sama seperti mbak Tika, aku buat travel blog juga untuk diary online juga. Sekalian belajar menulis dan belajar bercerita haha
    Tahun ini aku berencana untuk lebih nyeriusin blog karena ternyata asik juga, apalagi komunitas blogger di indonesia ini yang seru. Kenalan dengan blogger-blogger lain pun juga asik hehe

    BalasHapus
  4. Semua keuntungan tsb di atas sudah pernah kurasakan semua. Alhamdulillah. Yang berasa bgt itu adalah pengembangan diriku, bisa dibilang aku bertumbuh bersama blog.

    BalasHapus
  5. salah satu yang dirasakan sekarang emang untuk mengelola hobi dan mengabadikannya secara digital, kebetulan dikit dikit kecipratan untuk penghasilan tambahan, lumayan buat bayar domain hehehehe

    BalasHapus
  6. Banyaaakkk dan segambreng banget manfaatnya
    pengin deh, meningkatkan kualitas diri dengan ngeblog secara konsisten
    Semangaattt semuanyaaa :D

    BalasHapus
  7. Bingung mau komen apa karena tulisannya uda cukup lengkap dan mewakili, kalo aku memang buat mencegah stres

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWK ya allah mbak Ruli ngakak aku tuuh, bener nih pereda stres apalagi jika mendapat cuan azig

      Hapus
  8. Jadi tambah semangat untuk mengasah kemampuan menulis, semoga blog pribadi bisa dikelola dengan baik,, biar hasilkan banyak karya dan manfaat

    BalasHapus
  9. Blog bagi yang suka menuliskan dan menyalurkan hobi literasi memang terasa sungguh pas yaa..
    Aku juga suka sekali bermain-main di dunia blogging ((dengan kesungguhan)) karena blogger selain menulis juga perlu banget mengasah hal-hal lain yang mendukung.

    BalasHapus
  10. alhamdulillah ya mbak bisa mendapatkan banyak manfaat dari blog. Sama sih dengan saya yang awalnya memang untuk menyalurkan hobi menulis dan berbuah manis karena bisa berpenghasilan melalui blog. Semangat terus mbak, semoga blognya bisa bermanfaat untuk semua pembaca, aamiin

    BalasHapus
  11. manfaat blog buat aku mah udah jelas: dapet penghasilan.
    ga bisa dipungkiri sih buat aku saat ini blog jadi sumber penghasilan utama aku pribadi soalnya

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.