9 Alasan Pentingnya Memberi Reward Kepada Karyawan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Anda yang memiliki perusahaan atau bisnis, pernahkah Anda merasakan prestasi karyawan Anda terasa datar atau jalan di tempat? Atau pernahkah Anda merasa capaian perusahaan atau bisnis Anda tidak meningkat? Jika ya, Anda mungkin belum atau kurang memberi reward kepada karyawan-karyawan Anda. Jadi saat bekerja, mereka kurang bersemangat untuk meningkatkan performanya.

Jika selama ini Anda kurang memperhatikan poin-poin dalam memberikan reward atau employee perks kepada karyawan, Anda harus mulai mengaplikasikannya pada perusahaan karena ada banyak alasan penting yang mendasari hal ini.

reward untuk karyawan
pict: megan_rexazin, pixabay

1. Membuat Karyawan Bahagia dan Lebih Produktif

Ini adalah alasan yang mendasar dalam memberi reward. Reward akan membuat karyawan-karyawan Anda bahagia saat bekerja sehingga menjadi lebih semangat dan produktif. Jika sudah produktif,  capaian perusahaan atau bisnis Anda akan meningkat karena performa yang meningkat.

Reward atau apresiasi ini tidak perlu berupa hal-hal yang terlalu wah. Pujian saja bisa membuat karyawan Anda tersanjung dan merasa dihargai atas pekerjaan yang dilakukan. Misalnya saja seperti ucapan “Good job”, “Keren!”, “Wow”, atau “Ide yang bagus!”.

Jika Anda dan perusahaan Anda mampu, reward ini bisa lebih banyak bentuknya. Dari mulai pemberian pelatihan atau training yang akan bisa membuat skill dan kemampuan karyawan meningkat, melakukan renovasi ruangan supaya karyawan jadi lebih nyaman dan betah, memberikan cuti liburan supaya para karyawan bisa refreshing dan kembali dalam keadaan segar bersemangat, memberikan bonus di luar gaji, memberikan promosi jabatan dan sebagainya.

2. Memberikan Kepuasan Kerja bagi Karyawan

Dalam bekerja, karyawan sering kali bingung dengan capaian kerjanya sendiri. Apalagi jika atasannya tak pernah memberi reward bahkan pujian. Nah dengan memberikan reward, karyawan akan merasakan kepuasan atas hasil kerjanya. So, kedepannya akan jadi lebih bersemangat lagi dalam bekerja sampai mereka merasakan kepuasan atas kerja keras mereka.

3. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

Dalam bekerja, karyawan butuh lingkungan yang kondusif agar bisa bekerja dengan maksimal dan enjoy di dalam melakukannya. Begitupun sebaliknya jika kondisi tak mendukung, maka mempengaruhi juga terhadap hasil kerja.

Untuk menciptakan kondisi yang seperti itu bisa dilakukan dengan memberi reward dengan persyaratan yang jelas dan tidak bias, sehingga karyawan bisa berkompetisi sehat untuk mendapatkan reward tersebut. Dengan begini, karyawan akan merasa lebih nyaman sekaligus terpacu ketika bekerja.

4. Reward Akan Mendekatkan Hubungan Atasan dengan Karyawannya

Dengan Anda sering memberi reward kepada karyawan Anda, maka akan terjalin hubungan yang lebih erat dan positif. Namun pun begitu bukan berarti membuat karyawan menjadi tidak sopan, melainkan dalam batas wajar dan profesional.

Jika sudah begitu, dengan sendirinya mereka akan memberikan effort terbaik pada pekerjaannya sekaligus sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri. Dan tentu, ujungnya hal ini akan membuat perusahaan atau bisnis Anda mengalami peningkatan.

5. Reward Akan Mengurangi Tingkat Pengunduran Diri

Anda pernah mengalami masa di mana banyak karyawan yang mengundurkan diri? Ini patut diwaspadai, sebab Anda akan mendapat kerugian yang besar karena meski banyak kandidat lain. Namun proses hiring bisa melelahkan dan orang baru nantinya akan belajar dari nol lagi tentang bisnis Anda. Akibatnya proses pekerjaan pun akan mengalami delay dan penurunan efektivitas dalam operasional.

Penyebabnya bisa sepele, yakni karyawan Anda merasa tidak dihargai. Maka dari itu mulai sekarang,  adakanlah pemberian reward supaya karyawan betah dan memberikan kinerja terbaiknya untuk perusahaan atau bisnis Anda.

6. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

prestasi karyawan
pict: mohamed_hassan, pixabay

Memberi reward kepada karyawan akan membentuk reputasi perusahaan atau bisnis Anda. Contoh nyatanya bisa terjadi saat karyawan Anda memberikan rekomendasi atau citra positif pada orang lain terhadap perusahaan Anda.

Bukan hanya soal gaji, tapi soal pemberian reward sebagai apresiasi dan penghargaan terhadap effort karyawan. Word of mouth seperti ini memiliki impact yang lumayan besar terhadap reputasi perusahaan atau brand Anda lho!

7. Memicu Karyawan Mewujudkan Goals Perusahaan

Hal ini sudah pasti, dengan mereka merasa dihargai, mereka akan memberikan kinerja terbaiknya. Termasuk dalam hal mewujudkan goals perusahaan atau bisnis Anda, bahkan tanpa Anda minta sekali pun.

8. Membuat Karyawan Menjadi Lebih Loyal

Memiliki atasan yang rajin memberi reward tentu akan membuat karyawan betah. Mereka tak akan  terpikirkan untuk resign dari perusahaan tersebut dan cenderung akan bekerja maksimal. Bisa juga mereka akan tak segan-segan untuk membantu promosi baik itu produk atau pun yang lainnya. Dan hal ini mereka lakukan dengan sukarela tanpa paksaan karena didasari perasaan bangga dan bahagia menjadi bagian dari tim perusahaan Anda.

9. Memotivasi dan Menciptakan Iklim Kompetisi yang Sehat

Saat Anda memberikan reward kepada seorang karyawan atas kinerjanya yang bagus, maka karyawan lain pasti akan merasa tertrigger dalam artian yang positif. Jadi nanti mereka akan terdorong melakukan kerja secara maksimal juga agar bisa mendapat reward yang sama.

Nah jika keadaan seperti ini terus terjaga maka semua karyawan akan berlomba-lomba untuk melakukan kerjanya dengan maksimal. Dengan begitu maka iklim kompetisi yang sehat akan tercipta di perusahaan Anda.

Itulah 9 alasan pentingnya memberi reward terhadap karyawan Anda. Intinya, kesemuanya membuat karyawan Anda dan loyal dengan perusahaan.

Anda bingung soal pilihan reward yang menarik untuk karyawan Anda? Tak perlu bingung karena Anda bisa menggunakan layanan dari TADA untuk membuat berbagai employee perks yang keren dan menarik dengan mudah. Anda juga bisa merancang sendiri reward dalam perusahaan Anda jika memiliki resource yang cukup. Semoga informasi ini bermanfaat!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

2 comments

  1. Pas masih kerja dulu, aku beruntung kerja di perusahaan yg memperhatikan kesejahteraan karyawan. Ga segan utk ngasih rewards ntah itu Bonus ATO jalan2 ke LN.

    Bener sih, itu bikin karyawan makin semangat kerjanya juga makin loyal. Perusahaan suamiku LBH berani dlm hal menahan staf2 nya yg bagus. Bonus yg diksh bisa 5x gaji, tapi dgn catatan staff harus tetep di perusahaan itu minimal 2 THN. Gpp sih, suamiku ambil akhirnya, walo jadi terikat ga bisa pindah2 sampe 2 THN :D. Krn dulu dia tiap bbrp tahun, pasti dpt tawaran Mulu dari bank2 lain. Cuma di bank yg skr, dia lebih lama Krn merasa memang suasana kerjanya kondusif.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)