Mengenal Berbagai Tahapan Dalam Proses Produksi Kegiatan Ekonomi

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Sekarang ini, banyak berbagai tahapan dalam proses produksi yang wajib diketahui dan dilakukan oleh para pelaku kegiatan ekonomi. Nah, untuk mengetahui apa saja tahapan proses produksi tersebut, mari kita simak pembahasan artikel berikut ini.

Tahapan Dalam Proses Produksi Kegiatan Ekonomi

Tahapan Proses Produksi
Photo by Gustavo Fring / pexels

Banyaknya kegiatan ekonomi menjadikan masyarakat dituntut untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dan pastinya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan diimbangi berbagai strategi yang tepat dan sesuai, akan membuat kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat berjalan maksimal dan sesuai tujuan yang diharapkan.

Proses produksi merupakan suatu proses yang penting dalam aktivitas kegiatan ekonomi. Adanya berbagai proses produksi akan membuat produk yang dihasilkan lebih dapat diterima dalam masyarakat. Namun sebaliknya, tanpa adanya tahapan proses produksi yang tepat dapat dipastikan konsumen tidak dapat menikmati suatu produk dan produk yang dihasilkan juga tidak akan sesuai dengan keinginan konsumen.

Penerapan berbagai tahapan proses produksi yang tepat ini sangat penting adanya. Mengapa demikian? Hal tersebut karena selain dapat memaksimalkan perkembangan suatu bisnis, adanya tahapan produksi ini juga penting agar produk yang hasilkan lebih sesuai dengan permintaan konsumen. Jika produk yang dihasilkan sudah sesuai nantinya akan berlanjut pada tahap distribusi, yang mana produk tersebut akan sampai ke tangan konsumen dengan baik dan berkualitas.

4 Tahapan Dalam Proses Produksi

Terdapat beberapa tahapan proses produksi dalam suatu kegiatan ekonomi. Dengan tahapan yang sesuai ini akan menjadikan suatu bisnis yang kita jalankan akan lebih optimal dalam perkembangannya. Nah, berikut merupakan 4 tahapan dalam proses produksi yang dapat kita ketahui:

1. Perencanaan (Planning)

Tahap pertama yang harus dilakukan dalam proses produksi yaitu perencanaan. Pada tahap ini berhubungan dengan rencana pertama yang harus dilakukan dalam membangun sebuah usaha. Tentunya dalam membangun sebuah usaha kita ingin usaha yang kita jalankan dapat berkembang dan berjalan dengan baik. Nah, langkah yang dapat dilakukan yaitu Anda dapat membuat perencanaan terkait dengan target konsumen, volume produksi, desain produk, bahan baku produksi, dan biaya yang dibutuhkan saat proses produksi. Dengan perencanaan yang baik seperti itu akan berdampak pada tahapan proses produksi yang selanjutnya.

2. Penentuan Alur (Routing)

Alur Kegiatan Produksi
Photo by Rachel Claire / pexels

Tahap kedua setelah selesai dilakukannya perencanaan yaitu melakukan penentuan alur produksi. Adanya alur dalam produksi merupakan hal yang penting, karena selain dapat mengarahkan proses produksi adanya alur juga dapat membuat proses produksi lebih runtut dan sesuai dengan ketentuan. Selain itu biasanya hal yang dibahas dalam penentuan alur ini berhubungan dengan bahan baku, misal proses alur dari bahan baku yang digunakan mulai dari pembelian bahan baku hingga bahan baku tersebut siap untuk dipakai dalam proses produksi.

3. Penjadwalan (Scheduling)

Tahap selanjutnya dalam proses produksi yang tidak kalah penting yaitu penjadwalan. Penjadwalan ini berhubungan dengan adanya jadwal saat proses produksi berlangsung. Tujuan dilakukannya penjadwalan ini adalah untuk memperhitungkan kapasitas produksi dan juga pengaturan jadwal jam kerja tenaga kerja agar lebih tertata.

Biasanya tahap pertama yang dilakukan dalam proses penjadwalan ini adalah membuat jadwal utama yang berisi keseluruhan waktu yang ada dalam proses produksi. Setelah proses penjadwalan berhasil dibuat dan diselesaikan baru kemudian akan dibagikan kepada para divisi yang menaungi setiap masing-masing bagian produksi. Sehingga jadwal produksi tersebut akan lebih teratur, dan dapat dijalankan oleh setiap orang yang bekerja.

4. Perintah Memulai Produksi (Dispatching)

Kegiatan Ekonomi Proses Produksi
Photo by Tiger Lily / pexels

Tahapan dalam proses produksi yang selanjutnya yaitu adanya perintah untuk memulai produksi. Biasanya perintah ini dilakukan setelah ditetapkannya perencanaan produksi. Pada tahapan ini juga merupakan awal proses produksi yang sebenarnya. Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini yaitu berhubungan dengan penyiapan barang-barang yang diperlukan, pemantauan alur kerja, pencatatan penggunaan mesin, dan intensitas peralatan yang digunakan dalam proses produksi.

5. Evaluasi

Evaluasi merupakan tahap terakhir dalam suatu proses produksi. Adanya evaluasi sama halnya dengan kita melakukan reset pada konsumen terkait produk yang kita tawarkan. Dengan dilakukannya evaluasi tersebut kita akan dengan mudah untuk mengetahui kebutuhan dan permintaan konsumen. Sehingga pada tahap ini cukup penting dalam menjadi kunci keberhasilan suatu usaha dan menjadi hal yang harus diperhatikan agar usaha yang dijalankan dapat sesuai tujuan utama yang dibuat.

Setelah dilakukan evaluasi kita akan lebih mudah dalam menentukan strategi apa yang dibuat untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu kita juga dapat mengevaluasi lebih lanjut terkait pembaruan atau inovasi yang dilakukan dalam produk agar lebih sesuai dengan kriteria konsumen. Dengan begitu tujuan utama usaha yang dijalankan akan dapat terwujud sesuai keinginan.

Sangat penting dalam memperhatikan berbagai tahapan dalam proses produksi, karena hal tersebut akan berpengaruh pada hasil akhir usaha yang Anda jalankan. Sehingga perlunya pemahaman khusus terkait apa saja tahapan yang dilakukan dalam proses produksi sangat perlu diperhatikan dan dicermati demi kelancaran dan perkembangan suatu usaha Anda.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.