The words. The thoughts. The journal.

May 29, 2018

Muse dan Sedang Bercandakah Tuhan?



Mungkin ini tulisan kesekian tentang Muse, seseorang yang saya kira tak akan saya temui dalam hidup saya—seseorang yang dalam angan adalah yang saya butuhkan, seseorang yang mendekati tokoh fiksi yang biasa saya baca. Baiklah, mungkin dalam tulisan ini saya agak susah merangkai kata-kata. Seperti apa kata dosen saya, tak semua yang dirasakan harus diungkapkan—diekspresikan dan kadang kau sesekali hanya rasakan dalam diam. Jadi terakhir ini saya lebih suka merasakannya dari pada menuliskannya, mencatatnya agar saya bisa terus mengingatnya tanpa tulisan, merawat ingatan.

Tentunya tulisan ini tak akan ada tanpa air mata, sakit, kekecewaan, luka, juga kebahagiaan yang sebenarnya. Saya pernah merasa jatuh olehnya, pernah merasakan kekecewaan yang mendalam juga karena saya rasa dulu dia hanya orang-orang repetisi yang mencoba mengisi hati saya. Saya sempat tak percaya karena kecewa, hingga pada akhirnya saya lebih memilih untuk menerimanya. Menerimanya dengan melepaskannya dengan jiwa yang bahagia dan lapang, bukan dendam. Namun saat saya sudah pada titik tersebut, alam semesta justru berkonspirasi. Dia kembali lagi, dengan segala rahasia yang dia ceritakan pada saya lebih dalam lagi.

May 28, 2018

Menjadi Bloger Tangguh: Harus Terus Menerus Belajar!

Halo, apa kabar?

Ada yang berbeda dari keeksistensian bloger dua tahun belakangan, yaitu tak lagi bersaing hanya dengan antar sesama bloger namun juga platform media lain. Ya, seperti yang kita tahu makin ke sini makin banyak orang-orang kreatif dengan membuat vlog, instagram influencer atau selebgram yang tentu saja lebih banyak mendapatkan audience dari pada susah payah membaca suatu informasi atau hiburan dalam bentuk teks seperti blog post.

Here we are! Sesuatu yang justru challenging buat bloger-bloger yang sudah lama berkecimpung atau baru yang tentu saja menolak untuk ditinggalkan. Dalam satu sisi, mungkin media bergrafis (bergambar dan bergerak) menandakan dua hal, baik atau buruk. Hal buruknya nih, apakah kesadaran membaca makin menurun karena seringnya ribut-ribut di kolom komentar? Hal baiknya adalah ada usaha yang lebih keras dari para creator ini seperti editing, konsep, gear atau alat-alat pendukung, hingga mix match baju. Nah apalagi poin terakhir, bloger nulis postingan pakai apa aja mah bebas nyahaha.

Kemudian keberadaan hal-hal yang gampang viral hanya karena mungkin perbedaan pendapat dalam konteks tertentu kemudian berakhir rundung secara daring. Hal yang mnenyeramkan ini cukup membuat saya beberapa waktu takut untuk ngeposting di blog, takut salah, dan seakan-akan tubuh ini dipaksa untuk bungkam! Benar-benar terasa ngerinya padahal rasa-rasanya dulu bebas sekali berekspresi.
May 27, 2018

Dear Blogger, Sudahkah Emailmu Bersignature?

Halo, apa kabar?

Wah, judulnya berantakan banget ya? Bisa-bisa disemprot Uda Ivan Lanin nih. Baiklah, biar nggak seberantakan itu diperbaiki aja di postingan ini ya, jadinya:

“Teruntuk Bloger, Sudahkah Pos Elektronikmu Bertanda Tangan?”

Mantap, udah kaya judul skripsi aja pake revisi segala. Skip, balik ke bahasan. Akhirnya ada postingan tutorial lagi di blog ini, mungkin beberapa surelnya udah punya signature tapi bolehlah bagi-bagi info buat yang belum tahu atau yang masih biasa aja. 

Nah, saya sendiri baru-baru kemarin pasang mailsign, yang kemudian ternyata menurut saya jadi hal yang lumayan penting. Alasan lainnya juga sederhana aja sih biar terlihat bahwa kita nggak main-main sebagai bloger atau profesional, kan bisa jadi salah satu bentuk terus belajar juga dalam blog. Eh, ini juga berlaku selain bloger juga sih pokoknya yang berhubungan dengan konten di sosial media. Kalau udah mulai dilirik agensi buat kerja sama, masa iya sih kita bakal biasa-biasa aja? Mailsign ini bisa jadi salah satu branding loh biar yang ngajak kerja sama bisa balik nawarin atau bahkan mempertimbangkan lamaran kita.

Dan ini kira-kira tampilannya:


May 23, 2018

Lengkapi Kebutuhan Dengan Promo Ramadan Ekstra



Halo, apa kabar?

Bagaimana puasanya? Kudu tetap bugar dong sampai hari terakhir, kalau kata netizen sih kudu anti loyo loyo club nyahaha. Oh iya, sebelumnya udah baca tentang Ramadan Ekstra belum? Kalo belum baca dulu gih karena ada hubungannya sama postingan ini. 


Nah, udah baca? Kan seperti yang kita tahu di Bulan Ramadan ini tentu saja banyak tawaran-tawaran menarik dari online marketplace, salah satunya ya Tokopedia ini. Dan sesuai postingan sebelumnya atau bahkan promo-promo yang ada di Internet, ternyata yang mereka tawarkan ini lebih banyak dan bervariasi dari yang saya bayangkan. Kirain kan cuma gratis ongkos kirim atau diskon sekian persen, tapi dugaan saya salah dan justru Tokped ini banyak menawarkan promo namun hanya 2 hari nanti tanggal 24-25 Mei 2018. Jadi, buruan tuh yang banyak daftar kebutuhan buat nanti persiapan hari raya atau stok selama Bulan Ramadan jangan lupa pantengin.

Seheboh apa sih yang ditawarkan Tokopedia. Nih, saya kasih beberapa promo menariknya ya. Nyesel banget sih kalau ketinggalan atau nggak ikutan.
May 21, 2018

KKL dan Jiwa Yang Terlalu Muda Untuk Mati

Halo, apa kabar?

Seharusnya postingan ini udah terbit semingguan yang lalu karena masuknya ringan, tapi apa daya keganggu sama hal-hal lain. Yap, Kamis-Sabtu 10-12 Mei lalu saya berangkat Kuliah Kerja Lapangan atau biasa dikenal sebagai KKL sebagai mata kuliah. Kalau jurusan lain sih terutama eksak biasanya durasinya 1-3 bulan, entahlah kalau Sasing ini cuma paling 3 hari hampir mirip sama study tour atau kunjungan industri.


Destinasi yang dituju sendiri adalah The Jakarta Post, Kompas, sama @America. Awalnya malah ke Bandung lah, Google, ke Kemenlu lah, dan lain-lain tapi karena waktunya udah mepet dan cuma narget sehari akhirnya cuma dapet itu. Baiklah, akhirnya di tengah masih hecticnya tugas, Kamis malam kita berangkat menuju Jakarta. Sempet kepikiran sih kok ya selama SMP, SMK, dan Kuliah ke Jakarta mulu, sama sekali belum pernah ke Bali kaya sekolah-sekolah kebanyakan tapi nggak papa dong irit nyahaha. Soalnya, duduk di bis semaleman aja pegelnya luar biasa. Belum lagi antisipasi mabuk darat dengan minum pil dan sirup antimo, udah tuh rasanya tidur kaya dibius bahkan sampe di kantor Jakpost.
May 19, 2018

Running Songs Playlist



Beberapa minggu ini saya lagi suka lari, lari beneran bukan lari dari kenyataan ya. Menyadari bahwa tubuh ini butuh gerak, butuh didukung kesehatannya agar tetap segar bugar, dan semakin sedikitnya waktu mau nggak mau harus melakukan olah raga. Iya, harus dipaksa dulu. Pas awal semester sih emang udah ngedaftar niatan buat rutin lari, tapi baru terlaksana setelah setengah semester berjalan itupun setelah diajak beberapa kali dulu, baca twit-twitnya Bang Usam bertema lari, sama nekat ikut Purwokerto City Run 2 biar ada alasan lari. Iya senekat dan semalas itu, terus sampai nyopot Instagram juga dong biar lebih bahagia, nggak gegoleran mulu, dan berhenti ngebanding-bandingin nyahaha oke sip.

Setelah penuh drama dan akhirnya tergerak juga, perlu gear biar makin semangat. Gear itu adalah musik! Iya, ternyata selain bisa nambah semangat, bisa ngeredam suara langkah juga jadi makin jauh larinya. Tanpa berlama-lama lagi berikut daftar lagu yang enak buat dibawa lari:

May 18, 2018

Cara Mudah Membeli Tiket Kereta Api Online Dengan Harga Murah

Halo, apa kabar?

Ngomongin transportasi darat, tentunya nggak bisa jauh-jauh dari moda transportasi favorit orang-orang saat ini dengan banyak pertimbangan tentunya. Mahasiswa atau pekerja rantaupun bisa menikmati perjalanan dengan tenang dengan harga yang terjangkau, atau bahkan budget backpacker seperti saya ini. Rasanya menyenangkan tiap kali datang dan pergi dari stasiun dan merasakan suasananya. Namun karena kesibukan setiap orang yang pasti berbeda-beda, nggak semua orang memilih memesan tiket kereta api secara langsung di stasiun karena butuh waktu yang lebih banyak dari pada memesan secara online, belum lagi kalo pengin reschedule

Biasanya, jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, calon penumpang harus memesan tiket lebih awal. Apalagi untuk keberangkatan pada hari lebaran buat para pemudik, kudu memesan beberapa minggu sebelumnya biar dapet kursi dan juga harganya lebih miring. Keuntungan yang lain pastinya kalau jumlah penumpang banyak, bakal lebih hemat juga—untung-untung dapet diskon. Nah kemudian, saya ada langkah-langkah dan tips nih buat pesan tiket kereta api secara online apalagi untuk pemula:
May 14, 2018

Maknai Kebersamaan di Hari Raya Dengan Baju Seragam Keluarga

             Halo apa kabar?

Tak terasa di tahun 2018 ini sudah akan memasuki Bulan Ramadan, ayo udah ada persiapan? Kalau udah ada, ancang-ancang apa aja nih kira-kira? Yang pasti kudu ningkatin kualitas ibadah dengan sungguh-sungguh dong. Tentu saja urusan ibadah disimpan masing-masing aja ya, jangan lupa dicatat biar nggak lupa hihi. Dan Bulan Ramadan biasanya sekaligus sebagai momen kebersamaan, bersama keluarga, apalagi yang udah merantau dan disibukkan oleh pekerjaan, udah pasti jadi momen yang sangat dinantikan kan?

Nah, sesudah melalui satu bulan ibadah dengan sungguh-sungguh, nggak mau dong momen hari raya juga biasa-biasa aja. Memang sih, yang penting adalah kebersamaanya namun tentu saja tak mau dilewatkan begitu saja bukan? Yap benar, kudu tetep butuh dokumentasi apalagi era sekarang, mau ambil foto sebanyak apapun mah udah gampang, nggak perlu lagi repot-repot pakai kamera digital. Terus dalam satu bingkai foto, kurang mantep juga dong kalau nggak kompakan. Dan yak, jawabannya adalah seragam baju lebaran keluarga!

May 07, 2018

Ramadan Ekstra dan Bijak Dalam Berbelanja

Halo, apa kabar?

Alhamdulillah, sebentar lagi memasuki bulan Ramadan yang pasti sangat dinantikan oleh umat Muslim. Bulan di mana bersama-sama menyucikan diri kembali, dan juga bulan yang tepat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi baik rohani maupun jasmani. Banyak sih yang bilang kenapa sih harus menunggu bulan Ramadan, padahal berbuat baik kan bisa dimulai dari kapan aja? Nah, dari pada pusing memperdebatkan hal tak tak ada ujungnya itu, mending mulai ngerinci kegiatan yang bakal dilakuin pas Bulan Ramadan nanti, iya kan? Jangan lupa berdoa biar kebiasaan baiknya terus berlanjut dong jangan pas Bulan Ramadan aja, hihi.


 Misal nih, tahun ini kudu punya semangat Ramadan Ekstra misalnya khatamin Alquran 30 juz, pahami isi Alquran dengan artinya, ngafalin asmaul husna, atau surat-surat yang lumayan panjang. Kalau kata mama saya sih, waktu beliau kecil anak-anak dahulu tuh malah bisa nyelesein Alquran bisa lebih dari sekali, kan masa sih mau kalah nih? Kan dari pada cuma menunggu jam maghrib dengan skroling lini masa aja? Eits, nggak susah kok hal-hal di atas apalagi sekarang jamannya media, kan bisa liat video di internet aja kalau mau ngafalin—asal sumbernya terpercaya nih, kudu tetep hati-hati ya.