Pengalaman dan Tips Mendapat Beasiswa Dataprint 2019

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Helo guiesse, gimana kabar?

Telah berada di semester dewasa membuat saya agak mikir gimana caranya mendapatkan dukungan dana pendidikan sekaligus challenge buat saya ikut seleksi lagi. Namanya juga telah memilih, harus paham ada resiko dan konsekuensi. Kalau misal ambil seleksi yang di kampus semacam Bank BTN, BI, Djarum udah nggak mungkin, jadi carilah opsi lain hingga sampailah nemu Beasiswa Dataprint. Beasiswa ini tetep diperbolehkan kalau kamu dapet beasiswa dari kampus, sekolah, atau pemerintah atau asal lagi nggak menerima dari perusahaan lain aja—jadi dimanfaatkan sebaik-baiknya ya!

beasiswa dataprint

Pas nemu info awal saat pasca KKN kalau nggak salah, artinya 2018 kemarin padahal ini beasiswa udah ada sejak 2015 buat mahasiswa dan pelajar, kalau beasiswanya sendiri sudah mulai sejak 2011. Kenapa nggak dari dulu nyoba ya? Ya belum kekumpul juga sih berkas-berkas pendukungnya kaya pengalaman organisasi atau sertifikat pendukung. Pas 2018 kemarin karena nunda atau udah keburu ditutup pendaftarannya waktu itu jadi nggak sempet daftar. Sedih dong padahal udah beli kertas foto buat dapetin kuponnya. 

Waktu itu iseng juga nyimpen kuponnya, ya siapa tahu bisa digunakan lagi kan. Eh ternyata bener aja, di periode 2019 ini tetep bisa pakai kupon periode 2018 lalu. Yey seneng abis, nggak perlu beli-beli produknya lagi kan masih banyak padahal udah dibagi-bagi buat cetak polaroid ala-ala sampai berkas! Nyahaha. Langsung deh abis itu langsung nyiapin berkas-berkasnya, dan siap-siap buat bikin essay maksimal 500 kata. Lagi-lagi nggak mau ketinggalan. Nah kebetulan juga tema essay 2019 ini lebih akrab di telinga saya dan emang saya suka banget sama topik revolusi industri 4.0, jadi nulis rasanya pengin ngelabas lebih dari 500 kata.

beasiswa dataprint

Periode beasiswa ini setahun cuma dua kali gengs, jadi sabar aja nunggunya karena 4 bulan baru ada pengumuman. Periode pertama itu 10 Januari – 25 April 2019, dan pengumumannya 13 Mei 2019 kemarin. Kemudian yang kedua nanti ada di Juli-Oktober 2019! Terus juga pencairan baru bulan Juli nanti, maklum aja kan pemenangnya banyak. Penasaran nggak? Nih masing-masing ada sejumlah 1 juta untuk 10 orang, 600rb untuk 10 orang, dan 400rb untuk 205 orang. 

Tips dari saya nih setelah daftar, jangan dijadikan tujuan utama atau ditunggu-tunggu karena sejumlah total beasiswa itu juga nggak dikuotain berapa buat mahasiswa dan pelajar. Lebih baik berdoa dan berserah diri, kemudian lakukan hal-hal produktif lainnya. Tapi jangan lupa juga buat nyalain notifikasi di akun Instagramnya @dataprintindonesia biar nggak kelupaan. Namun sebelum sampai tahap itu, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dan persiapkan. Yuk cek satu per satu, jangan lupa kalau udah selesai langsung coret aja ya daftarnya.

1. Lihat dulu bener-bener PERSYARATAN UMUM yang kudu dipenuhi, jangan sampai ada yang ketinggalan satu pun. Yang PERLU disiapin dan disimpen dalam stopmap nih biar nggak tercecer. Sekalipun misal nanti nggak terpilih jadi bisa buat berkas lain atau periode selanjutnya kok:

kupon dataprint beasiswa
lecek-lecek perjuangan, ini yang tahun 2018 ya. untuk periode kedua tahun 2019 desainnya beda lagi, cek aja di web dataprint.
  1. Kupon asli. Jaga-jaga takut hilang, menurut saya diFC atau punya cadangan fotonya.
  2. FC transkrip nilai/KHS/raport
  3. FC KTM/kartu pelajar
  4. FC sertifikat/piagam prestasi. Ini penting banget harus diLIST dan diFC dokumen yang mau dipilih untuk dicantumkan buat penyesuaian data jika terpilih nanti. Karena form pendaftaran yang ada di web dataprint ini nggak nyediain copy isian ke email kita kaya Google Form. Jadi sebelum SUBMIT, mending CATET dulu isian yang akan kamu isi di sana biar nggak lupa.
  5. FC Buku Rekening Bagian Depan
Nah kalau buat berkas asal TELITI gampang-gampang aja kan? Pakai STOPMAP sekali lagi biar nggak tercecer dan gampang nemunya. Dibedain bagian DATA DIRI (KTM/Kartu Pelajar & Transkrip Nilai), KUPON, FC BUKU TABUNGAN, dan KUMPULAN FC PIAGAM/SERTIFIKAT. Kalau bagian ini udah oke, lanjut ke bagian essay yuk!

2. ESSAY

Keren beasiswa dataprint ini soalnya seleksinya pakai essay, challenging buat ngasah kemampuan juga. Jadi tiap periode, tema essaynya ini berubah-ubah baik untuk mahasiswa dan pelajar. Kalau yang periode 2018 tema essay mahasiswa kemarin tentang peran pemuda dalam berPancasila, kalau periode 2019 ini temanya tantangan menyambut revolusi industri 4.0. TIPS saya di poin essay ini, bikin yang PADAT namun berisi. Nggak kaku banget kaya akademik karena justru kalau OPINI ataupun PENDAPAT pribadi justru jadi nilai tambah. Kalau yang mau lihat contoh essay kemarin yang saya buat, boleh klik link berikut: contoh essay dataprint.

Tapi saya ada beberapa tips membuat essay untuk beasiswa Dataprint ini, bisa dicek di ESSAY DATAPRINT ya!

essay dataprint


Tema untuk periode kedua tahun 2019 yaitu:
Pelajar (SMP/SMA): Menjadi generasi muda yang berkontribusi dalam membangun industri kreatif
Mahasiswa (D3/D4/S1): Pro kontra student loan (pinjaman untuk pendidikan mahasiswa)

See, challenging kan? Meskipun misal cuma tahu sedikit-sedikit, bisa mulai riset dari banyak bacaan. Nambah wawasan kamu juga. Minimal 100 kata dan maksimal 500 kata, saran saya sih dipasin mepet-mepet 500 kata. Saya belum pernah nyoba yang isinya bisa lebih dari 500 kata sih, sebenernya berasa nanggung kalau 500 kata. Entah bisa menjadi nilai tambah, atau malah justru nggak. Jadi, nyari aman 500 kata itu bener-bener kudu padat.

Untuk tips membuat essay Dataprint, saya juga sudah menuliskannya di TIPS ESSAY DATAPRINT ya, silakan diklik.

3. FAQ.

Kudu punya kupon dataprint dulu buat bisa daftar?
NGGAK HARUS sih, tiap bulan Dataprint bagi-bagi kupon gratis yang bisa digunakan secara cuma-cuma dan SEMENTARA karena kalau terpilihpun harus menyertakan kupon yang asli. Jadi SARAN saya di sini beli aja produknya kaya kertas foto atau tinta. Kemarin saya beli kertas foto jadi lumayan berguna ngga perlu ke warnet-warnet, tinggal print aja. Iya, sayangnya kemarin tintanya belum habis jadi nggak beli tintanya.

Nama pemberi rekomendasi diisi apa?
Boleh dikosongkan saja kalau tidak ada, tapi kalau misal nama dosen atau guru boleh aja.

Untuk yang kuliah, maksimal semester berapa?
Selama masih ambil mata perkuliahan, bisa tetep daftar. Nah ini nih kerennya, nggak ada jangka waktu semester berapa tapi ya juga semakin banyak pesaingnya. Nggak ada salahnya kok mencoba.

Kalau periode pertama sudah dapat beasiswa, periode kedua boleh ikut lagi nggak?
Nggak boleh, jadi biar adil ya sama teman-teman lain. Boleh daftar lagi tahun selanjutnya di periode pertama, jadi setahun hanya boleh sekali ikut. Misal sebelumnya daftar di periode 2 tahun 2018 udah dapet beasiswanya ya, boleh daftar mencoba lagi di periode 2 tahun 2019. Tapi, bagi yang belum lolos di periode pertama 2019 misal, boleh buat daftar atau coba lagi di periode kedua tahun 2019.

beasiswa dataprint


Beasiswa hanya akan ditransfer ke rekening pribadi dan seluruh pengumuman hanya via INSTAGRAM dan web Dataprint. Jadi, hati-hati penipuan ya teman-teman, nggak ada surel atau sms/WA mengenai pengumuman. Makanya, catat tanggal penting pengumumannya.

Jumlah beasiswa yang akan ditransfer akan dikenai biaya admin sebanyak 6500 bagi pengguna rekening Non BCA.

Nah semoga bermanfaat ya gengs, kalau masih ada pertanyaan boleh langsung aja nulis di kolom komentar atau email. Kalau yang nanya saya dapet yang berapa kemarin, Alhamdulillah dapet yang 400rb dan pencairannya tanggal 2 Juli 2019. Seneng banget dong karena pas daftar juga pasti banyak pesaingnya. Ngebantu banget dan motivasi biar lebih fokus dan lebih baik lagi kuliahnya. Dilihat emang nggak seberapa, tapi kepercayaanya itu hihi.  Kalau dulu malah cuma ada opsi 1jt, 500rb, dan 250rb. Sekarang paling kecil aja 400rb, sayang banget kalau nggak nyoba. Luar biasa Dataprint! Nah jika kamu merasa postingan ini bermanfaat, boleh banget dibagikan ke teman-temanmu juga. See you in the next post!

*** 
sumbergambar: Instagram Dataprint

28 komentar

  1. Mahasiswa/i makin giat meraih prestasi jika ada kegiatan beaswiswa begini. Apalagi hadiahnya lumayan, terus lanjutkan kegiatannya. Semoga selalu dihadirkan iya. Amin..

    BalasHapus
  2. Senengnya kalau bisa dapat beassiwa, aku dulu pernha coba mau kejar LPDP tapi ga jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini beda sih sama lpdp, tapi aku ingin ngejer juga hehe

      Hapus
  3. Wahhh,, mantap tuh, dulu awal-awal keluar promonya saya kira malah penipuan, hahaha

    BalasHapus
  4. Uhh dari dulu pemakai setia dataprint. Baru tau ada beasiswa ini. Jd semangat pake dataprint terus biar bisa kasi beasiswa lebih banyak ke anak berprestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama ternyata, pas nyoba ternyata nyangkut hehe

      Hapus
  5. Keren nih DataPrint. Aku juga dulu pernah ikut, mungkin sekitar tahun 2014. Gak lolos kayaknya, karena ga ada yg ngehubungin dan lupa aja gitu setelah daftar. Dulu kayaknya ga pakai essay gitu, atau akunya yg lupa. Ikut karena punya banyak kupon dataprint hasil beli kertas dan tinta. Maklum zaman kuliah kan banyak yg dicetak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ngga dihubungin kak jadi staytune di feed IGnya hehe aku aja turn on notification

      Hapus
  6. Aku udah gak bisa ikutan nih berarti, udah gak ambil mata kuliah soalnya. Tinggal skripsian doang yang ke-pending wahahaha rajin ya kamu ngajuin beasiswa kayak ginian. Aku beberapa kali mau ikut beasiswa tapi males ngurus berkasnya, jadi lebih milih kerja aja deh. Aku terlalu begajulan untuk ngurus gituan heuheu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini gampang banget sih persyaratannya sebenernya cuma ya lama hehe. Skripsian masih boleh kok kan masuk matkul

      Hapus
  7. Zamanku kuliah gak ada beasiswa dataprint ini :D
    Sekarang makin banyak kesempatan mahasiswa atau anak SMPA SMA dapat beasiswa kyk gini ya :D
    Makasih informasinya mbak, akan kusampaikan ke adek2 kelasku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah, jadi mudah dan dan bersemangat

      Hapus
  8. Barakallahu fiik~
    Dapat beasiswa itu bukan hanya bangga, tapi juga bisa jadi catatan baik ketika nanti akan melamar si dia, eh....melamar kerja, maksudku.

    BalasHapus
  9. Permisi Kak, apa boleh saya liat essay kakak? Kalau boleh kirim ke email saya ya kaa mumtazanasution@gmail.com
    Terimakasi ya kaa

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum, kak.. Saya penasaran bgttt sm essay nya.. Mau dong kak.. Sebelumnya makasih tulisannya mantep bgt si kak, jadi terinspirasi. Semoga jadi amal jariyahnya kak Marfa... Btw email saya maratunsholihah29@gmail.com. Ditunggu Kak..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam wr wb. Terima kasih kaa, otw ya :)

      Hapus
  11. halo kak marfa :) saya boleh meminta contoh essay kakak untuk refrensi? tahun ini saya mau ikutan juga beasiswanya nih hehe makasih yaa semoga berkenan milleniaanjali@gmail.com

    BalasHapus
  12. halo:) boleh minta contoh essay nya? tahun ini saya mau daftar beasiswa dataprint juga hihi semoga bisa keterima milleniaanjali@gmail.com

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum, kak.. Saya ingin sekali mendaftar beasiswa dataprint tapi belum berpengalaman dalam menulis essay. Sebelumnya terimakasih kak, Apakah saya boleh lihat essaynya kak. Email saya KhoirulTaufiqi@students.unnes.ac.id kak, semoga sukses selalu kak

    BalasHapus
  14. Halo kak Marfa, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya yang belum tahu mengenai beasiswa, menarik sekali untuk dibaca terlebih kakaknya dapet beasiswanya, hehe. Jika berkenan, bolehkah saya melihat essay kakak? adhyatma12345@gmail.com . Terimakasih sebelumnya ^^

    BalasHapus
  15. Hai kak, boleh lihat contoh esaainya? Saya rini, ini email saya rinifebriani2000@gmail.com
    Terima kasih kak, sangat menginspirasi

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum mba. Maaf kak boleh ga saya tahu contoh essay mba gimana. Untuk contoh saya menulis essai gimana kk. Berikut email saya kak muhammadainal2000@gmail.com terimakasih banyak ya kk informasinya sangat membantu.

    BalasHapus
  17. Haii kak, aku minta essay kk untuk contoh dong kak. Kali ini aku pengen ikut program beasiswanya
    Terimakasih ~

    BalasHapus
  18. Haii kak, aku pengen minta contoh essay kak. Kali ini aku pengen ikut program beasiswanya kak. Ini email saya kak liamelania07@gmail.com

    Terimakasih kak sudah membantu ^^

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.