Vivo Y17 Smartphone: Makes Your Digital Living Easier

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo guiesse, gimana kabar?

Ini merupakan ketiga kalinya saya menggunakan Vivo Smartphone dalam membantu keseharian. Dari postingan ini ke belakang murni review ya, non paid. Jadi, halo Vivo apaqa tida sebaiknya kita beqerja sama atau kolab-kolab? Hei, siapa Anda nona!

vivo y17

Nah jadi kali ini ada Vivo Y17, sebelumnya saya memakai Y53 dan Y21. Tentu saja dalam review ini saya akan menggunakan smartphone sebelumnya tersebut sebagai pembanding yaitu Y53. Dan kesan pertama setelah memakai dari Juli 2019 adalah:

Lega bener lord, akhirnya punya banyak space buat install aplikasi dan ambil banyak gambar sepuasnya. Hayo siapa yang ngalamin juga RAM cuma 2GB club? Tiada hari tanpa notifikasi penuh padahal sudah clear cache, hapus foto ngga penting, sama ngurangin aplikasi yang ada di smartphone juga. 

Selanjutnya mengenai spesifikasi Vivo 1902 atau Y17 ada pada gambar dari gsmarena.com ya, supaya nggak repot baca via teks:

Spesifikasi Vivo Y17

Vivo Y17 1902


Sebenernya saya nggak update soal smartphone, karena bakal terus ada inovasinya tiap bulan jadi baru nengok-nengok kalau pas butuh ganti aja. Nah biar lebih enak, saya masukkan ke dalam poin-poin kelebihan dan kekurangan aja ya, kira-kira sebagai berikut:

KELEBIHAN 

- Warnanya elegan. Jadi ini ada dua pilihan warna yaitu pink sama biru dan sama-sama elegan. Jadi misalkan kalau bawa ke mana-mana kamu akan percaya diri apalagi kameranya ada tiga wow. Tapi saran saya tetap pakai softcase sih tentu saja agar ketika jatuh tak lecet-lecet. Jangan hardcase ya, karena kalau jatuh memang hasilnya lumayan sekali.

Y17 Vivo

- Baterai awet. Ini sangat-sangat ngebantu sih jadi yang biasanya sehari ngecas sekali, ini bisa nyampe satu setengah hari baru dicas itupun udah buka segala medsos nyampe aplikasi lainnya. Pernah bahkan pas awal nyampe 2 harian, sampai takjub saya dibuatnya karena tim ngecas mulu. Asalkan kamu ngerawatnya bener-bener terutama dalam charging maka bakalan awet. Jangan disia-siakan kalau ada smartphone yang baterainya awet.

- Fast Charging. Selain awet baterainya, Y17 ini juga fast charging! Ini kerasa banget bedanya sama Y53 yang saya pakai sebelumnya dan tetep nggak panas walau prosesnya cepet asal kamu nggak nyalain data. Walaupun fast charging, biasain jangan ngecas sambil rebahan dan mainan smartphone, ya!

- UI Volume enak. Ini sangat-sangat menyenangkan sekali karena sedetail itu sampai ke tampilan ukuran volume yang vertikal dan ada di pinggiran jadi nggak menutupi layar. Lagi-lagi ini dibanding sama Vivo sebelumnya ya bukan dengan merk lain.

Vivo Y17 UI


- Memori Internal Banyak. 128GB dan 4GB, sesuai yang saya sebutkan di atas jadi bebas banget mau unduh banyak aplikasi besar yang memang dibutuhkan. Cocok banget buat yang emang suka bikin konten, bisa unduh aplikasi editing yang ukurannya gede-gede. Kalau saya contohnya bisa enak impor banyak foto di aplikasi lightroom tanpa harus hapus foto sealbum. Terus buat gaming udah ada fitur Ultra Game Mode, saya belum pernah nyoba sih karena nggak suka ngegame tapi saya rasa ini cocok juga buat gamers. Terus otomatis karena punya banyak space, ngga perlu tambahan kartu memori lagi sih dan untuk performa jadi lebih responsif-nggak ada lagi tuh lelet. Terooos yang pasti, nggak ada lagi tuh bikin instastory mau dikasih stiker aja nggak bisa nyahahaha.

- Ada album recently deleted. Ini fungsinya kaya folder trash kalau di laptop gitu sih jadi foto yang dihapus itu masih ada dan bisa dikembalikan lagi selama jangka waktunya belum 30 hari. Jadi nih jadi yang ngehapus foto mantan tapi ragu-ragu tenang aja masih bisa direstore nyahaha! Kalau saya sih sempet ngebalikin foto yang mau diunggah karena emang nggak sengaja kehapus, ini nih enaknya jadi nggak ada tuh foto-foto ulang.

- Bisa split screen. Lagi-lagi takjub, ini emang saya yang norak atau gimana sih hahaha. Abisnya, bisa YouTuban sambil Twitteran, atau WhatsAppan. Enak banget nggak perlu nyekip video dulu kalau ada chat WA masuk gitu. Terus ada ikon notifikasi kecil kalau misalkan mau split. Enak bisa split screen, memangnya hanya bills saja yang bisa displit? Hihihi~

Split screen Y17

KEKURANGAN

Baik, ayo mari membicarakan kekurangannya nih, diantaranya:

- Ukuran smartphone nggak sport-friendly. Sebelumnya karena terbiasa dengan ukuran yang ringan dan pas di tangan, bawa Vivo Y17 isn't a good idea untuk jogging. Emang sih udah bisa pakai wadahnya tapi ukurannya terlalu lebar dan ya lumayan berat jadi jatuhnya di lengan turun-turun mulu. Jadinya nggak bisa deh tracking lagi berapa kilometernya atau dengerin lagu, hmm, apakah saya harus mempunyai smartwatch? 
 
- Hasil kamera. Jadi banyak yang bilang kamera Y17 ini ampas, dan memang hasilnya kurang tajam--sangat disayangkan padahal baterai dan memori sudah bagus. Namun saya nggak kehabisan ide dong, kemarin sempet install aplikasi perkameraan yang ada di Playstore dan nemu One S10 Camera. Hasilnya jernih dan tajam serta untuk pengambilan foto di malam hari bagus sekali dari pada kamera asli. Kok bisa ya padahal dari kamera yang sama namun hasilnya beda? Nah lebih enak lagi aplikasi ini jarang ada iklannya, namun sangat disayangkan setelah upgrade hasilnya jadi jelek bertekstur gitu dan iklan setiap kali mau preview hasil tangkapan. Sekarang bingung pakai apa, terakhir install aplikasi S Pro Camera sih namun ukurannya lebih besar yaitu 65MB. Salah satu keunggulannya yaitu bisa time-lapse via kamera depan, jarang ngiklan, kecerahan layar saat membuka aplikasi bisa diatur, dan ada AI-nya alias bisa mendeteksi yang mau difoto itu apa. Belum foto-foto lagi sih via S Pro Camera, akan saya update nanti.

- Kekurangan lain yang minor adalah email yang belum terbaca sama sudah dibaca nggak ada bedanya, kadang juga nggak ada notifikasinya di pop up padahal udah dinyalain notifikasinya. Terus kalau di aplikasi WhatsApp jadi nggak bisa liat tulisan yang dicetak tebal, jadi cuma italic sama strikethrough aja.

Nah jadi dari kesimpulan di atas, Vivo Y17 seperti judul postingan ini "makes your digital living easier". Lumayan lah buat bloger, content creator, atau instagrammer dengan budget 2.7jutaan mungkin kalau sekarang--cuma untuk masalah kamera kita perlu utak atik dikit aja sih hehe. Masih ada kelebihan lain sih misalnya pengaturan suara genre musik yang bisa diatur, enak ini buat penyuka lagu. Eh ngomong-ngomong kalau ada pengguna Vivo Y17 dan atau tahu aplikasi kamera yang bagus ini bisa loh komen-komen di bawah. Yuk ah share!
***

31 komentar

  1. Memorynya wow sekali,saya yg 64gb aja uda kerasa full,,butuh upgrade 128 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaaa nih, wow buat install apa aja ituuu

      Hapus
  2. Kok tumben, kamera Vivo kurang bagus, Mbak? Ah, untung ada solusi kamera external, ya. Saya juga pernah pakai kamera eksternal pada HP X (ga sebut merk, ah) karena kurang puas dengan hasilnya.

    Spek lainnya, keren, ya, Saya paling suka split screen agar bisa melakukan dal bersamaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibanding dengan saudaranya yang lain emang masih kurang si mba menurutku, tapi asal bisa diutak atik sih beres aja hehe

      Hapus
  3. Ayooo beli smart watch, aku juga lagi target beli smart watch nih, hahaha..buat wanita ya, elegan itu memang kriteria nomer 1 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh mbak Ruli kompor nih wkwkwk mau dong smartwatchnya jugaa

      Hapus
  4. Hahaha kubaru tahu Vivo kameranya juga bisa jelek ternyata ya? Aku sampe sekarang belum bisa berpindah hati dari Xiaomi, beda cerita sih kalo tiba2 ada yang ngasih iPhone 11. *Lha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa haha better nyari langsung yang Z1 aja udah bagus tuh

      Hapus
  5. Untuk harga 2,7 jtan speknya udah lumayan banget ya, sayang kameranya kurang tajam ya, padahal vivo biasanya kameranya oke banget tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk 9am-11am masih bisa bagus ko, cuma kalau malem terutama buat foto konser I need another apps heheh

      Hapus
  6. Segi memori wow tapi kamera ampas wahahahahaha. Sedih sih wahahahaha. Tapi menarik juga buat ngegame ya. Kayaknya bakalan kenceng wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak sedih sih kan udah nemu solusinya wkwkwk

      Hapus
  7. Wihh banyak banget ya kelebihan dari Vivo Y17 ini. Aku pun paling seneng kalo space memorinya banyak, jadi gak bingung kudu hapus ini-itu. Trus yg bisa split screen, ini kayak OPPO F9 ku. Aku awalnya juga ndesit kok, eh kok bisa ya multitasking gitu? Hahaha..
    Sayang ya hasil foto Vivo Y17 kurang bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe aku taunya juga krn nggak sengaja sih hehe. Tenang udah bisa disolusiin, feed IG tetep lancar pakai y17 kok :3

      Hapus
  8. Untuk orang yg sibuk dan punya bnyk aktivitas online, fitur split screen membantu bgt. Dan skrg Vivo Y17 ini lagi jadi primadona krn harganya terjangkau.

    Tpi aku pribadi, cukup sekali pakai Vivo. Gak cocok selera sama kameranya. 🙈

    BalasHapus
  9. saya suka hp Vivo Y17 ini karena memiliki banyak fitur yang bagus namun setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan mungkin karena spot untuk di kocek celana gak muat

    BalasHapus
  10. Nah, bukan kebetulan nih saya lagi cari hape yang recommended jadi senang banget pas ketemu postingan review ini. Setidaknya jadi ada referensi sebelum memutuskan mau beli hp vivo type apa. Dari ulasannya bagus juga ya hp vivo Y17 ini tapi sayang sekali ya kalau kameranya ampas gitu. Untungnya masih bisa diakali dengan aplikasi kamera.

    BalasHapus
  11. Dengan harga segitu wajar kak..ga ada yang sempurna bukan... memorynya yg lumayan 4GB dan 128GB jadi bisa banyak aplikasi masuk...

    Tapi memang VIVo awet sich...(saya sendiri ga tau produk mana ini) ibu pake (lupa tipe apa) hingga hari ini.. sudah lebih 2 tahun ga ada kendala berarti

    BalasHapus
  12. Pas pingin cari hp nemu ini. MAsih bingung juga sih Kak, tapi spek nya memang keren banget ya. Jujur masih bingung hihihi...

    BalasHapus
  13. Hei..si Nona Vivo hehehe.
    memang kalau sudah nyaman dengan 1 merek smartphone, maka paling ganti tipe saja ya, Mbak. Dan yang ini keren sekali. Sudah bisa diajak untuk berpacu dengan kerjaan hehhee. Saya banget. layar lega, penyimpanan lega, kameranya keren.

    BalasHapus
  14. Paling naksir sama kameranya deh. Jadi pengen segera ganti hp nih wkwk

    BalasHapus
  15. Wuiiii memory-nya luaaassss. Sayang banget kameranya nggak tajam ya. Ampas. Duh, pekerjaan kita kan juga butuh smartphone berkamera cihuy.

    BalasHapus
  16. Thx reviewnya mbak. Aku lagi butuh review gadget dgn harga yg terjangkau. Klo Vivo aku blm pernah pake, tp so far baca review²nya lumayanlah ya. Aku sendiri yg penting banget sebenernya storage besar & kamera tajam *ehh kayaknya semua juga gitu ya hahahaaa...
    Tapi klo kepepet okelah, better storage besar. Kamera bisa diakalin pake aplikasi, pencahayaan, atau editing.

    BalasHapus
  17. Seharusnya saya beli yang iniii biar gak ribet ama memory. Hape yang sekarang bikin kesel, memory full muluuu. Hikz hikz.

    BalasHapus
  18. Mksih udah jelasin kekurangan dan kelebihan hp ini y mbak. Jujur aku blum prnah make vivo. Baca ini, sdkit banyak nya jd mengenal kalo someday mau beli hp vivo.

    BalasHapus
  19. Pengen update HP juga nih yang memorinya gedean.. masih pakai HP dgn ram 3GB dan rom 32gB.. meski belum ngelag dan nggak panas.. tapi mulai merasa kurang space terutama kalau mau bikin video.

    Semoga tahun ini bisa punya HP yang 4GB aah.. split screennya mantap yaa. Baru tahu ada yang bisa begini.

    BalasHapus
  20. Sekarang makin banyak ya smartphone-smartphone canggih yang menawarkan fitur luar biasa. Pernah sih pakai Vivo seri terdahulu dan untuk harga juga masih terjangkau dengan fitur yang lengkap. Tinggal kitanya aja lagi yang pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan

    BalasHapus
  21. Sumpa demi apa , saya tertarik sama memorinya haha 128GB dan 4GB, untuk download pubg dan ml trus yang lainya ga bakal ngehang dongg, mana saya hobby foto ribuan dlm smggu wkwk

    BalasHapus
  22. ku masih punya nih Vivo V5 yang brand ambassadornya kak agnesmo, kerennya dari brand vivo itu di penangkapan sinyalnya.. kalo merk lain dapat sinyal 2 bar misanya, di vivo bisa nangkep sampe 4 bar.. pengalaman pribadi ini loh hehehe

    BalasHapus
  23. waahh kereeenn ya, meski kameranya sedikit kurang tapi kelebihan lain cukup menggoda kak,,, btw aku suka yang warna birunyaa,,,

    BalasHapus
  24. Bisa muat aplikasi banyak auto naksir sih kak, tapi kalo kameranya kurang ya kurang juga naksirnya kak hihi, soalnya untuk beauty vloger butuh kamera yang mendukung untuk hasil foto yang bagus kak

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.