5 Hal Yang Harus Anda Bawa Ketika Tinggal Di Asrama

Melanjutkan hidup yang jauh dari keluarga, khususnya karena kuliah atau tugas dinas adalah salah satu fase hidup yang cukup menegangkan. Pasalnya Anda tidak akan memiliki siapapun untuk mengurus tempat tinggal sementara yang biasanya ada ibu atau asisten rumah tangga untuk membereskan kamar dan seisinya. 

Selain itu hidup di asrama adalah tantangan karena Anda dituntut untuk mandiri dalam mengerjakan semua aktivitas yang dilakukan. Supaya dapat mandiri, mau tidak mau Anda harus mempersiapkan berbagai barang penting untuk dibawa saat tinggal di asrama. Barang-barang tersebut dianggap sangat berguna karena akan memudahkan Anda dalam mengerjakan berbagai tugas dan aktivitas lain, khususnya seperti membersihkan kamar. 

asrama mahasiswa
pict: unsplash, @nguyendhn

Agar kamar selalu rapi dan mempermudah hidup saat di asrama, ada beberapa barang yang harus dibawa saat tinggal di asrama. Beberapa hal atau barang tersebut adalah:

Foam Mattress 

Foam mattress atau kasur busa adalah barang yang cukup penting untuk dibawa di asrama. Benda ini dapat Anda gunakan sebagai tempat tidur dan tempat bersantai saat berada di asrama. Alasan lain mengapa barang ini wajib dibawa di asrama adalah karena barang ini mudah dibawa dan mudah untuk dibersihkan, hanya tinggal jemur di bawah sinar matahari. Lihat lebih lanjut di sini untuk opsi kasur busa. 

Kasur spon juga menjadi pilihan yang tepat karena pada umumnya kasur lain memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Berbeda dengan foam mattress yang harganya dianggap lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis kasur lainnya sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran.

Vacuum Cleaner 

Hal yang tak kalah penting untuk dibawa ke asrama selanjutnya adalah vacuum cleaner atau penyedot debu. Alat ini merupakan semacam pompa yang menghisap semua debu dan kotoran untuk masuk di dalam kantong penghisap. 

Seringkali asrama dimasuki oleh debu, bekas makanan, atau kotoran lain yang hinggap di lantai dan berbagai tempat seperti laci, lemari atau di karpet. Vacuum cleaner dapat membantu Anda untuk membersihkan kamar asrama secara lebih cepat dan lebih efisien dibanding dengan menggunakan sapu biasa. Selain untuk kamar asrama, alat ini juga bisa membersihkan jok dan sela-sela mobil bila Anda membawanya ke asrama Anda. 

Hair Dryer 

Pengering rambut atau hair dryer juga menjadi barang atau hal yang cukup penting untuk dibawa di asrama, selain mengeringkan rambut, alat ini juga dapat memberikan kerapian pada rambut Anda khususnya bila akan pergi kuliah, ke event atau acara tertentu, serta untuk menjalankan tugas pekerjaan sehari-hari. 

Hair dryer juga berfungsi penting selain mempercantik penampilan. Beberapa di antaranya adalah dapat mengeringkan beberapa barang yang basah seperti kasur busa atau pakaian, sebagai pembersih debu di keyboard laptop dan sebagai pengganti setrika jika dalam keadaan darurat. 

Kipas 

asrama mahasiswa
pict: unsplash, @marcusloke

Alat ini juga menjadi salah satu barang yang paling penting khususnya bila asrama yang tempati tidak memiliki AC sama sekali atau lingkungan tempat asrama Anda di daerah yang panas. 

Kipas berfungsi sebagai pendingin saat Anda melakukan berbagai aktivitas, salah satunya adalah supaya bisa berkonsentrasi saat mempersiapkan tugas atau disaat tidur bila suhu sangat panas di malam hari. 

Terminal atau Colokan 

Ada juga yang menyebutnya dengan power strip. Alat kecil ini memiliki dampak yang cukup besar saat berada di asrama. Tanpa alat ini, Anda tidak bisa menghidupkan berbagai alat elektronik yang dibutuhkan saat ini juga. 

Dengan alat ini, setidaknya Anda bisa menghidupkan berbagai alat elektronik di saat yang bersamaan misalnya ingin mengisi daya baterai handphone sambil menghidupkan kipas, mencharge laptop, dan menyalakan berbagai alat elektronik lain. Ada banyak pilihan power strip yang ada di pasaran, tergantung pada jumlah lubang dan panjang kabel yang disediakan di dalamnya.

Baca juga:Nyari Roomate Asrama/Kontrakan? Pertimbangkan Dahulu Hal-Hal Berikut!

Penutup 

Demikian artikel mengenai 5 Hal Yang Harus Anda Bawa Ketika Tinggal Di Asrama. Anda bisa mencari info lebih lanjut terkait produk atau barang apa saja yang tak kalah penting untuk mempermudah serta membantu aktivitas Anda dalam kehidupan sehari-hari di asrama. 

Selain itu, hal yang harus dipersiapkan saat berada di asrama adalah mental yang kuat, kemauan untuk mandiri, serta mampu bersosialisasi dengan rekan-rekan atau teman satu asrama. 
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)