8+ Platform Kursus Online Gratis Yang Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Upgrade Skill

Sejak beberapa aktivitas dialihkan ke sistem daring dan di rumah aja, perlu kegiatan yang menyenangkan agar tak bosan atau terbawa rasa malas. Mengakses platform kursus online gratis menjadi pilihan untuk yang merindukan ruang kuliah dalam mempelajari sesuatu. Keuntungan lainnya yaitu untuk mengisi waktu dari pada hanya diisi rebahan dan overthinking, bisa mendapatkan sertifikat, belajar secara cuma-cuma hanya dengan modal kuota internet/WiFi, bahkan sampai minimal merasakan bagaimana kuliah di luar negeri. Kejauhan? Ya nggak papa, anggep aja nyicil mimpi.

platfom belajar online gratis
pict: @andrewtneel, Unsplash

Nah berikut platform kursus online gratis yang dapat dimanfaatkan dan diakses untuk mendalami topik yang sedang kita giati.

1. Coursera 

Coursera Free Courses

Pada bulan Mei lalu, Coursera ini memberikan akses gratis untuk penggunanya dapat enroll kelas dan mendapatkan sertifikat secara gratis. Meskipun saat ini untuk sertifikat harus berbayar, namun kelasnya masih banyak yang gratis kok. 

Materi dari kelas-kelas di Coursera ini berasal dari universitas-universitas dunia loh, misalnya University of Michigan, Stanford University, dan Yale University. Nah itung-itung kan berasa kuliah di luar negeri dengan Coursera ini. Topiknya beragam dimulai dari Art & Humanities, Business, Computer & Data Science, Health, Math Logic, Social Sciences, dan lain-lainnya. Kesempatan banget buat yang pengin belajar multidisiplin ilmu atau cabang ilmu lainnya dari rumpun yang sama.

2. Google Digital Garage

Google Digital Garage


Atau yang dikenal juga dengan Gapura Digital. Nah Gapura Digital ini sebelumnya memfasilitasi kelas yang dimentori oleh ahlinya secara gratis di kota-kota tertentu, seperti Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Palembang, dst. Nah tapi khusus untuk kursus online dan free access sekalian dapet sertifikatnya juga ada kok. Khusus Google Digital Garage ini fokusnya ke digital marketing, data & tech, dan career development. 

Kursus secara online di Google Digital Garage ini, kita bisa pilih durasi waktunya dari di bawah 2 jam sampai lebih dari 20 jam. Cocok banget sih buat yang antusias sama yang namanya digital marketing, apalagi buat bisnis.

3. edX

edX

edX ini merupakan situs belajar online hasil kolaborasi Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT). Hampir sama kaya Coursera nih, banyak kelas gratis yang bisa diaksed dengan durasi waktu yang lumayan lama. Jadi kelas gratisnya nggak sekadar kelas gratis ya, bener-bener disusun modulnya. Untuk sertifikat sendiri juga dapat diambil, namun dengan biaya tertentu.

Di edX sendiri, kamu juga dapat ikut forum diskusi gagasan dari seluruh dunia. Asyik bukan?

4. LinkedIn Learning 

LinkedIn Learning

Buat temen-temen first jobber yang biasanya mulai mengakses LinkedIn, sekalian juga ambil kelas-kelas gratis di LinkedIn Learning. Fokusnya sendiri mengarah ke ilmu praktikal di dunia kerja dan career development. Kemudian, di sini juga udah sekalian terkoneksi dengan preferensi atau bidang yang kita cantumkan di profil LinkedIn.

5. FutureLearn


future learn kelas gratis


FutureLearn ini juga sumber ilmu banget yang berasal dari universitas atau organisasi dunia seperti British Council, Monash University, dan King's College London. Nah kalau kalian nggak nemu topik spesifik yang ada di Coursera atau edX nih, bisa dicari di FutureLearn. Topiknya sendiri beragam mulai dari Healthcare & Medicine, History, IT & Computer Science, Law, Literature, Politics & Society, Psychology & Mental Health, dan lainnya.

Baca juga:
Akun Instagram Yang Menyuarakan Tentang Kesehatan Mental

6. Udemy

Udemy platform

Udemy juga memiliki banyak kelas kursus yang mayoritasnya ada di topik IT, marketing, desain, data science, programming, dan lainnya. Kursus di sini biayanya lumayan, namun beberapa kali Udemy ini memberikan diskon secara full, bermanfaat sekali untuk para pengembang aplikasi, programmer, dan yang IT enthusiast lainnya.

7. IndonesiaX 

website IndonesiaX

Di negeri kita sendiri ada IndonesiaX nih dan isinya kelas-kelas yang bisa diakses secara gratis. Fokusnya saat ini yaitu Economics & Finance, Humanities, Health, Social Science, Business & Management, Environment, Computer Science, dan Engineering. 

Jika platform-platform di atas disampaikan melalui bahasa Inggris, IndonesiaX ini bisa menjadi pilihan untuk yang ingin belajar dengan penyampaian lebih mudah. Topik kelasnya sendiri sudah spesifik dari masing-masing kategori. Misalnya nih yang paling menarik ada kelas dari Rhenald Khasali yaitu Manajemen Perubahan, Post Disruption, dan The Art of Startup. Bisa mendapatkan sertifikat juga dengan membayar sejumlah biaya. Tenang aja, sering ada promo juga kok jadi sertifikat di sini lebih murah.

8. Tempo Institute 

kelas tempo institute

Tempo Institute ini khusus untuk kepenulisan dan jurnalistik, misalnya seperti contoh-contoh di atas. Cocok banget buat yang lagi pengin mendalami jadi wartawan, copywriter, atau tema-tema kepenulisan lainnya. Oh iya, kelas di sini memang nggak gratis ya. Namun untuk harga seterjangkau itu udah termasuk sertifikat dan akses selama setahun. Terus nih, Tempo Institute juga sering ngasih kelas di atas secara gratis atau diskon di waktu tertentu. Kemarin juga ngadain beasiswa kelas Tempo Instutute, biar nggak ketinggalan infonya bisa dicek di Instagramnya ya. Sayang banget kalau kesempatan nggak diambil.

9. Dicoding Academy

dicoding academy


Sesuai namanya, Dicoding ini lebih khusus untuk para developer tingkat lanjut bahkan pemula. Kategori kelas yang bisa diambil yaitu AI/Kognitif, Android, AR/VR/MR, Chatbot, Cloud, Data, iOS, Machine Learning, Multi Platform, UI/UX, Web, dan Windows. Rata-rata kelasnya memiliki puluhan hingga ratusan modul dan dengan jam yang telah ditentukan. Tentu saja tersedia kelas gratisnya, apalagi jika masih pada tahap basic.

Baca juga:
Daftar Rekomendasi Podcast Tentang Pengembangan Diri

Selain kelas-kelas gratis di atas, ada juga platform belajar online berikut yang dapat teman-teman akses di bawah berikut

Platform dan Situs Belajar Online

  • Class Central
  • Speaky
  • Standford Online
  • MIT OpenCourseWare
  • Khan Academy

Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan atau skill pada fokus atau topik yang dibutuhkan untuk dipelajari. Jika kamu memiliki pengalaman belajar di platform kursus online atau mempunya referensi lain, boleh coret-coret di bawah lho. See ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

30 comments

  1. Rekomendasi menarik bagi yang senang belajar.
    Kalau Gapura Digital saya lihatnya lebih ke digital marketing. Saya pernah ikut dua putaran/periode.

    ReplyDelete
  2. Keren kak mari kita jaga produktifitas kita dengan produksi konten secara konsisten. Semangat ya kak!

    ReplyDelete
  3. Menarik juga pembelajaran yang disediakan oleh Tempo Institute. Boleh dicoba

    ReplyDelete
  4. Wah.. ternyata banyak ya platform yang menyediakan tempat buag belajar secara cuma cuma. Selama ini sering an belajar via audio visual lewat youtube, eh ternyata banyak tempat online course yang gratis...


    Thanks for sharing mbak 🙏

    ReplyDelete
  5. Gilaa mantap-mantap ya materi dan pematerinya 😍. Sekarang ini untuk dapat ilmu, biaya itu nomor sekian ya..

    ReplyDelete
  6. Asli, aku baru tau semua web nya setelah baca artikel mbak...karena emang ud gak pernah bljr online kecuali undangan dan seminar dr kntr

    ReplyDelete
  7. Menarik sekali ini, ternyata banyak tempat online kursus ya. Selama ini tahunya cuma ruangguru. Ternyata di Indonesia sudah ada IndinesiaX dan Tempoe Institute.

    ReplyDelete
  8. edX aku baru pertama kali dengar, ilmu-ilmu yang di share ternyata per departemen. kyk masuk kuliah lagi nih rasanya

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat sekali nih buat saya, selama ini taunya ruang guru, itupun berbayar. Harus nih manfaatin mumpung gratis

    ReplyDelete
  10. iya, sering bingung dirumah mau ngapain lagi, karena mau kemana mana pun takut. ini bisa jadi cara menambah ilmu dan menghilangkan kebosanan dirumah. nice to know

    ReplyDelete
  11. Senang banget bisa nemu IndonesiaX dan Tempo Institute dan beberapa situs luar untuk belajar menambah berbagai ilmu di saat santai mbak. Segera diulik dan mau bergabung.

    ReplyDelete
  12. Aku sih nggak perlu sertifikat :D Jadi bisa gratisan ikut macem-macem kelas online dong ya. Asiiiik.... :))

    ReplyDelete
  13. Wahb seru ya belajar online gratis dan pilihannya banyak nih, berguna Banget buat nambah skill dan untuk cari penghasilan thanks infonya Kak

    ReplyDelete
  14. Seneng baca review mba ini, nambah info tentang platform belajar online

    ReplyDelete
  15. sekarang banyak ya mba ternyata platform e-learning, dari yg gratisan sampe berbayar, mayan nih buat nambah skill

    ReplyDelete
  16. Kemarin sempat nyoba LinkedIn Learning tapi mandek di tengah jalan. Untuk Dicoding Academy seperti worth to try nih..

    ReplyDelete
  17. Tempo Institute kayaknya pas sama aku deh, soalnya lagi mendalami soal penulisan gitu.
    Soalnya masih awam banget tentang penulisan yang baik agar tak terkesan bosenin.
    Ehh tapi platfom Tempo Institute ada program beasiswa nya

    ReplyDelete
  18. Aku baru tau ada google digital, kayaknya bakalan nyobain drh nanti. Makasih sharingnya Mba mumpung WFH mau banyak nimbal ilmu hehe

    ReplyDelete
  19. Ini google digital? Belum nyobain dan makasih ilmunya kak aq jadi tau manfaatnya

    ReplyDelete
  20. sudah sering yang coursera dan edx sejak 2012 dlu waktu masih banyak gratis hihi.. skrg ya gratis tap sertifikat beda lagi. Nyesal juga dulu ga banyak ambil.

    ReplyDelete
  21. Tersedianya platform khusus online secara gratis pastinya sangat membantu di situasi seperti sekarang yang semuanya serba online ya...

    ReplyDelete
  22. Woh banyak juga ya buat kursus online gratis. Mana macam-macam pilihannya. Nanti kapan-kapan coba deh biar nambah ilmu

    ReplyDelete
  23. Ya ampun, dari semua platform kursus online tersebut tak satu pun aku tahu. Kudetnya aku. Ternyata ada banyak kelas gratis yang bertebaran di mesin pencari. Terima kasih banyak infonya Kak Marfa. Merasa sangat terbantu saat baca ini.

    ReplyDelete
  24. Aku tertarik sama yang kelas kepenulisan dan jurnalistik dari Tempo Institute.

    ReplyDelete
  25. beberapa kursus online sudah kuikuti kak, lumayan banget nambah ilmu dan sertifikatnya bisa nambah buat CV sih. Bisa berguna kelak ilmunya

    ReplyDelete
  26. Kalau sy pake ini "LinkedIn Learning" lebih gampang dan simpel cara gunainya..

    ReplyDelete
  27. Dari semuanya sepertinya aku cuma kenal edx doank, pernah ikut tp uda lama banget. hiks kemana aja gue ternyata banyak yg bisa aku ikuti

    ReplyDelete
  28. wuah aku baru tahu semuanya
    soalnya selama ini tahunya ya skill academy
    ternyata ada banyak juga ya
    bakalan masuk list nih
    makasih ya rekomendasinya

    ReplyDelete
  29. Keren Marfa.
    Kemarin nyobain Coursera sama IndonesiaX.
    Suka banget sama konsep belajar daring yang waktunya sangat-sangat fleksibel.
    Dan ilmunya dapat dari para masta yaa...keren!

    ReplyDelete
  30. Wah keren nih tetap bisa tingkatkan skill meski dari rumah dengan belajar online gratis, pilihannya banyak lagi :) berguna banget buat nambah kemampuan diri dan agar mudah cari penghasilan tambahan,, thanks infonya

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)