Dari Vaksin hingga Beli Obat, Berikut Rekomendasi Layanan Kesehatan di Aplikasi Halodoc Saat Pandemi

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Pandemi sudah lebih dari setengah tahun dan belum usai, hal ini membawa banyak perubahan dalam hidup termasuk saya. Awalnya sih selalu berpikir bahwa pandemi akan cepat usai, namun daripada berharap dan menunda banyak hal, lebih baik mulai menerima dan adaptasi saja dengan kondisi. Tentu saja dengan terus memperhatikan 3M, seperti yang kita tahu yaitu: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

online activities
pict: HaticeEROL, pixabay

Perubahan tersebut paling terasa bagi saya adalah tak dapat lagi ke kampus karena menjadi serba online. Kegiatan luar ruang yang biasanya saya lakukan juga berubah menjadi online seperti webinar.  Hiburan juga menjadi bervariasi pilihannya, seperti mengikuti kelas online gratis maupun topik-topik seminar gratis. Di sisi lain menjadi lebih ringan karena dapat dari jarak jauh tentunya, dan jika dapat membagi produktivitas dengan baik, semuanya akan berjalan baik juga. 

Yang tak kalah luput dari hal di atas merupakan kesehatan, beberapa kali saya memutuskan untuk konsultasi terlebih dahulu melalui aplikasi dan hal tersebut cukup membantu untuk sesudahnya konsultasi secara langsung karena dapat menjelaskan secara detail. Saya menggunakan aplikasi Halodoc, yang sekarang bukan saja tersedia layanan untuk chat dengan dokter atau membuat janji dengan dokter. Menurut saya, berikut layanan di Halodoc yang dapat dimanfaatkan selama pandemi ini.

Rekomendasi Layanan Halodoc saat Pandemi 

halodoc
pict: Halodoc

Menggunakan aplikasi layanan kesehatan seperti Halodoc membawa beberapa keuntungan seperti lebih hemat biaya, hemat waktu, dan efektif jika kebutuhannya bersifat urgent. Memang tentu saja layanan seperti konsultasi tak akan sedetail saat bertemu dengan dokter secara langsung, namun minimal kita tahu lebih detail sehingga dapat mengambil keputusan yang bijak untuk selanjutnya.

1. Konsultasi dengan Dokter Umum/Spesialis 

Konsultasi ini berguna untuk mengetahui lebih mengenai kondisi yang sedang dirasakan serta menanyakan obat apa saja yang cocok untuk kondisi saat itu. Misalnya saja ketika kaki mudah kesemutan, jenis vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan, dan kemungkinan ada hal yang bermasalah dalam tubuh. Pastikan juga bertanya pada yang tepat apakah ke dokter umum atau spesialis.

Terdapat layanan dan fasilitas gratis saat pertama kali pemasangan aplikasi Halodoc. Konsultasi berikutnya dikenai biaya beragam, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 75.000. Jika selanjutnya menginginkan untuk konsultasi lanjut, dapat juga membuat janji dengan dokter di aplikasi ini.

2. Konsultasi Kesehatan Jiwa dengan Psikolog/Psikiater 

Perubahan yang diakibatkan dengan pandemi ini membuat kecenderungan stres, cemas, dan perasaan sedih seringkali muncul. Untungnya, sekarang sudah ada kanal khusus fasilitas untuk konsultasi kesehatan mental atau kesehatan jiwa dengan layanan chat dengan dokter spesialis kesehatan jiwa (psikiater) atau konsultasi dengan psikolog klinis di aplikasi Halodoc.

Tentu saja kita bukan hanya menjaga kesehatan tubuh namun juga harus menjaga kesehatan mental. Jika merasa perasaan-perasaan negatif yang mengganggu dalam rentang waktu dua minggu, bisa segera berkonsultasi dengan psikolog maupun psikiater melalui aplikasi ini. Untuk harga sendiri berkisar antara 25rb sampai 50rb. Perlu diperhatikan juga bahwa dalam berkonsultasi, waktu yang tersedia hanya 30/45 menit saja ya.

Tips Konsultasi Online dengan Dokter di Halodoc

Nah ada baiknya sebelum berkonsultasi dengan dokter umum/spesialis maupun psikolog, saya ada beberapa tips berikut agar lebih maksimal:
  • Pastikan sebelum berkonsultasi sudah memiliki tujuan yang pasti apakah berbentuk saran atau penanganan selanjutnya. Memiliki tujuan yang terarah akan membuat sesi konsultasi efisien dan tak perlu bolak-balik menanyakan ulang.
  • Siapkan dahulu daftar pertanyaan dengan detail, berikut juga sudah menyiapkan dalam bentuk chat sehingga nanti tinggal copy paste saja. Hal ini karena waktu untuk konsultasi terbatas dan terkadang dokter membutuhkan waktu lama untuk membalas.
  • Tanyakan secara detail dan jujur, meskipun kita kira pertanyaan hal tersebut tak penting. Baik kondisi tubuh maupun kesehatan mental, lebih baik menanyakan secara jujur dan detail pun tak perlu merasa malu. Tentu saja ini untuk mengetahui lebih tepat apa yang sedang dialami oleh tubuh.

3. Pesan Obat di Halodoc 

Halodoc bukan hanya melayani konsultasi kesehatan tetapi juga menawarkan kemudahan untuk menebus resep. Layanan pesan obat secara onlne ini tidak mengharuskan pasien pergi ke luar. Cukup gunakan aplikasi untuk memindai resep dari dokter lalu tinggal menunggu kedatangannya di rumah. 

Layanan pesan obat ini juga bukan hanya untuk menebus resep, namun juga membeli obat-obatan umum yang dijual secara bebas seperti vitamin, obat batuk, obat penurun demam, dan lainnya. Hal ini membantu untuk tak perlu keluar rumah dengan contactless. 

4. Booking Jadwal Rapid Test/PCR Test 

test covid halodoc
pict: Halodoc

Halodoc bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit besar seperti Mitra Keluarga dan sebagainya untuk menyediakan layanan Rapid Test/PCR. Jadi, silakan daftar melaui aplikasi kesehatan online ini jika ingin mencoba tes covid 19 dan terutama untuk yang membutuhkan. Segera lakukan deteksi dini supaya mecegah meluasnya penularan.

Nah berikut langkah untuk booking Rapid Test/PCR melalui aplikasi Halodoc
  • Unduh aplikasi Halodoc jika yang belum install.
  • Lakukan sign up registrasi atau langsung log in jika sudah memiliki akun 
  • Pada homepage Halodoc tap tes covid-19 
  • Tentukan lokasi pelaksanaan tes 
  • Pillih jenis tes covid-19 yang akan ikuti Rapid Test/PCR test 
  • Pilih jadwal kunjungan 
  • Lengkapi identitas diri sekaligus upload foto 
  • Pilih metode pembayaran dan lunasi biayanya 
  • Berhasil membooking jadwal tes tinggal tunggu SMS konfirmasi waktu pelaksanaannya 

5. Booking Jadwal Vaksin Dewasa/Anak 

Salah satu cara mengatasi covid-19 kemungkinan besar adalah menggunakan vaksin yang sampai saat ini masih dikembangkan seperti misalnya vaksin pfizer. Vaksin pfizer sendiri telah melihatkan sebanyak 44rb peserta dan sedang dalam tahap uji klinis. Di Indonesia sendiri juga telah diuji untuk vaksin Sinovac yang diperkirakan akan masuk mulai Maret 2021. Meskipun begitu, vaksin untuk covid-19 ini masih harus melalui beberapa tahapan lagi untuk dapat memproduksinya secara masal.

Di aplikasi Halodoc sendiri selain dapat booking untuk Rapid Test/PCR, tersedia juga untuk booking vaksin anak maupun dewasa. Untuk menjaga imunitas tubuh, vaksin berfungsi untuk menjaga tubuh agar kebal dari bakteri atau virus yang dapat menyebabkan penyakit dan tak mudah tertular penyakit. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, penting sekali untuk menjaga imunitas tubuh dengan melakuka pola hidup sehat, melalukan olahraga, menjaga kesehatan, dan asupan vitamin maupun vaksin apabila diperlukan terutama jika disarankan oleh dokter sesuai dengan kondisi tubuh.

Misalnya untuk orang dewasa, dibutuhkan beberapa vaksin seperti vaksin influenza, vaksin tetanus, vaksin cacar, dan vaksin MMR. Sedangkan untuk anak sendiri dibutuhkan vaksin seperti influenza, campak, polio, serta hepatitis A. Fungsi vaksin ini selain untuk kesehatan keseharian dalam melakukan aktivitas, juga dapat mendukung keperluan lain seperti misalnya sebelum bepergian ke luar kota,  vaksin yang dibutuhkan sebelum menikah, dan lainnya. Langkah-langkah untuk booking vaksin ini juga dapat dilakukan dengan mudah dan hampir sama dengan saat membuat janji dengan dokter atau RS. 

Itulah lima rekomendasi layanan Halodoc saat pandemi yang dapat kamu rasakan manfaatnya. Personally, memanfaatkan layanan kesehatan melalui aplikasi seperti ini membantu sekali untuk kebutuhan perihal kesehatan mulai dari konsultasi online hingga membeli obat. Jadi, meksipun gerak saat ini terbatas, namun kemudahan bukan berarti tak ada ya. Stay safe and stay healthy!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)