Pentingnya Pelatihan Aplikasi Absensi Karyawan Online

Apakah setiap pekerja menyukai teknologi baru? Belum tentu. Kenyataannya, bahkan dalam dunia bisnis era digital saat ini, ketika segmen tertentu tampaknya didominasi oleh budaya kerja yang “selalu aktif”, mengadopsi dan melatih teknologi baru dapat menjadi hal yang menakutkan bagi banyak karyawan. Tak terkecuali saat perusahaan mulai menggunakan software seperti aplikasi absensi karyawan online

aplikasi absensi karyawan online
pict: Megan_Rexazin, pixabay

Maka dari itu, perusahaan perlu melatih karyawan baik baru maupun lama dalam mengadopsi sistem teknologi baru aplikasi absensi karyawan online

Pelatihan Karyawan Mengenai Aplikasi Absensi Karyawan Online

Mungkin perusahaan baru saja menambah satu atau lebih orang ke daftar karyawan perusahaan. Apa yang diperlukan untuk mempertahankan mereka? Seringkali, hal ini dimulai dengan seberapa baik karyawan baru bertransisi ke tempat kerja Anda.

Dengan salah satu cara membantu mereka membantu transisi adalah dengan membuat pelatihan dan pembelajaran mengenai sistem perusahaan semudah mungkin, termasuk membantu mereka mengenal aplikasi absensi karyawan dalam mengelola kehadiran mereka. Hal yang sama juga berlaku untuk mempertahankan karyawan yang sudah ada, terutama saat Anda memperkenalkan mereka pada aplikasi absensi baru yang lebih efisien. 

Di bawah ini akan ada beberapa hal yang perlu diingat, apakah Anda memperkenalkan orang baru ke sistem absensi & kehadiran yang ada, atau sistem baru untuk karyawan yang telah ada. 

Karena bagaimana pun, cara karyawan berlatih dapat menjadi kunci dalam membantu karyawan mengenal aplikasi lebih jauh lagi. Semakin baik mereka mengenal sistem Anda, semakin kecil kemungkinan mereka membuat kesalahan atau curi-curi waktu jam kerja. 

Note: Coba demo gratis aplikasi absensi Talenta. Tapi, kenapa harus absensi karyawan online Talenta?

Pelatihan untuk Seluruh Karyawan dan Karyawan Khusus

Setiap perusahaan mencari cara baru untuk mempertahankan karyawan, dan membantu pekerja lebih ter-engage dengan pekerjaan mereka. Seringkali, jalan menuju sukses dimulai dengan cara perusahaan membantu karyawan mempercepat berbagai sistem bisnis, termasuk sistem pengelolaan waktu dan kehadiran yang baik. 

Mungkin Anda bertanya-tanya, ketika sudah menetapkan tujuan untuk membantu karyawan baru atau membantu karyawan lama dengan teknologi baru, langkah apa yang Anda ambil untuk mencapainya?

Saat Anda memperkenalkan orang baru ke sistem yang telah ada, atau sistem baru kepada karyawan saat ini, diperlukan beberapa tingkat pelatihan.

  • Jika terkait aplikasi absensi karyawan online, beberapa hal yang tak diinginkan diantaranya karyawan yang bingung tentang cara kerja software, karyawan yang dipersulit dan terjebak dalam proses aplikasi, hingga mereka yang tidak tahu fitur apa saja yang ada dalam aplikasi. 

Oleh karena itu, pelatihan sangat diperlukan. Pelatihan yang baik memudahkan perusahaan dalam menjawab sejumlah pertanyaan dan masalah utama yang mencakup kebutuhan seluruh karyawan atau beberapa karyawan dengan kepentingan lain seperti HRD. 

Misalnya ketika perusahaan Anda menggunakan aplikasi absensi online Talenta:
  • Aplikasi Talenta mampu digunakan karyawan untuk check in (absensi kedatangan/memulai kerja) dan check out (absensi kepulangan/berakhirnya jam kerja) dari mana saja, di mana pun karyawan bekerja. 
  • Dasbor karyawan Talenta yang mudah digunakan akan menarik bagi pekerja, tidak tergantung pada seberapa paham mereka terhadap teknologi. 
  • Karyawan akan menghargai jika perusahaan menyajikan laporan absensi bulanan, meminta cuti, mengajukan lembur, hanya dengan beberapa klik dalam aplikasi Talenta. 

Salah satu keunggulan Talenta yakni dasbor karyawannya yang mudah digunakan, yang menyederhanakan proses pelatihan dan pembelajaran bagi pekerja baru dan yang sudah ada. 

Contoh Pendekatan Pelatihan Aplikasi Absensi Karyawan Online

Idealnya, semua karyawan akan memiliki pengalaman dalam hal check in dan check out, melihat laporan absensi bulanan, mengetahui jam istirahat, dan masih banyak lagi. Talenta sendiri dapat diatur sesuai peran karyawan di sebuah perusahaan. Misalnya, ada peran sebagai manajer yang akan memantau beberapa staf, peran HRD yang memantau keseluruhan karyawan. 

Berikut dua contoh pendekatan pelatihan yang lebih dipersonalisasi sesuai peran karyawan:

1. Fitur Manajemen Karyawan untuk Manajer dan Administrator/HRD

Manajer dan administrator dapat memantau waktu kerja karyawan kapan saja dan dimana saja, memungkinkan mereka untuk memanfaatkan fitur utama absensi online yang menyederhanakan cara mereka memantau jam kerja karyawan lain.
  • Manajer akan tahu kapan karyawan lupa check in & check out, atau terlambat masuk.
  • Dengan fitur absensi berbasis GPS, manajer dan administrator tahu lokasi di mana karyawan mulai dan selesai bekerja. 
  • Keduanya dapat memberikan izin atau menolak permintaan izin, cuti dan lembur karyawan langsung dalam aplikasi.
  • Informasi upah staf menjadi lebih jelas karena perhitungan jam kerja sudah diotomatisasi dan laporan tersedia secara otomatis.

2. Fitur yang Mendukung Opsi Work From Home atau Jam Kerja Fleksibel

Pekerja dapat mengakses aplikasi absensi Talenta, mengatur absensi mereka, dalam beberapa cara, termasuk:
  • Mengakses dari smartphone masing-masing
  • Mengetahui office hour dan segala perubahannya.
  • Melihat riwayat jam kerja mereka dengan adanya laporan di akhir bulan. 
Memiliki akses mobile untuk aplikasi absensi karyawan online sangat penting jika lingkungan profesional Anda mendorong karyawan untuk menggunakan software mereka masing-masing, atau ketika karyawan bekerja dari jarak jauh. 

Pekerja dan pencari kerja memiliki banyak pilihan saat ini. Apakah solusi waktu dan kehadiran yang Anda gunakan sudah tepat untuk mereka, dan untuk cara perusahaan Anda berkembang? Cari tahu bagaimana aplikasi absensi online karyawan Talenta dapat berkembang bersama perusahaan Anda
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)