Transfer Data dan Isi Daya Smartphone Lebih Cepat dengan Kabel Type C Verbatim

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Tak cuma sekali dua kali, saya menerima nasihat untuk berhati-hatilah ketika berhadapan dengan kecepatan. Jangan lekas menginginkan ini itu, namun tak tahu tujuannya mengarah ke mana. Jangan mudah iri, melihat pencapaian orang lain. Termasuk ketika menginginkan kecepatan transfer data, memilih Kabel Type C adalah bentuk kehati-hatian.

Kabel Type C

Hal di atas memiliki alasan tersendiri, adalah pengalaman memindah data yang ternyata tak se-simpel yang saya pikir. Ternyata ada kabel data yang lamban memproses, wajar karena yang saya beli dahulu tidak original. Maklum, saya pikir hal tersebut sama saja. 

Berbuah pengalaman tersebut pula, saya jadi lebih waspada ketika memindahkan data maupun menggunakan USB untuk mengisi ulang daya ponsel. Serupa ketika sedang memindahkan data, mengisi daya lebih lamban juga pernah saya rasakan ketika tak menggunakan USB bawaan ponsel. Padahal, smartphone tersebut memiliki fitur fast-charging.

Oh, tahukah teman-teman jika menggunakan USB Type C akan lebih cepat dari pada micro USB? Tunggu-tunggu, jadi kabel data itu ada banyak jenisnya? Bukan hanya beda versi tingkatan dari sebelumnya saja? Oke, dahulu saya juga belum paham mengenai hal ini. Namun untuk sebagai penanda mudahnya, pernahkah teman-teman mengisi ulang smartphone (Android) tetapi konektor chargernya tidak cocok?

Perbedaan micro USB dengan USB Type C

Kalau pernah mengalami charger yang tidak pas, padahal sesama Android dan bukan dari iPhone, berarti memiliki tipe USB berbeda. Ah iya, perlu saya sebutkan bahwa saya pengguna Android dalam hal ini, ya. Sekilas memang, kabel data ya fungsinya sama itu-itu saja, namun ternyata berbeda.

  • Bentuk Port USB

Perbedaan paling mencolok dari micro USB dengan Kabel Type C adalah bentuknya. Bentuk trapesium untuk micro USB, dan bentuk pipih simetris untuk USB Type C. Yap benar, untuk Type C ini adalah versi upgrade dari kabel data versi sebelumnya atau micro USB, dan sudah banyak dipakai oleh smartphone keluaran flagship. 

  • Kecepatan Charging dan Transfer Data

Sebagai perbandingan, untuk versi micro USB membutuhkan waktu sekitar 2-3 charging jam sampai penuh dengan hantaran daya 2,5 volt dalam arus 1,8 ampere. Sementara untuk USB Type C lebih cepat yaitu 1,5 jam dan dapat menghantar daya listrik sampai 20 volt dalam arus 5 ampere.

Kalau versi transfer data, perbedaanya cukup jauh nih karena dengan versi USB 3.0 di USB Type C bisa mencapai kecepatan 10 GB/detik. Sedangkan untuk micro USB hanya 480MB per detik.

  • Koneksi Perangkat Gadget

Kabel Type C mendukung tampilan gambar dan suara dengan kualitas yang tinggi jika sedang dikoneksikan dengan proyektor, atau TV. USB Type C juga bisa menggantikan kabel HDMI atau jack audio 3,5 mm, namun masih tetap perlu dukungan perangkat lain. Berguna banget kalau sedang presentasi atau sekadar memanjakan mata dengan hiburan.

Sementara, itu dulu untuk perbedaanya karena bisa-bisa postingan jadi panjang. Dengan kelebihan di atas, saya yakin nantinya bukan hanya smartphone keluaran flagship yang punya charger dengan USB Type C namun juga akan diikuti dengan series lainnya.

Kenalan Sekilas dengan Verbatim

Sebagai freelancer yang sedang lumayan padat mobilitasnya, akrab tentunya pindah memindah file ini maupun pindah ke sana ke mari alias orangnya. Pun karena menginginkan kepraktisan, saya lebih suka membawa sedikit printilan perangkat elektronik ini. Cukup laptop, charger laptop, smartphone, dan USB saja untuk menghemat tempat.

Kabel Data

Masalah tersebut datang ketika timbul kekhawatiran nanti USB bawaan ponsel akan cepat rusak dan lumayan gawat jika tak ada penggantinya. Kemungkinan saya sedang ceroboh, atau terburu-buru, atau yang lainnya juga tak tentu. Dari sana saya mencari USB Type C original yang sekiranya awet dan tidak mudah rusak. 

Nama Verbatim kemudian muncul dan syukurlah ternyata ada. Terakhir punya produk Verbatim itu sekitar 4 tahunan lalu, dalam bentuk flashdisk. Beberapa bahkan mengenal nama Verbatim ini melalui produk floopy disknya, lho. Memang sudah lebih dari 50 tahun berdiri dan produk-produknya tentu memiliki kualitas terbaik.

Verbatim memiliki fokus dalam pengembangan perangkat penyimpanan data, teknologi LED lighting, computer peripherals, dan gaming solution. Dahulunya didirikan di Mountain View, California pada tahun 1969 namun mengalami berbagai perubahan hingga 2020 diakuisisi oleh CMC Magnetics Corporation. Sedangkan untuk pusat produksi serta pemasaran berada di Singapura dan juga Jepang.

Pengalaman Memakai dan Keunggulan dari Verbatim Kabel Data Type C 

Balik lagi ke USB Type C tadi, akhirnya memilih Type C to C Tough Max Kevlar Cable 120cm. Kesan pertama yang saya dapatkan adalah, Kabel Type C Verbatim ini bakal awet dan memudahkan, awet, dan amat travel-friendly.

  • Material dengan Kualitas Terbaik

USB Type C

Sepanjang kabel diselimuti bahan khusus dan tebal yaitu alumunium dengan kualitas tinggi, sampai ke konektor juga telah dilengkapi dengan pelindung. Kesan awal mungkin akan terasa agak kaku jika dibandingkan dengan kabel tanpa jaket, namun sebenarnya malah fleksibel dan nggak gampang berantakan. Ada juga tali kecil pengikat dilengkapi dengan perekat untuk digulung setelah digunakan. Jadi, ini aman sekali dan tanpa khawatir tersangkut atau berantakan ketika bepergian.

Material USB Type C Verbatim

Material yang digunakan juga memiliki grade dengan kualitas terbaik, terutama untuk mendukung jangka waktu penggunaan USB ini. Klaimnya dibuktikan juga dengan testing uji lentur sebanyak 35000 kali oleh SGS testing lab. 

  • Kecepatan Charging

Kabel Data Verbatim

Untuk pengalaman charging di smartphone yang saya gunakan (Samsung A51), diamati bertambah 10% setiap 11 menit. Jadi kira-kira, pengisian membutuhkan waktu kurang lebih 110 menit atau kurang dari dua jam sampai penuh. 

  • Kecepatan Transfer Data

Ketika mengkoneksikan antara smartphone dengan laptop juga langsung muncul, nggak perlu menunggu loading-loading. Gercep! Sedangkan untuk transfer data mencoba file foto dengan ukuran 2MB hanya perlu sedetik. Coba file dengan ukuran yang lebih besar yaitu butuh 6 detik untuk 70 MB. Support yang tertera di kemasan Verbatim ini sendiri yaitu up to 480Mb/s untuk transfer data.

Jika dicocokkan dengan versi keunggulan Type C di awal postingan, saya rasa masih make sense dan cukup dengan performa ini. Hal itu karena versi yang tercantum adalah 2.0, meski sebenarnya support juga untuk versi 3.0 quick charger. Bagi saya sudah puas karena terasa tak ada bedanya dengan USB bawaan smartphone. 

Ini tentunya mungkin akan berbeda jika di perangkat yang teman-teman punya. Di kemasan tertulis akan lebih maksimal dalam isi ulang daya jika berada di MacBook Pro dan iPad Pro. Di laptop dan Android saya yang memang sudah kompatibel dengan Kabel Type C saja kecepatannya sudah oke, apalagi jika di kedua perangkat tersebut ya? Hihi.

Kabel Type C Verbatim

Karena ini kabel Type C, jadi penggunaannya juga mudah saja atau bahkan lebih mudah kalau dibandingkan dengan micro USB. Soalnya bisa dibolak balik, tetep pas bisa masuk dan langsung mengisi daya. Tambah enak karena adanya pelindung atau jaket anti slip ini jadi pengalamannya lebih terasa enak.

Pilihan Produk Verbatim Selain Kabel Type C 120cm 

Kabel Type C Terbaik

Jika dirasa kabel 120cm terlalu panjang, ada dua versi lainnya dengan panjang 30 cm. Pun jika menginginkan kabel yang lebih panjang bisa memilih ukuran 200cm. Ketiga ukuran ini sama-sama memiliki warna abu-abu. Tak hanya untuk Android, kabel Type C Verbatim juga tentunya tersedia untuk pengguna iPhone ini. Psst, kalau untuk versi iPhone ada pilihan warna hitam dan gold lho! :)

Bagi teman-teman yang ingin mempunyai Kabel Type C Verbatim ini juga, bisa melakukan pembelian di Tokopedia. Nanti saya sertakan link pembelian di bawah untuk memudahkan. Oh iya, pas kemarin saya beli dapat cashback 15rb tanpa perlu memasukkan kode voucher apapun. Jadi tinggal pilih di menu floating saja, barangkali masih berlaku di teman-teman. 


Nah ini untuk cashback yang saya pilih kemarin, jumlahnya jadi 19.400 karena bisa digabung dengan promo lain. Sebagai ilustrasi, bisa lihat gambar di bawah untuk estimasti cashback yang bisa didapatkan ya. Lumayan menghemat kan jatuhnya hihi, kebetulan saya juga pemburu cashback hihi.

usb type c verbatim

Overall, begitulah pengalaman dan review saya memakai Kabel Type C dari Verbatim. Semoga memberikan gambaran bagi teman-teman yang sedang mencari Kabel Type C terbaik sebagai partner kegiatan digital sehari-hari. Semoga membantu ya!

60 komentar

  1. Wih mantep ini, tetapi hpku bukan type C agaknya sulit kalau pakai ini padahal lebih mudah untuk apapun.

    BalasHapus
  2. Jadi teringat merk verbatim ini adalah merk langganan buat aku simpan data di jaman SMA ke kuliah dalam bentuk CD.
    Nah ternyata kabel charge USB dalam beberapa tipe juga ada ya.
    Jadi cussss pengen nyari biar cepat juga ngisi daya hp.

    BalasHapus
  3. Memang kalau mencharge bukan dengan kabel bawaan teras lebih lambat ya. Saya pun sering mengalaminya khususnya ketika berada di luar rumah.
    Ternyata masalahnya ada pada jenis kabel dan USB itu sendiri ya. Terimakasih informasinya. Jadi tahu nih tipe USB yang bisa transfer data atau daya dengan cepat

    BalasHapus
  4. Kyaaa sama kak, aku juga kemarin beli ini dari verbatim. Sukaa <3 dan jadi turbo charging lho di hapekuu. Dibawa kemana2 deh akhirnya

    BalasHapus
  5. Bisa pilih ukuran panjangnya..pengen bisa punya ini biar cepet pindah datanya..

    BalasHapus
  6. Sekarang ini saya memang banyak kebutuhan transfer data dari hape ke laptop, Mbak. Dan saya pun mengalami, tidak semua kabel data yang saya miliki itu cepat proses transfer datanya. Dan saya naksir nih. Dari fotonya saja itu keren sekali. Kabelnya langsung mengingatkan saya pada model kabel setrikaan ya. Jadi tidak mudah putus, karena ada slot plastik yang membuatnya fleksibel. Cocok nih, diajak travelling juga.

    BalasHapus
  7. Suka deh kalau fast charging begini. Verbatim emang udah lama terkenal kualitasnya

    BalasHapus
  8. Wih materialnya pake kelar ya, kerad ini mah bandel kabelnya, oh y untuk kabel ini bisa transmisi berapa watt daya maksimalnya mbak?

    BalasHapus
  9. nah selain buat Power Delivery juga transfer datanya lebih bagus emang klo USB type C, makanya sekarang perangkat terbaru pada pake type C karena lebih efisien dibanding type A atau B

    BalasHapus
  10. Saya baru nyadar setelah membaca artikel ini, kabel data itu berbeda-beda. Kabel data ini termasuk yg sering saya rusakkan krn bolak-balik harus transfer data dari hp ke notebook, krn agak lelet, tangannya 'gatel'. Harus beralih memakai kabel type C Verbatim juga nih. Siip, mba.

    BalasHapus
  11. yess produk verbatim mah emang udh terpercaya kualitasnya ya mba, aku pun pake produk verbatim utk usb port type c, dan emang selengkap dan mudah juga konektivitasnya. Nah kalau ada kabel utk charging nya boleh juga nih buat back up yaa kalau charging utama rusak

    BalasHapus
  12. thanks reviewnya mba.. baru tau soal produk verbatim yang ini. kayaknya bermanfaat buatku karena ponsel androidku juga pakai usb tipe C dan sering banget aku pakai untuk kerja

    BalasHapus
  13. Saya simpan informasi ini ya Mbak ... suatu saat pasti butuh nih beli kabel seperti ini. Butuhnya yang cepat.

    BalasHapus
  14. Pas banget nih... Kabel usb type c bawaan handphone anak saya rusak... Cari merk verbatim ah yang terjamin kualitasnya...

    BalasHapus
  15. Hape saya yang sekarang sudah pakai USB type C. Ternyata memang cepat banget ngechargenya. Tapi sayangnya nggak bisa dipakai di hape USB type biasa... Merek Verbatim sudah nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Saya tau brand Verbatim saat dulu sering beli kepingan CD kosong... Jadi mupeng dengan produk kabel data dari Verbatim ini...

    BalasHapus
  16. Memang memilih kabel usb ini sama sulitnya kayak memilih jodoh karena cocok2an. Aku juga punya pengalaman mbak mesti gonta-ganti kabel karena ternyata gak cocok lah atau cepet rusak.
    Cuma kabel Verbatim ini perlu banget jadi pertimbangan untuk jodoh kabel bagi hapeku. Keliatan kokoh dan banyak pula keunggulannya.

    BalasHapus
  17. Kecepatan charger-nya sampai 50% lebih cepat dari kabel type lain ya. Keren nih, cucok buatku yang butuh nge-cahrge dengan cepat. Produk keluaran Verbatim juga, secara kualitas tentunya udah terpercaya jadi gak perlu ragu lagi kalau beli merek ini.

    BalasHapus
  18. Verbatim ini merk legend sih, yang memang terus berinovasi di bidang perintilan teknologi. Detail dan puas banget sih tiap make produk verbatim

    BalasHapus
  19. ini pasti bermanfaat banget buat saya yang sering banget transfer-transfer data, wajib coba niy kak, dulu saya mengenal verbatim sebagai disk saat awal belajar, sekarang ada kabel datanya ya

    BalasHapus
  20. Nah yaa..Kudu banget jeli memilih produk terutama yang mendukung kinerja gadget yang dimiliki. Karena salah memilih, bisa merusak atau malah menghambat kinerja gadget yang dimiliki. Pilihan terbaik ada pada Verbatim.

    BalasHapus
  21. Fast charging penting banget buat influencer yang gak bisa lepas dari gadget. Kayaknya nungguin baterai HP penuh sampai lebih dari 30 menit itu ganggu banget. Hehehe. Kalo pakai usb fast charging kayak keluaran Verbatim ini kan kebantu banget. Gak nyampe 30 menit baterai ponsel sudah terisi penuh.

    BalasHapus
  22. Kabel data itu ada banyak jenisnya. Saya juga kaget suami kadang negur, gak boleh pake kabel data sembarangan. Setelah dia jelasin, baru deh ngerti kenapa ada banyak kabel data di tas dia, meski kepalanya sama, ternyata fungsinya beda beda. Wkwkwk.

    BalasHapus
  23. Merk Verbatim ini memang merk yang sungguh terpercaya ye kan..
    Tapi saya baru tau tentang seluk beluk kabel data Verbatim ini...
    Akan saya perhatikan, karena ponsel saya menggunakan kabel data type C ini

    BalasHapus
  24. Waah ini nih yg aku cari. Charger type C yang fast charging. Meski ada charger bawaan dari handphone saat beli aku suka beli charger cadangan. Masalahnya kalau gak ori gampang rusak. Charger type C dari verbatim ini bisa jadi pilihan ya

    BalasHapus
  25. Next saya mau coba pakai kabel data tipe C Verbatim ini deh. Memang butuh yang cepat dalam charging dan transfer data.

    BalasHapus
  26. Seriusan aku jadi penasaran sama kabel data Verbatim ini. Soalnya kabel yang ori punya hape udah rada-rada nih. Daripada rusak kan ya aku mikirnya direplace dulu sama Verbatim ini. Biar kabel orinya tetep terjaga.

    BalasHapus
  27. Dulu juga nggak nyangka kalau kabel data tuh memengaruhi transfer data dari hape ke laptop, aku kira laptopku yg kudu ganti, hihihi.. ternyata emang butuh kabel yg cepet transfernya, produk dari Verbatim bisa jadi pilihan nih

    BalasHapus
  28. Kalau pake usb type c, perangkatnya harus upgrade dulu ya kak. Maklum nih. "alat perang" zaman dahulu kala punyaku soalnya 😅

    BalasHapus
  29. Kabel data idaman nih, bentuknya kokoh banget, jadi pasti awet ya, kak.

    BalasHapus
  30. Jujur sih saya nggak punga pengalaman pakai kabel tipe c, karena tiap hp yang saha beli selalu under harga. Ya tau lah, kalau hp sudah pakai kabel udah masuk kategori hp mahal

    BalasHapus
  31. Kebetulan kabel data asli bawaan hpku rusak, beli lagi tenyata kurang ok , kecepatan transfer datanya lambat. boleh coba juga verbatim ini deh

    BalasHapus
  32. Pantas kalau nge-charge tanpa kabel bawaan itu rasanya lebih lama gitu ya
    Terimakasih infonya
    Ulasannya bikin saya mau punya juga
    Kabel dari Verbatim bisa jadi solusi nih sepertinya
    Saya mau coba lihat di e-commerce siapa tahu ada yang cocok

    BalasHapus
  33. bener kak, memilih kabel HP pun kudu hati-hati dan lihat kualitasnya. soalnya dampaknya ke HP kita nanti.

    BalasHapus
  34. Wuih. Dari bentuknya aja kelihatan kalau Verbatim ni kabel USB yang sangat kokoh sehingga nggak mudah rusak.

    Itu di Samarinda, ada yang jual nggak ya?

    BalasHapus
  35. Iya nih, rata2 hp skr udh type C semua kabelnya yaaa 😁. Aku sih juga suka yg begini drpd yg sebelumnya mba. Kayak lebih mantep juga pas dicolokin 😄.

    Aku jrg beli kabel data, Krn LBH suka pake kabel bawaan si gadget. Tapi noted banget nih Ama merk verbatim, jadi kalo ntr beli kabel data tambahan, ga bakal sembarangan beli. Aku juga ga tertarik beli barang KW soalnya. Takut merusak gadget

    BalasHapus
  36. Urusan mengisi daya ini memang sering menjadi problematika sih apalagi kalo kabelnya terlalu lambat mentransfer energinya. Kabel type C ini memang sekarang sudah yang makin sering digunakan ya,kak. Hmm,sepertinya saya akan coba hunting type c verbatim ini juga deh karena kabel yang sekarang mulai lambat digunakan.

    BalasHapus
  37. belum pernah pakai kabel verbatim ini, mba.. tapi kayaknya aku perlu juga karena biasnaya aku transfer pakai bluetooth atau kabel data charger. dan sekarang udah gak rupo, alias udah mulai ngelintek2 dan kawatirnya udah gak berfungsi maksimal heheh

    BalasHapus
  38. Butuh banget kabel kayak gini. Soalnya sering enggak langsung tersambung dan prosesnya lama. Lagi ada cashback ya beli di Tokped. Nanti coba intip ah semoga masih ada diskonnya.

    BalasHapus
  39. Kebetulan banget sekarang ini aku lagi mencari kabel data sekaligus untuk charge smartphone. Untuk kecepatan oke banget nih dan kita ga was2 ya transfer data dari hp ke laptop maupun sebaliknya. Penasaran nih berapa sih harga kabel tipe C Verbatim ini? Ceki2 ah lebih lanjut.

    BalasHapus
  40. mantep sekarang verbatim, produksi alat alat canggih untuk teknologi sudah semakin banyak dan beragam. DUlu aku tahunya disket doang hahaha ketahuan umurnya

    BalasHapus
  41. Kebanyakan hape sekarang udah type C ya, apalagi type C gini perbaikannya lebih murah daripada yang satunya.. Terus colokannya juga bisa dibolak-balik hha, jadi gak perlu pusing lagi mana atas atau bawah.

    BalasHapus
  42. Baru tau nih ada merk Verbatim, ternyata merk yang udah bertahan cukup lama ya. Kadang ini sih memang dilema buat barang-barang elektronik kayak charger ini, kalau charger bawaan rusak suka bingung mau beli charger apa. Pernah tergiur dengan charger murah yang ternyata malah membuat ponsel cepat rusak, jadi sekarang harus bener-bener selektif nih milih kabel yang memang asli dan sesuai dengan kecepatan kabel asli

    BalasHapus
  43. Baru tau nih ada merk Verbatim, ternyata merk yang udah bertahan cukup lama ya. Kadang ini sih memang dilema buat barang-barang elektronik kayak charger ini, kalau charger bawaan rusak suka bingung mau beli charger apa. Pernah tergiur dengan charger murah yang ternyata malah membuat ponsel cepat rusak, jadi sekarang harus bener-bener selektif nih milih kabel yang memang asli dan sesuai dengan kecepatan kabel asli

    BalasHapus
  44. Huaaa saya tak pernah memperhatikan kerjaannya si kabel data ini. Asal pas di gawai, hajar saja. Ternyata tidak segampang itu ya memakai kabel data kalau menginginkan hasil yang cepat dengan bahan yg bagus.
    Boleh nih dicoba kabel Verbatim, apalagi harganya tidak sampai bikin dompet teriak.

    BalasHapus
  45. Harganya terjangkau sekali ya..Kabel Type C Verbatim.
    Sepertinya ini lebih praktis kalau kabelnya keduanya type C yaa.. Gak perlu beli dongle.

    BalasHapus
  46. Sepertinya memang bagus banget ya kak kabelnya, kebetulan aku juga lagi cari. Terima kasih rekomendasinya

    BalasHapus
  47. bagus bgt ya bentuk kabelnya. perlu bgt nih untuk pengguna iphone. krn biasanya kabel charger iphone itu tipis bgt dan rawat putus. klo setebal kabel vermatim itu harusnya aman ya. tks nice info

    BalasHapus
  48. buat saya merek verbatim itu legend banget deh, dulu pas masih awal belajar pakai disk merek verbatim juga, kayaknya membekas banget menjadi kenangan saya belajar komputer, sekarang muncul kabelnya, pastinya makin support kerjaan kita sebagai konten kreator yang sering banget pindah-pindahin data

    BalasHapus
  49. Dari kemarin lagi ngincar ini hahahaha
    Tapi pas tau harga aslinya jadi mikir mikir beli engga ya 🤣

    BalasHapus
  50. Wah iya ini bener bangett pake type C jadi turbo charging lho aku kmrn cobain kak. Apalagi kalo dari verbatim yg ngga kaleng2 dah bahan dan kualitasnya

    BalasHapus
  51. Mba marfa, duuuuh dapet ilmu deh aku tentang perkabelan. Ternyata kabel USB bisa ada bedanya gitu ya. Sebelumnya aku ngeh nya, kalo nge-charge pake kabel x lebih lama penuh pake kabel y lebih cepat. Udah gitu aja ngertinya, hahaha

    BalasHapus
  52. wah boleh dicoba nih, jadi makin praktis dong ya gak usah nungguin lama penuh, maklum aku orangnya gak sabaran nungguin hp ngecharge sampe penuh, jd suka main cabut-cabut aja hehe

    BalasHapus
  53. Iya nih, pakai kabel type C lebih cepat semuanya, ya transfer data ya charging. Kabel Verbatim dari luar kelihatan kokoh dan istimewa, ternyata dalamnya juga sangar

    BalasHapus
  54. Ya ampun mbak, aku sbgai pengguna kabel type-c merasa mendapatkan jawaban krna slama ini punya masalah saat mw charge, krna kabel dr ponsel g pke yg ori. Syukurlah baca artikel ini. Jadi aku bisa tahu klo ada kabel type-c verbatim yg bisa pilih panjang kabelnya ya kan. Terlebih belinya di Tokopedia, bisa aku mnfaatkan voucher yg aku punya juga nih.
    Terima kasih sharing nya ya mbak

    BalasHapus
  55. Wah, kerasa banget sih ini kabel type C lebih keren soal charger dan transfer data. Bahkan laptop aja sekarang dilengkapi colokan type C ini ya

    BalasHapus
  56. Merek ini kyknya gak asing mbak utk perkabelan gtu. Aku suka yang lentur juga jd kalau ketekuk agak lama kyk gak gampang terkelupas dan rusak bagian luarnya gtu. Wah mantul lagi ada promo ya buat pembeliannya, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  57. Ooo aku baru tahu nih Mbak soal Kabel Type C. Hihihi. Kalau soal kabel charger yang beda-beda kualitasnya udah tahu, sih. Soalnya pengalaman pakai kabel charger punyaku dan punya suami, juga beberapa kali punya kabel charger berbeda.
    Makasih infonya, ya. Diinget deh, Kabel Type C Verbatim bisa jadi pilihan :)

    BalasHapus
  58. waow mba aku belum punya nih, jadi pengen punya juga biar wuzzz
    makasih sharingnya mba aku butuh juga nih soalnya.

    BalasHapus
  59. Sekarang tuh gadget terbaru sudah menggunakan USB Type C semua yaa..
    Aku juga di satu sisi merasa dimudahkan saat mengecharge, tapi di sisi lain, jadi mudah rusak, terutama yang sering membawanya mobile.
    Kudu banget punya cadangan charger dari Verbatim yang bisa mengecharge dengan cepat.

    BalasHapus
  60. Wah menarik banget kabel data verbatim ini, mana transfer datanya cepat lagi, otw beli ah

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.