OYO 3314 Syariah House Purwokerto: Pilihan Menginap Budget Terbaik

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Juni tahun lalu menghasilkan kombinasi antara jenuh, rindu suasana ngekos, rindu ke luar kota, sekaligus menginginkan ketenangan. Setelah 1,5 tahunan berada di rumah saja saya baru terpikir, sepertinya menyenangkan untuk bisa me time dengan memilih penginapan. Sengaja tidak saya sebut staycation karena agendanya bukan liburan meskipun jaraknya dekat, hahaha. 

OYO Syariah di Purwokerto

Meskipun jumlahnya tidak sebanyak Yogyakarya atau Semarang, Purwokerto juga telah memiliki banyak pilihan tempat penginapan budget seperti Airy, OYO, atau RedDorz. Sayangnya Airy sudah nggak beroperasi sih, padahal dahulu andalan sekali untuk dijadikan tempat menginap jika di luar kota. Selain mereka, cari penginapan di Purwokerto juga pastinya bisa dijangkau juga menggunakan aplikasi booking lainnya misalnya Traveloka, PegiPegi, dan Agoda.

Memilih Aplikasi Booking Penginapan Online

Setelah mempertimbangkan banyak hal, akhirnya saya memilih untuk mencoba OYO terlebih dahulu. Alasan pertama sih tentu saja karena pertimbangan harga yang diikuti dengan tempilan fasilitas penginapan di aplikasi. Kadang ada tuh yang terjangkau, tapi dari foto-foto agak kurang meyakinkan. Ya meskipun memang sekadar untuk ganti suasana kerja, nambah biaya sedikit asal masih dalam budget itu lebih baik.

Pertimbangan memilih penginapan yang saya cari ini kira-kira begini:

  • Mendukung untuk kerja dengan laptop, sudah pasti cari yang ada koneksi WIFI yang lancar.
  • Akses mudah, setidaknya tidak masuk gang atau terpencil banget. Tidak perlu strategis dekat ini itu dulu, yang penting kondisi lingkungan sekitar aman.
  • Cocok sama harga tentu saja.

Bare minimum banget, kan? Tapi untuk pengalaman pertama menginap di tempat yang baru didatangi tetap saja ala-ala survey gitu. Misalnya apakah fasilitasnya sesuai dengan yang disebutkan, apakah nyaman dengan suasananya. Soalnya ini kan masih di area yang dekat-dekat aja dan misal mau menginap karena ada kepentingan lagi jadi nggak perlu repot nyari. Syukur bisa jadi rekomendasi juga. 

Booking Penginapan Menggunakan OYO

Terakhir saya menggunakan aplikasi OYO ini sudah 2 tahunan yang lalu (2019) dan kala itu saya masih menemui banyak kendala. Jaman itu untuk tanya ke call center tuh jatuhnya malah dialihkan ke pusat, jadi berbahasa Inggris dan baru dilaporkan di pihak hotel. Rempong juga dulu tuh karena di aplikasi juga tidak tertera nomor CP pengelola hotelnya.

Kemudian waktu itu bayarnya cuma tersedia 2, cuma melalui credit card atau bayar langsung di hotel. Nah sekalipun pilihannya bayar di hotel ini, tetap mengawang kan bakal dapet ruangan atau engganya. Turns out dulu tuh kejadian juga pas dateng di penginapan malah harus ganti tipe kamar. Untuk cerita ini pernah saya posting di Omah Kaleva Syariah.

OYO 3314 Syariah House Purwokerto

Syukurlah ketika menginstall kembali aplikasi OYO, untuk pembayaran udah mudah karena ada virtual account, GoPay, sampai OVO. Setelah memfilter dari harga dan dengan pertimbangan lokasi, saya memilih OYO 3314 Syariah House. Lokasinya ini nggak jauh dari Alun-Alun Purwokerto, Pasar Manis, dan Stasiun Purwokerto. Jadi kalau mau cari wisata kuliner malam nggak perlu juga kelamaan di jalan.

OYO Rooms

Lokasinya masuk ke gang area perumahan gitu, pas mau masuk gang memang awalnya agak susah karena plang OYO tertutup dan berada di jalan yang lalu lintasnya lumayan ramai. Tapi pas sudah masuk ke gangnya langsung nemu plang OYO yang ada di depan penginapan.

Jangan heran ketika masuk tuh gerbangnya tertutup, tinggal dibuka saja atau kalau diangkat bagian kuncinya dari dalam. Tapi biasanya ada petugas juga sih yang menyambut untuk membuka tentu saja. Kalau bawa motor, bisa langsung diparkir di bagian teras depan. Nah kalau mobil ini biasanya diparkir di halaman rumah di depan penginapan. Kalau tidak salah memang rumah dari pengelola penginapannya ini. Maklum karena masuk gang, gaes, jadi sedikit agak tricky.

pengalaman menginap di oyo

tempat parkir penginapan

Review OYO 3314 Syariah House Purwokerto

Sebenernya pas awal booking tuh nggak berharap apa-apa walau memang sudah mencocokan dengan kebutuhan. Pun mungkin karena syariah juga jadi sudah merasa aman dan tenang duluan. Ternyata malah ngerasa nyaman dan beberapa kali ke sini lagi untuk menginap terutama ketika sedang mengejar deadline.

  • Fasilitas dan Pelayanan

Kalau untuk fasilitas sebenarnya ya standar penginapan atau hotel budget, yaitu tempat tidur, meja, kursi, lemari, AC, TV, WIFI lancar, serta air panas, handuk, dan selimut. Oh iya untuk lemarinya ini termasuk besar juga, jadi untuk menyimpan banyak barang bisa di sana dan bikin rapi juga. Untuk kursi juga dudukannya yang empuk jadi enak buat ngelaptop lama, serta tersedia AlQuran di laci meja.

OYO 3314 Syariah House

OYO Purwokerto
versi standard double

standard single oyo
versi standard single


Selain itu di area lingkungannya bersih ya, jadi nggak ada tempat atau bagian yang kotor. Nyaman pokoknya baik untuk pandangan maupun kenyamanan. Kemudian ada fasilitas dapur juga misalnya kalau butuh air anget, cuma saya belum pernah coba. Akses untuk ojol juga gampang, dan ada tempat sholat kecil di dekat tangga kalau misal pengin ibadah salat di sana bisa selain di kamar. 

Terus bisa milih mau di lantai 1 atau lantai 2, kalau saya sih biasanya langsung memilih lantai 2. Alasannya receh aja sih karena jadi ngingetin jaman ngasrama dan lebih enak karena tanpa terganggu orang lalu lalang keluar masuk jika dibandingkan di lantai bawah. Terus di lantai atas juga ada cahaya masuk cukup dari bangunan yang terbuka, tapi tenang ada jaring-jaring besinya kok. Kalau beruntung pas cerah bisa ngeliat Gunung Slamet dan langit biru.

Gunung Slamet
View dari lantai 2

Untuk pelayanan dari staf yang berjaga juga selalu sopan, ramah, dan responsif. Saya pernah meminta selimut karena tak tersedia, langsung disiapkan tentu saja. Terus pernah kelupaan tidak memasukkan helm ke dalam, ternyata dibawakan ke dalam dan ditaruh di bagian bangku di lantai bawah. Prokes juga dijalankan dengan baik karena selalu menggunakan masker.

Di sini juga tak perlu menitipkan deposit, jadi cukup menyerahkan KTP saja yang ditukar dengan kunci ruangan. Oh iya nanti kuncinya itu ada dua jenis, yang satu untuk kunci pintu kamar dan yang satunya lagi kunci pintu masuk. Soalnya kalau sudah jam 12 malam bakal dikunci, semisal ada keperluan dari atau ke luar jadi bisa menggunakan kunci tersebut.

  • Hal Yang Perlu Diperhatikan

fasilitas menginap di OYO


Di sini tak disediakan amenities seperti free pasta gigi, sabun, dan sikat gigi ya jadi diharapkan untuk selalu membawa sendiri. Kalau untuk handuk tetap disediakan kok, jadi tak perlu khawatir. Kalau untuk amenities ini sih bagi saya nggak masalah, karena selalu bawa sendiri tentu saja hihi.

Tidak tersedia tempat sampah di setiap kamar, tapi ada tempat sampah di setiap dekat tangga. Kalau saya jadi suka seperti ini sih jadi sampah nggak perlu numpuk di kamar meskipun ada tempatnya. Tinggal jalan ke luar kamar beberapa langkah dikit beres deh. 

Terakhir nih, jangan lupa untuk mematikan AC dan televisi kalau ditinggal ke luar lama, ya.

  • Kekurangan

Kekurangan di sini tuh cuma cermin tersedianya di kamar mandi, jadi kalau dandan kudu bolak balik sana. Enakkeun misalnya kalau nyatu bareng lemari gitu yah hihi.

Terus yang kedua, ada beberapa ruangan yang colokannya nggak dekat dengan tempat tidur alias di meja aja. Sebenernya nggak masalah amat sih ini kecuali kalau misal ngeraih handphone nggak bisa sambil rebahan.

Anyways, saya sempat menemui pintu kamar mandi yang rusak. Terus ketika menginap lagi tuh sudah bener lagi, jadi emang bener-bener diperhatikan dan dirawat ya di sini.

  • Overall

Pengalaman Menginap di OYO Syariah

Bagi saya, OYO 3314 Syariah House ini cocok buat yang ingin nyari suasana produktif atau ngejer deadline karena minim distraksi. Maksudnya kalau fasilitasnya banyak kaya misal buat staycation kan pasti bawaanya pengin ke sana ke mari gitu hihi. Cocok juga kalau sedang berkunjung di Purwokerto tapi butuh penginapan murah nyaman karena buat tidur dan naruh barang doang. Kalau untuk bersama keluarga juga cocok saja, saya beberapa kali bertemu dengan keluarga yang menginap di sini.

Saya pernah mencoba baik tipe Single dan Double, setelah dibandingkan tetep enak yang Single murni karena memang lebih proporsional saja. Ahahah, sungguh alasan yang sangat personal. Ya memang sih, saya lebih suka yang ringkas saja intinya mah.

Tips Booking Penginapan Harga Murah di Aplikasi OYO

Untuk harga setiap penginapan di aplikasi OYO tuh sering berubah-ubah alias nggak tetap. Tapi rate untuk penginapan-penginapan seperti ini sih memang 130rb-200rban gitu per malamnya tergantung jenis kamar. Untuk di OYO 3314 Syariah House Purwokerto juga sebenernya nggak jauh-jauh dari itu. Tergantung juga jenis kamar misalnya Standard Single, Standard Double, atau Standard Family. Nah untuk yang tipe single ini selalu di antra 120 atau130rban gitu.

menginap OYO murah



Saya pernah mendapatkan harga cuma 82rb aja untuk kamar tipe Single, jatuhnya terjangkau bener. Setelah beberapa kali mengamati dan juga mencoba, ada beberapa trik kalau mau booking dengan harga yang lebih murah yaitu:

  • Gunakan Kode Voucher Tersedia

kode voucher oyo
contoh kode yang dapat dimanfaatkan untuk diskon

Ini selalu ada sih setiap sebelum memilih metode pembayaran, terus macem-macem juga. Sayang banget kalau misalnya diskip karena bisa motong sekian ribu. Kadang yang paling murah itu kode OYOIDAPP, IDOYO, atau menggunakan voucher khusus metode pembayaran GoPay atau OVO. Oh iya voucher ini selalu berubah sesuai user masing-masing ya, saran saya sih coba saja kode voucher di aplikasi satu per satu dan pilih yang termurah. Biasanya nanti ada preview harga totalnya kok.

  • Booking di Hari yang Sama

Jadi kalau booking di hari yang sama untuk menginap ini jatuhnya biasanya lebih murah. Tapi paling kudu agak mepet jam check-in sih misal jam 12 atau jam 1 siangan. Ditambah voucher di atas jadi tambah lebih murah juga. Cuma kekurangannya dibandingkan dengan booking jauh-jauh hari tentu saja bisa jadi sudah full.

  • Booking di Hari Weekend

Ada voucher khusus weekend yang bakal muncul kalau misalnya pesen di hari itu juga, tapi pas weekend aja. Jadi misalnya mau booking hari Sabtu tapi pesennya hari Senin, nggak bakal muncul itu voucher. Kecuali kalau bookingnya di Sabtu pagi, bisa tuh reedem voucernya. Begitu juga kalau misal booking Sabtu untuk hari Minggu, voucher tetep berlaku.

Unik juga karena weekend itu biasanya jatuhnya malah jadi lebih murah. Tapi ya lagi-lagi selama kapasitas ruangan masih tersedia ya.

What I like kalau melakukan booking via OYO tuh total harga yang ditampilkan sudah final, jadi nggak ada tiba-tiba ada tambahan pajak atau biaya lain di akhir. Meskipun memang harga untuk penginapan/hotel yang dipilih itu suka berubah-ubah, tapi memang untuk total harga yang terlihat udah tanpa ada tambahan lagi.

By the way sekalian deh kalau ada yang mau daftar aplikasi OYO, bolehlah isi referral dengan kode UMI5RQB3M biar dapet 10000 OYO Points.

Okay segitu saja untuk pengalaman menginap di OYO 3314 Syariah House Purwokerto dan serba-serbinya. Thank you udah mampir dan sampai jumpa di postingan selanjutnya!
****

1 komentar

  1. aku belum sempet booking di Airy waktu itu mbak, ehhh udah closed aja perusahaannya
    kalau OYO masih cukup sering nginep dan harganya nggak nyangka, aku pernah dapet harga kalau ga salah seratus ribuan, dan lumayan untuk nginep sehari semalam

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.