Bisnis Kuliner Sate Indonesia Di Luar Negeri

Bisnis kuliner di luar negeri - Dalam bisnis kuliner, sate adalah bagian dari masakan Cina yang berasal dari Jawa, Indonesia dan telah diakui sebagai makanan nasional Indonesia serta tersedia secara luas di seluruh negeri. Hal ini juga diakui dan disambut dengan baik di Asia Tenggara yang meliputi Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand dan Filipina bersama dengan Suriname dan Belanda karena fakta bahwa Indonesia pernah menjadi koloni Belanda.

Sate diketahui terinspirasi oleh kebab, yang terkenal luas dalam Tradisi Arab dan Timur Tengah bersama dengan daerah yang bertepatan. Setelah masuknya imigran di Jawa terutama asal-usul Arab, sate menjadi bisnis kuliner menguntungkan. Hal ini dikarenakan, orang Arab memiliki kecenderungan besar terhadap konsumsi kebab dan makanan sate dianggap sebagai hidangan serupa yang bisa dibuat dengan banyak daging yang berbeda.

Tentang Sate

Sate, irisan daging yang juicy diasinkan dengan tusuk sate bambu tipis yang dipanggang dengan sempurna di atas api terbuka arang dan disertai dengan saus atau kecap kacang gurih yang lezat tidak mengherankan bahwa hidangan ini adalah salah satu favorit masa kecil Presiden Barack Obama.
sate
cr: Huahom (pixabay)

Satay (atau lebih dikenal sebagai sate) tidak diragukan lagi salah satu hidangan paling terkenal di Indonesia. Ini juga salah satu hidangan yang diklaim sebagian besar negara Asia Tenggara sebagai milik mereka. Namun secara historis, itu dapat ditelusuri kembali ke Jawa sebagai tempat di mana kebab India, yang diimpor oleh pedagang Muslim, pertama-tama mengambil citarasa timur yang jelas.

Di seluruh kepulauan yang penuh warna ini dan kelompok-kelompok etnisnya yang beragam, sebagian besar budaya telah membuat sate mereka sendiri dengan menciptakan berbagai variasi hidangan yang menyenangkan ini. Yang membedakan adalah rempah-rempah yang digunakan, saus, kecap kacang yang nikmat dan bahkan cara ditusuknya. Selain terkenal di Indonesia, makanan ini juga terkenal di luar negeri, contohnya Amerika, Eropa, dan Australia.

Seperti Apa Saja Jenis Sate Indonesia Terbaik yang Dapat Dicoba Dalam Bisnis Kuliner Luar Negeri?

Sate Ayam (Sate Ayam) 
chicken satay
cr: Huahom (pixabay)

Sate ayam merupakan jenis sate yang paling umum dijual di seluruh Indonesia (dan juga dunia) dan mudah ditemukan di mana-mana baik di pinggir jalan sampai restoran bintang lima. Sate ini terdiri dari daging ayam yang direndam dalam kecap manis dan dimasak di atas panggangan api terbuka kemudian disajikan dengan kacang pedas atau kecap manis, irisan bawang merah dan cabai cincang.

Sate Maranggi

Berasal dari kota Purwakarta di Jawa Barat, Sate Maranggi dibuat dari domba atau sapi. Dagingnya direndam dalam campuran pasta cabai hijau dan cuka lahang dan disajikan dengan irisan bawang merah dan tomat potong dadu. Hayo, siapa yang favoritnya sate maranggi?

Sate Kerang

Sate Kerang adalah kelezatan dari kota Surabaya, Jawa Timur. Hidangan ini terdiri dari kerang rebus yang direndam dalam daun jeruk nipis, jahe, kecap manis dan jus asam. Setelah matang, kemudian dipanggang sebentar atau ditumis untuk mengiris tepinya. 

Sate Kambing (Sate Domba) 
cr: saesherra (pixabay)

Jenis sate yang umum dijual di negara ini adalah Sate Kambing. Terdiri dari domba potong dadu dan direndam dalam nanas cincang (untuk menghilangkan bau tidak enak dan membantu melunakkan daging), sate ini disajikan dengan dua pilihan saus-saus kacang atau kecap manis.

Sate Padang

Berasal dari Kabupaten Sumatra Barat, rumah dari makanan Padang yang populer, sate khusus ini terbuat dari lidah, daging, atau jeroan sapi. Dagingnya direbus dalam campuran daun jeruk nipis, serai, ketumbar, jahe dan kunyit, lalu dipanggang dengan arang sebelum disajikan dengan saus kuning pedas yang kental.

Sate Lilit

Spesial dari Bali, sate ini dapat dibuat dari berbagai daging seperti ayam, ikan, babi atau bahkan kura-kura. Yang paling umum itu dibuat dari ikan cincang yang dicampur dengan kelapa parut, jus jeruk nipis, santan dan bawang merah. Setelah dicampur, kemudian dibungkus dengan tusuk sereh dan dipanggang di atas api terbuka. Ketika berada di Bali, wajib untuk memesan makanan khas ini untuk merasakan rasa yang orisinal.

Sate Buntel

Hidangan yang terkenal di Kabupaten Jawa Tengah ini terbuat dari daging sapi atau domba cincang yang dibungkus dengan lapisan lemak hewani. Mirip dengan sate lilit, daging cincang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, jahe dan jintan kemudian dimasukkan ke dalam selaput lemak dan kemudian dipanggang dengan kecap manis saat dimasak di atas panggangan.

Jika ingin lebih tahu tentang ide Bisnis Kuliner Indonesia apa saja yang dapat menguntungkan di luar negeri, dapat menggunakan layanan cekaja.com di link ini.

https://www.cekaja.com/info/5-ide-bisnis-kuliner-indonesia-menguntungkan-di-luar-negeri/

Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutahir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk. Semoga bermanfaat.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)