Menjadi Generasi Digital Bank Indonesia di BI NETIFEST 2020

Halo, apa kabar?

Alhamdulillah, awal 2020 ini diawali dengan menyenangkan apalagi di bidang yang sangat saya suka: blogging. Mendapat kesempatan sebagai salah satu dari 35 finalis bloger terpilih dalam blog competition, dan salah satu dari 175 finalis terpilih dari 1707 peserta blog & vlog competition. Seperti teman-teman bloger finalis kebanyakan, saya juga tak menyangka menjadi salah satu finalis namun lebih tak menyangka lagi karena secepat ini menemui mimpi untuk salah satu pencapaian dalam perjalanan blogging. Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah—memang benar kalau kita usaha dengan tekun dan meminta sesuatu hal dengan detail pada Tuhan maka ada kalanya doa kita dijawab. 

netifest 2020

Well, ini 16-17 Januari yang lalu sih. Kalau dipikir-pikir juga lumayan emosional karena memang satu tahun belakangan (2019) saya memilih fokus ke blog, bukan lagi hanya menjadi sampingan atau hobi. Motivasi utamanya mencoba memaksimalkan dan mengembangkan konten di blog beserta strategi-strateginya sebagai investasi di masa depan (portfolio, digital strategist, personal branding). Selain itu saya juga karena ingin berkembang dalam hal menulis, dari yang awalnya bebas menjadi semi essai melalui blog—menyenangkan juga sekaligus menguras energi karena proses menulis kan awalnya dari banyak observasi atau mengamati, membaca, kemudian menganalisis dan menyusunnya untuk menjadi tulisan. Terakhir tentunya karena saya menyadari berada di semester akhir butuh biaya untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tak ingin membebani orangtua karena batas beasiswapendidikan saya sudah selesai. Harusnya sih udah lulus, bisa membantu adik kuliah. Nah karena saya kala semester 8-9 ini memilih untuk mengembangkan diri dahulu untuk persiapan pasca kampus maka ya tanggung jawab juga. Ada harga yang harus selalu dibayar, baik di depan maupun di akhir. Yee mantep. 


Nah melalui blog ini nih jadi udah semacam all in one, proses kreatifnya dapet—insha Allah juga mendatangkan rezeki asal kita tekun. Selain itu blog juga sekaligus menjadi catatan perjalanan hidup, iya nggak sih? Nah melalui BI Netifest 2020 kemarin jadi bisa mengikuti acara Bank Indonesia sebagai Generasi Digital. Pernah dong pengin jadi Generasi Baru Indonesia atau GenBi, namun jurusan saya bukan yang terpilih untuk menjadi syarat pendaftaran beasiswa. Melalui tulisan-tulisan di blog itu seakan dapat menembus ke mana-mana melalui caramu sendiri. Selain BI Netifest 2020 ini, pernah juga masuk ke komunitas startup padahal bukan anak yang paham sama sekali mengenai startup namun lebih ke content writing. Pernah juga terpilih sebagai volunteer di kantor urusan internasional universitas dan karena lebih cerita blogging sebagai passion kala wawancara. Walau tak sempat diteruskan sih karena ternyata saya memilih fokus yang lain. Nggak nyangka dari yang dulu awalnya hobi bisa menyelamatkanmu di masa depan. Ibaratnya, kita dalam hidup memang sering bukan menjadi juara atau nomor satu—namun tetap bisa mendapatkan yang terbaik dengan cara apapun itu.


Lanjut ke GenDigital BI ini ya. Selasa, 7 Januari 2020 pertama kali mendapat surel pemberitahuan dari BI NETIFEST tentang terpilihnya 35 finalis yang diundang ke Jakarta. Lebih excited lagi saat udah dikumpulin di WAG dan ternyata ada beberapa bloger yang saya kenal selama ini walau hanya melalui media sosial. Jadwal keberangkatan dari Purwokerto 11.45 pada Rabu, 15 Jan 2020 sekaligus check in hari pertama di Hotel Aryaduta. Sempet drama juga hampir ketinggalan kereta, sampai di stasiun itu 11.43 dan langsung lari padahal bawaanya berat bener. Untung udah pasang tiket di KAI Access—padahal suruh cetak tapi mau gimana lagi dari pada gugup gemetar dan sebagainya ya kan? Dari konter tiket udah nggak tengok sana-sini langsung loncat ke kereta yang ada—untung memang kereta yang dituju. Baru pernah seumur hidup sedrama ini ngejer kereta, padahal udah packing juga. Coba kalau ketinggalan, hei itu tiket udah disediain tolong hihi.

Sebelum acara, temen-temen bloger banyak yang sama-sama tak menyangka menjadi finalis dan menjadi salah satu bentuk berkah kebahagiaan. Ternyata memang Netifest ini sudah diadakan selama 4 kali dari tahun 2016. Ah pantes aja, acara bergengsi yang awalnya disaring dari peserta lomba blog & vlog ternyata memiliki minat tersendiri. Saya sendiri baru tahu tahun 2019 kemarin dan Alhamdulillah langsung menjadi salah satu finalis. Syukur dan nikmat yang luar biasa, momen yang akan terus diingat pastinya.

cr: Bank Indonesia

Untuk acaranya sendiri fokusnya dua hari, yaitu Kamis (16) dan Jumat (17). Nah biar nggak ke mana-mana, saya coba ceritakan per acara yang berjalan ya.

KAMIS, 16 JANUARI 2020

Sambutan Pimpinan DKom & Materi Kebanksentralan & QRIS

muhamad nur bank indonesia

Hari pertama! Akhirnya berkumpullah 175 finalis dalam satu ruangan dan yang pertama ada welcome speech dari Kepala Grup Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Bapak Muhamad Nur yang memberikan beberapa hal mengenai Bank Indonesia dan tujuannya yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dengan dua aspek yaitu kestabilan nilai mata uang pada barang & jasa, dan kestabilan terhadap mata uang negara lain. Dari tujuan ini kemudian fokus pada tiga pilar utama yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta stabilitas sistem keuangan. That’s why ada QRIS yang telah diluncurkan 17 Agustus 2019 lalu namun baru mulai aktif 1 Januari 2020. Butuh juga lebih luas diketahui masyarakat secara detail, makanya ada Netifest salah satunya sebagai perpanjangan tangan informasi. Nah QRIS ini membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital. Selanjutnya mengenai QRIS dipaparkan oleh Jefri D Putra.

Kejurnalistikan

jati savitri materi social medias

Abis sambutan langsung bicara mengenai Creative Content & Social Media yang diisi oleh Jati Savitri selaku Head of Content Enrichment & Social Media – Medcomid. Lengkap sekali ditunjukin data berapa banyak pengguna, waktu yang dihabiskan, platform mana saja yang dipakai, hingga citizen journalism. Dijelaskan juga faktor-faktor dalam news value secara detail dan beberapa yang perlu diperhatikan. What I got here sih bahwa usahakanselalu untuk win your audience and attention is more important than ever. Nah buat temen-temen yang mau tau lebih lengkapnya, cek aja di blog Kak Dian Restu Agustina dengan judul Creative Content & Social Media—lengkap dan detail sekali di sana nyahaha ya ampun.

Materi Khusus Per-Kategori (Kelas Blog)

nurulloh cco kompasiana


Salah satu rangkaian dari BI Netifest 2020 ini adalah workshop berdasakan masing-masing kelas (blog, vlog, animasi, video 1 menit dan film pendek). Bener-bener deh Bank Indonesia, udah transportasi dan akomodasi ditanggung ada juga workshopnya selama dua hari—harus dong, biar jadi GenDigital BI yang berkualitas. Jadi nggak bakal sia-sia datang ke Jakarta bagi yang di luar kota hanya untuk malam penganugerahan saja dan acara hiburan. Untuk masalah makan juga udah pasti terjamin, sebagai anak kos saya merasa bahagia sekali hihi.

Mentor untuk kelas blog adalah Nurulloh, Chief Operating Officernya Kompasiana. Untuk materi dari kelas ini saya post secara terpisah di Belajar Lagi: Powerful Content & Positive Vibes Bersama CCO Kompasiana agar di sini tak terlalu panjang. Bagi yang penasaran silakan ke sana, banyak ilmu yang didapat yang bisa dipelajari dan upgrade kualitas menulis konten yang menarik dan tentunya ada satu lini dari mentor yang paling saya sukai.

Di kelas ini juga diberikan writing challenge dengan tema Catatan Perjalanan Menuju Generasi Digital Bank Indonesia dengan tenggat waktu jam 10 malam. Dengan tantangan dari ilmu yang diberikan dengan waktu yang terbatas, maka terbentuklah tulisan Blogging Sebagai Media Edukasi, Masih Efektifkah? Jadi kangen kuliah deh dikasih tugas begini nyahaha~

Malam Keakraban

malam keakraban bank indonesia


Udah kaya jaman mahasiswa baru aja ya ada malam keakraban nyahaha. Tapi jadi cair sih suasananya, bener-bener bisa langsung mulai mengakrabkan satu sama lain abis makan malam. Ada hiburan juga di malam keakraban dan lagi-lagi bagi-bagi merchandise, ada jaket, cokelat, sampai emoney. Paling menyenangkan bagian stand-up comedy dari peserta, ada juga yang menyanyi di panggung. Udah mah suasana dibikin melebur dan selesai jam 10 malam. Kemudian ke kamar masing-masing dan saya melanjutkan tulisan meskipun sudah melewati tenggat waktu. Ngantuk sih, tapi sayang juga melewatkan WiFi hotel yang kenceng bener.

JUMAT, 17 JANUARI 2020

Diskusi Hasil Blog Challenge “Catatan Perjalanan Menuju Generasi Digital Bank Indonesia ”

Keesokan harinya dipilih 7 tulisan terbaik, namun saya nggak kepilih sih karena ngambil temanya jauh nyahaha. Baiklah, selanjutnya akan lebih teliti lagi melihat ketentuan dari pemberi tugas, jangan terlalu melenceng jauhnya. Makanya, jangan terlalu idealis, Mb! Abis itu dilanjutkan lagi sih beberapa materi yang belum disampaikan hari sebelumnya, namun waktu lebih pendek karena hari itu hari Jumat dan lanjut persiapan ke Museum Bank Indonesia.

Berkunjung ke Museum Bank Indonesia

museum bank indonesia

museum bank indonesia

 
Udah makan siang, istirahat bentar, kemudian siap-siap rombongan bus ke Meseum BI. Begitu sampai nulis nama terus dapat goodie bag gitu, isinya botol seneng bener pas lagi program banyakin air putih nyahaha. 

Sueenenng bangeeeet, baru tau ya Museum BI seluas itu dan sepertinya bangunannya muter-muter. Apalagi buat yang anaknya suka museum atau ala-ala klasik gitu, belum lagi museum BI ini kan bank sentral ya jadi paling tertarik ya sejarahnya. Yup, bukan hanya sejarah mengenai BI sendiri namun juga kondisi sejarah Indonesia. Sangat sangat direkomendasikan berkunjung ke sini minimal sekali dalam hidupmu, lagipula tiketnya murah bener cuma 5rb—bahkan kalau pelajar itu gratis. Best banget, saya seperti diajak study tour rame-rame gitu hihi. Lain kali mau ke sini lagi dan penginnya lebih lama liat-liatnya. 

Juri Talks, Stand Up Comedy Performance, Awarding Session, Special Performance Sheila on 7

malam puncak netifest 2020


MALAM PUNCAAAAAAAK! Wah akhirnya ngerasain ngevent bareng bloger ibukota, langsung gede lagi gokeeeel. Bentar-bentar, yang bikin saya nambah seneng menjadi salah satu finalis karena sebelumnya saya suka nontonin karyanya Udd Sondakh. Awal tahu itu dari video Gojek dan you know what, beliyo dua kali juara 1 menang lomba blog BI. Ya pantes mah sekarang jadi mentor atau speaker di Feskabi, berkat beliyo juga nih saya jadi nggak takut bertambah usia asal jiwa forever young lady~

Tempat untuk malam puncak masih sama ya di Museum Bank Indonesia, sempet nunggu agak lama sih dari jadwal dan udah lepek. Tapi tetep fun tuh sebelum masuk ke arena, ada photobooth, quiz, dan nyemil-nyemil lucu sambil ngobrol bareng bloger. Kemudian acara dimulai dan sangaaat meriah, berlomba-lomba di barisan depan karena mau ada SO7 hahaha.

so7 bank indonesia

Diawali dengan sambutan dari Pak Onny Wijanarko sebagai executive director communications deparrtment Bank Indonesia, dan Ibu Destry Damayanti selaku Deputi Gubernur Senior BI. Melalui bu Destry, malam tersebut diberitahukan bahwa BI ingin menciptakan anak muda yang unggul melalui industri kreatif—makanya ada Netifest 2020 sebagai ruang ini ya biar potensi anak muda turut tersalurkan karena menuju bonus demografi 2025.

What I like the most selama malam puncak adalah light dance, video-video yang ditampilkan dari satu transisi ke transisi lainnya, dan tentu saja juri talks. Ibaranya udah mayan pegel-pegel, suasana agak panas tapi visualnya keren banget itu nyenengin sih. Dan yang masih terngiang sampai sekarang adalah kalimat dari juri blog yaitu Alit Susanto, malam tersebut beliyo bilang kira-kira begini:


“Menulis adalah salah satu cara mendokumentasikan diri. Langkah pertama untuk menulis ya...dimulai. Kalau jelek bagaimana? Jelek masih lebih baik dari pada nggak nulis sama sekali. Karena kalau jelek masih bisa diperbaiki terus, nah kalau ngga ada—apa dong yang mau diperbaiki?


Deg, malah keinget sama skripsi dong, haha. Ada juri lain juga yang tentunya nggak kalah seru yaitu Riri Riza, Wahyu Aditya, dan Kevin Hendrawan. Masing-masing diskus mengenai konten kreatif dan karya dari masing-masing dua pertanyaan. Aseli ini kalau dijadiin talkshow khusus tersendiri selama dua jam juga saya demen banget nyahaha.

cr: Bank Indonesia

Terus dilanjut dengan pengumuman nominasi dan juara dari masing-masing kategori lomba. And, I, wasn’t, expecting at all menjadi salah satu nominasi kategori blog dan mendapat juara dua. Alhamdulillah, masih nggak nyangka menjadi finalis ditambah nggak menyangka menjadi juara padaha ingat sekali artikel selesai 2 jam sebelum deadline. Pada waktu ditampilin sebagai nominasi udah kaget dan nggak fokus ke mana-mana, padahal nggak touch up juga karena udah capek, dan udah mau bobok aja waktu itu. Namun Alhamdulillah, Gusti baik sekali karena dari awal sekali nyeletuk gini “Ya Allah, nggak papa dari awal nggak dapet merch apa-apa tapi juara yaaa dia akhir”. Terwujud, rasanya sedikit lega untuk membantu membayar kuliah yang selama ini dikorbankan karena nyeriusin ngeblog :D besides, mungkin sengaja dikasih jalan ini biar kembali fokus ke kuliah lagi hehehe. Setelah maju ke panggung sebenernya lanjut stand up dan penampilan so7, namun karena my overthink brain udah ngeblank dan masih nggak percaya akhirnya duduk aja di belakang panggung diem. Kemudian balik ke hotel hujan, syahdu bener itu sekitar jam 1 malam kalau nggak salah.



That’s all, panjang juga ya. Terima kasih Bank Indonesia, berkat lomba blog walaupun nggak jadi GenBi, masih bisa jadi GenDigital nyahaha selalu ada cara dan jalan lah ya. Terima kasih sudah membuat awal tahun yang luar biasa, jadi nggak sabar untuk segera super awesome!
***
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

16 comments

  1. Saya juga kaget pas masuk nominasi, kirain semua foto 35 finalis mau ditampilkan, ternyata cuma 4. Dan lebih dag dig dug lagi saat tinggal 2 nominasi tersisa. Btw, selamat untuk pencapaiannya, Mbak. Kereen..

    ReplyDelete
  2. Selamat ya mbak utk juara 2 nya... Saya juga ikut nonton live di medsos acara BI dan ikut senang liat para pemenang mendapatkan hadiah yg wow... Sesuai lah dengan hasil yg udah dilakukan..,🤗

    ReplyDelete
  3. Seru banget mbak bisa ikut kelas powerfull konten. Mudah-mudahan nanti aku juga berkesempatan ikut ya

    ReplyDelete
  4. Pengalaman yang luar biasa kan ya... selamat sekali sudah bisa menjadi juara ke 2. Sungguh luar biasa sekali perjuangannya. Sepahala dengan perjuangannya. Aku kudu belajar nih sama Mbak.... semoga nanti bisa menjadi juara juga ya hehehhee

    ReplyDelete
  5. Seru banget ini acaranya ya kak, pengalaman menarik deh.. terus bisa ketemu banyak temen-temen blogger juga dong ya

    ReplyDelete
  6. Iri sekali dengan kalian yang sukses dan bisa ada di acara yang keren ini :) semoga tahun berikutnya saya juga bisa ikut merasakan secara langsung Netifest BI inj

    ReplyDelete
  7. Uwah selamat mba, juara duaaa :D Semoga kedepannya tulisanku bisa lebih baik supaya bisa kayak mba hehe

    ReplyDelete
  8. Keren euy selamat mbak. Aku baru ikut 1 kali dan kalah. Alias ga jadi finalis. Tapi tahu diri juga sih takdir Allah karena masih ada baby 2 bulan yang kalau aku harus nginep bakal rempong. Apalagi acara nya padat dan ndaging semua

    ReplyDelete
  9. Keren sekaliiii... bisa lihat Sheila on 7 dong yaa. Aku hanya mengamati dari twitterland, wkwk. Pastinya pengalaman yang sangat berharga sekali ya mbak :) Sukses terus ngeblognya.

    ReplyDelete
  10. selamat ya mba udah juara
    pengin banget deh suatu hari juga bisa hadir di acara keren ini
    berkumpul dengan blogger blogger dari berbagai se Indonesia
    kemarin tu sempat mau ikut..eh tapi kelupaan dan deadline sudah lewat hehehe
    kebiasaan ya karena nunda nunda

    ReplyDelete
  11. Aku tuh lihat keseruan event ini dari medsos teman-teman yang hadir sebenarnya iriiiiii berat deh. Plus nyesel kenapa dulu gak tergerak buat ikutan lomba blognya juga huhu
    Kalian kereeeeeen. Pastinya dapat banyak ilmu dan pengalaman tak terlupakan dari kegiatan yang sangat bergizi ini.
    Selamat yaaaaa

    ReplyDelete
  12. Bersyukur banget ya Mbak bisa jadi finalis dari lomba BI, benar2 dilayani dengan baik dan maksimal nih. Btw waktu pengumumannya itu saya sempat kepo, siapa nih yang jadi juara duanya, karena belum familiar dengan blognya eh ternyata mbak Umi ini toh yang berhasil meraih juara 2 BI. Keren euy.. baarakallaah atas pencapaiannya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Keren banget!
    Aku nggak ikut lombana waktu itu hehehe
    soalnya di desa QR code masih jarang jadi skip deh
    banyak pengalaman ya mba. Selamat

    ReplyDelete
  14. Dan darimu aku belajar sebuah ketenangan menghadapi apapun
    Ah, andai bisa lebih lama, mungkin aku butuh sehari lagi untuk lebih dekat denganmu

    ReplyDelete
  15. Seru bangett. Aku ikutan lombanya juga, tapi kayaknya tulisanku belum begitu fokus karena ditulis selagi anak tidur, jd ga riset terlalu dalem.

    Cuma bisa berharap tahun depan aku bisa diundang ke sini juga.

    ReplyDelete
  16. Keren mbak umi. Selamat atas juara ke-2 nya.. menginspirasi banget untuk ikut lebih banyak lomba tahun ini. 😍😍

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)