7 Jenis Produk Keuangan untuk Pemula

Bagi generasi milenial, mengetahui jenis produk keuangan bisa jadi keuntungan agar bisa menyusun rencana keuangan dengan bijak. Terutama karena mengingat perkembangan zaman yang seakan memaksa pola hidup seseorang menjadi lebih konsumtif. 

Kegiatan seperti nongkrong, belanja online, dan bermain game di smartphone adalah beberapa contoh pola hidup konsumtif yang sulit dihindari oleh generasi milenial. 

Sebagian berdalih bahwa hidup harus dinikmati, tetapi mereka tidak sadar bahwa masa tua telah menanti. Untuk itu, jika Anda peduli dengan masa tua, sebaiknya atur pola hidup dan kenali produk keuangan yang bisa menyelamatkan Anda dari krisis keuangan. 

Jenis Produk Keuangan yang Perlu Diketahui 

Berikut ini jenis produk keuangan yang bisa Anda manfaatkan jika ingin merdeka secara finansial dan menikmati masa tua dengan bahagia. 

jenis produk keuangan
pict: pixabay, kreatikar

1. Rekening Bank 

Rekening bank jadi solusi yang paling mudah untuk mengelola keuangan dan mengontrol pengeluaran. Meskipun ada mobile banking, namun memiliki rekening bank atau bank account dirasa lebih efektif dibandingkan uang yang disimpan dalam dompet. 

Selain itu, dengan produk keuangan yang satu ini, Anda juga bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran sehingga rencana keuangan dapat berjalan efisien. Anda bisa membuat lebih dari satu rekening guna memisahkan uang untuk ditabung dan kebutuhan sehari-hari. 

Saat ini pembuatan rekening bank juga sangat mudah, bahkan banyak perusahaan yang menjalin kerjasama dengan bank tertentu agar karyawan-nya bisa dibuatkan rekening tanpa harus repot-repot datang ke bank. 

2. Dompet Digital 

Dompet digital seperti Gopay maupun DANA termasuk jenis produk keuangan digital yang saat ini tengah populer. Bukan hanya generasi milenial saja, semua orang pasti memiliki setidaknya satu aplikasi dompet digital di smartphone-nya. 

Dengan dompet digital, Anda bisa melakukan semua transaksi, baik untuk membeli kebutuhan sehari-hari maupun menabung. 

Di samping itu, Anda juga bisa membuat rencana keuangan dengan dompet digital. Misalnya, saldo di Gopay khusus untuk belanja, sementara saldo di DANA khusus untuk tabungan atau kebutuhan yang sifatnya urgent. 

3. Asuransi

Asuransi juga termasuk jenis produk keuangan yang bermanfaat untuk menghindari kerugian finansial. Pada dasarnya, asuransi sama dengan investasi, kita mengeluarkan biaya bulanan yang nantinya dapat diaktifkan jika terjadi sesuatu pada diri atau barang yang diasuransikan. 

Ada banyak jenis asuransi yang cukup populer di Indonesia. Masing-masing menawarkan fungsi dan manfaat berbeda. Beberapa di antaranya adalah: 

  • Asuransi Kesehatan

Tak ada yang tahu seperti apa kondisi kesehatan Anda ke depannya. Bisa jadi saat keuangan sedang tidak stabil, Anda terserang penyakit. Untuk itu, asuransi kesehatan sangat dibutuhkan agar Anda tidak perlu cemas dengan biaya pengobatan. 

  • Asuransi Kendaraan

Sebagai bagian dari produk keuangan, asuransi kendaraan sangat penting untuk menjaga kendaraan dari kemungkinan terburuk seperti kehilangan dan kerusakan. 

  • Asuransi Jiwa

Jika Anda merupakan tulang punggung keluarga, maka asuransi jiwa sangat diperlukan agar keluarga yang Anda tinggalkan tidak mengalami masalah keuangan. Dengan asuransi ini, kebutuhan anak dan istri akan tetap terpunuhi meskipun Anda telah meninggal. 

  • Asuransi Properti

Rumah, ruko, dan kantor masuk ke dalam properti yang bisa diasuransikan. Manfaat asuransi ini adalah memberikan perlindungan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada properti Anda. Entah itu karena bencana alam atau kebakaran, maupun kejadian yang tak terduga.

4. Investasi 

Investasi adalah jenis produk keuangan yang bisa Anda manfaatkan untuk mencapai posisi merdeka secara finansial. Ada banyak jenis investasi yang menjanjikan dan bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan untuk pemula sekalipun. 

Investasi emas dan reksadana adalah contoh investasi yang bisa Anda coba. Berbeda dengan menabung, berinvestasi memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan. Pasalnya, barang atau produk yang di-investasikan nilainya tidak tetap, malah cenderung meningkat dengan strategi investasi yang tepat.

5. Kartu Kredit 

Ada baiknya sebelum mengajukan kartu kredit, Anda memikirkan ketentuan-ketentuan yang ada. Hal tersebut karena kartu kredit merupakan jenis produk perbankan yang berpotensi mengacaukan rencana keuangan yang telah Anda buat jika tak digunakan sebagaimana mestinya.

Meskipun banyak merchant yang menawarkan promo cicilan ataupun bunga, namun pada dasarnya kartu kredit tak jauh berbeda dengan berhutang. Kalau sanggup membayar tagihan mungkin tak jadi masalah, beda halnya bila Anda kesulitan membayar dan terjebak dalam kebiasaan konsumtif, bisa saja kondisi keuangan jadi tidak terkendali. 

6. Tabungan Pendidikan 

Tabungan pendidikan sangat bermanfaat bagi orang tua yang ingin pendidikan anaknya terjamin tanpa memikirkan biaya pendidikan. Produk keuangan ini mencakup semua aspek pendidikan seperti uang sekolah hingga perlengkapan belajar. 

Sama seperti asuransi, Anda harus membayar setoran rutin dengan nominal yang beragam. Ada banyak pilihan bank yang memfasilitasi nasabah jika ingin membuka tabungan pendidikan. Mengingat biaya pendidikan yang semakin mahal, Anda perlu mempertimbangkan tabungan ini sebagai pegangan andai di masa depan mengalami masalah keuangan. 

7. Dana Pensiun 

Dana Pensiun melengkapi daftar produk keuangan yang wajib Anda miliki. Saat kebutuhan harus tetap terpenuhi, namun tubuh sudah tak sanggup lagi bekerja, dana pensiun hadir sebagai solusi terbaik agar keuangan di masa tua terjamin. 

Sebaiknya sejak dini dana pensiun harus dipersiapkan agar rencana keuangan berjalan lancar. Ada banyak perusahaan dana pensiun yang terverifikasi oleh OJK. Anda bisa menentukan sendiri mana yang terbaik dan paling menjanjikan. 

Kesimpulan 

Sebagai generasi milenial maupun sebelum atau sesudahnya, kita selalu dihadapkan dengan pengeluaran yang tak terkontrol. Mungkin dengan mengandalkan produk keuangan di atas, Anda bisa mengontrol pengeluaran dengan mengutamakan kebutuhan primer dibanding kebutuhan lainnya. 

Nah, demikian jenis produk keuangan yang harus Anda ketahui sebagai acuan bila suatu saat ingin memanfaatkannya. Masing-masing produk keuangan memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga harus benar-benar bijak memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan keuangan diri Anda.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)