Tugas Digital Marketing Analyst dan Skill yang Diperlukan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Digital marketing, apalagi jika menggunakan strategi yang tepat akan sangat mempengaruhi bisnis. Saat menjalankan bisnis, para pelaku tidak hanya berfokus pada bagaimana cara menjual produk maupun jasanya, namun harus mengetahui bagaimana kondisi pasar. Hal ini sangat penting untuk mengoptimalkan penjualan dan memperoleh keuntungan maksimal.

Tugas Digital Marketing Analyst
pict: patiencepending, Pixabay

Seiring maraknya penggunaan platform digital sebagai alat pemasaran, pengusaha juga perlu menyadari pentingnya mengikuti perkembangan tren yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Inilah mengapa pebisnis membutuhkan digital marketing analyst dalam merancang strategi pemasaran yang lebih detail.

Secara umum, digital marketing analyst atau analis pasar adalah profesi di bidang pemasaran yang bertanggung jawab menganalisis atau mempelajari kondisi pasar. Tujuannya adalah menilai potensi penjualan produk maupun jasa perusahaan. Digital marketing analyst mencakup kegiatan analisis data kualitatif, mengamati perkembangan tren yang sedang berjalan dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen, sampai dengan melakukan perancanaan yang disusun untuk strategi marketing terbaik.

Tugas-tugas analis marketing pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui dan menentukan jenis produk yang diminati konsumen, di mana target marketnya, hingga berapa harga penawaran yang pas. Sementara itu, digital marketing analysist memiki cakupan pekerjaan yang lebih spesifik, yakni melakukan analisis pemasaran digital. Mereka bertanggung jawab menganalisis statistik dan menemukan strategi agar perusahaan dapat meningkatkan upaya pemasaran onlinenya.

Beberapa contoh bentuk dari pemasaran onlinenya yaitu kampanye pemasaran email, kampanye media sosial, branding online. Tugas digital marketing analysist berfokus pada segala hal yang berhubungan dengan upaya pemasaran digital perusahaan. Misalnya analisis website, data audience media sosial, hingga tren di pasar digital.

Apa Saja Tugas Digital Marketing Analysist?

digital marketing analyst
pict: PhotoMIX-Company, Pixabay

Setelah mengetahui pengertian umum tentang profesi digital marketing analysist. Lantas, apa saja yang dilakukan oleh seorang ahli analisis pemasaran?

1. Menyusun Strategi dan Implementasi

Analis pemasaran digital menyusun strategi di balik kampanye pemasaran, menganalisis hasil, menyampaikan hasil, keberhasilan atau kegagalan, serta ROI (return on marketing investment) ke pihak yang terkait.

Digital marketing analyst juga meneliti tren digital marketing seperti iklan PPC atau praktik pemasaran email terbaik, serta bagaimana mereka bisa selaras dengan tujuan perusahaan atau bisnis yang berjalan.

Selanjutnya, tugas digital marketing analysist adalah mengembangkan strategi untuk pertumbuhan, analisis target kampanye atau klien baru, serta membuat program penghasil permintaan dengan tujuan menghasilkan kesuksesan kampanye dan mendorong ROI.

Analis pemasaran digital harus tetap mengikuti tren industri dan menggunakan beragam program maupun teknologi untuk menguji, mengembangkan, menerapkan ide serta strategi baru. Pada akhirnya ini bertujuan mencapai kesuksesan pemasaran digital sampai meningkatkan omzet penjualan.

2. Membuat Kampanye Menggunakan Berbagai Program

Ahli analisis pemasaran digital juga didorong untuk mempelajari berbagai program maupun keterampilan, kemudian menerapkan pengetahuan tersebut ke dalam pekerjaan sehari-hari. Teknologi baru selalu muncul dan akan selalu bermunculan di masa depan.

Di antara tugas digital marketing analysist yaitu terus mengupdate kemampuannya agar dapat mengembangkan kampanye PPC, memiliki pengetahuan SEO yang kuat, ahli dalam menggunakan berbagai program seperti Google Analytics, Google AdWords, dan sebagainya.

3. Mengomunikasikan dengan Staf Pemasaran atau Penjualan

Di samping melakukan analisis data kampanye, ahli analisis digital marketing juga harus mengedukasi dan bekerja sama dengan staf pemasaran maupun penjualan tentang cara menggunakan hasil analisis tersebut untuk menghasilkan prospek ataupun penjualan.

Seseorang dengan profesi ini harus strategis, analitis, dan mempunyai keterampilan komunikasi yang kuat. Mereka dituntut agar mampu menyampaikan informasi, data, hasil teknis kepada semua anggota tim non teknis.

4. Job Description

Berikut adalah deretan daftar tugas digital marketing analysist yang harus dikerjakan:

  • Menetapkan serta mengimplementasikan strategi utama yang selaras dengan tujuan pemasaran online maupun tujuan bisnis secara menyeluruh.
  • Mengumpulkan dan menganalisis data perilaku konsumen, pemasaran, serta website.
  • Menggunakan analitik, metrik, serta sejumlah teknologi maupun tools untuk menganalisis hasil berikut keberhasilannya.
  • Menguji kampanye, menganalisis metrik utama, mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja kampanye.
  • Mengembangkan serta menyajikan pembelajaran dari hasil analisis, termasuk wawasan berikut rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti.
  • Mengembangkan kampanye online.
  • Mengembangkan strategi pengukuran web.
  • Membuat visualisasi data, laporan kinerja kampanye termasuk situs web.
  • Memantau kemudian menganalisis medial digital termasuk tren pemasarannya.
  • Mengomunikasikan atau mempresentasikan hasil analisisnya kepada senior, manajer, kolega, klien.

Skill yang Harus Dimiliki Digital Marketing Analyst

skill digital marketing analyst

Seseorang bisa menjadi ahli analisis pemasaran digital dengan memiliki kemampuan maupun keterampilan yang mendukung. Adapun set skill yang perlu dimiliki agar menjadi digital marketing analyst andal antara lain sebagai berikut.

1. Berpikir Analitis

Profesi digital marketing analysts menghabiskan banyak waktu untuk mengevaluasi kampanye pemasaran. Jadi, tidak mengherankan jika skill berpikir kritis dan analitis (analytical thinking) adalah kemampuan utama yang diandalkan dalam proses ini. Profesi ini harus berpikir serta terdorong untuk menemukan tren kampanye yang tepat. Dari sana, analis akan memperoleh wawasan yang nantinya menunjang kinerja lebih baik.

2. Skill Komunikasi Sangat Baik

Salah satu peran penting analis pemasaran online adalah menyajikan laporan berikut rekomendasi kepada pemangku kepentingan (stakeholder). Analis harus mampu menerjemahkan hasil temuannya ke dalam format yang mudah dipahami semua orang atau pihak-pihak bagian dalam perusahaan tersebut.

Kemampuan komunikasi menjadi kunci agar peran tersebut dapat terpenuhi. Dengan skill komunikasi yang sesuai dan baik, semua orang akan paham dan dapat menjawab pertanyaan terkait rekomendasi yang diberikan apapun latar belakangnya.

3. Skill Mengolah Angka Luar Biasa

Tugas digital marketing analysist akan terlaksana dengan baik apabila analyst memiliki kemampuan mengolah angka secara baik. Sebab analis sering dihadapkan dengan data kemudian harus mendokumentasi hasil kampanye.

Artinya, akan terdapat banyak perhitungan matematis untuk menentukan berbagai macam hal. Misalnya perubahan persentase tahun ke tahun, bulan ke bulan, biaya per akuisisi (cost per acquisition), nilai pesanan rata-rata, dan lain sebagainya.

Setiap kampanye akan membutuhkan perhitungan ROI (laba atas investasi) maupun laba atas pengeluaran iklan. Sehingga tim pemasaran dapat mengukur tingkat kesuksesan kemudian menetapkan target yang masuk akal.

4. Menguasai Ilmu Pemasaran

Memiliki pengetahuan dasar seputar marketing sangat penting agar bisa melaksanakan semua peran secara maksimal. Misalnya wawasan mengenai akuisisi pelanggan, segmentasi pasar, perjalanan pelanggan, dan lain sebagainya.

Ini bukan berarti calon analis pemasaran digital wajib memiliki gelar di bidang marketing. Banyak orang memperoleh pengetahuan konsep dasar marketing dan sukses di bidang ini setelah mempelajarinya sendiri ataupun mengikuti kursus, kelas, program-program online serta dilengkapi dengan praktiknya.

5. Familiar dengan Teknologi Pemasaran Digital

Analis digital marketing harus akrab dengan teknologi pemasaran online. Terutama teknologi di platform paling populer seperti Google Analytic, Google Adwords, Instagram, Facebook, Mailchimp, dan lain-lain.

Melancarkan pemasaran harus disertai strategi terukur agar memperoleh hasil maksimal dengan biaya efisien. Untuk inilah digital marketing analyst ada untuk mencapai tujuan pemasaran bisnis dengan segenap tugas yang dilakukannya.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.