Merawat Ingatan: PRAJA 2019 Awarding Night

Halo, apa kabar?

Januari 2020 sudah di pertengahan, itu artinya sudah 1.5 bulan sejak Praja 2019 Awarding Night digelar pada Kamis, 28 November 2019 lalu. Malam yang akan menjadi salah satu sejarah dalam hidup terutama di dunia bloging setelah memasuki usia 5 tahun berjalan diseriuskan, kalau kenalan pertama sih berarti sudah memasuki usia 9 tahun ya hihi. Lama juga ya berprosesnya, ya karena bloging dengan niche lifestyle kan otomatis mengikuti keseharian bloger tersebut. Belum lagi motivasi dan niatan awal yang awalnya berbagi informasi dan pengalaman, sekarang berganti lebih ke profesional serta berbagi perspektif. Ibarat buku bacaan, ada isinya! Hihi.

praja 2019 awarding night

PRAJA 2019 merupakan lomba blog paling menyenangkan yang pernah saya ikuti. Profesional baik dalam persiapan, saat pengiriman karya, hingga saat malam puncak penganugrahan. PRAJA 2019 sendiri merupakan ajang kompetisi berbagai lomba dalam mengangkat tema koperasi dan ekonomi digital di era milenial di tahun keduanya. Sebelumnya dimulai tahun 2018 dan hanya terdiri dari dua jenis lomba yaitu karya tulis jurnalistik dan karya foto jurnalistik. Untuk tahun ini, ada lima yang dilombakan yaitu lomba jurnalistik, lomba foto jurnalistik, lomba menulis blog, lomba video kreatif, dan lomba ide bisnis koperasi dengan total 994 karya yang masuk (111 karya tulis jurnalistik, 352 karya foto jurnalistik, 185 karya tulis blog, 90 karya video kreatif, dn 225 ide bisnis koperasi). 



Saya mencoba mengikuti lomba blog, dan membawakan cerita mengenai semangat baru koperasi berupa startup coop yang sedang bertumbuh di Purwokerto. Untuk artikel mengenai startup coop dapat dibaca di Startup Coop Purwokerto, salah satu bentuk koperasi platform dan juga bagaimana anak muda dapat berkoperasi dengan cara baru.  Kebetulan juga saya waktu itu mengikuti komunitas dan turut bergabung dalam tim manajemen kecilnya. Sedikit angin segar penghiburan juga karena teman-teman diwisuda duluan sedangkan saya memilih fokus ngurus blog dan pengembangan diri terlebih dahulu.

Saya mengapresiasi panitia PRAJA 2019 Awarding Night (selanjutnya disingkat PAN) yang profesional dan ramah. Cekatan sekali dalam berkoordinasi di WhatsApp Group, mengantar jemput di titik stasiun/bandara, serta keramahannya pada 14 finalis yang hadir saat itu. Juara sekali untuk hospitalitynya dalam akomodasi dan transportasi. Sebelumnya juga dua kali checking untuk surat pernyataan melalui email dan WhatsApp—jadi para finalis tak dibiarkan cemas. 

PRAJA 2019 Awarding Night

PRAJA 2019 Awarding Night

PRAJA 2019 Awarding Night

PRAJA 2019 Awarding Night

Pertama diberitahukan dalam surat edaran memang tak disebutkan dong juara berapa, namun sudah pasti mendapat juara. Deg-degan banget rasanya demi apapun hihi, namanya juga pertama kali yang sampai diundang di awarding night. Di sana ketemu banyak teman baru tentunya dan beragam profesi. Bisa sedikit berbagi juga mengenai dunia jurnalistik, ada juga yang masih mahasiswa seperti saya nyahaha. Keren banget lebih muda dari saya udah juara, ide bisnis semuanya lagi. Dan tentunya terima kasih juga Mas Feri dan Teh Icha yang sudah jadi LO yang menyenangkan sekali! Serta tim media yang cepat sekali dalam menampilkan video-video teaser pada hari yang sama. Juara!

Kala itu memang sebentar sekali, sampai pagi hari, malamnya awarding night, dan besoknya udah menuju Purwokerto lagi. Mau speechless aja bingung karena secepat itu, satu malam di Jakarta, besoknya udah suasana sekitar kampus seperti biasa. Malam penganugerahan waktu itu sekaligus relauching 2 startup dari PT Multi Inti Digital Bisnis yaitu PrivilegeID dan e-Recyle. Singkatnya, PrivilegeID adalah customer reward loyalti untuk anggota Kospin Pracico dalam bentuk aplikasi agar anggota dapat menginap gratis di hotel-hotel pilihan di luar negeri dengan menukarkan points. Kemudian eRecycle ini aplikasi pengolahan sampah dan bisa ditrack sudah sampai mana proses tersebut sampai diolah menjadi produk yang bermanfaat.

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

Malam penganugerahan ini dibawakan oleh MC Soleh Solihun dan Lia Atmadjaja, selain penganugerahan PRAJA 2019 dan peluncuran PrivilegeID 2.0 dan eRecyle, acara juga diawali dengan gala dinner. Sebelum acara inti juga ada expo dari anak perusahaan Multi Inti Sarana Group serta pajangan karya foto jurnalistik pilihan.

Detail mengenai malam penganugerahan sudah banyak diliput di media online sebetulnya. Untuk beberapa referensi agar tak terlalu panjang dalam postingan ini bisa dibaca dalam laman-laman pilihan berikut:


Acaranya meriah, isinya orang-orang penting dan punya profesi. Deg-degan bener waktu maju ke panggung dan gemetaran padahal udah stay cool, berasa kaya artis yang mau dapet nomine aja ah. Saya berasa kecil sekali masih menjadi mahasiswa dan bloger, namun juga jadi menguatkan akar mimpi suatu saat nanti saya sehebat orang-orang di sana juga. Bakal jadi sejarah juga dong pernah sekecil ini, mimpi kan dicicil ya kan hihi. 

praja 2019 awarding night

praja 2019 awarding night


Udah ah, panjang bener dari pada muter-muter. Intinya seneng banget banget banget. Dulu biasanya cuma ngiler-ngiler liat pencapaian Mbak Pungky yang sesama bloger Purwokerto juga. Beda jalur sih, namun intinya ini akan terus menjadi pemercik semangat ngeblog. Namanya mimpi kan senantiasa harus dirawat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca daaan, ciao!
***

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)