Merawat Ingatan: PRAJA 2019 Awarding Night

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Januari 2020 sudah di pertengahan, itu artinya sudah 1.5 bulan sejak Praja 2019 Awarding Night digelar pada Kamis, 28 November 2019 lalu. Malam yang akan menjadi salah satu sejarah dalam hidup terutama di dunia bloging setelah memasuki usia 5 tahun berjalan diseriuskan, kalau kenalan pertama sih berarti sudah memasuki usia 9 tahun ya hihi. Lama juga ya berprosesnya, ya karena bloging dengan niche lifestyle kan otomatis mengikuti keseharian bloger tersebut. Belum lagi motivasi dan niatan awal yang awalnya berbagi informasi dan pengalaman, sekarang berganti lebih ke profesional serta berbagi perspektif. Ibarat buku bacaan, ada isinya! Hihi.

praja 2019 awarding night

PRAJA 2019 merupakan lomba blog paling menyenangkan yang pernah saya ikuti. Profesional baik dalam persiapan, saat pengiriman karya, hingga saat malam puncak penganugrahan. PRAJA 2019 sendiri merupakan ajang kompetisi berbagai lomba dalam mengangkat tema koperasi dan ekonomi digital di era milenial di tahun keduanya. Sebelumnya dimulai tahun 2018 dan hanya terdiri dari dua jenis lomba yaitu karya tulis jurnalistik dan karya foto jurnalistik. Untuk tahun ini, ada lima yang dilombakan yaitu lomba jurnalistik, lomba foto jurnalistik, lomba menulis blog, lomba video kreatif, dan lomba ide bisnis koperasi dengan total 994 karya yang masuk (111 karya tulis jurnalistik, 352 karya foto jurnalistik, 185 karya tulis blog, 90 karya video kreatif, dn 225 ide bisnis koperasi). 



Saya mencoba mengikuti lomba blog, dan membawakan cerita mengenai semangat baru koperasi berupa startup coop yang sedang bertumbuh di Purwokerto. Untuk artikel mengenai startup coop dapat dibaca di Startup Coop Purwokerto, salah satu bentuk koperasi platform dan juga bagaimana anak muda dapat berkoperasi dengan cara baru.  Kebetulan juga saya waktu itu mengikuti komunitas dan turut bergabung dalam tim manajemen kecilnya. Sedikit angin segar penghiburan juga karena teman-teman diwisuda duluan sedangkan saya memilih fokus ngurus blog dan pengembangan diri terlebih dahulu.

Saya mengapresiasi panitia PRAJA 2019 Awarding Night (selanjutnya disingkat PAN) yang profesional dan ramah. Cekatan sekali dalam berkoordinasi di WhatsApp Group, mengantar jemput di titik stasiun/bandara, serta keramahannya pada 14 finalis yang hadir saat itu. Juara sekali untuk hospitalitynya dalam akomodasi dan transportasi. Sebelumnya juga dua kali checking untuk surat pernyataan melalui email dan WhatsApp—jadi para finalis tak dibiarkan cemas. 

PRAJA 2019 Awarding Night

PRAJA 2019 Awarding Night

PRAJA 2019 Awarding Night

PRAJA 2019 Awarding Night

Pertama diberitahukan dalam surat edaran memang tak disebutkan dong juara berapa, namun sudah pasti mendapat juara. Deg-degan banget rasanya demi apapun hihi, namanya juga pertama kali yang sampai diundang di awarding night. Di sana ketemu banyak teman baru tentunya dan beragam profesi. Bisa sedikit berbagi juga mengenai dunia jurnalistik, ada juga yang masih mahasiswa seperti saya nyahaha. Keren banget lebih muda dari saya udah juara, ide bisnis semuanya lagi. Dan tentunya terima kasih juga Mas Feri dan Teh Icha yang sudah jadi LO yang menyenangkan sekali! Serta tim media yang cepat sekali dalam menampilkan video-video teaser pada hari yang sama. Juara!

Kala itu memang sebentar sekali, sampai pagi hari, malamnya awarding night, dan besoknya udah menuju Purwokerto lagi. Mau speechless aja bingung karena secepat itu, satu malam di Jakarta, besoknya udah suasana sekitar kampus seperti biasa. Malam penganugerahan waktu itu sekaligus relauching 2 startup dari PT Multi Inti Digital Bisnis yaitu PrivilegeID dan e-Recyle. Singkatnya, PrivilegeID adalah customer reward loyalti untuk anggota Kospin Pracico dalam bentuk aplikasi agar anggota dapat menginap gratis di hotel-hotel pilihan di luar negeri dengan menukarkan points. Kemudian eRecycle ini aplikasi pengolahan sampah dan bisa ditrack sudah sampai mana proses tersebut sampai diolah menjadi produk yang bermanfaat.

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

PRAJA 2019 Awarding Night Multi Inti Sarana Group

Malam penganugerahan ini dibawakan oleh MC Soleh Solihun dan Lia Atmadjaja, selain penganugerahan PRAJA 2019 dan peluncuran PrivilegeID 2.0 dan eRecyle, acara juga diawali dengan gala dinner. Sebelum acara inti juga ada expo dari anak perusahaan Multi Inti Sarana Group serta pajangan karya foto jurnalistik pilihan.

Detail mengenai malam penganugerahan sudah banyak diliput di media online sebetulnya. Untuk beberapa referensi agar tak terlalu panjang dalam postingan ini bisa dibaca dalam laman-laman pilihan berikut:

- Dorong Koperasi, MIS Group Gelar Kompetisi Praja 2019
- MIS Group Relaunching PrivilegeID dan Peluncuran e-Recycle

Acaranya meriah, isinya orang-orang penting dan punya profesi. Deg-degan bener waktu maju ke panggung dan gemetaran padahal udah stay cool, berasa kaya artis yang mau dapet nomine aja ah. Saya berasa kecil sekali masih menjadi mahasiswa dan bloger, namun juga jadi menguatkan akar mimpi suatu saat nanti saya sehebat orang-orang di sana juga. Bakal jadi sejarah juga dong pernah sekecil ini, mimpi kan dicicil ya kan hihi. 

praja 2019 awarding night

praja 2019 awarding night


Udah ah, panjang bener dari pada muter-muter. Intinya seneng banget banget banget. Dulu biasanya cuma ngiler-ngiler liat pencapaian Mbak Pungky yang sesama bloger Purwokerto juga. Beda jalur sih, namun intinya ini akan terus menjadi pemercik semangat ngeblog. Namanya mimpi kan senantiasa harus dirawat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca daaan, ciao!
***

25 komentar

  1. asli keren banget acaranya, selamat ya kak. ternyata banyak banget ya yg ikut, bisa jadi finalis dari 994 karya yang masuk itu jadi kebanggaan sendiri pastinya. semoga suksesnya nular yak

    BalasHapus
  2. Acaranya keran ya.
    Selamat bisa jadi finalis...

    BalasHapus
  3. Acara yg keren...
    Mbak juga keren, bs jadi finalis...
    Selamat

    BalasHapus
  4. Wahh selamat ya mbakk dari Purwokerto bisa menjadi finalis dan diundang ke Jakarta. Pasti menjadi pengalaman tak terlupakan dan semakin menambah konsistensi ngeblog ke depannya.

    BalasHapus
  5. Marfaaa..
    Ikutan bangga rasanya. Semoga semakin banyak karyanya yang menginspirasi yaa...
    Go...go Marfa gooo...!

    BalasHapus
  6. Selamat kakak... keren banget. Duh, aku belum-belum udah mundur teratr ikutan lomba2 kayak gini, hikksss. Nggakpede pake banget. Padahal kadang ingin ikutan juga, tapi selalu nggak jadi deh. Sukses ya...

    BalasHapus
  7. Seneng liatnya kalau yang lomba gini, kadang suka ingin ikutan tapi nyali saya kurang kuat haha. Btw selamat buat para pemenang yah.

    BalasHapus
  8. Keren banget level ngeblognya ka Marfa, udah level dapat penghargaan. Terus berkarya lewat blog ya Kak. Inspiring banget.

    BalasHapus
  9. Keren banget kak acaranya, jadi kangen akutu dateng ke acara seperti ini huhu. Pokoknya kak Marfa bikin aku jadi mau rajin menulis di blog lagi!

    BalasHapus
  10. Huaaa, keren sekali kak Marfa. Dapat penghargaan dari blog, sebuah hal yang tentu saja sudah aku mimpikan waktu awal-awal ngeblog dulu. Tapi, ya sudahlah. Terus berkarya ya, Kak. Keren!

    BalasHapus
  11. Kemaren seliweran lihat di TL tentang nama kamu yang jadi pemenang, selamat, ya!

    pertama kenal kita di Liga Bloger ya? Sudah beberapa tahun setelahnya dan kamu udah ngelangkah sejauh ini, jauh banget.

    Keren Marfa, semoga dedikasi dan apresiasi dari dan untuk dunia blognya bikin yang lain terpecut semangatnya.

    BalasHapus
  12. Wah aku kenal yang juara 1,arinta dari Jogja. Mantap lah acaranya keren ya. Panitianya profesional

    BalasHapus
  13. Wow barutau ada event keren dan semegah ini.. apresiasi para blogger pula ya. Smoga lain x aku bs ikutann nih.. aamiin.. smangat

    BalasHapus
  14. awalnya pas baca judul kupikir kakak ngomongin tentang malam penghargaan praja, apa ini lulus dari sekolah kedinasan... hehe. Ternyata lomba blog ya mbak. Selamat ya mbaa, semoga kedepannya bisa lebih sukses lagi

    BalasHapus
  15. Dear Marfa. Kamu keren sekali. Kemarin saya baca soal Netifest kali ini soal PRAJA. Semangat dan sukses terus buat kamu. Jadi ingin brlajar banyak dari kamu deh.

    BalasHapus
  16. Wooow, juara 2 pada kategori blog, kereeenn Mbak. Jadi makin semakin semangat berkarya doong pastinya :)

    BalasHapus
  17. Keren banget kak, bisa sampai ke level ini. Semangat terus ngeblognya.

    BalasHapus
  18. Selamat mbak, semangat terus dalam berkarya.

    BalasHapus
  19. Wahh Selamatt yaa.. semoga tetap konsisten dan sering2 bagi pengalaman disini yakk.. jadi langganan bacaan nih

    BalasHapus
  20. Ikut senang bacanya selamat ya sista semoga semakin semangat terus berkarya dan menulis. Pastinya dapat bonus kemenangan jika ikut lomba lagi. kedepannya aku ingin mengikuti jejak mu untuk ikut lomba lomba blog lagi

    BalasHapus
  21. Big congratulation kak jadi salah satu finalis. Bahagia banget bacanya. Jadi makin semangat untuk berkarya nih.

    BalasHapus
  22. Wah pasti haru dan bangga menyeruak kala itu ya kak..selamat ya ikut bahagia bacanya bravo!!

    BalasHapus
  23. Prestasi yang keren banget Mbak. Bisa hadir sebagai finalis saja sudah bersyukur banget apalagi bisa jadi juara. Baarakallaah atas pencapaiannya di tahun 2019 kemarin ya Mbak. Semoga tahun ini semakin meningkat dan saya bisa ikut jejaknya, hehe

    BalasHapus
  24. Seneng banget pasti ya, kak bisa dapat juara. Usaha memang gak menghianati usaha ya. Selamat selamat

    BalasHapus
  25. Kerennya Kak Marfa. Memang sih siapa yang terus berusaha pastilah usahanya tak akan sia-sia. Tetap semangat ya, kakak, dan teruslah menulis dan berbagi inspirasi

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.