5 Lembaga Pelatihan Kerja Terbaik untuk Menambah Skill

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) adalah tempat yang tepat jika ingin menambah skill sesuai minat dan bakat. Semakin banyak memiliki skill, maka semakin tinggi nilai jual Anda. Namun tentunya harus diasah dan dapat dibuktikan, biasanya umum melalui sertifikasi.

Lembaga  Pelatihan Kerja Terbaik di Indonesia

Tren dunia kerja yang terus mengalami perubahan harus diimbangi dengan peningkatan keterampilan kerja. Keterampilan tentunya bisa diperoleh melalui latihan secara intensif untuk melihat progres berjalan. Kini semua orang bisa mendaftarkan diri ke LPK-LPK di Indonesia untuk menambah skill maupun mengasah  bakat keterampilan yang sudah dimiliki.

Lembaga Pelatihan Kerja Terbaik di Indonesia

LPK adalah lembaga yang menyelenggarakan pelatihan kerja. Yaitu rangkaian aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja individu pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu.

Berdasarkan peraturan yang tercantum dalam Undang-Undang Cipta Kerja, terdapat 3 jenis LPK di Indonesia, yaitu LPK pemerintah, LPK swasta, dan LPK perusahaan. Jadi, bagi pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi kerjanya bisa mengikuti pelatihan kerja di beberapa Lembaga Pelatihan Kerja terbaik di Indonesia berikut ini.

Lembaga Pelatihan Keterampilan Kerja

1. Balai Latihan Kerja (BLK)

Balai Latihan Kerja (BLK) merupakan salah satu lembaga penyelenggara pelatihan kerja terbaik. Hampir setiap kota maupun kabupaten di Indonesia memiliki sejumlah BLK dengan beragam jenis pelatihan kerja.

Menurut catatan, saat ini terdapat 305 BLK yang tersebar di seluruh Indonesia di bawah pengelolaan Kementerian Ketenagakerjaan dan BLK UPTD di bawah naungan pemerintah daerah setempat. Di BLK, peserta bisa memilih beragam jenis pelatihan kerja seperti tata busana, desain grafis, bahasa asing, teknik otomotif, pengolahan hasil perikanan atau pertanian, woodworking, tata boga, dan lainnya.

Menariknya, biaya mengikuti pelatihan kerja di BLK cukup terjangkau. Bahkan, BLK kerap membuka pelatihan secara gratis kepada peserta.

2. Prasetiya Mulya Executive Learning Institute

Lembaga Pelatihan Kerja terbaik berikutnya yaitu Prasetiya Mulya Executive Learning Institute (Prasmul ELI). Sebagai lembaga yang berpengalaman lebih dari 30 tahun, Prasmul ELI adalah pilihan tepat untuk mengembangkan kualitas SDM.

Menariknya, lembaga ini bekerja sama dengan berbagai perusahaan nasional, multinasional, hingga lembaga pemerintahan. Adapun program-program pelatihan yang ditawarkan Prasmul ELI antara lain:
  • Public program, yaitu program singkat untuk peningkatan dan pengembangan kompetensi softskill maupun hardskill.
  • Corporate program, yaitu layanan pelatihan pengembangan sumber daya manusia secara kontekstual dan sistematis dalam menghadapi tantangan organisasi atau bisnis dalam bentuk seperti team building, executive coaching, program kelas, dan lainnya.
  • Seasonal program, yaitu program kerja sama jangka panjang untuk mendukung kinerja SDM.

Pelatihan Kerja Karyawan

3. Skill Academy

Skill Academy merupakan platform pelatihan keterampilan yang diselenggarakan dan dapat diakses secara online. Ini memungkinkan siapa saja mengambil program training online tanpa terkendala jarak.

Skill Academy menyediakan ratusan pilihan kelas online untuk mendukung peningkatan kompetensi angkatan kerja. Mulai dari kelas software, bisnis dan keuangan, pemasaran, pengembangan diri, dan lainnya.

4. Cipta Karya Intelektual Center

Cipta Karya Intelektual (CKI) Center merupakan lembaga pelatihan kerja yang telah melayani selama 19 tahun. LPK ini juga bermitra dengan perusahaan swasta, BUMN, hingga lembaga pemerintah. Pelatihan di CKI Center dilakukan melalui beragam metode seperti smart e-learning, blended learning (pelatihan secara online dan tatap muka), serta pelatihan secara onsite. Ada beragam program menarik yang ditawarkan, seperti:

  • Bisnis dan manajemen
  • Pariwisata
  • Bahasa asing
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan lain-lain

5. Sekolah Pintar

Sekolah Pintar adalah lembaga pelatihan kerja yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan kerja selama 10 tahun. Sekolah Pintar menyelenggarakan kegiatannya melalui penerapan interactive and intelligence system. Penerapan sistem tersebut membuat kelas online menyerupai pembelajaran secara tatap muka. Di Sekolah Pintar, peserta akan mendapatkan ilmu dari profesional berpengalaman serta memperoleh sertifikat di akhir pelatihannya.

Sekolah Pintar menawarkan beragam program pelatihan kerja seperti menjahit (tata busana), manajemen bisnis online, pemrograman, bahasa asing, dan lain-lain.

Untuk bersaing di dunia kerja yang semakin ketat, individu harus memiliki skill mumpuni di bidangnya. Oleh sebab itu, lembaga pelatihan kerja di atas hadir untuk mendukung peningkatan kompetensi pekerja.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.