Moment Ulang Tahun Paling Berkesan?



    Err, terakhir saya ulang tahun kapan ya? Kadang masih suka kayak anak kecil, padahal umur sudah  14+3 taun, udah resmi ikut-ikutan yang berhubungan dengan 17+. Apaan sih? Orang bikin KTP, bisa menggunakan hak pilih, terus bikin SIM, tapi saya belum bikin SIM, naik elang aja belum lulus kok.


Ngambil dari google


     Sudah membudaya setiap taunnya, jika saya ulang taun ya, biasa aja, nggak ada yang spesial selain 'hbd, wuatb', ulang taun saya sendiri tak pernah dirayakan karena sudah membudaya dan mengajarkan saya agar mandiri, toh daripada buat foya-foya lebih baik berbagi, umur manusia kan tak ada yang tau, namun ndilalah tetep ada yang memberi hadiah, Alhamdulillah, jadi inget waktu saya berusia ganjil 13taun, saya dikado pembalut, dalaman dan celana training sama bibi, iya karena saya sudah menstruasi pada bulan-bulan sebelumnya, mungkin ini bermakna perpindahan dari masa kencur ke cabe, kecil-kecil cabe rawit maksudnya.


    Namun menjelang 17taun kemarin, naluri cewek saya muncul, agak ngarep ada hadiah, ada kejutan, bahkan disiram telur busuk, air comberan dan tepungpun saya rela, namun kengarepan saya itu nggak terwujud, pukul 00.00 saya bangun dan nggak ada yang ngucapin. Usia 17 taun adalah usia dimana "Aduh, tua, ngga bisa main odong-odong lagi dong." Bukan, 17 taun identik sama peralihan masa-masa labil jadi ke dewasa, mulai serius apa sih tujuan hidup sebenernya, dan udah mulai ngambil keputusan apa aja yang harus  hadapi. Uniknya, setiap saya ulang taun itu tepat hari libur, entah tanggal merah, entah minggu atau libur kegiatan sekolah, jika saya alay mungkin facebook saya udah tertulis 'bete bingit' 'sweetseventeen itu cuma omdo' 'cabut nyawaku sekaraaaaang Tuhaaaaan'.



     Namun pada saat saya lagi dikamar bareng adek, ibu saya masuk lalu tiduran bareng, sambil bilang ke adek "Udah ngucapin ulang taun belum", lalu adek bilang "Udah lah", lalu sama ibu saya dikasih kado yang sangat luar biasa, bukan harta tapi segenggam kata, begini kiranya "Kamu sekarang udah 17taun, udah gede, jangan kaya anak kecil lagi, ibu doakan kamu sukses besok, jangan iri sama temen-temenmu yang punya mobil atau harta berlimpah, kamu jaga diri baik-baik aja ibu udah seneng." Lalu saya bak ditampar, sejak kapan saya mudah terpengaruh dan tak berdaya, sejak makan formula bayi Plankton, orang ulang taun kok dipermasalahkan, kalo kata orang Jawa sih, guo-'blog'.


     Lalu saya merasa guo-'blog' part dua setelah saya sadar, nikmat Tuhan manalagi yang kau dustakan? Disaat saya sekolah, ada yang panas-panasan dijalan nggak pake alas, saya sekolah dianter, saya masih bisa bobo siang, saya jarang sakit (bahkan sering pengin ngrasain sakit), saya punya keluarga lengkap, saya tidak cacat, saya bisa twitteran, saya bisa makan kenyang, bisa bernafas normal dan gratis setiap harinya. Ternyata hadiah dari Tuhan jauh luar biasa dari hadiah ulang taun, banyak diluar sana yang kurang beruntung dari saya, beuh, manusia, selalu banyak mengeluh dan terlalu banyak meminta. Saya masih punya banyak kewajiban, ibaratnya seperti didunia kerja, kita perlu magang dulu di dunia biar lolos masuk ke surgaNya. Aamiin.


     Akhir dari postingan ini, yang sedang membaca dan kebetulan lagi ulang tahun, semoga sisa usiamu berkah, ulang taun gak perlu dirayakan dengan kue, pesta, kado, bahkan lilin buat ngepet, yang jomblo semoga dapet pasangan (bukan hasil nikung), yang keinginannya belum terkabulkan semoga kesampaian, yang pengin wisuda semoga skripsinya cepet rampung, yang pengin nikah semoga ketemu sama calonnya, yang masih ngeluh-ngeluh karena kurikulum 2013 semoga dimudahkan, yang salah jurusan semoga tetep enjoy, karena sesungguhnya hidup itu petualangan, bung! Aamiin Ya Robal Alaamin.

6 comments

  1. Ah gue ulang tahun gak pernah dikasih kado sama siapa siapa kok, kemaren gue ulang tahun aja gak ada yg ngucapin (gue sembunyiin tanggal lahir di facebook) cuman keluarga doang yang invet :")

    Itu kalimat terakhirnya subhanallah sekali ヽ(^。^)ノ

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, mba atas partisipasinya. Btw, tulisannya lucu juga :D

    ReplyDelete
  3. Sweet seventen tanpa pacar bagai makan tanpa sambel. Ups.. hahaha

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home