Tren Blogger 2016: Blog Tour

 


                Berbeda dengan dahulu, fungsi blog sekarang menjadi kompleks mengiringi banyaknya orang yang mulai merintis hobinya di ranah blog. Termasuk dunia literasi yang menjadi tema khusus dalam tren blogger 2016 dan akan saya bahas dalam postingan ini. Mungkin sebagian sudah beberapa kali lihat link-link postingan tentang blog tour, yang jika dibuka isinya review tentang buku yang baru terbit dan giveaway dalam akhir postingan. Yap, jika dulu promosi buku hanya dengan menggunakan akun media sosial milik penerbit atau penulis, launching buku serta tanda tangan dan kuis-kuis yang dilakukan oleh penerbit atau penulis sendiri, sekarang sudah mulai menggandeng para blogger. Nah, blog tour itu sendiri apasih? Blog tour adalah tour virtual yang dilakukan oleh penulis untuk mempromosikan buku mereka dari blog satu ke blog yang lainnya. Sistemnya mereka akan mencari calon host yang akan mereka kirimi buku dalam bentuk file pdf untuk direview dan dipromosikan.


                Sebut saja Mba Atria, salah satu blogger buku yang mulai Mei sampai Desember 2015 jadwal blog tour di blog "My Little Library"-nya padat, sementara di tahun 2016 ini beliau membatasi dan jadwal sudah penuh sampai Februari. Woah, kalo nggak dibatasin mungkin bisa sampai 2017 ya.

Lalu, apa sih keuntungan blog tour bagi blogger?

1. Koleksi buku bertambah, gratis lagi. Ini udah pasti, karena buku tersebut yang akan mereka review di blog mereka. Jadi masih ada semacam blogroll.

2. Mengenal penulis-penulis baru. Nggak jarang juga jika udah sering jadi host blog tour, kita bisa chit-chat dengan penulis-penulis yang belum pernah kita dengar sebelumnya, bisa baca karya mereka dan mengenal ciri khas mereka. Menambah teman dan pengalaman juga loh, sekalian kita bisa curi-curi ilmu kepenulisan dari mereka. Selain itu juga salah satu bentuk mengembangkan dan mendukung dunia kepenulisan di Indonesia. Ayo, kita harus rajin baca loh.

3. Traffic blog meningkat, ini udah pasti, biasanya karena diikuti dengan giveaway, selain akan banyak yang baca, penasaran juga akan ikut jadi peserta giveaway, belum promosi ke link blog, belum keyword buku baru tersebut yang bikin postingan kita nangkring di halaman pertama Google. Kan, belum banyak orang yang baca. Asyik kan?

4. Jadi langganan host blog tour, iya, seperti kak Atria, awalnya beliau menawarkan blognya untuk dijadikan host, lama-lama malah beliau yang kena banjir tawaran. Nah, berkah ngeblog nggak selalu uang kan?

Bagian nggak enaknya apa? Ya, paling nggak bisa baca buku yang disuka dalam beberapa waktu, karena harus ngejar review. Tapi nggak masalah sih.

                Terus, apa harus jadi blogger buku agar kita jadi host blog tour? Nggak kok, kalau penulis atau penerbit tertarik dengan blog kita, bisa jadi kita terpilih. Nggak beda jauh sama job review, blog kita harus sering kita rawat, rajin update, dan tentunya kita juga harus belajar mereview sebuah buku.

Nah, barangkali ada yang tertarik menambah pengalaman dalam ngeblog selain nulis daily life, makanan, perjalanan dengan menjadi host?

Imgcrbfredited : eddeeb.tumblr.com

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)