Mengenal Payment Gateway dan Keuntungannya Dalam Bertransaksi



Bulan lalu, sebuah notifikasi pop-up muncul di layar gawai dan menampilkan total transaksi saya selama satu bulan. Sebelumnya bahkan di akhir tahun menampilkan total transaksi dari banyak merchant yang saya pakai, ternyata lumayan banyak dan tak terduga-duga. Bocor sana-sini dengan pengeluaran kecil tak bermakna, itulah mengapa tahun ini saya mau langsung mempraktekan melek finansial karena selama ini hanya membaca.

cr: pixabay, 200degrees

Alasan berbelanja online kecil-kecilan yang ternyata membuat pengeluaran tak terasa ini ya bukan hanya tergiur harga yang lebih murah dan lebih bervariasi dari pada di offline store, namun juga penawaran menarik lain seperti gratis ongkos kirim, pemberian promo, pemberian cashback, dan kemudahan dalam transaksi pembayaran. Ambil contoh mudahnya online marketplace deh, dua tahun yang lalu untuk metode pembayaran hanya bisa menggunakan credit card, ATM, mobile banking, transfer tunai, atau melalui toserba. Karena tabungan saya hanya bisa menerima transfer jadinya kalau nggak ke bank ya ke toserba dan itu memakan waktu. Kalau sekarang sudah ada fintech yang memudahkan transaksi dengan beberapa klik. Selain itu kita juga bebas memilih ke rekening tujuan mana untuk kita transfer yang nantinya akan muncul kode virtual dan diberikan batas waktu untuk transfer. Kemudahan dengan payment gateway bagi pembeli ini juga selanjutnya bisa melihat detail transaksi di laman transaksi tersendiri.


cr: pixabay, akashjoshi772

Proses di atas adalah cara kerja dari payment gateway atau gerbang pembayaran sebagai penghubung antara pembeli dan penjual. Dengan maraknya bisnis dalam bentuk online, maka penggunaan payment gateway ini akan saling memberi keuntungan yaitu dalam bentuk keamanan dan kepercayaan. Keamanan dalam payment gateway menggunakan tiga sistem pelacakan dalam prosedur standar yang dimiliki, yaitu Address Verification System (AVS) untuk mengecek rincian tagihan pelanggan dan disesuaikan; Card Security Code (CV2) yang berfungsi memverifikasi tiga digit terakhir pada kartu kredit atau debit, dan 3D Secure Password yang berfungsi sebagai otorisasi pembayaran. Meskipun melalui tiga tahap keamanan, proses yang dilakukan sangatlah mudah dan cepat karena sistemnya otomatis serta memberi kesempatan untung yang besar bagi pelaku usaha atau para penjual.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Penjual

cr: pixabay, mohamed_hassan

Keuntungan bagi penjual dalam penggunaan payment gateway adalah sebagai berikut:

- Bukan hanya kemudahan dalam pembayaran, namun juga lebih cepat untuk memeriksa pembayaran dari kartu debit maupun kredit.
- Kenyamanan bagi pembeli adalah nomor satu untuk pelayanan dalam bertransaksi, maka payment gateway di sini fungsinya memberi fasilitas cepat dan aman saat transaksi berlangsung dalam jumlah yang banyak sekaligus.
- Karena menggunakan tiga sistem pelacakan yang aman, data kartu kredit akan terlindungi jug dengan teknologi enkripsi data dan informasi ketika bertransaksi. Akan terhindar dari penipuan online juga dalam bertransaksi karena sifatnya aman.
- Kemudahan proses payment gateway ini memudahkan penjual menerima transfer dari jenis rekening bank apapun tanpa harus memiliki banyak rekening bank karena nantinya akan tersalurkan melalui payment gateway.
- Payment gateway juga bersifat user friendly dengan dilengkapi laman untuk laporan transaksi.

Di Indonesia sendiri sudah tersedia berbagai macam payment gateway yang terkenal, salah satu di antaranya adalah Prismalink yang menawarkan layanan lengkap meliputi credit card, direct debit, virtual account, QR code, dan bill payment. Prismalink sudah berdiri sejak 2011, telah bekerja sama dengan lebih dari 10 bank di Indonesia, dan bisa menjadi pilihan solusi payment gateway terbaik bagi para pelaku bisnis terutama bisnis online.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

3 comments

  1. Kita bisa pilih-pilih payment gateway ga sih? Atau sudah satu paket dengan cc atau debit dan toko onlinenya?

    ReplyDelete
  2. sekarang tambah gampang untuk pembayaran, pakai virtual account juga g kena biaya, makanya sekarang ngabisin duit gampang sekali tapi kudu bisa mengkontrolnya sih

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)