Peduli Bantu Sesama Bersama PMI

                Siamo tutti fratelli! - Halo, sudah berapa lama berselancar di internet? Pernah kepikiran kah selama itu banyak orang yang sedang meregang nyawa di rumah sakit sana karena operasi atau pasca melahirkan karena minimnya stok darah?

                Pernah menjadi anggota PMR saat SMP dan SMK membuat saya beberapa kali saya bertemu dengan orang-orang yang berpengalaman dengan masalah darah, ada yang harus melakukan cuci darah setiap bulannya karena Thalassemia, gagal ginjal dan yang terakhir pengalaman teman saya yang mendapat transfusi darah karena mengalami deman berdarah. Sebenarnya DBD tak perlu tranfusi darah, namun karena jumlah trombosit teman saya yang sudah tidak aman, mengharuskannya mendapatkan “asupan” darah beberapa kantong, itu juga harus menunggu beberapa jam, tak bisa dibayangkan jika tak ada organisasi semacam PMI yang mempunyai tugas mulia serta wujud nyata pengayom Pancasila.

Sumber gambar : dailymail.co.uk

                Saya pernah memosting pengalaman donor darah saya di sini, sudah dijelaskan tata cara dan syaratnya juga dan donor darah membawa manfaat yang banyak bagi diri sendiri. Donor darah tak hanya dilakukan di UDD PMI saja, namun sering digalakkan oleh UKM Universitas mengingat stok darah selalu kurang.
 
                Meskipun syarat donor darah terlihat mudah, kadang saya dan teman-teman  yang  punya niatan untuk donor harus terpaksa ditunda karena kekurangan hb bahkan hanya terpaut 0,1 mg/dl, cara menaikan hb sendiri mudah, yaitu dengan banyak minum air putih dan makan buah dan sayuran.  

Namun, bagaimana bila tetap saja tak memenuhi persyaratan namun sangat ingin donor darah? Mudah kok, jadi PMI ini tak cuma menggalakan donor darah untuk kemanusiaan, namun juga Bulan Dana PMI. Apaan tuh? 

Jadi, Bulan Dana PMI adalah salah satu program penghimpunan dana oleh PMI pada pejabat daerah yang ditunjuk untuk mengelola yang nantinya akan disebarkan ke instansi pemerintahan seperti kantor dan sekolah serta masyarakat. Bagi yang masih SMP atau SMA/K pasti pernah mendapat kertas sumbangan PMI kan? Itu dia. Atau, daripada nunggu selebaran itu, lebih baik bisa langsung berdonasi  dengan transfer melalui bank-bank berikut :
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

                Karena, tak perlu menjadi superhero untuk membantu, hanya perlu tindakan sekecil ini. Dengan donor darah, bukan hanya menyelamatkan nyawa mereka, tetapi harapan dan mimpi-mimpi mereka. Donor darah juga salah satu carakita bersyukur. Tak usah berpikir dua kali untuk berbuat baik. Mumpung masih 2015 nih, jadikan akhir tahun penuh makna, atau bisa juga tuh buat resolusi hidup dengan menjadi pendonor seratus kali. Ayo peduli bantu sesama!

12 comments

  1. Kan jadi pengen donor darah. Kapan-kapan ah :D

    ReplyDelete
  2. inget pertama kali donor.. deg deg serrr

    ReplyDelete
  3. Aku pobia jarum suntik. Gimana juga gitu kalo liat darah. -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus kalo dapet gimana mbak.....

      Delete
  4. Donor juga baik buat kesehatan kan, mbak? Tapi belum pernah (berani) nyoba sih ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak, aku udah pernah bikin postingannya kok, coba aja kak :)

      Delete
  5. yuk, saling membantu sesama manusia :)

    ReplyDelete
  6. Sudah ada pengumumannya belum nih :D

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home